Perhitungan Sistem Gaji Gojek 2019, Sedikit yang Tahu!

By | 13 Januari 2019

Tahun baru tentu menjadi titik paling tepat untuk memulai langkah baru, terutama di bidang pekerjaan. Anda yang baru saja menyelesaikan pendidikan, tidak puas dengan tempat kerja saat ini, bisa mulai mencoba untuk menggeluti profesi yang baru dan menantang. Salah satunya adalah ojek online (ojol) yang ternyata memiliki perhitungan sistem gaji Gojek cukup kompetitif.

Sistem Gaji Gojek

Bukan tanpa alasan kenapa sistem gaji Gojek yang jadi pertimbangan, karena bisa dibilang kalau GO-JEK adalah pioneer dari populernya transportasi online di Indonesia. Dalam waktu lima tahun saja, jumlah mitra pengemudi yang bergabung bersama GO-JEK sudah menyentuh jutaan orang dan tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

Tidak ingin tersaingi oleh perusahaan transportasi online serupa, GO-JEK pun mengenalkan berbagai layanan tak hanya transportasi penumpang lewat GO-RIDE dan GO-CAR. Beberapa layanan itu seperti GO-FOOD, GO-SEND, GO-SHOP, GO-MART hingga GO-MED. Tak heran kalau semakin banyak layanan jelas membuat perhitungan sistem gaji Gojek terus disesuaikan.

Baca juga:

Membuktikan diri bahwa profesi ojek online bisa cukup menjanjikan di era yang serba modern, GO-JEK pun tidak segan memberikan bonus kepada mitra pengemudi mereka. Bonus ini bisa berupa poin yang dapat ditukarkan menjadi uang tunai, atau komisi di jam-jam khusus. Supaya makin paham sistem gaji Gojek online, yuk amati ulasannya berikut ini.

Inilah Penjelasan Sistem Gaji Gojek 2019

Sebelum melangkah ke sistem gaji Gojek, ada beberapa hal yang harus Anda pahami dan memang memberikan pengaruh ke gaji seorang ojol yang bergabung di GO-JEK. Di mana besar-kecilnya pendapatan harian tergantung dari jumlah orderan, jenis layanan dan waktu orderan. Selain itu, nominal yang diterima pengemudi GO-JEK tidak sama dengan nominal yang dibayarkan konsumen.

Kenapa begitu? Karena GO-JEK memotong tarif yang dibayarkan konsumen kepada pengemudi sebesar 20%. Nilai 20% ini bisa dianggap sebagai sharing profit yang ditetapkan oleh GO-JEK secara nasional. GO-JEK pun memberlakukan tarif nasional Rp2.000/km di jam normal dan Rp2.500/km di jam sibuk.

Agar tidak bingung, yuk kita bahas satu-persatu sistem gaji Gojek 2019 berikut ini:

  1. GO-RIDE

Bisa dibilang jika GO-RIDE adalah layanan transportasi paling laris dari GO-JEK. Berfungsi mengantar-jemput penumpang dengan sepeda motor, saat ini jumlah driver GO-RIDE di Indonesia sudah menembus jutaan orang. Sebagai layanan paling laris, setiap orderan GO-RIDE yang diterima oleh driver memiliki nilai poin dasar +1.

Sistem gaji Gojek

Hanya saja untuk wilayah Jabodetabek, bisa dapat +1 hingga +2 poin setiap hari Senin-Jumat pukul 16.00-20.00 di area tertentu. Salah satu cara meningkatkan pendapatan GO-RIDE adalah menerima orderan saat malam hari. Karena setiap orderan pukul 23.00-05.00, driver akan mendapat komisi tunai Rp3.000. Komisi ini berlaku tidak hanya pada sistem gaji Gojek Jakarta, tapi juga nasional.

  1. GO-SEND

Selain mengantarkan manusia, pengemudi GO-JEK dengan armada sepeda motor bisa melakukan layanan antar-ambil paket/dokumen bernama GO-SEND. Sama seperti GO-RIDE, poin dasar GO-SEND adalah +1 setiap orderan. Namun Anda berpeluang memperoleh poin tambahan di jam-jam sibuk pada area tertentu.

Sistem gaji Gojek

Untuk Anda ojol GO-JEK yang beroperasi di luar Jabodetabek, bisa menambah pendapatan dari komisi tunai. Di mana jika jarak pengantaran barang 10-20 km, akan memperoleh Rp3.000 sama seperti orderan di malam hari (23.00-05.00). Namun selain itu, Anda juga bisa memperoleh komisi tambahan hingga Rp6.000 jika barang yang diantar berjarak lebih dari 20 kilometer.

  1. GO-FOOD

Selain GO-RIDE, GO-FOOD atau layanan pesan-antar makanan adalah salah satu layanan terlaris dari GO-JEK. Tak heran kalau perhitungan sistem gaji Gojek online untuk layanan GO-FOOD benar-benar menguntungkan driver. Terungkap bahwa poin dasar untuk setiap orderan GO-FOOD adalah +2 poin. Dan tambahan +1 poin jika orderan lebih dari Rp200.000.

Khusus driver di kawasan Jabodetabek banyak yang menjadikan orderan GO-FOOD ini sebagai salah satu tambang penghasilan. Karena di waktu-waktu sibuk seperti jam makan siang dan makan malam akan memperoleh poin tambahan hingga +2,5. Belum lagi bonus komisi tunai Rp3.000 jika orderan diantarkan lebih dari 10 kilometer jaraknya.

  1. GO-MART, GO-SHOP, GO-MED

Ketiga layanan ini memiliki kesamaan yakni konsumen meminta driver untuk berbelanja. Entah membeli barang, berbelanja di toko grosir hingga membeli obat khusus. Tak heran kalau poin dasar untuk ketiga layanan ini adalah 2 poin. Khusus untuk GO-MED, Anda bisa memperoleh tambahan +1 poin untuk jarak pengantaran maksimal 10 km. Dan +2 poin untuk jarak di atas 10 km.

Sistem gaji Gojek

Sistem gaji Gojek untuk ketiga layanan ini juga memberikan tambahan +1 poin saat orderan transaksi lebih dari 200.000. Anda pun berpeluang mendapatkan +1 poin lagi jika menyelesaikan orderan pada pukul 23.00-05.00.

  1. GO-CAR

Menggunakan mobil, GO-CAR adalah layanan yang mirip dengan GO-RIDE. Secara nasional, poin dasar untuk setiap orderan GO-CAR adalah +1 poin. Namun karena armada yang digunakan adalah mobil, tarif perjalanannya pun berbeda dengan mitra yang menggunakan sepeda motor. Agar tahu sistem gaji Gojek Jakarta untuk layanan GO-CAR, Anda harus mengeceknya secara berkala.

Informasi perhitungan penghasilan untuk mitra GO-JEK di atas memang berdasarkan yang ditetapkan pada 2018. Untuk saat ini, GO-JEK masih belum melakukan perubahan perhitungan penghasilan driver.

Cara Tepat Tingkatkan Pendapatan Driver GO-JEK

Kemunculan berbagai perusahaan transportasi online lain memang membuat GO-JEK harus bersaing. Jika di awal kemunculannya sekitar 3-4 tahun lalu, menjadi seorang pengemudi GO-JEK adalah hal menguntungkan karena berpeluang meraup jutaan hingga belasan juta rupiah per bulan. Namun semakin banyaknya jumlah ojol, penghasilan pun menurun.

Salah satu perubahan dalam sistem gaji Gojek yang sempat membuat banyak driver mengeluh dan melakukan demonstrasi adalah penurunan tarif perjalanan. Di awal kemunculannya dulu, tarif perjalanan berkisar pada Rp3.000 sampai Rp4.000 per kilometer. Namun tenang saja, masih ada beberapa hal yang mampu membuat penghasilan Anda bertambah:

  1. Berburu Orderan di Jam Sibuk

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, hal penting dalam sistem gaji Gojek 2019 adalah adanya tambahan poin di jam-jam sibuk. Supaya poin bisa banyak, Anda jelas harus cerdas menentukan waktu mencari orderan. Jangan keluar rumah di jam-jam normal, tapi lebih baik nongkrong di daerah yang berpeluang ramai konsumen di waktu sibuk.

Misalkan saja pada pukul 05.00-08.00, Anda di kawasan perumahan untuk menanti orderan anak-anak berangkat sekolah atau karyawan berangkat kantor. Jika orderan GO-RIDE banyak saingan, langsung saja terima GO-FOOD karena banyak orang butuh sarapan. Begitu pula waktu pukul 11.00-13.00, Anda bisa nongkrong di tempat makan karena akan banyak orang order makan siang.

Ketika hari beranjak sore sekitar 16.00-18.00, Anda bisa berganti menerima orderan GO-RIDE untuk mengantar karyawan pulang kantor. Semakin malam, bisa berganti lagi menjadi GO-FOOD. Dengan menetapkan waktu-waktu orderan ini, Anda jelas bisa memperoleh poin banyak.

  1. Kumpulkan Poin Dari Banyak Orderan

Apakah poin sangat penting dalam sistem gaji Gojek? Jawabannya iya. Karena poin yang sudah terakumulasi bisa ditukarkan menjadi uang tunai. Misalkan saja untuk driver di Jabodetabek, mereka bisa menukarkan 12 poin menjadi uang Rp10.000.

Atau 16 poin dengan Rp30.000, 20 poin = Rp40.000, 24 poin = Rp50.000 dan 30 poin = Rp70.000. Setiap hari poin seorang driver akan direset sehingga jangan sampai telat menukarkannya.

  1. Profesional Demi Rating

Dan terakhir yang juga memberikan pengaruh dalam sistem gaji Gojek online adalah rating dari penumpang. Karena seluruh bonus entah komisi atau poin itu baru bisa diterima mitra pengemudi asalkan rating mereka minimal 55% dari seluruh orderan.

Agar bisa mendapat rating bintang 5 terus dan mencapai 100% sempurna, Anda jelas harus bisa bersikap ramah dan profesional saat menjalani orderan. Jangan mudah membatalkan orderan, karena sistem gaji Gojek 2019 akan langsung mengurangi rating dan memangkas poin Anda.

Nah, bagaimana? Sudah cukup jelas bukan dengan sistem gaji Gojek? Dengan begitu Anda tak perlu bingung lagi saat menjalani orderan. Jadilah driver yang sejahtera dengan memahami perhitungan poin dan tarif perjalanan. Dengan begitu Anda akan menjalani orderan secara cerdas tanpa harus berlelah diri berjalan tanpa arah di jalanan.

2 thoughts on “Perhitungan Sistem Gaji Gojek 2019, Sedikit yang Tahu!

  1. Ahmad khoiron

    Ini gaji nya perhari atau gimana..?
    Atau perbulan misal nya gaji nya 500 ribu
    Atau perhari gaji nya misal 50 ribu..?
    Saya juga kurang ngerti

    Reply
    1. Pathur

      Yg jelas trima uangnya perhari mas… Ntah 50/100 atau lebih, tergantung byk orderan yg diselesaikan…

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *