Tarif GrabCar Per Km yang Harus Dimengerti

By | 30 Juli 2018

Menggunakan mode transportasi online semacam GrabCar merupakan pilihan terbaik di tengah kemajuan zaman seperti sekarang. Alasannya pun beragam. Dengan GrabCar misalnya, Anda tidak perlu lagi keluar rumah untuk mencari taksi. Sistem pembayaran pun tidak melulu dengan bayar tunai, tetapi juga dengan mode pembayaran lain yang lebih mudah. Dan yang lebih penting lagi, tarif GrabCar per Km tidak lebih mahal dari taksi pada umumnya.

Tarif GrabCar Per Km

Berapakah sebenarnya Tarif GrabCar Per Km?

Mediasi Penyesuaian Tarif Gojek dan Grab

Maret lalu pihak pemerintah melakukan mediasi terkait tarif yang dikenakan pada pengguna transportasi online. Pihak Gojek, juga Grab, yang merupakan perusahaan transportasi online di Indonesia, tidak keberatan dengan penyesuaian tarif yang akan diberlakukan. Tetapi, tentang berapa besaran kenaikan tersebut, belum banyak berita yang menyebutkan.

Dilansir dari sebuah berita, Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan menyampaikan, titik poin dari penyesuaian tersebut sebenarnya bukan pada kenaikan tarif, tetapi lebih pada bagaimana pendapatan driver bisa meningkat.

Rekomendasi!

Sebelum itu, para driver transportasi online tersebut menemui presiden dan mengeluhkan rendahnya tarif yang diterapkan. Saat itu, tarif yang ditetapkan hanya Rp1.600 per kilometer saja. Mereka ingin tarif tersebut dinaikkan hingga berada di kisaran Rp2.500 per kilometer.

Faktor yang Berpengaruh Pada Besaran Tarif GrabCar per Km

Ada dua hal yang ikut menentukan tarif GrabCar. Keduanya adalah jam sibuk dan tidaknya, serta cuaca. Dengan begitu, tarif GrabCar yang dikenakan pada jam sibuk akan berbeda dengan tarif pada jam lain. Jam sibuk dimulai pukul 6 pagi sampai pukul 9, dan pukul 16 hingga pukul 19.

Tarif GrabCar Per Km

Contoh tampilan tarif dari beberapa layanan di Google Maps

Seperti juga dengan perbedaan jam, menggunakan jasa GrabCar pada saat cuaca gerimis akan lebih mahal daripada menggunakan jasa GrabCar pada saat cuaca cerah. Ini menarik tentunya. Sebab, mengendara pada cuaca gerimis memiliki tantangan lebih besar daripada ketika cuaca cerah.

Jika demikian, tarif GrabCar per Km 2018 akan lebih mahal pada jam sibuk dan cuaca gerimis. Jadi, ini bisa Anda jadikan lampu kuning untuk lebih hati-hati mengatur keuangan dan memilih saat-saat tertentu untuk menggunakan jasa GrabCar. Namun yang pasti, dalam cuaca dan jam berapapun, tarif di tahun 2018 akan berbeda dengan tarif GrabCar per Km 2017.

Informasi Tarif GrabCar Pada Aplikasi

Tarif paling murah yang dikenakan kepada Anda jika Anda menggunakan jasa GrabCar adalah Rp10.000. Jika pun tujuan Anda hanya berjarak 500 meter misalnya, maka Anda akan dikenakan biaya Rp10.000 itu. Walaupun, secara hitung-hitungan tarif yang dikenakan kurang dari Rp10.000, tarif yang dikenakan pada Anda tidak akan bisa turun lagi.

Tarif GrabCar Per Km

Tampilan di aplikasi

Terlepas dari berapa tarifnya, hal paling mudah yang bisa langsung Anda lihat adalah melihat informasi tarifnya langsung. Biasanya, ketika Anda membuka Aplikasi Grab dan menentukan titik tujuan perjalanan Anda, Anda akan langsung mendapat informasi nilai tarif yang dikenakan. Setelah itu Anda bisa melakukan pemesanan atau mengurungkan niat Anda jika dirasa tarifnya kurang cocok.

Kiranya, melihat langsung tarif di aplikasi lebih mudah Anda lakukan daripada Anda repot memikirkan tarif yang dikenakan per kilometernya. Lebih-lebih jika Anda belum tahu berapa kilometer jarak yang harus Anda tempuh untuk sampai di tempat tujuan.

Sekadar saran, beberapa titik tujuan mungkin tertandai beberapa kali. Kadang-kadang, meski ditandai dengan nama yang sama, teks tulisan tandanya berbeda. Lalu, apa pentingnya memilih salah satu tanda tersebut? Apakah ada perbedaan tertentu atau bagaimana?

Seringkali, beberapa tanda tersebut memiliki tarif berbeda. Jika Anda jeli, Anda akan mendapat tarif lebih murah. Memang, sih, perbedaan tarifnya tidak banyak, hanya kisaran ribuan saja. Namun, tarif yang lebih rendah, berapapun itu, akan membuat Anda merasa lebih puas.

Jangan lupa, pastikan juga di mana titik penjemputan. Pada beberapa titik penjemputan, terdapat tarif parkir tertentu jika driver harus menunggu kedatangan Anda. Tarif itu biasanya diberitahukan kepada Anda karena akan menjadi tambahan biaya yang harus Anda keluarkan. Tentu selain biaya yang sudah tertera pada aplikasi GrabCar.

Demikian, penjelasan tentang tarif GrabCar per Km. Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang membutuhkan informasi tarif GrabCar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *