Cara dan Sistem Kerja Grab 2019, Driver Harus Paham

By | 2 April 2019

Siapa yang tidak tahu Grab? Salah satu perusahaan transportasi online terkemuka di Indonesia. Banyaknya konsumen yang menggunakan jasa Grab membuat banyak yang tertarik menjadi driver Grab. Untuk Anda yang ingin menjadi driver Grab tentunya harus mengetahui mekanisme cara kerja Grab. Selain calon driver, para driver yang belum paham bagaimana cara kerja dan sistem kerja Grab 2019 wajib menyimak informasi berikut ini.

Cara Kerja dan Sistem Kerja Grab 2019

Sistem Kerja Grab dan Cara Menggunakannya

Saat ini ada banyak sekali orang yang mencoba peruntungan menjadi driver Grab. Sejumlah layanan milik Grab telah sangat membantu aktivitas para penggunanya seperti Grabbike, car, food, dan lainnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika peminat menjadi driver Grab terus meningkat.

Grab memiliki sistem aplikasi tersendiri untuk pengguna dan driver. Untuk para driver harus memiliki Aplikasi Grab Driver yang digunakan untuk menerima orderan dan memproses transaksi masuk. Hal tersebut membuat sejumlah driver mendapatkan suspend karena melakukan kegiatan-kegiatan tidak wajar. Beberapa driver ternyata menggunakan cara tidak baik agar orderan mereka gacor seperti menggunakan Fake GPS dan sejumlah cara tidak baik lainnya.

Lebih baik Anda menghindari cara-cara tersebut dan pelajari bagaimana cara dan sistem kerja Grab. Secara berkala, Grab selalu melakukan pembaharuan dan peningkatan sistem kerja termasuk sistem gaji para mitra driver. Ada beberapa peraturan yang wajib dipatuhi oleh semua driver Grab agar akun aman dan lancar. Peraturan tersebut termasuk menghindari saldo Grab dibawah minimum yang telah ditetapkan. Anda harus melakukan top up supaya dapat terus menerima orderan.

Faq:

7 Poin Penting Tentang Cara dan Sistem Kerja Grab 2019

Berbeda dengan kompetitor transportasi online lain seperti Gojek dimana cara kerja gojek dan gajinya adalah berdasarkan pada poin, bonus, dan komisi sedangkan Grab berdasarkan insentif. Nah, simak beberapa poin penting mengenai perhitungan gaji Grab 2019 di bawah ini.

1. Harus Daftar Menjadi Driver Dahulu

Poin ini tidak perlu dijelaskan secara panjang lebar. Tentu untuk menjadi seorang Driver Grab, anda diharuskan mendaftar dan mengikuti prosesnya, seperti melengkapi syarat daftar Grab dan mengumpulkan berkas, daftar online atau datang langsung, dan terakhir menunggu balasan dari pihak Grab.

2. Bagaimana Pesanan Masuk?

cara kerja sistem Grab

Cara kerja aplikasi ride sharing by Tirto.id

Cara kerja aplikasi Grab cukup sederhana kalau dilihat secara garis besar, yaitu request (tahap pemesanan oleh penumpang), ride (menjalankan pesanan oleh driver), pay and go (pembayaran jasa pesanan). Untuk lebih detailnya:

  1. Penumpang memesan layanan Grab, apakah itu bike, car, taxi, food, antar paket dll.
  2. Sistem Grab otomatis mencarikan driver yang sedang aktif (berdasarkan algoritma Grab)
  3. Driver akan melihat notifikasi pesanan pada aplikasi Grab driver mereka
  4. Di sini, driver bisa menerima atau menolak pesanan. Kalau diterima, driver harus menyelesaikan pesanan. Sebaliknya jika ditolak dengan alasan tertentu, sebaiknya driver memberitahukan pemesan dengan alasan yang jelas sehingga pembatalan akan dilakukan oleh penumpang. Dengan begitu, performa driver tidak akan turun

Kelebihan dari sistem Grab adalah anda sebagai driver bisa memilih waktu kapan pun untuk nge bid (fleksibel). Saat anda merasa memiliki waktu luang, anda bisa memanfaatkannya dengan mengaktifkan aplikasi Grab driver anda.

Untuk informasi lebih lengkapnya, anda bisa membaca cara menggunakan aplikasi Grab Driver.

3. Minimal Saldo Driver Grab

sistem kerja grab

Ada minimal saldo buat driver Grab

Buat anda yang belum tahu bagaimana cara perusahaan Grab menghasilkan profit, bisa membaca ini. Kalau anda sudah tahu, skip saja.

Jadi, salah satu cara bagaimana perusahaan grab menghasilkan pendapatan adalah dengan bagi hasil dengan driver.  Singkatnya, driver harus memiliki MINIMAL SALDO di dompet driver mereka.

Ceritanya begini, sistem Grab akan memilih driver secara otomatis dan driver tersebut akan menyelesaikan pesanan. Saat pesanan selesai, penumpang akan membayar driver Grab sesuai tarif yang tertera pada aplikasi, baik itu tunai (cash) atau OVO/ Grabpay. Anggaplah penumpang tersebut membayar tarif Rp 20 rb kepada driver secara tunai, maka sistem Grab juga memperoleh sedikit persen dari bayaran penumpang tersebut. Bagaimana caranya?

Seperti yang dikatakan sebelumnya, SALDO DOMPET DRIVER, sistem Grab akan memotong jumlah tertentu dari sana. Oleh karena itu, driver wajib memiliki minimal saldo agar sistem Grab bisa memperoleh bagian. Tapi tenang saja, tidak banyak kok yang dipotong, 20% paling besar

Kalau driver dapat 100 rb? Maka dia akan memperoleh 80 rb dan sistem dapat 20rb dari saldo dompet driver. Makanya, kalau mau lancar nge bidnya, isi saldo driver di atas minimal, tapi jangan terlalu banyak juga. Begini lah sistem BAGI HASIL Grab…

4. Sistem Gaji Grab

sistem kerja grab

Sistem gaji Grab

Grab memiliki algoritma dan sistem tersendiri dalam memberikan bayaran kepada drivernya. Sedikit yang sudah dijelaskan di atas, salah satunya adalah dengan memberlakukan sistem bagi hasil maksimal 80 20. Tapi sebenarnya Driver cukup beruntung di sini karena bayaran penumpang bukan satu satunya sumber penghasilan. Selain bayaran langsung, driver juga bisa menambah pundi penghasilan dengan menyelesaikan target harian (insentif).

Perhitungan insentif adalah ketika seorang driver dapat memenuhi target orderan setiap hari sesuai dengan durasi yang diberikan. Namun, jika para driver tidak sesuai target maka tidak akan mendapat insentif. Lebih detailnya, silahkan baca: Pahami Sistem Gaji Grab 2019, Jadilah Driver Cerdas!

Di artikel tersebut, anda akan membaca lebih detail Sistem Gaji tiap layanan:

  • Grabbike
  • Grabcar
  • Grabtaxi
  • Grabexpress
  • Dan lain lain

5. Perhitungan Besaran Gaji Berdasarkan Argo

Untuk cara kerja dan sistem kerja Grab 2019, banyaknya pendapatan bukan tergantung pada banyaknya orderan perjalanan namun berdasarkan jumlah argo. Sistem tersebut sama dengan taksi yang mengukur jauh perjalanan yang telah ditempuh driver. Perhitungan gaji berdasarkan pada jarak perjalanan yang telah dilalui oleh driver. Hal tersebut juga membuat Grab memiliki tarif lebih terjangkau untuk para konsumennya. Semakin banyak konsumen yang menggunakan layanan Grab, maka semakin banyak juga orderan yang masuk ke driver.

6. Keperluan Esensial Driver

Dua hal penting yang menjadi pengeluaran wajib untuk semua driver online adalah kuota internet dan bensin. Tanpa dua hal tersebut, tidak akan bisa menjalankan profesi driver online dengan baik. Kuota internet digunakan untuk menerima order, jadi pastikan bahwa kuota internet telah diisi sebelum Anda beroperasi.

Selain itu, Anda juga membutuhkan pulsa telepon untuk menghubungi penumpang. Sebenarnya bisa mengirimkan pesan melalui aplikasi. Akan tetapi, untuk berjaga-jaga jika penumpang tersebut tidak membalas maka Anda harus memiliki pulsa telepon untuk menghubunginya. Keperluan-keperluan tersebut tidak disediakan oleh Grab, para driver menggunakan uang pribadi untuk bensin, kuota internet, dan pulsa telepon. Oleh karena itu, para driver harus cerdas dalam memilih orderan masuk agar pemasukan lebih banyak daripada pengeluarannya.

7. Kesempatan Untuk Menambah Penghasilan

sistem kerja grab

Kesempatan menambah penghasilan

Memperoleh banyak pendapatan bukanlah perkara yang mustahil di Grab. Namun semua itu tidak terlepas dari trik trik yang bisa anda lakukan untuk memaksimalkan penghasilan. Salah satunya adalah dengan aktif di waktu waktu sibuk dan mangkal di tempat yang strategis. Strategis di sini maksudnya sinkron dengan waktu sibuk. Contoh ,saat pagi, anda tahu kalau orang sibuk untuk pergi ke kantor, sekolah, tempat kerja. Maka mangkal lah di tempat yang pas. Begitu pula di siang hari, orang sedang istirahat, ingin makan, maka pilih lah di dekat restoran. Dan seterusnya….

Biar lebih semangat, anda bisa membaca berapa penghasilan driver Grabbike dan Grabcar dan bagaimana mereka bisa memperolehnya, bagaimana tips dan triknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *