Ketahui Tugas Pramuniaga Indomaret Sebelum Melamar Kerja!

Pramuniaga. Anda sudah sering bukan mendengar pekerjaan itu. Secara umum pramuniaga adalah sebuah profesi dimana seseorang diharuskan untuk mendapatkan pelanggan dan melayani pelanggan. Pramuniaga adalah tombak utama dalam pemasaran jasa atau produk yang dipasarkan.

Sehingga para pramuniaga pasti dituntut untuk ramah kepada pelanggan. Banyak kasus yang menyatakan tidak puas dengan pelayanan pramuniaga. Hal itu mengakibatkan pelanggan enggan untuk datang ke toko tersebut.

Jika anda ingin mendaftar menjadi pramuniaga sebaiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana menjadi pramuniaga yang baik dan benar. Supaya tempat anda bekerja tidak mengalami kerugian.

Tugas Pramuniaga Indomaret

Salah satu toko yang memiliki pramuniaga adalah Indomaret. Toko warabala ini terkenal dengan pelayanan pramuniaga yang ramah kepada konsumen. Tak khayal jika pelanggan di toko ini tidak pernah sepi. Selain itu tempatnya yang bersih dan nyaman membuat konsumen betah berbelanja di swalayan ini.

Saat anda berbelanja di Indomaret pastinya disambut hangat oleh pegawai-pegawainya. Ada beberapa pegawai yang menjaga kasir, ada pula yang menata barang-barang yang sudah habis atau promo harian. Lalu, apakah tugas pramuniaga indomaret hanya sebagai kasir atau menata display barang-barang saja? Tentu tidak bukan. So, apa saja sih tugas pramuniaga indomaret yang jarang diketahui oleh masyarakat?

Jangan lupa baca: Gaji Karyawan Indomaret 2020 Semua Posisi, Mulai Dari Kasir!

Tugas Seorang Pramuniaga Indomaret, Santai Kok!

Pramuniaga Indomaret menjadi pekerjaan yang cukup diminati oleh masyarakat. Sebab gaji yang pasti setiap bulannya. Kadang beberapa orang sembari menunggu panggilan dari tempat kerja yang lain, melamar pekerjaan di Indomaret. Nah, inilah tugas-tugas seorang pramuniaga indomaret yang wajib anda ketahui sebelum mendaftar pekerjaan disini.

  1. Tugas seorang pramuniaga indomaret adalah untuk melayani kebutuhan pelanggan yang akan berbelanja, apakah itu menunjukan barang yang diinginkan oleh pelanggan baik mencari letak dari posisi barang yang diinginkan atau menjawab semua pertanyaan pelanggan yang berada di dalam toko indomaret.
  2. Selain melayani pelanggan seorang pramuniaga indomaret juga mempunyai tanggung jawab mengatur tata letak barang yang ada di dalam indomaret agar terlihat rapi, dengan terlihat rapi maka pelanggan akan mudah mencari barang yang diinginkan oleh mereka.
  3. Melakukan update harga yang ada di rak sesuai dengan harga yang diperuntukkan pada suatu produk, jadi tugas pramuniaga indomaret juga harus selalu memperhatikan harga update dari suatu produk.
  4. Tugas pramuniaga indomaret yang keempat adalah memisahkan produk yang mendekati tanggal kadaluarsa ke tempat yang paling mencolok mata pelanggan atau biasanya ditampilkan dalam keterangan produk diskon, hal ini bertujuan untuk menjual produk tersebut secepat mungkin.
  5. Membuka dan menutup toko sesuai dengan jam yang telah ditentukan, biasanya pramuniaga indomaret tingkat wewenang, tugas dan kewajibannya sama dengan karyawan lain seperti kasir, security, dan petugas kebersihan indomaret, mereka selalu masuk tepat waktu sesuai jadwal dan pulang juga tepat pada waktunya.

Maka tugas untuk menutup dan membuka toko indomaret juga menjadi tugas pramuniaga indomaret dan mereka yang mendapat jadwal kerja sesuai dengan shift yang ditetapkan.

tugas pramuniaga indomaret

Tugas tugas di atas merupakan tugas inti dari seorang pramuniaga indomaret, tak jarang beberapa petugas pramuniaga indomaret mendapatkan tugas tambahan seperti membersihkan lantai indomaret, dan menjadi kasir sekalipun.

Hal ini karena mungkin saja toko indomaret tersebut terlalu kecil untuk menempatkan banyak karyawan di sana, jadi beberapa pramuniaga saja sudah cukup dan mendapatkan tugas tambahan sebagai pekerja kebersihan dan kasir.

Tugas dari pramuniaga indomaret yang paling utama adalah melayani konsumen atau pelanggan dengan sebaik mungkin, maka dari itu meskipun anda mendapatkan pekerjaan tambahan sebagai pemegang posisi pramuniaga, anda juga harus tetap memperhatikan tugas utama anda yaitu melayani.

Baca juga: Penasaran Tugas Helper Indomaret Seperti Apa? Ternyata Begini

Update Gaji Pramuniaga Indomaret Tahun 2020

Setelah mengetahui tugas dari pegawai Indomaret, anda juga harus mengetahui gaji yang diperoleh saat menjadi pramuniaga di toko waralaba satu ini. Di beberapa situs ternama menyatakan gaji yang diperoleh pramuniaga Indomaret mulai dari Rp. 1,8 juta s.d Rp juta per bulannya. Sedangkan untuk bagian kasir gaji yang diperoleh mulai dari Rp. 1,5 juta s.d Rp. 2,7 juta perbulannya.

tugas pramuniaga indomaret

Tak hanya gaji pokok. Para pegawai Indomaret juga mendapat tunjangan dan gaji lembur. Tunjangan yang didapatkan pada saat THR di hari raya atau hari-hari besar. Sehingga posisi ini cukup menggiurkan bukan. Meskipun begitu pramuniaga-pramuniaga ini juga memiliki tanggung jawab besar seperti:

Bertanggung jawab atas keuangan. Saat melayani harus benar-benar teliti memberi uang kembalian. Tak hanya itu setiap barang yang dibeli dan barang yang ditata di rak haruslah balance. Jika terdapat kehilangan maka mereka yang harus menggantikannya. Sebab itu mereka tidak boleh teledor akan hal yang satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *