Perhatikan Syarat dan Tahun Motor Untuk Daftar Grabbike

By | 27 Juli 2018

Mengapa banyak orang yang ingin tahu lebih jauh tentang syarat motor grabbike serta tahun motornya? Salah satu faktornya adalah antusiasme masyarakat untuk bergabung dengan perusahaan ojek online. Tentu saja, ojek ini memiliki daya tarik yang berbeda dari ojek pangkalan yang sudah ada. Dengan sistem yang lebih terorganisir, dokumen yang dibutuhkan juga berbeda.

syarat motor grabbike

Apa saja syarat motor grabbike?

Karena manajemen nya yang bisa dikatakan bagus, tidak salah kalau banyak yang ingin daftar menjadi driver grabbike. Adanya Grabbike ini adalah manifestasi dari dunia yang kian hari berkembang, dimana semua bisa online dan itu tentu saja mempermudah hidup kita. Kelebihan lainnya adalah tidak adanya sistem rebut rebut penumpang yang biasanya terjadi di pangkalan ojek. Marilah menjadi manusia yang bisa menyesuaikan diri dengan zaman, jangan malah protes dengan berkembangnya zaman. Move ON!

Syarat Motor Grabbike 2019

Bagi para pengguna Grab, hal yang ditunggu adalah kode promo agar bisa mendapatkan harga lebih murah. Hal yang paling ditunggu oleh para pecinta ojek online adalah ketika lowongan Grabbike dibuka. Akan tetapi, para pendaftar sering melupakan dokumen yang harus disediakan. Padahal, pendaftaran dimulai dengan menyiapkan berkas yang lengkap dan sesuai.

1. Tahun Motor Grabbike (Pembuatan Motor)

Syarat tahun pembuatan motor

Syarat yang tertulis di website resmi adalah “motor layak berdasarkan ketentuan dari perusahaan Grab”. Meskipun konsep ini tidak begitu jelas, satu hal yang pasti adalah tahun keluaran motor.

  • Motor tahun keluaran minimal 2009 bilamana pendaftar tinggal di daerah Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, Yogyakarta,Semarang, Palembang, dan Bali
  • Motor tahun pembuatan minimal 2008 untuk kota kota selain daerah yang telah disebutkan di atas

Meski demikian, semakin lama maka syarat tahun motor Grab semakin naik. Sekarang misalnya, syarat tahun motor musti 2008/2009, tapi lama kelamaan akan menjadi minimal 2009/2010 atau 2010/2011.

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan mengenai kriteria motor Grabbike selain tahun motornya adalah:

  • Motor harus dalam keadaan layak pakai dan nyaman
  • Mesin dan body motor masih bagus dan layak
  • Bukan motor modifikasi
  • Bukan tipe trekking (bukan motor balap/ cross), kondisi baik, mesin bekerja dengan baik, lampu depan belakang menyala, klakson menyala dan lengkap dengan kaca spion

Tujuan diterapkannya sistem ini adalah tidak lain untuk menjamin kenyamanan penumpang. Selain itu, dengan motor yang baik, waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat tujuan tidak akan jauh berbeda dari apa yang tertera di aplikasi.

Jadi, kesimpulan dan saran poin ini adalah untuk menjamin sebaiknya motor harus lebih baik. Tidak ada salahnya kalau anda membeli motor bekas untuk memenuhi syarat tahun motor Grab demi mencari nafkah menjadi driver Grabbike ini. Tidak sedikit loh penghasilannya, anda bisa cek penghasilan driver Grabbike.

2. Jenis Motor dan Rekomendasi Motor

Jenis motor dan rekomendasi motor

Beberapa jenis motor yang direkomendasikan yang bisa anda pertimbangkan:

3. Dokumen Motor

STNK yang aktif, jangan lupa untuk memeriksa ulang apakah anda sudah melunasi pajak tahunan. Jika belum, maka lunasilah dahulu sebelum mendaftar sebagai mitra Grabbike. Siapkan juga fotokopi STNK. Bawa serta STNK asli karena berkas tersebut mungkin saja diminta oleh petugas.

4. Dokumen Pribadi (Untuk Driver/ Pendaftar)

Sebenarnya ini hanya informasi tambahan, berkaitan dengan dokumen apa saja yang dibutuhkan oleh pendaftar Grabbike:

a. SIM C

Surat Izin Mengemudi

Memiliki kendaraan roda empat saja tak cukup untuk menjadi syarat mendaftar sebagai mitra Grabbike. Si calon pendaftar juga harus mampu mengendarai motor tersebut. Cukup lampirkan fotokopi SIM C sebagai bukti. Namun, jangan lupa untuk membawa KTP asli, ya!

b. KTP

Salah satu syarat utama yang harus ada adalah KTP. Siapkan fotokopi KTP dan juga bawa berkas aslinya ketika mendaftar. Agar proses pendaftaran berjalan dengan lancar, maka si pendaftar wajib menggunakan E-KTP. Mereka yang mengumpulkan KTP sementara mungkin bisa dibantu, akan tetapi dengan waktu yang cukup panjang

Untuk pendaftar yang merupakan pendatang di wilayah tersebut, pastikan untuk menyertakan surat domisili yang dikeluarkan oleh RT dan RW. Isi surat tersebut menyatakan bahwa nama yang tertera adalah benar warga RT dan RW setempat.

c. SKCK

SKCK, sumber gambar : website desa Wonokromo

Untuk menyiapkan dokumen ini, calon pendaftar harus mengunjungi Polres terdekat. Mengapa? Karena SKCK hanya dapat dikeluarkan dari instansi ini saja. Jangan lupa bahwa SKCK memiliki batas waktu aktif. Pastikan tanggal tersebut belum terlewat ketika mendaftar. Jika SKCK sudah kadaluwarsa, segera minta pembaharuan ke Polres yang bersangkutan.

d. Kartu Keluarga

Ini adalah persyaratan penting lainnya yang tak boleh dilewatkan. Sama seperti KTP, siapkan fotokopi dan bawa berkas aslinya.

e. Surat Keterangan Dokter

Kesehatan juga tak boleh dilupakan untuk para calon peserta yang akan mendaftar. Syarat ini hanya diperuntukkan untuk calon yang berusia 50 tahun ke atas. Salah satu bukti yang cukup kuat adalah keterangan dari dokter. Para pendaftar hanya perlu mengunjungi tempat praktek dokter umum atau puskesmas. Biasanya tak ada biaya tambahan untuk pembuatan surat ini.

f. Rekening Bank

Jangan lupa rekening bank, karena ketika anda ingin menarik pembayaran, sistem Grab akan men transfer ke rekening anda. Tanpa rekening, anda tidak bisa menerima pembayaran tentunya. Rekomendasi rekening di sini adalh CIMB Niaga jenis Tabunganku.

Kriteria Ponsel Grab 2019

syarat handphone grabbike

Sebaiknya ponsel anda memenuhi kriteria

Siap bekerja di perusahaan Grab sebagai mitra Grabbike? Maka masing masing driver perlu mempersenjatai dirinya dengan perlengkapan yang mumpuni. Tak perlu memaksakan membeli ponsel keluaran terbaru. Perhatikan syarat handphone Grabbike (smartphone spesifikasi untuk ngojek)

1. Sistem Operasi

Sistem operasi minimal untuk ponsel seorang mitra Grabbike adalah Jelly Bean. Dengan kata lain, ponsel ini adalah ponsel pintar yang dapat bersinkronisasi dengan banyak aplikasi lain. Oh iyya, minimal Hp android yah!

2. Kapasitas RAM

Pastikan untuk memilih ponsel dengan kapasitas 1 GB. Untuk kapasitas lebih rendah, si pendaftar pasti akan kehabisan ruang untuk menyimpan aplikasi. Kapasitas ideal untuk ponsel pintar untuk mitra Grabbike adalah 2GB.

3. GPS

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah GPS dengan akurasi tinggi. Mengapa demikian? Karena perusahaan Grab akan mengirimkan order melalui aplikasi. Ketepatan yang memadai akan sangat membantu si mitra Grabbike untuk menangkap pesanan dari calon penumpang.

4. Memory

Memory yang direkomendasikan adalah minimal 16 GB.

Syarat dan Dokumen Motor Sudah Siap?

Saatnya untuk membaca syarat daftar Grabbike lebih lanjut, silahkan dibaca panduannya satu per satu:

  1. Syarat Daftar Grab 2019 Terlengkap, Perhatikan Syarat Kendaraan
  2. Cara Daftar Grabbike Tercepat, Online atau Offline?

Bersiap Untuk Berbagai Tes

syarat motor grabbike

Ada tes nya juga kah?

Ada beberapa langkah yang harus dilewati sebelum menerima keputusan diterima sebagai pengemudi Grab. Tahapan pertama adalah seleksi berkas. Hal ini terkait dengan kelengkapan berkas yang diajukan. Apabila ada yang perlu dilengkapi, maka dokumen belum bisa diproses. Si calon pendaftar harus melengkapi segala kekuranganya.

Jika berkas sudah diterima, maka tes selanjutnya yang harus dilakukan adalah tes safety driving. Tenang saja, tes ini berbeda dari tes untuk mendapatkan surat ijin mengemudi. Si calon pendaftar akan diminta untuk membawa penumpang ke tempat tujuan. Umumnya, proses ini akan diulang dua kali. Kemudian, para penilai akan mengamati cara si calon pengemudi mengendarai motor dan melayani si penumpang.

Kalau anda daftar online Grabbike, maka akan ada training online di Grab academy yang harus anda selesaikan. Caranya yakni dengan membaca modul dan menjawab quiz yang diberikan. Bilamana anda gagal, anda bisa mengulang lagi. Setelah lulus Online training, baru akun Grab driver anda diaktifkan dalam waktu 24 jam. Sumber informasi berasal dari situs resmi Grab

Dengan popularitas yang terus meningkat, perusahaan Grab berkomitmen untuk terus menjaga kualitas dan kepuasan pelanggan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kepercayaan pelanggan yang terus menggunakan layanan Grab. Selain itu, banyak calon pendaftar yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Sebelum mendaftar, jangan lupa untuk membaca ulang syarat tahun motor grab motor. Sudah siap?

59 thoughts on “Perhatikan Syarat dan Tahun Motor Untuk Daftar Grabbike

  1. Trisna

    Mau tanya, kalo misal saya dari lampung terus saya mau nge grab di tanggerang apakah motor nya tidak boleh make motor plat lampung???

    Reply
    1. Info Kerja Post author

      Plat motor tidak ada masalah mas, yang penting motor itu punya mas

      Reply
  2. Angga RS

    Mau tanya dong klo motor supra th 2010 kelengkapan motor klakson mati itu msih bisa diterima ga ya?

    Reply
    1. Info Kerja Post author

      Klakson mati? Bisa diperbaiki dlu lah mas klakson nya baru daftar

      Reply
  3. brian

    mau tanya klk saya mendaftar menggunakan motor baru yg masih memakai STCK kira” bisa atau tidak?

    Reply
      1. Bayu

        Mau tanya di atas tadi motor yamaha mio nggk ada.. emang bener nggk boleh pake yamaha mio.. tahunnya 2012 apa nggak boleh?

        Reply
  4. Epih

    Kalau daftar grab pakai motor atas nama istri saya boleh ga?

    Reply
    1. Info Kerja Post author

      Bisa mas atas nama istri kalau tidak salah

      Reply
      1. abdurohman

        Kok sepertinya mohon info yg jelas..
        Juga saya minta info nomer kantor grab kudus yang aktif

        Reply
  5. Mutakim

    Kalau motor beda nama pemilik bisa soal y msh nama sodara belum saya balik nama, dan motor taun 2010 bisa ga

    Reply
  6. derry

    Emang ga bisa Daptar ya kalo nama stnk naya orang lain. Jadi kalo mau daptar aharus nunggu habis taun plat nya. Terus di bbm? jadi nama sendiri? susah juga kalo begituh?

    Reply
  7. Rifan

    Kalau daftar grab pakai motor sport cb 150r bisa gk dan stnk nya masih nama orng lain sedangkan fotocopy ktpnya saya tidak punya ,apakah bisa daftar ?

    Reply
    1. Info Kerja Post author

      STNK atas nama orang lain gak masalah sih, tapi mas harus mengisi formulir khusus

      Reply
  8. Bahrul

    Daftar menggunakan motor yang sama sebelumnya bisa ga ka?

    Reply
  9. Rahman syah

    Motor saya all new vixion 2010 bisa gak mas aki di makassar

    Reply
    1. Info Kerja Post author

      silahkan coba langsung daftar online, atau datang langsung di kantornya

      Reply
      1. Anggit

        Mau tanya motor viksen 2009 apakah bisa mas lokasi purbalingga Jawa tengah

        Reply
        1. Info Kerja Post author

          tahun 2009 sepertinya masih bisa mas, tapi direkomendasikan motor yang masih baik yah

          Reply
  10. Yacob

    kalo yahama jupiter mx tahun pembuatan 2008 boleh ga ya?

    Reply
  11. Roni aditiya

    Kalau blade th 2010 atas nama bapak saya bisa mas?

    Reply
  12. Muhamad noor ichsan

    Kalau mio soul tahun 2008.masih
    Bisa gak ya.

    Reply
    1. Info Kerja Post author

      tergantung daerahnya mas, tapi seeprti nya masih bisa ditolerir

      Reply
    1. Info Kerja Post author

      katanya tutup mas, silahkan telpon CS untuk lebih detailnya

      Reply
  13. Ketut Eri Muliastawan

    Mau tanya ja nie.klu stnk nya blum di samzat apa boleh ruk mendadrae ga.tp surat laen/mtrnya lengkap sih..

    Reply
  14. Ali

    Jadi klo motor astra tetapi stnk dan bpkb nya hidup bisa juga kondisi mesin sehat

    Reply
  15. Teguh

    Honda Spacy tahun 2010 apakah masih bisa daftar pengemudi grab..,.trims

    Reply
  16. Khis

    Min mau tanya sudah daftar di grab bike online selalu gagal di scan ktp,sim,stnk,dll nya saya pake motor spot r 15 bisa tidak dan bila tidak punya rekening tabungan dan npwp apa bisa di bantu prosesnya trimksih

    Reply
  17. Eris

    Maaf Mau tanya…kira kira kapan Ya GRAB bike buka Lowongan Lagi..Trmksh..

    Reply
  18. Arik

    Mau nanya min … Saya punya akun driver grab daerah jawa tp sudah tidak saya gunakan hampir setahun lebih dikarenakan saya dapat panggilan kerja di jakarta … Sekarang saya ingin ada sampinga ojol jg di daerah jakarta .. apakah saya bisa mutasi akun saya ke jakarta lewat kantor grab yg ada di jakarta ?
    Minggu kemaren saya coba install lagi apk deiver grab saya tp ada notif akun di non aktifkan sementara
    Terima kasih

    Reply
  19. Idrus

    Motor honda beat karbu thn 2011 tapi stangnya diubah jdi stang street dan shok depan belakang di tinggiin bisa gk mas ???

    Reply
  20. Dyva

    Kalo semisal motor saya 2010 tapi syarat 2011 sedangakan kondisi motor saya layak seperti mesin body dsn sebagainya apakah masi bisa?

    Reply
  21. sanusi lubis

    kalo untuk daerah kota medan minimum tahun berapa sepeda motor nya mas

    Reply
  22. Karman

    Saya mau tanya kalo motor fiz r keluaran 2002 bisa kah buat kerja jadi grabike

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *