Syarat Tahun Mobil Go Car 2019 Buat Calon Driver

By | 21 Juli 2018

Para pengatur managemen perusahaan memiliki alasan tersendiri untuk memasukkan syarat tahun mobil go car ke dalam kriteria mitra driver Gojek. Tujuannya bukan untuk membatasi jumlah pendaftar, namun menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang. Hal ini sebenarnya bukan sebuah tuntutan yang berlebihan. Mengapa? Karena kedua poin ini merupakan faktor penting dalam kinerja Gocar.

Syarat Tahun Mobil Go Car Dan Detail Lainnya

syarat tahun mobil go car

Syarat tahun mobil Go Car

Para calon mitra driver Gojek harus berhati hati ketika mendaftarkan mobil pribadi sebagai kendaraan yang akan digunakan ketika beroperasi. Pasalnya, tak semua mobil bisa dipakai untuk narik. Pastikan untuk memeriksa ulang syarat yang diajukan oleh perusahaan.

  • Tahun Kendaraan

Gojek mengeluarkan kebijakan  bahwa mobil yang digunakan minimal keluaran enam tahun terakhir. Dengan kata lain, mobil yang diproduksi pada tahun 2012 sudah tidak bisa didaftarkan lagi. Setidaknya, kendaraan yang akan dipakai merupakan keluaran tahun 2013.

  • Kapasitas Mesin

Meskipun sama sama bertipe mobil sedan, ada beberapa macam kapasitas mesin. Untuk mobil yang terdaftar sebagai Gocar, diwajibkan untuk memiliki kapasitas minimal 1000 cc dan maksimal 2000 cc. Jika kendaraan calon driver memiliki kapasitas di bawah itu, lebih baik berfikir ulang untuk mendaftar.

  • Bukti Asuransi

Untuk menjaga keamanan penumpang dan driver selama berkendara, perusahaan Gojek juga mewajibkan semua mitra driver untuk mengasuransikan mobil yang dimiliki. Dengan demikian, mobil tersebut akan mendapatkan keringanan perawatan ketika terjadi kecelakaan.

Syarat Lain Terkait Mobil Gocar

syarat tahun mobil go car

Syarat lain

Selain syarat yang disebutkan diatas, ada beberapa kebijakan lain yang disampaikan oleh aparat hukum terkait. Kebijakan ini diantaranya adalah:

  • Jenis SIM yang terdaftar

Kebebasan mendaftarkan kendaraan terkadang membuat para mitra driver menggunakan berbagai jenis mobil untuk keperluan taksi online. Maka, pihak kepolisian mewajibkan pengendara sedan untuk menyerahkan SIM A umum ketika mengumpulkan persyaratan. Untuk mereka yang memiliki kendaraan besar dengan lebih dari tujuh tempat duduk, maka gunakanlah SIM B1 umum.

  • Lulus Uji KIR

Kendaraan yang akan didaftarkan sebagai kendaraan Gojek diwajibkan untuk lulus uji KIR. Tempat pengujian tak harus berlokasi di kantor kepolisian. Bengkel resmi masing masing perusahaan mobil juga bisa mengeluarkan surat KIR resmi.

  • STNK Perusahaan

Kebijakan terakhir yang wajib dipenuhi adalah STNK atas nama perusahaan. Bagi perusahaan taksi yang tergabung dalam koperasi, bisa membaca ulang UU Koperasi untuk mempelajari detailnya. Para pemilik perusahaan yang melanggar ketentuan ini akan dikenai sanksi pencabutan ijin usaha dan juga pemblokiran situs oleh Menkominfo.

Informasi terkait!!

Peraturan Hukum Yang Mendukung

Apakah keputusan yang diambil oleh pihak Gojek mengenai tahun kendaraan dan detail lainnya merupakan kebijakan sepihak? Ternyata tidak. Ada dasar hukum yang kuat dari setiap persyaratan yang diajukan. Sebagai contoh, larangan menggunakan kendaraan berkapasitas 1300 cc dan lebih diatur dalam Peraturan Mentri Perhubungan No. 32 tahun 2016.

Pasal tersebut secara khusus membahas tentang “angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek”. Keterangan mengenai kapasitas mesin kendaraan disebutkan dalam pasal 8 ayat 12; “diatur pelayanan angkutan sewa wajib menggunakan kendaraan penumpang umum minimal 1300 centimete cubic (cc). Kebijakan ini aktif berlaku sejak bulan Oktober 2016 silam.

Untungnya, kebijakan ini telah direvisi. Pemilik kendaraan 1000cc juga bisa menjadi mitra driver Gojek. Maka sekarang, proses pengajuan uji KIR yang diajukan oleh si calon mitra driver akan lebih mudah diproses.

Daftar Mobil Yang Bisa Didaftarkan dan Populer Untuk Go car

Sudah jelas disampaikan di awal bahwa kapasitas mobil yang terdaftar tidak lagi 1300 cc. Jenis kendaraan berkapasitas 1000 dan 1200 cc juga bisa masuk dalam hitungan. Mobil ini sering disebut dengan Low Cost Green Car (LCGC). Beberapa contoh kendaraan LCGC antara lain:

  • Datsun Go
  • Datsun Go Panca
  • Toyota Agya
  • Daihatsu Ayla
  • Daihatsu Sigra
  • Toyota Cayla
  • Honda Brio
  • Suzuki Karimun

Pembukaan pendaftaran dari perusahaan Gojek untuk mengisi posisi mitra driver disambut baik oleh banyak kalangan. Sayangnya, sebagian mungkin harus kembali dengan surat penolakan karena jenis kendaraan yang dimiliki. Maka, sangat penting untuk mempelajari syarat tahun mobil go car sebelum memutuskan untuk mendaftar!

13 thoughts on “Syarat Tahun Mobil Go Car 2019 Buat Calon Driver

  1. tani ari yanto

    seande nya ngk punya kendara an. bisa kah ikut gabung jd driwe go car. mohon info nya.

    Reply
  2. Rozi ibrahim

    Boleh pake mobil orang utk greb mohon info?..trimakasih.

    Reply
    1. Info Kerja Post author

      Boleh, tapi harus ada surat tertentu

      Reply
  3. iqbal

    maaf, perkiraan kpn pembukaan pendaftaran calon driver dibuka kembali untuk daerah Banjarbaru kalsel?

    tolong dijawab ya, makasih

    Reply
    1. Info Kerja Post author

      katanya pendaftaran tutup mas, beberapa hari lalu menghubungi call center grab, katanya tutup

      Reply
  4. tama

    andaikata yang didaftarkan adalah mobil tahun 2013 sebagai syarat minimalnya, berapa lama (hingga brp tahun) mobil tersebut bisa digunakan sbg taxi online ini?, apakah ada batasan tertentu?
    mohon info…, tq

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *