Syarat Mobil Grab 2019, 9 Mobil yang Direkomendasikan!

By | 28 Januari 2019

Permintaan layanan Grab yang tinggi membuatnya menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diinginkan. Dengan kelebihan yang dimiliki mitra Grabcar seperti penghasilan yang lumayan, waktu kerja yang fleksibel dan sebagainya, mereka akan sangat diuntungkan bilamana mengikuti program ini. Jika Anda tertarik untuk menjadi mitra Grabcar, maka anda harus tahu langkah daftar Grabcar, mulai dari syarat daftar hingga syarat mobil Grab dan jenisnya. Karena ada dua layanan Grab yang menggunakan mobil, yaitu Grabcar dan Grabhitch (nebeng), maka syarat mbil grab ini berlaku untuk keduanya..

Syarat mobil grab car 2019

Syarat mobil grab 2019 dan jenis mobil yang disarankan

Jika kita simplifikasi, proses pendaftaran Grabcar (termasuk Grabhitch) itu sangat mudah dan cepat sebenarnya, asal anda tahu apa yang harus anda lakukan. Pertama, anda harus paham dan tahu syarat daftar Grabcar, terdiri dari syarat untuk pengemudi itu sendiri, syarat kendaraan (mobil) hingga syarat smartphone yang sebaiknya digunakan. Setelah anda / pendaftaran memenuhi semua syarat tersebut, langkah selanjutnya adalah daftar Grabcar, bisa online atau langsung datang, itu terserah anda.

Di antara syarat mobil Grab tersebut, ada beberapa jenis mobil yang sangat direkomendasikan untuk digunakan mencari rezeki. Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih mobil tersebut sesuai dengan kondisi keuangan. Syarat dan jenis mobil tahun 2018 yang disarankan tidak banyak berbeda dengan yang versi 2019, jadi anda tidak perlu takut ketinggalan trend.

Syarat Mobil Grab 2019 (Daftar Grabcar & Grabhitch)

Dalam artikel ini, kita tidak akan fokus membahas syarat daftar Grabcar dan grabhitch secara menyeluruh, tapi lebih spesifik yakni syarat mobil Grab dan jenis mobil yang disarankan buat driver Grabcar / Grabhitch.

Syarat mobil Grab 2019:

  • Mobil MPV dan Family Car diprioritaskan
  • Jenis mobil yang diizinkan minimal 1200cc
  • Kondisi mobil baik, seperti AC bekerja dan sabuk pengaman tiap kursi
  • Memiliki asuransi kendaraan yang termasuk syarat daftar
  • Mobil yang digunakan tidak mati pajak dan memiliki surat yang lengkap
  • Jika terdapat ketidaksamaan nama di STNK maupun KTP/SIM, maka harus melampirkan dokumen tambahan. Dokumen tambahan dapat berupa surat jual beli kendaraan atau surat kuasa penggunaan kendaraan dari pemiliknya

Syarat tahun mobil Grab 2019:

  • Mobil maksimal usia 5 tahun saat daftar Grabcar
  • Mobil merupakan keluaran tahun 2011 ke atas, kecuali di Jakarta (keluaran 2013 ke atas) dan Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Palembang, Medan, Bali, dan Makassar (keluaran 2012 ke atas)

Jenis & Tipe mobil Grab 2019:

  1. SUV; Daihatsu Terios, Ford Ecosport, Honda C-RV, Honda B-RV, Honda HRV, dan Toyota Rush.
  2. MPV; Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Nissan Grand Livina, Suzuki APV, Honda Freed, Chevrolet Spin, Toyota Sienta, dan Toyota Cayla.
  3. Hatchback; Honda Brio, Suzuki Swift, Ford Fiesta, Mazda 2, Toyota Etios Valco, Nissan March, Hyundai Avega, dan Mitsubishi Mirage.
  4. Sedan; Honda Civic dan Toyota Vios.

Catatan Penting!! Semua syarat mobil dan jenisnya tidak hanya untuk Grabcar, tetapi juga bisa digunakan sebagai syarat daftar Grabhitch.

9 Rekomendasi Mobil Grab 2019, Jenis, Tipe dan Tahunnya

Berikut ini keterangan lebih lengkap dari beberapa jenis mobil yang dapat digunakan untuk menjadi mitra Grabcar dan Grabhitch:

1. Toyota Avanza

avanza syarat mobil grabcarDengan berbagai keunggulan seperti, harga terjangkau, irit, kapasitasnya lega, tidak heran jika Toyota Avanza populer di masyarakat. Kapasitasnya mencapai 6 orang. Memiliki jok yang empuk, kabin luas, lengkap dengan sabuk pengaman di semua joknya.

Mesinnya merupakan mesin 4 silinder dengan kapasitas sebesar 1329cc 1.3L DOHC dan sistem transmisi otomatis. Kapasitas tangki bahan bakar cukup besar, yaitu 45 liter. Toyota Avanza sudah menggunakan Fuel Injection untuk suplai bahan bakarnya sehingga lebih irit.

2. Toyota Calya

calya jenis mobil grabcarMampu menampung hingga 7 orang, ramah lingkungan, dan terjangkau merupakan beberapa keunggulan Toyota Calya. Mobil Toyota jenis ini juga banyak dicari oleh masyarakat.

Menggunakan mesin berjenis Dual VVT-I dengan kapasitas 1.197 cc, serta sistem transmisi otomatis dan manual. Remnya menggunakan Rem ABS dan Dual SRS Airbag. Untuk menjaga agar suhu tetap stabil, mobil dibekali Rear AC Circulator.

Disediakan juga fitur hiburan, seperti audio dan video system lengkap dengan port USB untuk semakin menunjang kenyamanan penggunanya.

3. Daihatsu Xenia

xenia Syarat dan Jenis Mobil GrabcarDesain mobil Xenia memang dibuat sebagai mobil keluarga yang mampu mengangkut hingga 7 penumpang. Kapasitas mesin sebesar 1329 cc, irit bahan bakar namun performa tetap bagus.  Untuk lampu, Xenia dibekali Front FO Lamp dan Chrome Front Gril. Terdapat Side Body Molding pada sisi eksteriornya. Di dalam mobil juga terdapat Fresh Air Control dan Tilt Steering. Dengan berbagai fiturnya, Xenia cocok sebagai salah satu pilihan jenis mobil Grabcar.

4. Suzuki Ertiga

ertiga Mobil Grabcar 2019Suzuki Ertiga dibekali mesin berkapasitas 1400cc 1.4L, 4 buah silinder yang dikenal sangat bandel. Memiliki sistem transmisi otomatis dan manual yang mudah dioperasikan. Kecepatan maksimal yang dapat dicapai mobil ini yaitu 160 km/jam.

Kabinnya luas dengan jok yang empuk sehingga terasa nyaman ketika dinaiki. Desainnya merupakan desain New Chrome Front Grill, New Front Bumper. Terdapat AC double blower untuk mengatur suhu dalam mobil.

5. Honda Mobilio

honda mobilio syarat tahun mobil grabcar 2018Honda Mobilio didesain sporty dan tampak elegan. Memiliki kapasitas mesin sebesar 1479cc 1.5 SOHC dan kapasitas tangki sebesar 42 liter. Sistem transmisi yang dipasangkan merupakan sistem transmisi manual lima percepatan dengan konfigurasi katup SOHC. Tujuannya adalah agar mobil menjadi lebih hemat bahan bakar.

Kursi didesain dengan tampilan yang mewah. Fitur keamanan yang ada pada mobil ini, antara lain dual airbag, Key Type Wave Key, dan Immobilizer.

6. Datsun GO+

datsun go syarat mobil yang digunakan untuk grab car

Datsun GO+ termasuk kategori small MPV, meski begitu Datsun GO+ memiliki harga yang terbilang terjangkau. Dari luar, tidak terdapat banyak perbedaan dengan mobil terjangkau lain, namun Datsun GO+ memiliki interior yang lebih lengkap.

Dibekali Full Power Windows dan sensor parkir yang canggih sehingga mobil lebih mudah dikondisikan di tempat parkir yang sempit. Datsun GO+ juga memiliki fitur mobil Audio 1 DIN yang mendukung penggunaan USB dan AUX untuk kelengkapan hiburan.

7. Toyota Rush

syarat mobil grab

Toyota Rush memiliki kursi yang empuk sehingga membuat penumpang merasa nyaman. Selain itu, harga mobil ini juga cukup terjangkau sekitaran 200 jutaan saja. Mobil satu ini juga dibekali dengan mesin 2NR-VE memiliki rasio kompresi besar yang bisa lebih irit dari 3SZ-VE.

Tak hanya itu saja, sistem pengereman mobil ini juga cukup bagus dengan adanya fitur ABS dan EBD. Terlebih lagi ditambah dengan fitur VSC HSA, pastinya bisa menjaga mobil tetap berada di lajurnya.

8. Suzuki APV

syarat mobil grab

Mobil ini mampu mengangkut banyak orang sehingga cocok jika dijadikan sebagai mobil untuk grabcar. Selain itu, Suzuki APV juga suku cadangnya dapat dengan mudah ditemukan di mana-mana.

Mobil APV juga dilengkapi dengan sistem bahan bakar multipoint injection sehingga membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih irit. Tak hanya itu saja, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur side impact beams yang berfungsi untuk mengurangi resiko benturan yang terjadi ketika terjadi kecelakaan.

9. Chevrolet Spin

syarat mobil grab

Mobil Chevrolet Spin dibekali dengan mesin yang cukup lengkap. Selain itu, mobil yang satu ini juga menawarkan  tenaga melimpah dengan torsi 190 Nm/1750 rpm. Sekalipun kurang populer, tetapi mobil ini memiliki spesifikasi mumpuni yang dapat digunakan untuk kendaraan grabcar.

Untuk lebih banyak jenis mobil rekomendasi, silahkan baca artikel kami tentang 15 jenis mobil grabcar terbaik…

Saat Syarat Mobil Sudah Terpenuhi?

Syarat dan jenis mobil Grab 2019 sudah diketahui. Lantas apa saja dokumen yang harus disiapkan ketika hendak mendaftar sebagai mitra Grabcar?

Pastikan Anda telah menyiapkan dokumen: KTP asli, SIM A/B asli, KK asli, STNK asli, SKCK asli, dan surat-surat mobil. Dokumen tersebut dapat diunggah ke situs resmi Grab atau langsung datang ke kantor Grab.

Tidak jarang calon mitra Grabcar yang mengalami penolakan saat melakukan pendaftaran. Beberapa kesalahan berikut mungkin menjadi penyebab ditolaknya pendaftaran tersebut:

  • Dokumen merupakan hasil scan
  • Dokumen tampak tidak jelas
  • Dokumen tidak asli, melainkan fotokopi
  • Dokumen sudah tidak berlaku

Hal yang perlu diingat sebelum mendaftar, Anda sudah memenuhi syarat dan jenis mobil Grab 2019 agar tidak terjadi penolakan.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan smartphone yang memadai yakni smartphone dengan Memory 16 GB dan android dengan minimal RAM 1 GB, serta bukan CDMA.

Cara Daftar:

  1. Grabcar
  2. Grabhitch

Kalau Tidak Punya Mobil?

Bagaimana jika anda tidak punya mobil dan ingin merasakan menjadi mitra Grabcar. Atau anda memiliki mobil tapi tidak sesuai dengan kriteria dan syarat mobil Grab? Tenang, Grab punya solusinya yakni dengan mengikut program Gold Driver. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa membaca: Cara Mengikuti Program Gold Driver

Semoga ulasan ini dapat membantu ya. Referensi artikel berasal dari situs resmi Grab

2 thoughts on “Syarat Mobil Grab 2019, 9 Mobil yang Direkomendasikan!

  1. Wilson

    Kalo mobil tahun 2012 layak ga bergabung jd mitra grab ke tahun 2019. Tq

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *