Sistem Gaji Bagi Hasil Gojek Driver 2019 untuk Semua Layanan

By | 20 September 2019

Salah satu motivasi orang bergabung menjadi driver gojek adalah ingin mendapatkan pendapatan dan kesejahteraan yang lebih dari sebelumnya. Untuk itu perlu sekiranya mempelajari sistem gaji dan bagi hasil driver gojek sebelum menjadi bagian dari mitra driver gojek. Utamanya bagi calon driver  pemula agar lebih semangat tancap gas mengaspal.

 

Sistem Gaji dan Bagi Hasil Driver Gojek Semua Layanan

Sistem gaji dan bagi hasil driver gojek

Tapi sebelum sampai cara menghitung perlu memperhatikan Tiga hal penting sebagai variabel dalam menentukan pendapatan dan bonus driver gojek.

Pertama, Gojek memberlakukan bagi hasil atau sharing profit 20 % dari dari setiap pendapatan order atau tiap trip yang telah diselesaikan. Bagi hasil 20 % antara driver dengan pihak gojek yang sudah disepakati dalam perjanjian saat mendaftar menjadi driver.

Jadi pendapatan setiap trip yang diselesaikan oleh driver maka ada bagi hasil 20 % yang dimiliki pihak gojek.

Misalkan driver dalam satu order mendapatkan sebesar Rp 20.000, maka pihak gojek akan memotong Rp 2.000, dengan demikian hasil driver sebesar Rp 18.000. Begitulah cara dan aturan main bagi hasil driver gojek.

Kedua, hal penting itu adalah peforma, karena peforma pada aplikasi driver gojek mempengaruhi pencairan bonus, cair atau tidaknya bonus tergantung pada peforma, karena itu peforma ini yang menjadi variabel sangat penting.

Peforma kota satu dan lainnya batas minimal prosentasenya juga berbeda-beda, bonus bisa dicarikan jika driver memenuhi minimum peforma yang telah ditentukan.

Bagaimana menjaga peforma pada aplikasi driver gojek? Dengan cara mengambil setiap order yang masuk tidak melakukan cancel atau menolak order. Jika melakukan cancel atau pembatalan order maka prosentase peforma akan turun secara otomatis.

Pada aplikasi driver gojek peforma dibatasi dalam setiap siklus, dalam satu siklus berdurasi rentang antara pukul 00.00 hingga 23.59 WIB. Setiap pukul 00.00 peforma secara otomatis akan kembali 100 %.

Ketiga, hal penting selanjutnya  skema poin, ini adalah jumlah poin yang didapat dan berkaitan langsung dengan bonus yang akan diterima setiap driver gojek, setiap kota bisa berbeda-beda sekamanya.

Contoh skema bonus dan poin, pencapaian 14 poin dihargai bonus Rp 14.000, pencapaian 16 poin Rp 25.000, pencapaian 20 pon Rp 40.000. Dengan demikian total pencapaian 20 poin driver akan mendapatkan bonus maksimum Rp 80.000 dalam setiap siklus hitungan 24 jam, 00.00 hingga 23.59 WIB.

Tiga hal itu menjadi variabel dan dasar acuan dalam menentukan pendapatan secara keseluruhan harian driver gojek. Selanjutnya adalah bagaimana cara penghitungan bonus driver gojek.

Pemberlakuannya antara kota satu dan lainnya bisa berbeda-beda, karena pihak gojek telah melakukan pemetaan wilayah dalam menentukan bonus, tarif dasar dan peforma. Berikut ini hitungan skema poin maksimum driver gojek;

 

1. Go Ride

Poin maksimum yang bisa didapat driver go ride adalah 1 poin/order, ini berlaku diseluruh kota di Indonesia (kecuali beberapa kota yang tidak diberlakukan bonus yang akan dijelaskan selanjutnya). Jadi setiap driver menyelesaikan satu order dihargai dengan satu poin dan poin ini akan terakumulasi secara otomatis dalam sistem aplikasi driver. Selengkapnya lihat tabel berikut;

skema poin goride

skema poin goride

2. Go Send

Poin maksimum untuk layanan go send kota satu dengan lainnya diberlakukan beda, untuk wilayah Jabodetabek, Bandung, Pontianak, Jambi, Samarinda, Surabaya (termasuk Gresik dan Sidoarjo), Palembang, Medan, Batam, Bandar Lampung, Padang, Pekanbaru, Bukittinggi, Manado (termasuk Bitung dan Tomohon) Bali (termasuk Gianyar dan Tabanan), Makasar mendapatkan poin maksimum 1,5 poin/oder.

Sedangkan Kota lainnya berlaku 1 poin/order. Lebih jelasnya lihat tabel berikut;

skema poin gosend

skema poin gosend

3. Go Food

Untuk layanan Gofood, wilayah Jabodetabek, Ambon, Bali (termasuk Gianyar dan Tabanan), Bandar Lampung, Batam, Bojonegoro, Bukittinggi, Jambi, Jayapura, Jombang, Kendari, Kisaran, Makasar, Manado (termasuk Bitung dan Tomohon), Medan, Merauke, Padang, Palangkaraya, Palembang, Palopo, Pekanbaru, Serang dan Tasikmalaya. Poin maksimum 1,5 poin/oder.

Kota Duri, Gorontalo, Kebumen, Kudus, Metro, Padangsidempuan, Palu, Pangkal Pinang, Sabang, Subang dan Tanjung Pinang, mendapatkan 2 poin/order.

Kota Bandung, Malang, Semarang (termasuk Ungaran dan Salatiga), Solo, Surabaya (termasuk Gresik dan Sidoarjo) dan Yogyakarta poin maksimumnya 2,5 poin/order. Sedangkan poin maksimum dari layanan Gofood di kota lainnya adalah 3 poin/oder. Lebih jelasnya lihat tabel.

skema poin gofood

skema poin gofood

4. Go Shop

Poin maksimum yang bisa anda dapat dari layanan Goshop khusus Jabodetabek, Bandung Tasimalaya, Surabaya (termasuk Gresik dan Sidoarjo), Palembang, Medan, Batam, Bandar Lampung, Pekanbaru, Bukittinggi, Manado, Bali (termasuk Gianyar dan Tabanan) dan Makasar adalah 1,5 poin/order.

Poin maksimum yang bisa anda dapatkan dari layanan Goshop di kota lainnya adalah 4 poin/order. Lebih jelas bisa dilihat tabel berikut;

skema poin goshop

skema poin goshop

5. GoMed

Poin maksimum yang bisa anda dapat dari layananan Gomed di Balikpapan, Malang, Mataram, Pekanbaru, Semarang, Solo, Sukabumi dan Yogyakarta adalah 1 poin/order.

Poin maksimum yang bisa anda dapatkan dari layanan GoMed di Jabodetabek, Bali, Bandung, Bandar Lampung, Makasar, Manado, Medan, Padang, Palembang, Pontianak dan Surabaya adalah 1,5poin/order. Lebih lengkap lihat tabel berikut;

skema poin gomed

Dalam menghitung bonus, sistem gojek akan memulai secara otomatis pukul 00.00 dan berakhir pukul 23.59 WIB. Untuk poin gojek tidak berlaku di kota Padang Sedempuan, Sabang, Tarakan, Ternate dan Rantauprapat.

Bonus akan dibayarkan secara otomatis bila telah mencapai poin dan menjaga peforma minumum yang ditentukan. Uang akan diakumulasi otomatis ke saldo atau deposit di aplikasi driver.

Bagaimana dengan kalkulasi pendapatan driver? Dihitung berdasarkan akumulasi tarif per order atau trip, kemudian dipotong bagi hasil 20 % /order dan ditambah uang bonus. Semua hitungan itu akan terakumulasi dalam saldo atau deposit aplikasi driver.

Contoh: Budi pada hari ini menyelesaikan 15 order dengan total pendapatan Rp 100.000 kemudian setelah dipotong sharing profit 20 % pendapatannya Rp 80.0000.

Total poin yang didapat dari 15 order itu 20 poin dan berhak mendapatkan bonus maksimum Rp 80.000. Jadi total pendapatannya tarif order Rp 80.000 ditambah bonus Rp 80.000 mendapatkan penghasilan Rp 160.000.

Pendapatan itu tentu akan dikurangi biaya operasional seperti bahan bakar minyak (BBM), makan minum dan operasional lainnya.

Berdasarkan pengalaman para driver lama, penghasilan bersih di luar Jabodetabek rata-rata harian bisa mencapai Rp 100.000/hari dalam satu siklus bonus pukul 00.000 hingga pukul 23.59 WIB. Pendapatan tentu bisa fluktuatif tergantung orderan bisa lebih dari itu atau kurang dari itu.

Mudahkan memahami sistem gaji dan bagi hasil driver gojek, plus bonus driver gojek? Hidupkan aplikasi sepanjang hari dan jaga peforma agar bisa mendapatkan gaji dan bonus maksimal. Tetap semangat salam satu aspal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *