Ulasan Lengkap Sistem Grab Motor dan Penghasilan Driver Perbulan

By | 4 April 2019

Perkembangan transportasi online membuat para pemilik sepeda motor bisa meraup penghasilan tambahan. Tak heran kalau informasi mengenai sistem Grab motor atau GO-RIDE pada GO-JEK selalu jadi buruan banyak orang yang ingin jadi ojek online (ojol). Karena memang tak bisa dimungkiri jika GO-JEK dan Grab adalah dua perusahaan transportasi daring terbesar di Indonesia.

Sistem Grab Motor penghasilan Grab motor 2019

Jika GO-JEK merupakan startup berstatus Unicorn asal Indonesia, Grab adalah startup berstatus Decacorn asal Singapura. Sama-sama memiliki pelayanan transportasi kendaraan secara online, baik GO-JEK atau Grab punya keunggulan masing-masing. Anda yang ingin bergabung di GO-JEK, wajib tahu sistem kerjanya begitu pula jika ingin ke Grab, wajib tahu sistem Grab motor.

Layanan Yang Disediakan Oleh Grab Indonesia

Demi memenuhi seluruh kebutuhan para konsumennya, Grab memang memiliki banyak sekali layanan. Khusus di Indonesia, berikut ini adalah beberapa layanan yang ditawarkan oleh Grab:

1. GrabBike

Seperti namanya, ini adalah layanan transportasi yang menggunakan sepeda motor. Di negara asalnya, sistem Grab motor alias GrabBike ini tidak terlalu diunggulkan mengingat budaya masyarakat Singapura dalam menggunakan sepeda motor, tidak sebesar di Indonesia. Para calon driver bisa mendaftar asalkan memiliki sepeda motor.

2. GrabCar

Ini adalah layanan unggulan Grab yang membuat mereka jadi pioneer sistem transportasi online di kawasan Asia Tenggara khususnya. Menawarkan jasa antar-jemput mobil, GrabCar kini sudah tersedia di pelosok Indonesia.

3. GrabFood

Grabfood di sini terbagi, ada yang dikhususkan untuk pemilik restoran, ada juga untuk driver yang mengantar makanan. Kalau anda punya restoran, anda bisa daftar grabfood online sebagai pemilik restoran. Kalau ingin jadi driver, cukup daftar grabbike, maka otomatis layanan Grabfood dan Grabexpress juga ikut.

4. GrabExpress

Sama seperti GrabFood, layanan ini hanya bisa dilakukan oleh driver yang bersepeda motor. Di mana GrabExpress merupakan layanan antar-jemput barang/dokumen.

Dan lain lain…

Hampir seluruh layanan yang sudah dibahas di atas, bisa dipesan melalui aplikasi Grab. Sehingga untuk sistem kerja driver Grab adalah tinggal menyalakan aplikasi GrabDriver. Maka ketika server Grab memproses orderan konsumen, driver yang ada di lokasi terdekat akan menerima pesanan. Meskipun memang tak dipungkiri bahwa GrabBike merupakan layanan unggulan Grab.

Lalu, Seperti Apa Sistem Grab Motor?

sistem grabbike dan penghasilan driver grabbike

Bagaimana sistem grabbike?

Sudah disinggung sebelumnya bahwa Grab motor alias GrabBike memang memiliki jumlah peminat yang sangat tinggi di Indonesia. Tak heran kalau Grab memang memberlakukan sistem kerja Grabbike tersendiri untuk para mitra pengemudi mereka. Seperti apa sistemnya? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Wajib Terdaftar

Untuk bisa merasakan kerja di Grab, maka Anda tentu harus melakukan pendaftaran. Lengkapi seluruh berkas persyaratan grab yang diminta dan daftar. Setelah itu silahkan tunggu panggilan untuk melaksanakan tes wawancara, tes tulis hingga tes safety riding jika ada. Jika dinyatakan lolos, maka Anda berhak menjadi mitra pengemudi GrabBike.

Lantaran sudah terdaftar dan kerja di Grab, maka Anda bisa menyalakan aplikasi GrabDriver. Laksanakan layanan sesuai dengan kemampuan Anda. Wajib berbekal smartphone yang berakses internet sangat perlu karena seluruh orderan dan pemberitahuan perusahaan disampaikan pada aplikasi GrabDriver secara online.

2. Jam Kerja Bebas

Berbeda dengan menjadi pegawai sebuah perusahaan, sistem Grab motor memang jauh lebih efisien dan efektif. Tidak ada kewajiban Anda harus bekerja pada pukul 09.00 – 17.00 seperti pegawai kantoran. Karena Grab tidak menetapkan jam kerja, Anda bisa bebas mengaturnya entah mau mengejar orderan saat pagi dan kemudian istirahat saat siang, lalu kembali di malam.

Lantaran tidak ada aturan hari libur dalam sistem Grab motor, Anda pun juga tidak dilarang dan dipaksa mencari orderan saat Minggu atau hari-hari besar. Bahkan ketika Hari Raya keagamaan, Grab Indonesia biasanya memberikan insentif khusus. Untuk area orderan, biasanya hanya diperbolehkan di kota/kabupaten domisili si driver bersangkutan.

3. Target Orderan

Meskipun jam kerja dalam sistem kerja Grabbike tidak diatur perusahaan, ada yang namanya target orderan. Target ini ditetapkan secara sepihak oleh Grab dan wajib dipenuhi driver. Reka Gayantika selaku Manajer Komunitas Grab Indonesia menyebutkan kalau target orderan driver disesuaikan dengan besaran argo yang didapat, alih-alih jumlah perjalanan harian.

Namun kebijakan ini sempat mengalami perubahan kebijakan sehingga sebagai driver, Anda wajib mengecek target orderan setiap hari pada aplikasi GrabDriver. Jika seorang driver tak mampu memenuhi target, maka mereka tak berhak memperoleh bonus alias insentif. Dalam sistem Grab motor, berikut ini beberapa syarat agar bonus bisa cair:

  • Dalam satu hari, setidaknya seorang driver wajib melaksanakan orderan dengan tuntas lebih dari 80% dari orderan yang masuk.
  • Jika terpaksa melakukan pembatalan orderan, tidak boleh lebih dari 10 kali.
  • Driver harus bisa menjaga etika kerja di mana rating kepuasan minimal dari konsumen haruslah 4,6. Nilai lebih jika driver memperoleh komentar positif, dan bakal berkurang jika konsumen melakukan komplain. Masih berkaitan dengan etika kerja adalah, mitra pengemudi dilarang berbuat curang seperti memakai Fake GPS atau aplikasi pihak ketiga.

4. Sistem Grab Motor Untuk Bonus dan Insentif

Dalam sistem gaji dan kerja driver Grab motor, ada banyak bonus dan insentif yang bisa diperoleh. Supaya Anda makin paham, berikut ini ulasannya:

a. Bonus Harian, Mingguan, Bulanan

Salah satu hal yang mempengaruhi betul besar-kecilnya penghasilan Grab motor 2019 adalah keberadaan bonus harian, mingguan hingga bulanan. Jika bisa meraih minimal 8 orderan selama Senin-Jumat, berhak akan bonus Rp 9.000.

Sistem kerja driver Grab motorKhusus Sabtu-Minggu, jika meraih minimal 8 orderan, mendapat bonus Rp5.000. Insentif tertinggi adalah saat Anda menyelesaikan 20 orderan selama Senin-Jumat yakni mencapai Rp90.000. Jumlah ini jika diakumulasikan dalam satu bulan, tentu akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan kepada pendapatan driver.

b. Bonus Berlian

Jika Anda kerja di Grab dan kebetulan di Jabodetabek, punya kemungkinan meraup penghasilan lebih besar berkat insentif berlian. Bahkan jika Anda mampu meraup 550 berlian/hari, berhak atas bonus Rp 190 ribu. Berlian ini bisa didapat dari layanan GrabBike (8 berlian), GrabExpress (15 berlian) dan GrabFood (30 berlian).

c. Bonus Jaminan Argo

Dalam sistem Grab motor dan beberapa layanan lain (kecuali GrabTaxi), ada yang namanya bonus jaminan argo. Untuk itulah Grab membagi dalam dua perhitungan yakni Grab Merah dan Grab Putih. Mereka yang memperoleh opsi Grab Merah, berpeluang meraup bonus lebih besar. Jaminan argo ini diberikan jika melakukan jarak tempuh di bawah 6 km.

kerja di Grab

d. Bonus Dari Konsumen

Untuk penghasilan Grab motor 2019, Grab memang mengaturnya dalam perbandingan 90:10. Di mana maksudnya adalah 90% penghasilan dalam argo menjadi hak milik driver dan 10% sisanya menjadi hak Grab Indonesia, sehingga driver wajib menyetornya atau terpotong otomatis saat menggunakan GrabPay.

Namun meskipun ada pemotongan 10%, tenang saja Anda sebagai driver masih berpeluang meraup pendapatan besar dari konsumen. Yap, konsumen yang puas bisa memberikan tip yang tentunya membuat penghasilan Grab motor 2019 meningkat.

Melihat sistem kerja driver Grab motor yang sudah diulas di atas, bisa disimpulkan bahwa Grab memang tidak memaksa mitra pengemudi mereka untuk bekerja selama berjam-jam. Hanya saja, Grab memasang target sepihak atas orderan yang wajib dilakukan. Namun Anda tak perlu merasa terbebani, karena target itu dibuat agar driver mampu meraup penghasilan besar.

Jika Anda melakukan pekerjaan dengan jujur, disiplin dan bertanggung jawab, tentu mampu menyelesaikan target minimal orderan. Konsumen bakal lebih puas dan berpeluang memberikan uang tip atau rating bagus. Nantinya hal-hal ini akan membuat rating Anda jadi positif dan berdampak langsung ke penghasilan yang bertambah.

sistem kerja Grabbike

Demi memenuhi jumlah argo, driver biasanya menerima orderan di jam-jam sibuk (08.00-10.00 dan 16.00-19.00) serta melaksanakan layanan dengan bonus lebih besar seperti GrabFood atau GrabExpress. Nah, bagaimana? Sudah cukup jelas bukan mengenai sistem Grab motor? Untuk itu, terus semangat di jalanan dan bekerja dengan penuh tanggung jawab. Perhatikan juga hal hal yang bisa membuat penghasilan grabbike anda menurun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *