Perbedaan Syarat Mobil Go Car 2019 VS 2018, Lihat Detailnya!

By | 17 Maret 2019

Tentu ada perbedaan syarat mobil go car di tahun 2019 dengan 2018 atau beberapa tahun yang lalu. Tentu perubahan persyaratan ini telah dipertimbangkan secara matang oleh pihak perusahaan. Namun sebelum saya membahas lebih jauh mengenai hal tersebut, ada baiknya anda mengetahui apa itu mobil go car.

Apa Itu Mobil Go Car

Mobil go car merupakan mobil pribadi yang didaftarkan oleh calon mitra atau driver ke perusahaan Gojek dengan syarat-syarat dan kriteria yang harus dipenuhi. Tidak semua jenis mobil bisa didaftarkan oleh calon mitra kepada pihak perusahaan. Nantinya, mobil tersebut dapat langsung anda gunakan sebagai kendaraan untuk menerima orderan dari calon penumpang.

Mengapa tidak semua jenis mobil bisa didaftarkan?

Jawabannya bisa disebabkan karena faktor, selain kondisi mobil pertimbangan kenyamanan penumpang benar-benar diperhatikan oleh pihak perusahaan. Karena bagaimanapun penumpang juga tetap diutamakan di samping mitra mereka sendiri. Kepuasaan dari penumpang sejatinya tak hanya menguntungkan bagi driver saja, tetapi juga membawa dampak positif bagi perusahaan dimana penumpang merasa puas sehingga bisa meningkatkan reputasi dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap gojek.

Perbedaan Syarat Mobil Go Car 2019 dan 2018

Perbedaan Syarat Mobil Go Car

Bukan sekadar dari mobilnya saja, tetapi persyaratan mengenai dokumen pendukung bagi seorang driver juga diatur secara ketat saat melakukan pelamaran sebagai mitra layanan go car. Nah, berbicara soal layanan go car seperti apa sih perbedaan syarat mobil go car 2019 dan 2018 yang bisa diajukan oleh calon mitra? Apakah ada perubahan kebijakan? Ataukah justru tetap? Langsung saja simak pembahasannya berikut ini

Syarat Mobil Go Car 2018

Perbedaan syarat mobil go car

Di tahun 2018, mungkin sebagian dari anda masih ingat bahwa gojek menetapkan beberapa persyaratan bagi calon mitranya yang ingin mendaftarkan kendaraaan roda empat milik pribadi yaitu sebagai berikut :

1. SIM (Surat Izin Mengemudi)

Tentu kamu harus memiliki SIM sebagai bukti bahwa kamu memang pengendara yang terampil mengendarai kendaraan bermotor, terutama roda empat. Adapun SIM yang harus kamu miliki disini adalah SIM A dan juga SIM B1. Tetapi Tak cukup hanya begitu saja, harus memiliki masa aktif minimal 6 bulan ke depan. Jadi, meskipun calon driver go car telah mempunyai SIM A atau SIM B1 namun masa aktifnya kurang dari 6 bulan, maka mereka tidak memenuhi persyaratan sebagai driver go car.

2. STNK + Asuransi Mobil

Selain Surat Izin Mengemudi, 2 dokumen lainnya yang harus anda siapkan adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) dan asuransi mobil. Anda tidak perlu mengupload atau menyerahkan dokumen aslinya, tetapi cukup dengan salinannya saja.

Baca juga:

3. Syarat Tahunan

Pada dasarnya, memang calon mitra sebaiknya mendaftarkan mobil milik pribadi mereka sendiri. Akan tetapi, pihak gojek juga memperbolehkan menggunakan mobil yang merupakan sewaan. Nah, untuk tahun keluaran sendiri, jika anda mendaftar di tahun 2018 maka mobil yang boleh digunakan adalah tahun 2012 ke atas.

4. Jenis Mobil

Seperti apakah jenis mobil yang bisa dijadikan kendaraan anda apabila memang diterima sebagai mitra dari layanan go car? Yang pasti tidak semua  mobil bisa anda daftarkan. Hanya mobil seperti SUV, MPV, Crossover, Sedan, Coupe, Hatchback, Convertible. Jika anda ingin menggunakan mobil lain, bisa dikonfirmasikan dulu ke perwakilan go car di kota Anda terlebih dahulu.

Syarat Mobil Go Car Tahun 2019

Perbedaan syarat mobil go car

Setelah anda mengetahui persyaratan untuk tahun 2018, kini di tahun yang baru di 2019 ini anda juga harus mengetahui persyaratan daftar mobil grab sebagai seorang calon mitra. Apa saja syarat-syaratnya? Apakah sama dengan tahun 2018? Ataukah justru berbeda jauh? Langsung saja, simak penjelasannya berikut ini :

1. SIM (Surat Izin Mengemudi)

Kalau soal dokumen yang satu ini, sampai tahun berapapun pasti akan selalu menjadi persyaratan yang paling utama. Sama seperti tahun 2018, di tahun 2019 ini yang harus anda miliki adalah SIM A dan juga SIM B1 dengan ketentuan masih dalam masa berlaku dalam jangka waktu 6 bulan kedepan.

2. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor)

Sama seperti SIM, STNK atau Surat Tanda Kendaraan Bermotor juga menjadi syarat mutlak bagi para calon driver layanan go car. Tak perlu menyerahkan dokumen aslinya, tetapi anda cukup menyerahkan salinan atau copyannya saja. Begitupun juga apabila anda mendaftar secara online, anda cukup mengupload foto copyannya saja.

3. Tahun Keluaran Mobil

Bagaimanakah perbedaan syarat mobil go car 2019 jika dibandingkan dengan tahun 2018 yang lalu? Jika mengacu pada hal ini maka jawabannya tidak ada perbedaan. Sama seperti di tahun 2018, untuk tahun ini perusahaan gojek masih mensyaratkan mobil keluaran tahun 2012 ke atas.

4. Jenis-jenis Mobil

Hampir semua jenis mobil berpenumpang bisa digunakan untuk Go Car seperti SUV, MPV, Convertible, Crossover, Hatchback Sedan, Coupe, dan yang lain nya. Jadi untuk poin kali ini juga tak ada perbedaan yang mencolok dengan persyaratan go car di tahun sebelumnya.

Selain itu ada persyaratan-persyaratan lainnya yang juga harus anda penuhi untuk mendaftar driver go car adalah sebagai berikut :

  • Mobil harus memiliki CC mesin diatas 1000 cc
  • Foto mobil dengan menampakkan nomor polisi
  • Memiliki Asuransi Allrisk yang dibuktikan dengan polis asuransi
  • KIR namun sifatnya opsional, kadang dibutuhkan dan kadang tidak. Tapi untuk berjaga-jaga maka persiapkanlah
  • Siapkan surat Domisili bilamana nomor plat mobil berbeda dengan area anda tinggal
  • Surat balik nama (bila ada saja)

Kesimpulan

Jadi mengenai perbedaan Syarat Mobil Go Car tahun 2019 dan 2018 bisa dibilang tak ada perubahan yang berarti. Tetapi belum tentu aturan ini akan sama untuk tahun-tahun selanjutnya. Kita tunggu saja bagaimana perkembangannya. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *