Berapakah Gaji Pramugari AirAsia? Ini Jawabannya!

Pramugari adalah salah satu profesi yang banyak diincar orang, sebab profesi ini menawarkan gaji yang sangat tinggi.  Besaran gaji yang tinggi ini tentu seimbang dengan perjuangan dan perjalanan bekerja menjadi pramugari yang tidak selalu menyenangkan. Setiap maskapai tentu memiliki kriteria pramugari dan juga besaran gaji masing-masing, misalnya saja maskapai AirAsia yang cukup dikenal publik. Lalu, berapa besar gaji pramugari Air Asia? Berikut ulasan lengkapnya.

Gaji Pramugari Air Asia?

Sekilas Seputar Maskapai AirAsia

AirAsia, atau nama lainnya AirAsia Berhad merupakan salah satu maskapai penerbangan low cost budget asal Malaysia yang cukup besar. Maskapai ini diketahui telah mengoperasikan penerbangan domestik internasional terjadwal dengan lebih dari 156 tujuan penerbangan di 25 negara.

Beberapa bandara yang menjadi markas AirAsia, antara lain adalah Bandara Soekarno Hatta, Bandara Kuala Lumpur Airport KLIA, Bandara Internasional Don Mueang, hingga Bandara Internasional Kempegowda.

AirAsia menjadi salah satu maskapai yang terus berkembang. Kepopuleran AirAsia sebagai maskapai unggulan kerap kali disandingkan dengan Qatar Airways. Pada tahun 2007, koran ternama asal Amerika Serikat, New York Time memberikan predikat kepada maskapai AirAsia sebagai pionir perjalanan murah dan berkualitas di Asia. Kekayaan AirAsia serta surplus pendapatannya membuat maskapai ini diketahui menjadi salah sponsor event-event besar seperti Piala Dunia, klub Manchester United, dan beberapa klub besar lainnya. Selama lebih dari 9 tahun, AirAsia kerap kali dinobatkan menjadi salah satu maskapai terbaik.

Air Asia Indonesia

Pada 1 Desember 2015, terjadi transformasi perubahan nama AirAsia di Indonesia. Kala itu, AirAsia diubah namanya menjadi AirAsia Indonesia. Perubahan nama disebabkan karena adanya kepemilikan saham dari Indonesia. Saham AirAsia dimiliki oleh Fersindo Nusaperkasa dengan nilai saham mencapai 51 persen. Undang-Undang penerbangan di Indonesia memang melarang perusahaan asing beroperasi.

Karena Pemerintah Indonesia mempunyai kepemilikan saham, otomatis AirAsia berhasil membuka kantor cabangnya di Indonesia. Untuk kantor AirAsia sendiri berada di Tangerang.

Baca juga:

Perkembangan AirAsia di Indonesia bisa dibilang sangat baik. Banyak penumpang yang menggunakan Air Asia untuk tujuan domestik atau keluar negeri. Sebab itulah Air Asia Indonesia membuka fasilitas Auto Bag Drop di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Ini menandakan kiprah Air Asia di Indonesia begitu mengagumkan.

Gaji Pramugari AirAsia

Gaji antar pramugari di setiap maskapai memang besar. Hal ini sebanding juga dengan risiko kerja yang bisa dibilang cukup tinggi. Sistem pemberian gaji tiap maskapai pun berbeda-beda. AirAsia memberi gaji kepada pramugari mengikuti jenjang karirnya. Seorang pramugari yang baru bekerja beberapa tahun tentu saja lebih kecil gajinya daripada gaji seorang pramugari yang sudah lama hingga puluhan tahun lamanya. Pramugari Air Asia memiliki ciri khas dengan seragam berwarna merah.

Gaji pramugari muda AirAsia ada di kisaran 3 juta per bulan. Akan tetapi gaji itu belum seberapa, karena terdapat beberapa tunjangan dan bonus yang didapatkan para pramugari AirAsia. Pada maskapai Air Asia mengenal konsep FATA (flight allowance and travel allowance). Konsep ini digunakan untuk menggaji para pramugari pemula yang dibayarkan berdasarkan hitungan jam. Gaji pramugari Air Asia bisa mencapai Rp 50 ribu perjamnya.

Tentu saja kita bisa menebak sekaligus berhitung-hitung berapa sekiranya gaji yang didapatkan jika seorang pramugari itu dalam satu harinya bisa terbang selama 6 jam lamanya. Gaji itu belum seberapa jika ditambahkan dengan tunjangan lainnya. Tambahan penghasilan lainnya bisa berupa uang makan, uang kerajinan, uang landing, uang RON, uang  hotel, dan beberapa bonus lainnya.

Total gaji yang didapatkan seorang pramugari AirAsia berada di kisaran Rp 8-15 juta lebih. Tentu nominal yang menggiurkan, bukan?

Bagaimana Proses Rekruitmen Pramugari Air Asia?

Ternyata gaji pramugari AirAsia bisa dibilang cukup menjanjikan. Nah, bagi kalian yang tertarik untuk mendaftar, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Syarat menjadi pramugari di AirAsia sebenarnya tidak terlalu sulit.  Untuk menjadi pramugari maskapai ini, pendidikan minimal adalah SMA dan diutamakan D3.

Calon pramugari juga harus mampu berkomunikasi dengan baik, termasuk bahasa asing. Biasanya bahasa asing yang diutamakan adalah Bahasa Inggris. Selain pendidikan, aspek penampilan juga dipertimbangkan. Wanita dengan tinggi minimal 165 cm dan penampilan menarik lebih diutamakan.

Rekomendasi:

Dari segi personality, syarat pramugari harus periang, ramah, bersahaja, friendly, hardworking, dan supel. Pada persyaratan rekruitmen, para pramugari harus menyertakan surat lamaran, CV, foto full badan berwarna 1 buah, dan foto close up. Sementara untuk pakaian yang dikenakan adalah rok pendek dengan batasan lutut.

Apa Saja Fasilitas yang Didapatkan Pramugari AirAsia?

Ada banyak fasilitas yang didapatkan oleh seorang pramugari AirAsia. Mulai dari peluang mendapatkan karir yang lebih tinggi, kupon terbang gratis setiap tahun, biaya rawat inap gratis ketika sakit, cuti mengandung, cuti hiburan, penghargaan loyalitas, kupon perawatan, THR tiap tahun, asuransi kecelakaan, subsidi makanan dan minuman dan beberapa bonus menarik lainnya.

Selain itu, keuntungan yang didapatkan jika menjadi pramugari AirAsia adalah masa kerja yang terbilang lebih lama. Wanita yang usianya di atas 37 tahun masih berkesempatan untuk menyambung karirnya. Tentu saja sangat menguntungkan sekali bagi para pekerja mania yang ingin berlama-lama menjadi pramugari. Apalagi di beberapa maskapai memiliki masa kerja yang cenderung sebentar.

Informasi Sekolah Pramugari

Sekarang keberadaan sekolah pramugari sudah sangat mudah ditemukan. Sekolah pramugari banyak tumbuh di kota-kota besar Indonesia. Di beberapa kota besar, seperti Jogja, Jakarta, dan Makassar terdapat pula sekolah pramugari. Salah satu sekolah pramugari yang cukup bergengsi yaitu PSPP Penerbangan.

Melihat semua kelebihan, tunjangan, dan gaji pramugari AirAsia di atas, tentu membuat profesi pramugari begitu menggiurkan. Nah, bagi kamu yang tertarik, silakan awali karir dengan menempuh pendidikan di sekolah pramugari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *