Gaji Pramugari Lion Air, Penghasilannya Segini Ternyata

By | 3 November 2018

Sejak dulu, profesi pramugari begitu diminati oleh banyak orang. Bahkan, banyak orang berlomba-lomba mencita-citakan dirinya jadi pramugari. Kenapa, ya, pramugari menjadi salah satu pekerjaan yang sedemikian difavoritkan semacam itu. Artikel kali ini menyajikan gaji, alias besar penghasilan pramugari Lion Air.

Kok bisa ya, pramugari menjadi profesi yang paling diidam-idamkan oleh banyak orang? Sebab, katanya, gaji pramugari sangatlah banyak. Pramugari konon disebut-sebut gajinya melebihi gaji PNS. Apalagi pramugari tersebut bekerja pada sebuah pesawat komersial bonafit dengan penerbangan tersukses. Tentu saja akan banyak pundi-pundi uang gaji yang dihasilkan.

gaji pramugari Lion Air

Gaji pramugari Lion Air

Lalu apa saja sebenarnya, jenis gaji yang didapatkan para pramugari? Lalu seberapa besar pula bonus-bonusnya? Lalu apakah antara pramugari yang satu dengan pramugari yang lainnya terdapat selisih gaji? Lewat artikel ini akan kami paparkan mengenai gaji seorang pramugari. Simak artikelnya yah.

Komponen Gaji yang Didapat Oleh Seorang Pramugari

Pramugari adalah pekerja profesional, pekerjaan ini resmi dan mendapat jaminan pemerintah terkait hak-hak karyawan. Sehingga ada banyak komponen-komponen yang ada pada seorang pekerja pramugari.

Lalu apa saja, sih, komponen-komponen yang ada pada sebuah pekerjaan pramugari? Berikut kami paparkan, beberapa komponen-komponen gaji pada seorang pramugari.

Pertama,

komponen pertama sumber pendapatan dari seorang pramugari tentu saja gaji pokoknya. Gaji pokok dibayarkan selama satu bulan sekali, sama dengan pekerjaan-pekerjaan di industri lainnya. Baik di industri jasa maupun manufaktur.

Sayangnya, ada beberapa faktor yang menjadikan gaji seorang pramugari yang satu dengan gaji pramugari yang lainnya berbeda. Baik pada maskapai Lion Air, Air Asia, Batik Air, dan maskapai-maskapai lainnya. Beberapa diantaranya yaitu masalah senioritas. Sehingga gaji antara pramugari yang sudah bekerja selama puluhan tahun akan berbeda gajinya dengan pramugari yang baru bekerja hitungan tahun saja.

Aspek senioritas yang lain yaitu jam terbang. Semakin banyak seorang pramugari itu mendampingi maskapai nya terbang ke suatu destinasi wisata tertentu, maka akan semakin besar pula gaji yang akan didapatkan.

Jangan lupa baca:

Senioritas juga berarti kompetensi. Para pramugari yang sudah senior, tentu saja biasanya lebih berkompetensi karena sudah mendapat pengalaman yang ia dapatkan selama bertahun-tahun lamanya. Berbeda dengan pramugari junior. Pada pramugari junior biasanya kurang berkompetensi, sebab belum banyak pengalamannya.

Senioritas; Maskapai penerbangan sangat menghargai jam terbang, kompetensi profesi, serta loyalitas dari pramugari yang bekerja kepadanya. Sehingga terdapat perbedaan besaran gaji pokok pramugari junior dengan pramugari senior.

Meskipun terdapat perbedaan antara pramugari senior dan yunior. Selisih gaji antara pramugari junior dan junior tak jauh berbeda. Biasanya, pramugari senior akan digaji sekitar 5 sampai 6 juta perbulan. Sedangkan pada pramugari senior, gajinya separuh senior. Berkisar antara 2 juta hingga 3 juta perbulan.

Kedua,

faktor kedua, yang membuat gaji total pramugari cukup tinggi yaitu adanya gaji komisi per jam Terbang Pramugari. Dalam istilah penerbangan, istilahnya flight Allowance. Adanya komisi seperti ini yang membuat profesi pramugari tampak istimewa. Sebab pramugari tidak hanya mendapatkan gaji pokok saja, tapi ada gaji tambahan lainnya. Pada flight allowance ketentuannya sebagai berikut.

Uang terbang: Para pramugari akan mendapatkan uang terbang. Pemberian uang terbang ini berbeda-beda nominalnya. Kadang bisa besar, kadang bisa kecil. Bayaran uang terbang seorang pramugari akan besar jika maskapai terbang ke wilayah internasional, atau ke destinasi yang jauh. Selain itu, besarnya kecilnya ukuran pesawat juga mempengaruhi besarnya nominasi uang terbang. Semakin besar pesawat yang dipakai, maka semakin besar pula uang terbang yang didapatkan. Uang terbang pada maskapai Garuda Indonesia, Lion Air, Adam Air, maupun Bati Air bisa berbeda-beda.

Ketiga,

pemeberian uang tambahan, selain gaji pokok yaitu berupa komisi Check-In & Check-Out. Kapan pemberian bonus ini diberikan? Pemberian Chek-In dan Check-Out biasanya akan diberikan sekitar 15 menit sebelum penerbangan dimulai. Pemberian bonus gaji ini dimaksudkan sebagai bonus penghargaan, bagi para pramugari yang sudah siap sedia, memeriksa barang-barang penumpang.

Keempat, 

pemberian bonus ke empat. Diluar dari gaji pokok yaitu berupa komisi Ekstra Hours? Tentu saja Anda pernah mendengar komisi yang seperti ini dong ya? Kalau Anda tidak tahu, nama lain dari komisi Ekstra Hours yaitu Drafting atau uang lembur. Kapan persisnya uang tambahan ini diberikan kepada pramugari? Uang ini akan diberikan kepada para pramugari yang mau bekerja diluar jam standar. Atau dalam istilah pekerjaan pabrikan yaitu lembur.

Kelima,

gaji tambahan berikutnya. Diluar dari gaji seorang pramugari yaitu berupa Uang Saku Pramugari. Dalam istilah penerbangan, pemberian gaji ini kerap kali disebut sebagai travel allowance. Lalu kapan persisnya uang saku ini diberikan kepada para pramugari, khususnya kepada para pramugari Lion Air. Pemberian uang saku ini diberikan secara harian. Artinya, jika para pramugari Lion Air ikut dalam travel sebuah penerbangan, maka pramugari tersebut akan mendapatkan sebuah gaji yang diberikan langsung dengan sistem harian.

Maskapai Lion Air juga biasanya akan memberikan beberapa insentif berupa akomodasi. Yaitu uang tempat menginap bagi para pramugari.

Keenam,

gaji lainnya, yang diberikan diluar gaji pokok yaitu gaji tunjangan. Di dunia maskapai Lion Air gaji tunjangan kerap sekali disebut sebagai bonus pramugari. Besarnya uang bonus tidak main-main, sangat besar sekali nominalnya. Bahkan bonus atau tunjangan yang diberikan bisa lebih besar dari gaji pokoknya. Bonus seorang pramugari Lion Air akan besar jika para traveler puas dengan pelayanan pramugari. Selain itu, surplus pendapatan maskapai yang Lion Air yang tinggi juga akan mempengaruhi besar kecilnya bonus yang diberikan. Semakin besar keuntungan perusahaan Lion Air, maka semakin banyak pula kemungkinan bonus yang akan didapatkan oleh para pramugari Lion Air. Konon bonus pramugari Lion Air bisa mencapai 4 juta dalam perbulan.

Mendapat Tunjangan Pemerintah

Selain mendapatkan bonus-bonus yang diberikan langsung oleh perusahaan Lion Air. Pramugari juga akan mendapatkan berbagai tunjangan dan gaji yang diberikan sesuai dengan peraturan pemerintah. Lalu apa saja tunjangan-tunjangan itu. Berikut beberapa diantaranya.

Pertama, pramugari juga berkesempatan mendapatkan THR atau Tunjangan Hari Raya.

Kedua, para pramugari juga akan mendapatkan tunjangan kesehatan. Misalkan ada kejadian tak terduga, tiba-tiba pramugari mengalami sakit. Pramugari bisa mengobati penyakitnya itu dengan biaya pengobatan gratis. Tunjangan kesehatan sangat membantu bagi para pramugari junior yang masih sangat minim, dari sisi pendapatannya.

Ketiga, para pramugari yang rajinnya bukan main. Pramugari tersebut tidak suka bolos kerja, maka berkesempatan mendapatkan tunjangan kerajinan. Tunjangan kerajinan di Lion Air biasanya diberikan kepada para karyawan yang dalam satu bulan tidak pernah absen.

Melihat beberapa komponen yang ada. Kalian tentu saja bisa menebak-nebak kan, kalau gaji seorang pramugari Lion Air itu termasuk besar? Ya kendatipun Lior Air menjadi salah satu perusahaan penerbangan yang memberikan gaji terkecil diantara maskapai yang lain sih gak papa ya, masih lumayan. Jika di total keseluruhan, di maskapai Lion Air, gaji total pramugari di Lion Air sekitar 8,4 juta per bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *