Penasaran Tugas Helper Indomaret Seperti Apa? Ternyata Begini

Menjadi helper indomaret haruslah mengetahui tugas-tugas yang harus dilakukan setiap harinya, potensi kerja sebagai helper indomaret sangat besar di tahun 2020 ini, untuk itu kita perlu banyak membahas tentang jenis pekerjaan yang satu ini.

Selain gajinya yang lumayan besar, seorang helper indomaret di ikat dengan jam kerja dan tugas yang sangat ketat dan penting, tentu jumlah gaji yang akan didapatkan seorang helper sesuai dengan pekerjaan yang harus dilakukan.

Tugas Helper Indomaret Terbaru

Tugas helper indomaret ada banyak sekali tergantung posisi yang ditempati, beberapa posisi helper indomaret yang lagi membuka lowongan pekerjaan di tahun 2020 ini.

Baca juga: Gaji Karyawan Indomaret 2020 Semua Posisi, Mulai Dari Kasir!

Apa Tugas Helper Indomaret Terbaru 2020?

1. Pramuniaga

Pramuniaga adalah sebuah posisi yang bertujuan untuk melayani embeli atau konsumen yang berbelanja di indomaret, dari posisi tersebut dapat dengan jelas dimengerti bahwa tugas helper indomaret dengan posisi pramuniaga ini adalah untuk melayani pembeli, membantu pembeli mencari barang dll.

Biasanya tugas helper indomaret untuk posisi pramuniaga ini meliputi semua pekerjaan yang di lakukan seperti kasir, merapikan barang, menginput data penjualan, dan lainnya.

2. Kasir

Untuk indomaret yang letaknya di beberapa tempat strategis dengan tempat yang besar, maka tugas helper indomaret untuk posisi kasir sangat diperlukan, dan posisi kasir dan pramuniaga harus dipisahkan, tugas helper indomaret kasir adalah untuk menerima pembayaran dari konsumen atau pembeli.

3. Administrasi Branch Manager

Tugas helper indomaret untuk posisi administrasi branch manager adalah untuk melakukan koordinasi pengawasan terhadap operasi yang letaknya di kantor cabang, seperti perekrutan pegawai, pengawasan, dan pelatihan.

4. Administrasi Staf

Tugas helper indomaret untuk posisi administrasi staff adalah untuk mengelola data seperti rekap hasil penjualan, reka barang rusak, barang hilang dan mengumpulkannya secara terstruktur dan rapi.

5. Finance Accounting Departemen

Tugas dari helper indomaret dengan posisi finance accounting dept. adalah mengeluarkan, menyimpan, menerima uang hasil penjualan, otoritas ini sangat penting dalam keberhasilan sebuah cabang indomaret.

6. Gudang

Tugas helper indomaret untuk posisi gudang adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan barang yang akan dijual atau didistribusikan seperti memindahkan barang-barang yang ada di gudang, membersihkan, mengantar, dan merapikan barang yang ada di gudang.

7. Driver

Tugas helper indomaret dengan posisi driver melakukan pekerjaan mengemudi mobil box yang berisikan barang-barang yang akan di jual di tiap cabang indomaret.

8. Tim Project

Tugas helper tim project adalah mengatur penjualan sesuai target dan membantu manager project untuk mencapai tujuan perusahaan.

9. Security

Tugas helper security adalah untuk menjamin keamanan di lingkungan indomaret, dimana bertanggung jawab penuh akan keamanan pembeli atau konsumen.

10. Teknisi Maintenance

Tugas dari seorang teknisi maintenance adalah melakukan perbaikan terhadap sistem digital yang beroperasi di indomaret, seperti komputer, mesin scan, listrik, mesin struk, internet, segala mesin yang diakai di sebuah indomaret.

11. Office Boy/Office Girl

Tugas dari helper indomaret dengan posisi office boy/office girl adalah melakukan tanggung jawab atas kebersihan lingkungan indomaret baik didalam maupun di luar toko indomaret.

Baca juga: Perbandingan Gaji Karyawan Alfamart vs Indomaret, Yuk Kepoin!

Gaji Yang Sesuai Dengan Tugas Helper Indomaret

Mengutip dari halaman google jobs, dimana rata-rata gaji untuk seorang helper indomaret sangat bervariasi tergantung provinsi dimana tempat usaha indomaret tersebut didirikan, diantaranya adalah :

  • Provinsi Jawa Barat rata-rata gaji seoarang helper indomaret sebesar >3 juta rupiah.
  • Provinsi Sulawesi Selatan rata-rata gaji untuk seorang helper indomaret sebesar > 3.5 juta rupiah.
  • Provinsi Jawa Timur rata-rata gaji helper indomaret sebesar > 2.5 juta rupiah.

Gaji untuk seorang helper indomaret ini sangat variatif tergantung letak dan juga faktor-faktor lain yang mempengaruhinya, dibeberapa situs lowongan pekerjaan menampilkan nilai gaji rata-rata yang lebih rendah atau bahkan lebih tinggi dari yang dijelaskan diatas. Tapi jika dirata ratakan untuk semua daerah di Indonesia, gaji helper Indomaret sekitar 3 jutaan.

Jam Kerja Seorang Helper Indomaret Di Indonesia

tugas helper indomaret

Indomaret adalah sebuah jaringan waralaba retail khas indonesia yang memiliki kantor pusat di jakarta, dalam prosedur dan SNI yang berlaku di indonesia, jam kerja yang ditetapkan oleh perusahaan waralaba ini sebanyak 6 jam dalam satu hari selama 6 hari per minggunya yang dibagi atas :

  1. Masuk dari jam 7 sampai dengan waktu pergantian shift.
  2. Masuk kembali pergantian shift ( Biasanya waktu untuk istirahat di beberapa indomaret yang buka 24 jam harus menunggu waktu pergantian shift).
  3. Di beberapa tempat yang buka dari jam 7 sampai jam 10 malam, waktu istirahat untuk helper indomaret berada di jam makan siang dan jam makan malam yang tugas helper indomaret digantikan dengan yang lainnya, biasanya setiap indomaret memiliki 2 sampai lebih pegawai untuk pekerjaan helper indomaret).

Itulah beberapa informasi penting yang wajib anda ketahui jika ingin menjadi seorang helper indomaret, tugas-tugas yang harus anda lakukan, dan tentunya tugas helper indomaret tersebut sesuai dengan proporsi gaji yang nantinya anda terima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *