Gaji Pramugari Lion Air, Penghasilannya Segini Ternyata

Pramugari memang menjadi salah satu profesi yang banyak diminati para wanita. Hal ini tentu disebabkan oleh pandangan banyak orang tentang profesi pramugari yang dianggap keren dan juga mapan. Besaran gaji yang tinggi juga menjadi salah satu penyebab banyaknya wanita yang menginginkan profesi ini.

Dibutuhkan banyak maskapai, pramugari memiliki besaran gaji yang berbeda-beda sesuai dengan jam terbang dan juga asal maskapainya. Bagi Anda yang tertarik menjadi pramugari di maskapai ternama seperti Lion Air, dalam artikel ini akan mengulas besar penghasilan pramugari Lion Air.

Dengan pengetahuan ini, Anda bisa mempertimbangkan Lion Air sebagai maskapai yang hendak Anda pilih sebagai tempat bekerja. Sehingga, Anda juga bisa mempersiapkan diri dalam mengikuti rangkaian seleksi pramugari saat pendaftaran nanti.

gaji pramugari Lion Air

Sudah tidak sabar membaca ulasan mengenai gaji pramugari di Lion Air. Yuk, simak informasi berikut ini!

Komponen Gaji yang Didapat Oleh Seorang Pramugari

Gaji menjadi faktor utama yang membuat banyak orang tertarik terjun ke dunia penerbangan, khususnya pramugari. Besarnya gaji pramugari tentu tak didapat secara cuma-cuma. Ada berbagai tugas berat yang harus dilakukan oleh seorang pramugari dalam setiap penerbangan. Lantas, apa saja kompoen gaji yang didapat oleh seorang pramugari dari maskapai Lion Air?

Gaji Pokok

Komponen pertama sumber pendapatan dari seorang pramugari tentu saja gaji pokoknya. Gaji pokok dibayarkan selama satu bulan sekali, sama dengan pekerjaan-pekerjaan di industri lainnya. Besaran gaji pokok tiap pramugari tentu berbeda-beda sesuai dengan maskapai dan juga jam terbangnya.

Lion Air juga memberlakukan besaran gaji yang berbeda antara pramugari senior dengan pramugari junior. Semakin tinggi jam terbang seorang pramugari, tentu semakin besar pula gaji pokok yang didapatkan. Keputusan dalam mempertimbangkan senioritas sebenarnya adalah hal yang tepat untuk menghargai kompetensi profesi, pengalaman kerja, dan juga loyalitas pramugari terhadap maskapai. Tentu aspek kompetensi, pengalaman, dan juga loyalitas pramugari senior tidak perlu diragukan lagi jika dibandingkan dengan pramugari junior yang belum memiliki jam terbang tinggi.

Jangan lupa baca:

Lantas, berapa besar gaji pokok di maskapai dengan lambang singa terbang ini? Menurut beberapa sumber, gaji pokok yang ditawarkan untuk seorang pramugari junior berada pada kisaran Rp 2-3 juta per bulan. Sedangkan, seorang gaji senior bisa memperoleh gaji pokok sekitar Rp 5-6 juta per bulan. Yang perlu diingat, nominal tersebut masih berupa gaji pokok yang belum diakumulasikan dengan komponen gaji atau tunjangan lainnya.

Tunjangan Terbang

Komponen kedua yang membuat pundi-pundi gaji pramugari semakin besar adalah tunjangan terbang. Tunjangan terbang atau biasa disebut sebagaiĀ flight allowance adalah komisi yang diberikan per jam kerja pramugari selama penerbangan. Tunjangan ini lah yang membuat profesi pramugari begitu istimewa, sebab pramugari tidak hanya mendapatkan gaji pokok saja.

Besarnya nominal tunjangan terbang atau flight allowance pramugari berbeda-beda sesuai dengan destinasi tujuan. Besar kecilnya ukuran pesawat yang sebanding dengan jumlah penumpang juga memengaruhi besaran tunjangan terbang yang diperoleh oleh pramugari. Besar tunjangan terbang tiap maskapai pun berbeda-beda. Menurut beberapa sumber, maskapai besar seperti Garuda Indonesia, Lion Air, dan Adam Air memiliki kisaran tunjangan terbang sebesar Rp 50 ribu per jam.

Komisi Check-In & Check-Out

Komposisi gaji pramugari yang ketiga adalah komisi check-in dan check-out. Komisi ini adalah uang tambahan yang diberikan kepada pramugari yang sudah siap sedia memeriksa barang-barang penumpang sebagai wujud pelayanan yang baik. Lalu, kapan komisi ini diberikan? Komisi ini biasanya diberikan sekitar 15 menit sebelum penerbangan dimulai.

Komisi Extra Hours

Ternyata, profesi pramugari juga memiliki sumber pendapatan lain berupa komisi extra hours. Komisi extra hours alias drafting, atau biasa pula disebut sebagai uang lembur adalah komisi yang didapatkan oleh pramugari yang mau bekerja di luar jam standar. Aturan ini tak jauh beda dengan profesi lain yang juga menyediakan jam lembur.

Uang Saku Pramugari

Uang saku pramugari atau travel allowance merupakan tunjangan yang diberikan kepada pramugari yang tengah bertugas. Pemberian uang saku ini dilakukan secara harian pada pramugari yang ikut dalam travel penerbangan. Selain itu, Lion Air biasanya juga menyediakan insentif berupa akomodasi atau uang untuk menginap bagi para pramugari. Tentu, adanya travel allowance ini membuat para pramugari semakin semangat bertugas.

Bonus

Bonus pramugari Lion Air diberikan jika para traveler puas dengan pelayanan maskapai. Selain itu, surplus pendapatan maskapai Lion Air yang tinggi juga akan mempengaruhi besar kecilnya bonus yang diberikan. Semakin besar keuntungan perusahaan Lion Air, maka semakin banyak pula kemungkinan bonus yang akan didapatkan oleh para pramugari . Konon bonus pramugari Lion Air bisa mencapai Rp 4 juta per bulan.

Mendapat Tunjangan Pemerintah

Selain bonus-bonus yang diberikan langsung oleh maskapai Lion Air, pramugari juga akan mendapatkan berbagai tunjangan dan gaji yang diberikan sesuai dengan peraturan pemerintah. Lalu apa saja tunjangan-tunjangan itu. Berikut beberapa diantaranya.

Pertama, pramugari juga berkesempatan mendapatkan THR atau Tunjangan Hari Raya.

Kedua, para pramugari juga akan mendapatkan tunjangan kesehatan.

Ketiga, para pramugari yang rajin berkesempatan mendapatkan tunjangan kerajinan.

Melihat beberapa komponen yang ada. Anda tentu bisa menebak-nebak besaran gaji pramugari Lion Air. Tertarik mendaftar menjadi pramugari Lion Air? Siapkan diri Anda mulai dari sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *