10 Trik Mendapatkan Tip Lebih dari Pelanggan Gojek (Pengalaman)

By | 1 Oktober 2019

Trik tip Gojek – Selamat datang kembali di infokerjakuu.com, pusat informasi bagi Anda driver ojek online yang ingin mendapatkan pengalaman-pengalaman jitu, terbaik, dan menarik yang bisa diaplikasikan sederhana dalam kehidupan sehari-hari di lapangan.

Sebelum masuk ke materi yang akan kita sampaikan, kita ucapkan selamat bekerja bagi Anda driver ojek online, hati-hati dijalan,tetap solid, serta berkendaralah dengan aman dan nyaman hingga pulang ke rumah dengan selamat.

Oke, materi kita kali ini adalah tentang tip. Sudah pada tahu kan apa itu tip, itu tu yang biasanya disebut uang tambahan dari costumer.

ikhlas

Ketika mengantar penumpang (Goride) atau mengantar makan (Gofood) pasti kalian pernah dapat tip baik berupa tunai maupun berupa saldo Gopay (Bagi driver Gojek) bukan. Kisarannya bermacam-macam, ada yang dapat tip 2.500 , 5.000, hingga yang berwarna merah (100.000). Biasanya sih kalo dapat tip dari Costumer rasa lelah berkurang, hati bahagia, bahkan bisa membuat senyum bibir 2 cm kiri dan dan 2 cm kanan seimbang. Kok tahu bang ? Ya taulah kan udah pengalaman hehe…

Oke, kali ini akan kita bagikan 10 trik bagaimana mendapatkan tip dari pelanggan. Simak baik-baik ya …

1. Budayakan senyum, salam , sapa

senyum

Senyum, salam, sapa adalah bagian dari ekosistem Gojek. Mengapa ? karena profesi ojek online adalah profesi jasa, jadi harus dijadikan standar pelayanan supaya costumer merasa puas dengan pelayanan kita.

Costumer adalah cerminan kita, kalo kita energik dengan memberi senyuman ikhlas, salam yang ikhlas dan sapaan yang ikhlas pasti dimata costumer kita adalah driver jempolan.

Sebaliknya, apabila kita irit dengan senyuman, salam dan sapa maka dimata costumer Anda adalah driver yang biasa-biasa saja.

Maka dari itu, senyuman, salam , dan sapa yang ikhlas akan menular ke costumer kita.

 

2. Lakukan setiap pekerjaan dengan ikhlas

Setiap pekerjaan yang dilakukan dengan ikhlas pasti akan berbuah manis di belakang.
Contoh : Jika Anda mendapatkan order Goride ke tujuan tertentu, eh costumer minta berhenti sebentar di tempat yang lain misalkan costumer ingin belanja makanan di suatu tempat dan ternyata lama menanti. Jangan sekali-sekali menggerutu dan kesal apalagi kekesalan Anda terbaca oleh Costumer, wah bisa gak dapat tip nih. Padahal, saat costumer meminta untuk berhenti di tempat tertentu bisa jadi ada peluang costumer ingin memberi uang tambahan.

Atau saat Costumer memesan Gofood , minumnya minta dibelikan di tempat lain, lakukan saja dengan ikhlas bisa jadi ada uang tambahan buat Anda.

 

3. Tanyakan dengan detail keinginan costumer saat memesan Gofood

gojek-menelepon

Driver yang baik adalah menanyakan detail keinginan costumer jangan sampai lupa dengan pesanan pelanggan. Misal pada saat memesan Gofood, pastikan pesanan sesuai dengan yang tertera di aplikasi. Apabila keterangan tidak lengkap usahakan menghubungi costumer tidak melalui aplikasi chat, lebih baik Anda menghubungi costumer dengan telepon.

Melalui aplikasi chat interaksi antara costumer dengan driver kurang efektif, karena dengan mengirim pesan chat bisa jadi pesan yang disampaikan tidak maksimal. Gunakanlah telepon dalam setiap menjalankan order, karena bahasa lisan lebih fleksibel dan tersampaikan ketimbang bahasa tulisan. Adapun pesan melalui chat kadang tidak terbaca oleh costumer sedangkan via telepon pasti dering akan berbunyi.

Ingat, Costumer merasa lebih diperhatikan apabila driver menghubunginya langsung melalui telepon. Toh Gojek telah memberikan bantuan subsidi berupa paket telepon SIAP ONLINE yang harganya jauh lebih irit daripada harga normal umum.

 

4. Jadilah driver yang paling nyaman saat berkendara

nyaman

Keselamatan adalah hal yang paling nomor satu bagi costumer. Anda mengemudi ugal-ugalan, menerobos lampu merah, memotong arus , dan lain-lain itu akan membuat costumer Anda menjadi risih dan dalam perspektif mereka Anda bekerja dengan asal-asalan tanpa mengedepankan keselamatan mereka. Namun, jika Anda berhati-hati dan memperhatikan rambu-rambu lalu lintas costumer akan merasa senang bahwa dirinya sedang bersama driver yang tepat.

 

5. Pastikan lokasi penjemputan tepat

map

Penting bagi driver yang mendapatkan order Goride memastikan lokasi penjemputan tepat. Kadang ada costumer yang memesan layanan salah memasukkan lokasi penjemputan atau gps tidak akurat sehingga driver dan costumer tidak cepat bertemu. Gunakan telepon untuk menghubungi Costumer Anda sehingga Anda dengan cepat mendatangi lokasi costumer.

 

6. Tawarkan masker dan haircup

masker

Tawarkan selalu masker dan haircup kepada pelanggan. Perbuatan sepele namun penuh dengan perhatian yaitu tawarkan masker dan haircup. Mengapa ini bisa dijadikan salah satu penyebab Anda akan mendapatkan tip dari costumer ? Alasannya sederhana, disaat banyak driver yang tidak menawarkan, hanya menawarkan helm saja. Maka akan membuat costumer semakin senang karena diperhatikan.

Memberi masker dan haircup akan melindungi costumer dari debu dijalanan dan melindungi rambut costumer dari gesekan bagian dalam helm. Biasanya ada sebagian dari costumer tidak mau memakai haircup lantaran helm para driver adalah helm umum yang dipakai oleh siapa saja, maka dari itu sebagian dari mereka menganggap bahwa haircup itu penting untuk melindungi rambutnya dari bau helm yang dipakai 😀

Baca juga  artikel ini:

 

7. Jangan menolak order yang masuk

cancel

Menolak order artinya menolak rezeki. Istilah ini sangat populer dikalangan para driver ojek online.

Biasanya penolakan order oleh ojek online disebabkan salah satunya yaitu jarak antar penumpang sangat jauh atau pesanan gofood terlalu banyak sehingga susah untuk dibawa.

Alasannya, jika jarak antar penumpang sangat jauh pasti Anda berpikir tidak akan tutup poin bukan ? makanya Anda cancel / batalin pesanan tersebut. Padahal, jika dijalankan ini adalah jalan untuk Anda mendapatkan uang lebih diatas ongkos yang telah ditetapkan oleh Gojek. Mengapa ? Karena banyaknya driver yang membatalkan pesanan akan membuat costumer jengkel dan akhirnya akan memberi uang tambahan sebagai rasa terima kasih pada driver yang telah bersedia mengantarnya sampai tujuan.

Jika Gofood dan pesannnya banyak, sampaikan kepada pelanggan dengan cara yang baik dan santun. Apabila tidak bisa dibawa karena muatan banyak , sampaikan berapa banyak yang bisa Anda bawa. Jika Anda sanggup membawanya, bawalah dengan selamat sampai ke tujuan.

 

8. Berpenampilan Menarik

penampilan

Berpenampilan menarik adalah modal awal bagi setiap driver, dengan berpenampilan menarik, costumer / pelanggan akan merasa senang. Memakai jaket Gojek, bercelana baik dan bagus, serta memakai sepatu dapat memberi daya tarik tersendiri pada konsumen. Berbeda dengan jika Anda memakai sandal dalam menjalankan order, memakai sepatu memberi kesan menghormati dan kesiapan dalam berkendara.

 

9. Datang tepat waktu

time

Tepat waktu adalah prioritas bagi konsumen. Mengapa ? alasannya karena costumer memesan ojek online karena ojek online dapat menghemat waktu perjalanan mereka dibanding dengan ojek konvensional atau transportasi konvensional roda 4. Maka segeralah datang sesuai dengan waktu wajar yang telah ditentukan, jangan berlama-lama hingga costumer menunggu terlalu lama hingga 15-30 menit. Waktu wajar untuk driver datang ke tempat costumer paling lama 5 menit semenjak costumer memesan.

 

10. Selalu ucapkan terima kasih kepada pelanggan

terima-kasih

Selalu ucapkan terima kasih kepada pelanggan ketika selesai menjalankan order Goride maupun Gofood. Ucapan terima kasih memberi tanda bahwa Anda sangat senang menjalankan order dari costumer Anda.

Nah itu dia 10 trik bagaimana cara mendapatkan tip dari konsumen, rejeki memang sudah ada yang atur tapi kalo tidak diatur rejeki pun tidak akan datang. Praktekkan dan laksankan dalam keseharian Anda, mudah-mudahan dengan menjalankan 10 trik diatas , rejeki Anda akan semakin dimudahkan. Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *