Syarat Kerja di Australia buat Tenaga Kerja dengan Keahlian

By | 3 November 2018

Syarat kerja di Australia haruslah kita cermati terlebih dahulu agar kita bisa menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai.Baru-baru ini, pemerintah Australia mengubah beberapa syarat untuk mendapat izin tinggal tetap dengan jalur ‘skilled migration visa’ atau visa bagi migrasi dengan keahlian. Awal 2018 sendiri merupakan masa dimana persaingan untuk mendapat kesempatan bekerja dan menetap di Australia semakin sulit. Hal ini terjadi dikarenakan animo warga negara lain untuk bekerja dan tinggal di Australia semakin tinggi sementara kuota yang ada terbatas.

Syarat kerja di Australia dan nilai poin agar diterima

Kita harus teliti untuk memastikan keahlian yang kita miliki sesuai dengan kebutuhan dari pekerjaan yang ingin kita lamar. Sebelum diterima, kita harus berhasil mencapai poin tertentu lalu menulis pernyataan berisi alasan ketertarikan kita untuk melamar. Setelah itu, kita tinggal menunggu sampai ada undangan dari pemerintah Australia untuk pengajuan aplikasi. Agar lebih aman, sebaiknya kita berusaha untuk mendapatkan poin yang lebih tinggi dibandingkan dengan batas bawah.

syarat kerja di australia

Syarat kerja di Australia

Dahulu, batas bawah poin agar bisa diundang dan mendapatkan sponsor dari pemerintah negara bagian atau regional adalah 60. Sekarang, nilainya telah dinaikkan sebanyak 5 poin menjadi 65. Untuk jalur keahlian mandiri atau ‘skilled independent’ maka batas poin yang harus dicapai agar diundang adalah 75. Meski demikian, tidak jarang beberapa profesi justru membutuhkan nilai yang lebih tinggi yaitu 80.

Baca juga:

Hal yang perlu diingat adalah agar kita tidak cepat merasa puas meski nilai yang didapat sudah sesuai dengan batasan yang diminta. Keputusan apakah kita akan diundang atau tidak akan diputuskan setelah melakukan proses peringkat. Peringkat dengan poin tertinggi lah yang nantinya akan menerima undangan dari pemerintah Australia. Poin-poin ini sendiri terdiri dari beberapa hal antara lain bahasa Inggris, usia, pengalaman kerja, tingkat pendidikan dan keahlian yang dibutuhkan serta faktor lainnya.

Syarat kerja di Australia dan pilihan visa kerja

Adanya beragam jenis visa ini tidak terlepas dari keinginan pemerintah Australia untuk mendiversifikasi kemampuan bisnis, meningkatkan bakat wirausaha dan memenuhi kekurangan keahlian. Pemerintah Australia sendiri berkeinginan untuk bisa melakukan semua ini tanpa harus mengganti pekerja lokal yang ada. Untuk jenis visanya sendiri, ada sekitar 9 jenis visa bagi warna negara asing yang ingin menetap dan bekerja di Australia. Visanya sendiri terbagi menjadi jangka pendek dan menengah.

Contoh visanya adalah visa yang disponsori oleh perusahaan, visa kerja yang mendapatkan sponsor negara bagian atau visa bagi yang mau bekerja di pedalaman.Meski demikian, pemerintah Australia tetap membatasi pekerja asing kecuali bagi yang memiliki keahlian dan kemampuan yang memang dibutuhkan.Hal ini dilakukan untuk mencegah tingginya angka pengangguran di Australia.

Agar bisa mengetahui secara lebih detil mengenai pilihan visa maka kita bisa melakukan pengecekan dalam daftar skilled occupational list atau SOL. Disini kita bisa mengetahui jenis visa dan daftar keahlian serta pekerjaan yang sesuai dengannya. Menurut data, jenis visa kerja menengah maka keahlian yang dibutuhkan adalah tenaga pengajar untuk early childhood dan secondary school, perawat dan pekerja sosial. Sementara itu, para pekerja yang memiliki keterampilan di bidang kesehatan, teknologi informasi ataupun restoran bisa menggunakan visa 457.

Baca juga:

Sayangnya, Perdana Menteri Malcom Turnbull mengungkapkan akan melakukan penghapusan visa 457 demi memprioritaskan warga lokal. Sebagai gantinya akan ada dua jenis visa sementara dengan tambahan syarat dan keterampilan. Visa yang pertama ini akan memiliki masa dua tahun untuk sekitar 200 jenis pekerjaan. Sementara visa yang kedua memiliki masa yang lebih panjang dengan syarat kemampuan bahasa Inggris yang memadai, lolos pemeriksaan kriminal dan lolos ujian pasar tenaga kerja.

Ketentuan Visa WHV

Selain kedua jenis visa ini maka kita bisa memilih work and holiday visa atau lebih dikenal dengan WHV. Ketentuan dari visa WHV ini sendiri antara lain adalah :

–           Berusia kurang dari 30 tahun

–           Mampu untuk menetap di Australia selama 1 tahun

–           6 bulan pertama hanya bisa bekerja di 1 instansi dan pindah ke instansi baru di 6 bulan berikutnya.

–           Hanya bisa untuk diambil sekali seumur hidup

–           Memiliki nilai tes kecakapan bahasa inggris (IELTS) yang memadai.

Jika nantinya mendapatkan visa yang berjangka waktu hanya 3 bulan maka kemungkinan visa ini bukanlah visa WHV melainkan visa turis. Bekerja dengan menggunakan visa turis bisa dianggap illegal dan memiliki konsekwensi hukum berupa hukuman penjara ataupun deportasi. Begitu aplikasi pengajuan visa dimasukkan dengan mendaftar di website imigrasi maka undangan wawancara biasanya akan masuk di bulan berikutnya. Sebelum melakukan tahapan wawancara maka kita diwajibkan untuk mengikuti tes IELTS dengan nilai sesuai dengan batasan poin yang ditetapkan.

Selain itu, kita juga harus mengisi rekening pribadi sampai memenuhi persyaratan nominal sebesar AUD $ 5.000 atau sekitar 50 juta rupiah. Setelah itu, surat rekomendasi pihak pemerintah Australia biasanya akan terbit sekitar 3 hari setelah proses wawancara dilalui. Kelengkapan lainnya berupa syarat administrasi lainnya selanjutnya bisa dibawa ke Australia Visa Application Centre di Kuningan City, Jakarta dengan biaya pengajuan berada di kisaran Rp. 4,85 juta.

Begitu sampai di tahap akhir maka divisi migrasi di kedutaan besar Australia di Jakarta akan mengirimkan email berisi permintaan medical check up. Persetujuan visa WHV biasanya akan didapatkan begitu pengajuan visa kita granted. Saat proses mengurus visa selesai baru kita harus memikirkan negara bagian mana di Australia yang nantinya akan menjadi tujuan kedatangan kita. Pemilihan tujuan sangatlah penting karena berkaitan dengan standard hidup disana yang pastinya menjadi salah satu poin penting dalam syarat kerja di Australia.

5 thoughts on “Syarat Kerja di Australia buat Tenaga Kerja dengan Keahlian

  1. Donald Fernando Lapasi

    Saya ingin bekerja di Australia di bidang penangkapan ikan tuna khususnya kapal penangkap tuna longline. Saya ingin sekali menanyakan apakah ada agensi yang tepat untuk dapat membantu saya? Sebelumnya terimakasih atas perhatiannya.

    Reply
  2. Jojor siregar

    Saya mau bekrja di australia bagian apa saja tpi jalurnya gmn y

    Reply
  3. Rosalina Susanty

    Saya seorang perawat, mau kerja jadi caregiver di usia saya yang menginjak 67. Apakah masih bisa? Jika masih bisa syarat apa saja yang dibutuhkan? Terima kasih 🙏

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *