Solusi Akun Grab Belum Diaktifkan, Ampuh 100% Work!

By | 28 Januari 2019

Akun Grab belum diaktifkan menjadi permasalahan tersendiri setelah mendaftar sebagai driver. Hal ini tentunya menyulitkan, karena Anda belum dapat on bid sebelum akun diaktifkan. Nah, untuk mengetahui solusi akun Grab belum diaktifkan, simak ulasan lengkapnya.

Solusi Akun Grab Belum Diaktifkan

Cara Mendaftar Sebagai Driver Grab

Akun Grab belum aktif bisa jadi karena cara mendaftar yang tidak sesuai prosedur. Karena itu salah satu solusi akun Grab belum diaktifkan adalah meneliti lagi apakah sudah mendaftar dengan benar. Mendaftar sebagai mitra Grab Bike dan Grab Car dapat dilakukan melalui online atau datang langsung ke perwakilan Grab di kota Anda. Selanjutnya serahkan beberapa berkas seperti:

  • KTP dan fotocopy/ foto
  • SIM dan fotocopy/foto
  • SKCK dan fotocopy/ foto
  • STNK dan fotocopy/ foto
  • Buku Tabungan
  • Foto Diri Setengah Badan dengan Background Putih yang Jelas dan Tidak buram
  • Untuk lebih lengkap dan detailnya, baca syarat daftar grab semua layanan terlengkap

Cara Mengaktifkan Akun Grab Driver

Bagi Anda yang sudah mendaftar melalui online web, tunggu saja proses verifikasi paling lambat 2×24 jam hingga berkas Anda disetujui. Selanjutnya, jika berkas-berkas diterima, Anda akan menerima balasan berupa e-mail ID dan password online training. Sebagai calon mitra, Anda wajib menyelesaikan online training untuk mengaktifkan akun Grab Anda.

Untuk melakukan online training, Anda wajib membuka situs http://grab.codemi.co.id dan masuk dengan ID dan password yang diberikan oleh Grab. Online training dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Namun, agar cepat diproses, sebaiknya Anda melakukan online training ketika jam kerja. Setelah selesai melakukan online training, akun Grab Anda akan diaktivasi dalam waktu 1×24 jam.

Baca juga:

Untuk mengetahui apakah akun Grab Anda sudah diaktifkan, biasanya pihak Grab akan mengirimkan SMS atau email yang menyatakan bahwa akun sudah aktif. Sesudah itu, Anda langsung dapat log in pada aplikasi Grab Driver, isi saldo kredit, dan langsung mencari penumpang.

Apabila akun Anda belum juga diaktifkan setelah lulus online training, Anda dapat menghubungi pusat bantuan Grab.

Salah satu syarat agar dapat diterima sebagai driver Grab yaitu mengikuti online training. Jika tidak menyelesaikan online training, ID Grab yang Anda daftarkan tidak akan diaktifkan.

Cara menyelesaikan online training sangat mudah, jika Anda sudah memperoleh ID dan password melalui SMS atau email Grab, Anda dapat langsung mengikuti online training tersebut.

Online training berbentuk video dan pertanyaan-pertanyaan sistem dan cara kerja Grab hingga pengisian nomor IMEI ponsel Anda pada akhir sesi pelatihan.

Langkah selanjutnya setelah training online Grabbike, yaitu menunggu akun diaktifkan paling lama 1×24 jam untuk pengecekan lanjut. Hal ini tergantung pada banyaknya calon mitra mendaftar dan menunggu aktivasi setelah melakukan online training.

Solusi Akun Grab Belum Aktif Setelah Online Training

Setelah mengikuti training online tetapi akun Anda belum aktif, bisa jadi karena data-data atau berkas belum lengkap ketika melakukan pendaftaran. Cara mengatasi akun Grab belum diaktifkan dapat ditanyakan kepada admin Grab melalui SMS atau email. Bila ada berkas yang belum lengkap biasanya pihak Grab yang akan menghubungi Anda.

Namun jika pihak Grab tidak memberikan informasi, Anda dapat mengisi formulir aktivasi akun Grab driver yaitu:

  1. Buka tautan Grabdrivehelp
  2. Masukkan nama lengkap driver
  3. Isi dengan nomor telepon yang telah didaftarkan
  4. Isi kolom akun Gmail yang telah didaftarkan
  5. Pilih nama kota.
  6. Isi NIK KTP
  7. Isi nomor plat kendaraan yang didaftarkan.
  8. Pilih keluhan akun Grab Driver tidak aktif setelah menyelesaikan online training dalam waktu 1×24 jam.
  9. Isi keluhan atau permasalahan Anda terkait aktivasi akun Grab.
  10. Kirimkan formulir

Usai mengirimkan formulir, data Anda akan dicek kembali dan diproses oleh tim terkait pendaftaran calon mitra. Setelah akun Anda diaktifkan, Grab akan menghubungi Anda melalui SMS atau email. Selanjutnya Anda dapat login ke aplikasi Grab dengan akun yang sudah didaftarkan.

Semoga dengan langkah di atas, bisa menjadi solusi akun Grab belum aktif yang Anda alami. Setelah aktif, Anda akan memperoleh top up saldo sebesar Rp60.000 untuk Grabcar dan Rp50.000 untuk Grabbike dalam waktu paling lama 3×24 jam. Selain itu, Anda juga sudah dapat langsung mencari pelanggan dan beroperasi.

Solusi Akun Grab Di-Suspend

Tidak aktif menjadi driver dalam jangka waktu cukup lama karena kesibukan seringkali menjadikan akun dinonaktifkan tanpa Anda sadari. Jika sewaktu-waktu Anda mendapati akun dibekukan, sehingga tidak dapat beroperasi seperti biasa, jangan panik.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan akun Anda dinonaktifkan. Oleh sebab itu, Anda perlu menghindari kesalahan yang mengakibatkan akun Anda disuspend.

Baca: Akun Grab Dibekukan? 5 Cara Ampuh Buka Suspend Driver

Penyebab Akun Dibekukan oleh Grab

1. Terlalu Sering Mengganti Nama

Grab akan membekukan akun yang kerap berganti nama demi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Jika Anda gagal login setelah beberapa kali mengganti nama, besar kemungkinan karena ini Anda di-suspend.

2. Terlalu Sering Menolak Orderan

Jangan sering menolak orderan tanpa alasan yang mendesak. Jika melakukannya, Anda dapat dinonaktifkan oleh Grab.

3. Mendapatkan Bintang 1 dan Report

Pelayanan yang baik menjadi salah satu standar penilaian Grab bagi driver-nya. Bila pelayanan Anda mengecewakan dan pelanggan memberikan 1 bintang atau report, kemungkinan Anda akan di-suspend oleh Grab. Bahkan akun Anda bisa dibekukan selamanya dan tidak dapat dipakai kembali.

4. Sering Mengangkut Penumpang yang Sama

Memiliki penumpang langganan bagi pengemudi ojek bukanlah hal yang dilarang. Akan tetapi, Grab memiliki penilaian tersendiri terkait hal ini. Karena kerap mengangkut penumpang yang sama, sistem Grab dapat mendeteksi Anda melakukan pemesanan fiktif untuk order sendiri.

5. Plat Nomor Berbeda

Mungkin Anda pernah menggunakan kendaraan lain untuk beroperasi karena kendaraan yang terdaftar rusak atau karena sebab lain. Hal ini tidak menjadi masalah selama penumpang tidak membuat report kepada Grab. Dengan demikian, sebaiknya Anda menjelaskan mengapa menggunakan plat nomor kendaraan berbeda agar penumpang tidak melaporkan.

Jika akun Anda dinonaktifkan oleh Grab, Anda perlu mengaktifkan kembali dengan cara mengajukan banding kepada Grab lewat email. Surat banding Anda biasanya akan ditanggapi dalam waktu 1×24 jam jika dikirimkan pada jam kerja (Senin – Jumat).

Itulah ulasan lengkap tentang solusi akun Grab belum diaktifkan yang mungkin dapat membantu Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *