6 Tips Ngojek atau Ngegrab di Bulan Ramadhan, Biar Berkah!

By | 13 Mei 2019

Ada beberapa tips ngojek atau ngegrab di Bulan Ramadhan supaya tetap kuat dan semangat bekerja walaupun selama 13 jam lamanya tidak makan dan juga tidak minum. Sebenarnya puasa tidak bisa kita jadikan alasan untuk malas beraktifitas, tidak bisa jadi alasan untuk malas atau tidak bekerja. Jika anda puasa 30 hari, tentu tidak mungkin dong jika sampai tidak bekerja selama sebulan? Apalagi jika anda sudah berkeluarga dan mempunyai anak, hal tersebut tidak mungkin dilakukan.

Dan meskipun anda masih membujang dan belum mempunyai anak dan istri, namun tetap saja ada dampak dari apa yang dilakukan tersebut. Yang paling terasa tentu saja dari sisi keuangan anda yang perlahan-lahan mulai menemui masalah atau problem. Apa kira-kira dampak yang langsung terasa?

Tips ngojek atau ngegrab

Yang pasti, jikalau sampai anda tidak bekerja selama sebulan penuh maka secara otomatis pemasukan anda juga menurun dratis. Tentu anda tidak ingin seperti itu bukan? Maka dari itu janganlah menjadikan alasan berpuasa untuk tidak ataupun malas bekerja. Namun karena momennya berbeda, tentu apa yang dirasakan selama ngojek/ngegrab pasti berbeda jika dibandingkan hari-hari biasa.

Lantas, Bagaimana Tips Ngojek atau Ngegrab Selama Puasa?

Anda ingin tetap kuat dan semangat menarik orderan di bulan puasa? Tak perlu dopping atau minum obat macam-macam, tetapi cukup ikuti beberapa tips-tips berikut ini :

1. Awali Hari dengan Sahur Terlebih Dahulu

Tips ngojek atau ngegrab

Sahur memang bukan kewajiban, tetapi sangat disarankan untuk dilakukan. Apalagi jika pada siang harinya anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, maka sahur menjadi hal yang harus dilakukan. Dengan sahur, maka bisa menambah kekuatan anda ketika berpuasa. Dan ada baiknya, anda tidak hanya sekadar sahur dengan minum air saja, tetapi juga dengan makan makanan yang bergizi tinggi. Yakni dengan memperbanyak protein. Insyaallah, jika sudah sahur dalam porsi yang cukup anda bisa ngojek/ngegrab, insyaallah bisa bekerja dalam kondisi bugar.

2. Jangan Paksakan Diri Untuk Menerima Terlalu Banyak Orderan

Tips ngojek atau ngegrab selanjutnya adalah anda tak perlu terlalu memaksakan diri untuk menerima banyak orderan. Jika dirasa fisik sudah lelah, anda bisa beristirahat sejenak dan matikan terlebih dahulu aplikasinya. Jika waktu istirahat sudah dirasa cukup, anda bisa melanjutkan mencari orderan. Jangan lupa di waktu-waktu ibadah, tetaplah laksanakan sholat (bagi anda yang beragama Islam)

3. Pilih Area yang Tidak Terlalu Menguras Energi

Mungkin di hari-hari biasa, anda bisa saja menunggu orderan dimana-mana. Baik di tempat yang panas maupun di tempat yang agak teduh. Namun, berbeda halnya jika di bulan puasa disarankan bagi anda untuk memilih area perjalanan yang tidak banyak menguras energi. Jangan memilih area yang macet karena macet biasanya akan menguras energi. Selain itu sebaknya tidak terhubung sinar matahari secara langsung. Disaat energi semakin terkuras, maka risiko celaka akan semakin tinggi.

4. Menunggu Penumpang Dari Rumah

Tips ngojek atau ngegrab

Tips Ngojek atau ngegrab di bulan Ramadhan selanjutnya adalah anda bisa menunggu penumpang dari rumah saja. Toh, dimanapun anda menunggu calon penumpang memesan juga melalui ponsel cerdas. Hal ini dilakukan juga guna menghemat energi agar anda tak perlu panas-panasan di jalan. Selain itu, dengan cara ini anda bisa mempunyai lebih banyak waktu bersama keluarga di rumah.

5. Menggunakan Shift Estafet

Tips kelima driver gojek atau grab bisa menggunakan teknik shift estafet. Maksudnya, bekerja selama beberapa jam sekali. Di jam-jam pertama, anda bisa memilih durasi-durasi yang memang biasanya ramai customer seperti jam berangkat kantor dan sekolah, jam makan siang, jam pulang kantor dan sekolah, serta jam makan malam. Manfaatkan waktu-waktu ini untuk memaksimalkan penghasilan anda.

Setelah melewati jam tersebut, anda bisa beristirahat. Istirahat rumah memang menjadi pilihan yang tepat. Namun sebagai alternatif, anda bisa beristirahat di masjid-masjid terdekat. Setelah waktu istirahat telah dirasa cukup, anda bisa lanjut untuk menunggu orderan. Dengan begini, anda tidak mungkin kelelahan.

6. Tidak/Kurangi Mengambil Order di Malam Hari

Tips ngojek atau ngegrab

Kondisi sebelum bulan puasa tentu saja berbeda ketika ramadhan. Jika sebelum Ramadhan malam hari anda biasanya tetap mencari orderan guna menambah penghasilan. Tetapi beda sudah kondisinya jika sudah memasuki bulan suci Ramadhan, di malam hari sebaiknya anda lebih berfokus untuk beribadah, terutama sholat tarawih. Ya, walaupun anda memang sangat membutuhkan uang, namun ibadah tentu saja jangan sampai dilakukan. Dan setelah sholat tarawih baru anda bisa mencari penumpang.

Oh ya, yang juga tak kalah penting jangan sampai anda lupa untuk berbuka puasa. Berbukalah dalam takaran yang cukup agar ketika anda ngojek/ngegrab di malam hari bisa kembali bertenaga setelah 13 jam perut dalam keadaan kosong. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, bila perlu memenuhi unsur 4 sehat 5 sempurna (nasi, lauk-pauk, sayur-sayuran, buah-buahan, air, dan tidak lupa susu). Jadi ketika waktunya berbuka anda makan, lalu sholat tarawih baru setelah itu bisa narik orderan lagi.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, tips ngojek atau ngegrab di bulan Ramadhan semua tergantung bagaimana anda bisa mengatur waktu dengan baik. Selain itu, pola dan menu makan sahur dan berbuka juga perlu diperhatikan agar anda bisa tetap kuat bekerja sebagai driver ojek online. Yang tak kalah penting juga, sesibuk apapun anda dalam mencari rezeki di dunia ini, jangan pernah jauh dari Tuhan. Tetaplah beribadah dan laksanakan apa yang menjadi perintah-Nya, insyallah di bulan yang penuh keberkahan ini rezeki kita bisa semakin melimpah. Aamiin ya rabbal ‘alamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *