5 Tugas Pramuniaga yang Wajib Diketahui, Kira-kira Apa ya?

Pramuniaga adalah tombak utama bagi divisi marketing perusahaan. Sebab pramuniaga yang berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Itulah mengapa para pramuniaga harus memiliki penampilan dan attitude yang menarik dan baik.

tugas pramuniaga

Menurut beberapa ahli, secara umum pramuniaga adalah sebuah pekerjaan yang berbanding lurus dengan kasir dengan pelayanan yang diberikan terbilang sedikit berbeda, sering kali dua pekerjaan ini dikerjakan oleh satu posisi yaitu pramuniaga, contohnya di alfamart atau indomaret.

Perusahaan ini seringkali menempatkan posisi untuk pramuniaga dengan merangkap pekerjaan sekaligus sebagai kasir, tentu hal ini bertentangan dengan apa yang disebut dengan tugas inti dari seorang pramuniaga. Nah, apa saja tugas pramuniaga yang sebenarnya?

Baca juga: Inilah 4 Tugas Pramuniaga Matahari, Ternyata Lumayan Mudah!

Daftar 5 Tugas Pramuniaga yang Sangat Penting 

Menjadi seorang pramuniaga termasuk profesi yang gampang gampang susah. Namun, terkadang orang-orang menganggap remeh pekerjaan yang satu ini. Secara visual, pramuniaga hanya bertugas melayani pelanggan saja, ternyata tak hanya itu. Beginilah tugas pramuniaga yang wajib dikerjakan setiap harinya:

tugas pramuniaga

1. Merapikan susunan rak dari setiap produk yang dijual sesuai dengan tempatnya

Beberapa bisnis retail sering kali dijumpai susunan produk yang tampak rapi sehingga mata pelanggan pun tertuju pada produk tersebut, dan menambah daya tarik dari produk yang diperjualbelikan tersebut.

Tentu pekerjaan ini adalah tugas dari seorang pramuniaga, yang merapikan rak-rak produk yang dijual sesuai dengan peruntukannya.

2. Memberi label nama dan harga sesuai ketetapan yang telah diatur oleh pihak manajemen pemasaran dan administrasi.

Ketika anda masuk di sebuah tempat perbelanjaan seperti swalayan atau minimarket yang dapat dengan mudah ditemui di pinggir jalan, tentu anda sering melihat produk yang rapi di rak dengan label harga dan nama produk tersebut, pramuniaga adalah orang yang melakukan hal itu secara rutin setiap kali barang masuk dan keluar dari toko.

3. Pramuniaga adalah orang yang memberikan jawaban jika pembeli kebingungan mencari barang yang diinginkan oleh mereka.

Sebagai seorang pekerja yang berhubungan dengan penempatan barang atau produk tentu pramuniaga adalah orang yang sangat paham letak atau posisi dari barang-barang yang dijual.

Jika pembeli atau konsumen kebingungan maka pramuniaga adalah orang yang tepat untuk ditanya oleh seorang pembeli atau konsumen.

4. Pramuniaga adalah orang yang bertugas mengeluarkan dan memasukkan barang kedalam toko dan menempatkannya di rak sesuai tempatnya.

Sebagai seorang pramuniaga anda harus menyelesaikan tugas harian anda sebagai orang yang memasukkan barang dari mobil box yang bertugas mengantarkan kebutuhan produk baik perbulan atau mingguan, yang kemudian anda juga harus menatanya dengan rapi di rak penjualan.

Jelas pendataan produk yang masuk dan keluar juga diperlukan, maka dari itu pramuniaga adalah orang yang melakukan pendataan produk yang telah lewat masa kadaluarsanya dan mendata produk yang masuk sesuai dengan ketentuan.

5.  Setiap pramuniaga di cabang atau toko kecil harus merangkap jabatan sebagai kasir dan petugas kebersihan di area toko.

Hal ini sering diberlakukan di toko cabang atau retail seperti alfamart dan indomaret, bisanya untuk mengurangi kebutuhan pegawai yang ditempatkan di toko atau cabang dengan luasan area yang kecil mereka menempatkan beberapa pramuniaga sesuai shift kerja.

Di mana pramuniaga ini akan merangkap jabatan sebagai petugas kebersihan yang membersihkan area dalam toko atau lingkungan luar toko serta juga sebagai kasir untuk melayani pelanggan.

Biasanya beberapa pramuniaga untuk kondisi seperti ini dalam satu shift kerja berjumlah 2 sampai 3 orang.

Baca juga: Ketahui Tugas Pramuniaga Indomaret Sebelum Melamar Kerja!

Sifat yang Harus Dimiliki Saat Menjadi Pramuniaga

Sebagai seorang pramuniaga anda tentu tidak terus memiliki keinginan berada di posisi ini, tentu ada keinginan untuk menjadi atasan seperti manajer cabang atau bahkan menjadi manajer pusat.

Bukan tidak mungkin di suatu industri retail yang mempekerjakan karyawan dengan posisi pramuniaga ini memberikan kenaikan jabatan dari sebelumnya seorang pramuniaga menjadi manajer cabang.

tugas pramuniaga

Beberapa hal yang mestinya harus anda miliki dan anda kerjakan dalam mencapai tujuan tersebut adalah :

1. Memiliki tanggung jawab penuh dalam pekerjaan

Bukan hanya pramuniaga saja yang memiliki tanggung jawab penuh, namun pada pekerjaan lain harusnya juga seperti itu. Salah tanggung jawab dari pekerjaan pramuniaga adalah tidak meninggalkan tempat kerja sebelum shift kerja berakhir. Ini berarti pramuniaga harus bekerja sesuai dengan jam kerjanya.

Selain itu bertanggung jawab atas target promosi produk, kehilangan produk yang dijual, kebersihan area penjualan, dan memberikan infomasi yang tepat kepada pelanggan. Contoh lain: Jika terdapat pelanggan yang nakal atau jail maka itu tanggung jawab pramuniaga untuk menggantikan produk atau menindak-lanjuti sikap pelanggan tersebut.

2. Bersikap sopan, ramah, jujur dan berpenampilan rapi

Biasanya di beberapa toko swalayan atau perusahaan retail ada kotak saran dan kritik yang diberikan oleh pihak toko untuk pembeli atau konsumen menilai kinerja pegawai mereka, dan tentu kotak saran dan kritik ini diawasi oleh kamera CCTV, nantinya setiap bulannya kotak ini dibuka oleh manajer cabang dan mengoreksi kinerja bawahannya.

Jika anda bersikap rapi jujur dan sopan maka banyak konsumen yang akan memberikan anda nilai positif sehingga ketika bos anda melihat penilaian tersebut menjadi pertimbangan ketika ada kenaikan jabatan atau posisi kerja.

Biasanya setiap pramuniaga yang bekerja buruk akan dipindahkan atau dipecat baik dengan hormat maupun tidak hormat, anda harus rajin melayani konsumen atau pembeli dengan sebaik mungkin dan memberikan kemampuan terbaik anda dalam bekerja sebagai pramuniaga.

3. Mengembangkan potensi diri dan meningkatkan ketrampilan

Pramuniaga juga harus memiliki wawasan yang luas mulai dari perusahaan tempatnya bekerja meskipun tidak mendetail. Cukup latar belakang, peraturan-peratuan yang berlaku dan segala macam produser. Pramuniaga juga harus mengetahui barang yang dijual mulai dari merk, kemasan, dan jumlah. Serta pelayanan pelanggan dengan baik.

Mengembangkan potensi diri dalam pekerjaan menjadi hal yang perlu diperhatikan. Kenaikan jabatan biasanya dapat dilihat dari perkembangan setiap karyawan. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah meningkatkan ketrampilan dalam melayani pelanggan.

Anda dapat memanfaatkan kotak saran dan kritik dalam urusan ini. Pelanggan adalah kunci utama seorang pramuniaga untuk dapat naik jabatan. Jika target promosi terlampaui dengan baik dan bahkan melebihi target setiap harinya, maka atasan akan melirik anda untuk mendapatkan promosi jabatan.

Baca juga: Mau Tahu Gaji Karyawan Restoran Cepat Saji? Baca Di Sini!

4. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi

Jangan pernah merasa minder. Hal ini sangat penting bagi anda supaya mendapatkan promosi jabatan. Rasa percaya diri ini akan membantu anda untuk mempermudah pekerjaan anda. Tak hanya itu konsumen akan mudah percaya dengan anda, jika anda dengan percaya diri mempromosikan barang yang dijual. Sehingga target sales akan mudah untuk dipenuhi bukan?

5. Pandai beradaptasi dengan lingkungan sekitar

Seorang pramuniaga harus memiliki komunikasi yang baik. Bagaimana akan mempromosikan produk jika anda tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Sikap ramah diperlukan dalam hal ini. Misalnya, jika terdapat pelanggan yang bertanya anda harus menjelaskan dengan baik. Jangan memakai nada bicara yang tinggi. Pakailah kata-kata yang sopan.

Kesopanan anda justru akan membantu anda untuk menjual produk tersebut. Konsumen akan senang dengan pelayanan anda dan tidak ragu untuk kembali lagi. Contoh lainnya: jika terdapat pelanggan yang masuk ke toko anda, usahakan untuk menayakan apa yang mereka butuhkan. Karena terkadang mereka tidak tahu di rak sebelah mana barang yang akan mereka beli.

Tetaplah bersikap baik, jika ada pelanggan yang hanya melihat-lihat barang yang sedang anda jual. Kebanyakan orang melakukan survei harga terlebih dahulu sebelum membeli barang. Jika konsumen itu cocok dengan harga yang dipromosikan, tak jarang mereka akan kembali ke toko anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *