Perbedaan Syarat Mobil Go Car 2017 dan 2018

By | 21 Juli 2018

Go Car adalah salah satu jenis layanan dari transportasi online Gojek yang digunakan untuk antar jemput dengan menggunakan mobil. Layanan go car ini juga sering dikenal dengan istilah taksi online. Munculnya layanan transportasi go car ini tentunya menarik minat bagi para pemilik mobil ataupun mereka yang memiliki ketrampilan menyetir untuk bisa bergabung sebagai mitra go car. Ada syarat mobil go car yang harus dipenuhi oleh para calon mitra go car. Namun, apa perbedaaan syarat mobil go car 2017 dan 2018?

Syarat Pendaftaran Driver Go Car

syarat mobil go car

Syarat pendaftaran Go Car

Untuk bisa menjadi driver go car, ada persyaratan yang harus dipenuhi calon mitra terlebih dahulu. Syarat utamanya adalah calon driver go car harus memiliki SIM A atau SIM B1. Sim ini juga harus memiliki masa aktif minimal 6 bulan ke depan. Jadi, kalaupun calon driver go car telah mempunyai SIM A atau SIM B1 tapi masa aktifnya kurang dari 6 bulan, maka mereka tidak memenuhi persyaratan sebagai driver go car.

Baca juga:

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh para calon driver go car. Salah satu starat tersebut adalah tentang kondisi mobil yang harus digunakan. Jika calon driver go car menggunakan mobil pribadi, maka mereka harus menyerahkan bukti berupa foto kopi STNK dan juga bukti asuransi mobil yang mereka gunakan.

Bagi calon driver go car yang tidak mempunyai mobil pribadi, jangan berkecil hati karena gojek juga memberikan kesempatan bagi calon driver go car yang tidak memiliki mobil.

Syarat Mobil Go Car

syarat mobil go car

Syarat kendaraan go car

Berkaitan dengan persyaratan mobil yang digunakan sebagai operasional go car, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para calon driver go car. Kriteria yang harus dipenuhi agar mobil pribadi ataupun mobil sewaan calon driver go car bisa digunakan adalah sebagai berikut:

Syarat Tahun Mobil

Persyaratan pertama dari mobil operasional go car adalah tahun pembuatan atau perakitan mobol. Biasanya mobil yang diizinkan untuk operasional driver go car adalah mobil yang dibuat minimal tahun 2012.

Ada perubahan dari persyaratan mobil operasional go car 2018. Kalau sebelumnya di tahun 2017, mobil yang bisa digunakan sebagai operasional harian adalah mobil keluaran tahun 2011 ke atas, pada tahun 2018 ini, mobil yang boleh digunakan adalah tahun 2012 ke atas.

Info terkait!

Perbedaan ini tentunya bisa menjadi permasalahan bagi para calon driver go car yang ingin melamar. Kalau mereka tidak mengetahui perkembangan terbaru tentang persyaratan mobil yang diperlukan, bisa saja mereka menggunakan mobil di tahun 2017. Kalau ini terjadi, besar kemungkinannya kalau mereka tidak akan diterima sebagai driver go car di tahun 2018.

Jenis Mobil Go Car

syarat mobil go car

Jenis mobil go car

Setelah calon driver go car mengetahui mobil keluaran tahun berapa yang bisa digunakan untuk mendaftar, mereka juga harus mengetahui jenis mobil apa saja yang diperbolehkan untuk digunakan. Menurut syarat mobil tahun 2018, mobil yang bisa digunakan adalah mobil yang layak berpenumpang misalnya SUV, MPV, Crossover, Sedan, Coupe, Hatchback, Convertible, dan sebagainya.

Untuk syarat mobile berpenumpang ini, calon driver go car bisa menggunakan Vios, Jazz, Calya, Grand Livina, Ertiga, Sigra, Mobilio, Avanza, Xenia, Ignis, Biro, Agya, Alya, dll. Kalau mobil Anda belum tertulis di atas, bukan berarti mobil Anda tidak bisa digunakan. Ada baiknya Anda menanyakan persyaratan jenis mobil Anda ini kepada perwakilan go car di kota Anda terlebih dahulu.

Persyaratan Lainnya

Syarat mobil lainnya adalah tentang CC mobil. Kalau dari syarat mobil go car 2017, cc mobil yang diizinkan adalah 1300 cc. Tapi di tahun 2018, syarat cc mobil ini menjadi minimal 1000 cc dan maksimal 2000 cc. Saat menunjukkan foto mobil, pastikan juga bahwa nomor plat mobil terlihat dengan jelas.

Mobil yang akan digunakan sebagai mobil operasional go car juga harus memiliki asuransi. Asuransi yang dipersyaratkan adalah asuransi all risk.  Asuransi ini fungsinya untuk melindungi mobil dari segala kerusakan.

Kalaupun nantinya calon driver go car mengalami kecelakaan atau insiden yang berkaitan dengan mobil yang telah diasuransikan, maka calon driver ini bisa memperoleh penggantian sesuai dengan besarnya kerusakan dan pertanggungannya.

Untuk mengetahui jenis asuransi all risk apa saja yang digunakan untuk mobil operasional go car, sebaiknya calon driver go car menanyakannya secara langsung saat dalam proses interview.

Kalaupun nantinya driver go car melakukan proses pendaftaran melalui internet atau online, calon driver go car bisa mendapatkan informasi tersebut dengan mendatangi kantor cabang go car di kota mereka. Atau, mereka bisa juga menanyakan ke layanan go car melalui telepon atau email.

Itulah beberapa syarat mobil go car 2018. Kalau mobil Anda telah memenuhi persyaratan yang disebutkan di atas dan Anda juga sudah memiliki kelengkapan dokumen lainnya yang diperlukan, Anda bisa melakukan pendaftaran sekarang juga. Selamat mencoba!

7 thoughts on “Perbedaan Syarat Mobil Go Car 2017 dan 2018

  1. Dedi Setiawan

    Min mau tanya.. apakah mobil Vios ex taxi tahun 2012 bisa buat armada gocar??

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *