5 Tugas Inventory Control Indomaret yang Wajib Kamu Tahu!

Sangat umum sebelum kita melamar sebuah pekerjaan, kita harus mengetahui apa yang harus kita kerjakan, maka dalam artikel kali ini kita akan membahas tugas inventory control indomaret yang harus menjadi tanggung jawab mereka dalam menjalankan tugasnya.

DalamĀ  beberapa jenis pekerjaan dalam bidang retail, beberapa diantaranya memiliki pengaruh yang dangat penting terhadap berlangsungnya usaha tersebut , salah satu bidang atau tugas inventory control indomaret adalah contoh yang sangat berpengaruh terhadap semua bidang pekerjaan yang akan ada di usaha indomaret.

Jika Tidak Ada Orang Yang Bertugas SebagaiĀ  Inventory Control Indomaret

tugas inventory control indomaret
Seandainya di suatu cabang atau toko indomaret tidak ada orang yang memiliki tugas inventory control indomaret, maka akan terjadi hal-hal sebagai berikut :

  1. Stok barang di indomaret tidak tersedia secara rutin tiap bulannya
  2. Banyak barang kadaluarsa yang masih diperjual belikan
  3. Usaha jual beli indomaret tutup

Dari ketiga dampak diatas dapat dipastikan bahwa tugas inventory control indomaret sangatlah penting, dimana usaha indomaret dapat tutup jika tidak ada orang yang mengontrol ketersediaan bahan atau produk yang dijual kan.

Baca juga: Shift Kerja Indomaret 2020: Tips dan Gaji yang Kamu Dapat

Tugas Inventory Control Indomaret Tahun 2020

Pada dasarnya tugas dari seorang inventory control indomaret adalah mengontrol produk yang diperjual belikan, dalam hal ini dapat dibagi menjadi :

  1. Mengontrol barang yang masuk di toko
  2. Mengontrol barang di toko agar tidak terjadi over stok
  3. Mengontrol barang yang ada di toko agar inflasi harga barang terjaga, artinya supplay barang harus teratur.
  4. Memesan produk yang diperjual belikan kepada produsen.
  5. Menyalirkan produk tersebut ke tiap-tiap cabang indomaret atau toko.

Dari beberapa subtugas dari seorang inventory control indomaret ini semuanya berkaitan dengan barang yang diperjual belikan, dan semua tugas ini akan dilakukan secara rutin dalam bentuk data atau laporan perbulannya.

Yang terpenting dalam tugas inventory control indomaret adalah menjamin ketersediaan barang agar tidak terjadi inflasi yang tinggi dan barang dapat didistribusikan ke setiap toko indomaret.

Baca juga: Tugas dan Gaji Helper Indomaret Yang Wajib Kamu Tahu!

Pengendalian Persediaan Yang Dilakukan Seorang inventory Control Indomaret

tugas inventory control indomaret

Dalam mengendalikan inflasi yang mengacu kepada ketersediaan barang atau produk yang diperjual belikan, maka seorang inventory control indomaret dapat melakukan beberapa cara seperti dibawah ini :

  1. Data barang yang ada didalam gudang dianggap dapat dihitung pasti pembelinya atau orang yang membutuhkannya baik tiap bulan, triwulan atau bahkan pertahun, dengan demikian setiap pengiriman barang atau produk dapat diketahui jumlahnya tiap kali dilakukan pengiriman barang atau produk apakah itu dalam jangka waktu bulanan triwulan atau bahkan tiap tahunnya.
  2. Menyiapkan produk atau barang cadangan untuk antisipasi jika terjadi over pesanan sehingga produk cadangan dapat didistribusikan untuk periode berikutnya, hal ini akan menjamin harga barang dapat diperjual belikan dalam harga yang sama dengan sebelumnya atau ketersediaan barang yang overbuy masih tersedia dan dapat diperjual belikan.

Dua langkah diatas dapat memastikan ketersediaan barang atau produk di suatu cabang atau toko indomaret, dan dapat mengendalikan inflasi barang atas supplay dan demand suatu produk.

Baca juga: Wow, Segini Gaji Karyawan Indomaret 2020, Kasir Berapa? Simak!

Selain dua cara kontrol inflasi diatas juga ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap harga barang yang harus diketahui oleh seorang inventory control indomaret, diantaranya adalah :

  1. Seorang inventory control indomaret harus bisa menjual barang dalam bentuk discount atau potongan yang diberikan, baik dengan target break even poin atau sebagainya.
  2. Mengantisipasi salah pengiriman barang yang dilakukan sehingga barang tersebut harus cepat di tukar kembali.
  3. Menjamin ketersediaan barang atau produk yang diperjual belikan.
  4. Harus mengantisipasi kenaikan harga atau inflasi dari nilai jual produk atau barang yang akan didistribusikan.
  5. Display barang yang harus terus teratur di toko indomaret.

Sebagai orang yang bertanggung jawab akan ketersediaan dan permintaan barang yang terjadi di indomaret, seorang inventory control indomaret harus mempunyai dedikasi dan juga pengalaman yang mumpuni untuk segala urusan yang berkaitan dengan control produk atau barang yang diperjual belikan.

Control produk, meliputi banyak hal seperti harga, ketersediaan, jumlah permintaan, jumlah barang yang minim permintaan, sehingga seorang inventory control indomaret, harus bisa menjual barang-barang yang kurang banyak peminatnya tersebut secara teratur agar tidak terjadi over stok produk pada pengiriman berikutnya.

Kenyamanan konsumen terhadap barang-barang yang akan dibeli oleh mereka yang selalu tersedia, menjadi salah satu hal yang membedakan industri retail indomaret ini dengan toko konvensional yang lainnya, maka dari itu jabatan atau tugas inventory control indomaret ini sangat diperlukan disetiap cabang atau toko indomaret dimanapun itu.

Baca juga: Cara Melamar Kerja Part Time Indomaret 2020, Plus Tips Kerja

Jika barang yang ingin dibeli oleh konsumen selalu tersedia, maka tidak menutup kemungkinan akan banyak konsumen tetap yang akan berbelanja di toko atau cabang indomaret tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *