Trik Cara Mengetahui Tujuan Penumpang Uber

By | 14 April 2018

Cara Mengetahui Tujuan Penumpang Uber – Semenjak munculnya Uber sebagai salah satu layanan transportasi ojek online, harus diakui bahwa layanan ini sudah berhasil meyakinkan banyak masyarakat untuk menggunakannya dibandingkan layanan ojek konvensional. Dari sekian banyak kelebihan ojek online yang mungkin tak dimiliki ojek konvensional, salah satunya adalah dimungkinkannya driver Uber dalam mengetahui tujuan penumpang.

cara mengetahui tujuan penumpang uber

Bagaimana caranya?

Berikut beberapa cara mengetahui tujuan penumpang Uber.

1. Memiliki Akun Uber Driver

Cara yang satu ini tentu menjadi cara mengetahui tujuan penumpang Uber yang paling dasar dan sederhana. Seperti yang kita semua tahu, bahwa setiap penumpang yang ingin menggunakanan layanan Uber atau aplikasi ojek lainnya harus memiliki akun terlebih dahulu. Cukup dengan mengunduhnya di Playstore untuk ponsel dengan sistem operasi Android atau di App Store jika menggunakan Iphone.

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Akun Grab Sampai Dibekukan/Suspend

Setelah mengunduh aplikasinya, kita diminta untuk mengisi data guna keperluan registrasi. Umumnya, kita perlu menyertakan nomor HP atau alamat e-mail kita. Sama halnya dengan calon penumpang, para driver tentu memiliki aplikasi yang khusus dirancang untuk mereka sendiri. Berbeda dengan penumpang, cara registrasi untuk menjadi driver pasti akan lebih rumit.

cara mengetahui tujuan penumpang uber

Step cara mengetahui tujuan penumpang

Menjadi lebih rumit karena dalam menjadi driver Uber atau layanan ojek lainnya, setiap driver tidak bisa seenaknya atau sembarangan dalam beroperasi. Uber sebagai perushaan penyedia layanan transportasi ojek online perlu menjamin bahwa para driver bekerja dan beroperasi secara profesional. Oleh karenanya, jika sudah berkomitmen menjadi driver Uber, para driver pada umumnya diwajibkan untuk menyerahkan data diri secara lebih detail.

Baca juga: Inilah Bonus Mingguan Uber Motor Terbaru, Simak!!!

Nah, begitu sudah memiliki aplikasi Uber Driver, artinya setiap driver sudah siap untuk beroperasi. Baik Uber untuk motor atau Uber untuk mobil, pada umumnya setiap penumpang menunjukkan tempat yang mereka tuju saat mereka memesan layanantersebut. Maka dari itu, memiliki aplikasi Uber Driver bagi para driver merupakan cara mengetahui tujuan penumpang Uber yang paling dasar.

2. Menggunakan App Clone

Sayangnya, walaupun setiap driver sudah memiliki dan menggunakan aplikasi Uber Driver dalam beroperasi, ada beberapa hal yang masih bisa menyebabkan para driver tidak mengetahui tujuan penumpang saat order sudah masuk. Pada umumnya, ada dua hal utama yang menjadi penyebabnya.

Baca juga: 8 Trik Cepat Dapat Penumpang Uber Motor Terbaru 2018

Penyebab pertama biasa muncul dari penumpang, yang memang belum menentukan tempat tujuan namun sudah tersambung dengan driver. Sering terjadi, penumpang sudah memesan driver padahal belum menentukan tempat tujuan. Alhasil, para driver tentu tidak akan tahu ke mana tujuan penumpang jika belum bertemu atau belum berkomunikasi.

cara mengetahui tujuan penumpang uber

Menggunakan aplikasi klon

Penyebab kedua biasanya karena kesalahan sistem. Kesalahan sistem bisa muncul dari kedua belah pihak, baik dari aplikasi Uber Driver maupun dari aplikasi Uber yang digunakan penumpang. Adapun penyebab yang paling sering memicu kesalahan sistem adalah lemahnya jaringan internet. Entah jaringan internet dari driver atau penumpang, jika salah satu jaringan kurang mendukung, kesalahan sistem sering terjadi.

Kesalahan sistem inilah yang terkadang menyebabkan tujuan penumpang tidak muncul pada order. Walaupun muncul, biasanya tujuan yang tercantum tidak sesuai yang dimaksud penumpang. Ketidaksesuaian ini sering disebabkan oleh lemahnya jaringan. Jika tujuan sudah bisa muncul tetapi tidak sesuai yang diinginkan, biasanya jaringan dari penumpanglah yang lemah.

Baca juga:

Untuk menanggulangi kedua masalah tersebut, cara mengetahui tujuan penumpang Uber yang selanjutnya adalah dengan mengunduh danmenggunakan App Clone. Sesuai namanya, App Clone digunakan untuk menggandakan aplikasi Uber Driver bagi para driver. Tujuan menggandakan aplikasi Uber Driver adalah untuk mengantisipasi jika kedua masalah tersebut terjadi.

Untuk menanggulangi penyebab pertama, di mana penumpang lupa atau tidak menyertakan tempat tujuan, driver dapat menggunakan aplikasi kloning dari Uber Driver jika penumpang belum menyertakan tempat tujuan. Saat order sudah masuk namun tempat tujuan belum muncul, driver dapat mengaktifkan aplikasi kloning dari Uber Driver.

Patut untuk diketahui, aplikasi kloning ini menyediakan fitur yang lebih lengkap dibanding aplikasi Uber Driver pada umumnya. Di dalam aplikasi kloning terdapat fitur ‘ask’ yang dapat diaktifkan driver jika penumpang belum atau lupa mencantumkan tempat tujuan. Dengan mengaktifkan fitur ‘ask’, penumpang nantinya akan mendapat pemberitahuan untuk mengisikan tempat tujuan yang dinginkan.

Untuk mengatasi masalah kedua, yang disebabkan oleh lemahnya jaringan, aplokasi kloningan dari Uber Driver dapat menangkap sinyal dengan lebih kuat, mengingat aplikasi ini hanya kloningan dan tidak memakan terlalu banyak memori. Hal ini menyebabkan aplikasi dapat bekerja secara lebih maksimla, termasuk dalam menangkap jaringan.

3. Bertanya Lewat Chat/Telepon

Jika cara kedua dirasa terlalu rumit dan berbelit, maka cara mengetahui tujuan penumpang Uber yang terakhir yang paling memungkinkan adalah dengan bertanya pada penumpang melalui chat maupun telepon. Ketika ada orderan masuk, pasti akan muncul nama atau identitas pemesan disertai dengan nomor pribadi mereka. Nomor yang digunakan bermacam-macam; bisa nomor sms, chat atau telepon.

cara mengetahui tujuan penumpang uber

Bertanya lewat chat/ telepon untuk mengetahui tujuan penumpang

Jika dalam pesanannya penumpang belum menyertakan tempat tujuan yang ingin didatangi, driver dapat dengan mudah menanyakannya pada penumpang. Ada baiknya driver terlebih dulu menanyakan tujuan sebelum memutuskan untuk menhjemput penumpang. Tak jarang, tempat tujuan yang dinginkan penumpang terlalu jauh atau tidak sesuai dengan driver. Dengan demikian, driver memiliki kesempatan untuk membatalkan pesanan.

Ada dua cara yang bisa dilakukan driver untuk menanyakan tempat tujuan; yakni melalui chat atau telepon. Disarankan agar setiap driver selalu melengkapi amunisi mereka ketika beroperasi, termasuk kelengkapan teknis seperti paket data yang lancar, maupun pulsa untuk sms satau telepon. Jika masih ada waktu, driver bisa menanyakan tempat tujuan melalui sms terlebih dahulu.

Baca juga: Berapakah Penghasilan Uber Motor Per Hari Terbaru 2018?

Namun jika sekiranya driver sedang mengejar banyak setoran pada hari itu, ada baiknya driver langsung menelepon penumpang agar lebih cepat direspon dan lebih cepat mengetahui tempat yang dituju. Masalah lain muncul ketika nomor yang digunakan oleh penumpang ternyata sudah tidak aktif sehingga tidak bisa dihubungi atau ditelpon.

Jika demikian, biasanya nomor yang digunakan hanyalah nomor yang terdaftar untuk aplikasi WA. Kalau sudah begitu, pilihan terkahir driver adalah dengan menghubungi penumpang melalui aplikasi WA. Jika ingin lebih cepat direspon, ada baiknya driver melakukan panggilan melalui WA, namun pastikan bahwa driver menggunakan paket data dengan koneksi yang lancar dan paket data yang masih banyak.

Bagi para driver Uber, wajib hukuumnya untuk mengetahui tujuan penumpang sebelum memutuskan untuk menjemput mereka. Bukan karena pemilih, melainkan agar para driver dapat beroperasi dengan lebih efektif. Efektif yang dimaksud adalah, tetap dapat melayani banyak penumpang walau di rentang lokasi yang tak jauh. Beberapa cara mengetahui tujuan penumpang Uber di atas merupakan cara-cara paling mungkin yang bisa dilakukan para driver Uber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *