Berapa Maksimal Jarak dan Penumpang GrabCar? Ini Jawabnya

By | 25 Juli 2018

Layanan GrabCar memang menjadi angin segar bagi banyak orang. Selain relatif murah, pemesanannya pun cenderung mudah dan cepat. Yang lebih menyenangkan lagi adalah tarifnya didasarkan pada kilometer perjalanan. Tidak jarang, beberapa penumpang menggunakan layanan ini untuk ke luar kota. Lalu sebenarnya, berapa jarak maksimal GrabCar dan maksimal penumpang nya? Mari kita cari tahu lebih banyak.

Hendak Bepergian Jauh dengan GrabCar?

jarak maksimal grabcar

Bepergian dengan grab car

GrabCar nampaknya tidak membatasi jarak perjalanan untuk menggunakan layanannya. Pihak Grab mampu menyediakan layanan perjalanan dengan jarak tempuh yang jauh sekalipun.

Dalam keadaan yang normal, GrabCar akan mematok tarif dasar sebesar Rp. 10.000. Kemudian, penumpang akan dikenakan tarif tambahan per kilometernya sebesar Rp 3.500 – Rp 6.000.

Info terkait!

Selain itu, pihak Grab memiliki regulasi untuk menambahkan biaya tambahan pada saat jam-jam sibuk. Ketika pelanggan Grab sedang atau akan menggunakan layanan Grab pada jam sibuk, pelanggan akan secara otomatis mendapatkan pesan bertuliskan pemberitahuan bahwa banyaknya permintaan akan berujung pada tarif perjalanan yang tinggi. Namun, tak dijelaskan lebih lanjut mengenai berapa kali lipat kenaikan tarif perjalanan yang dipatok.

Penjelasan mengenai berbagai biaya tambahan yang dikenakan kepada pelanggan dalam situasi tertentu sudah pasti akan tertera di aplikasi. Oleh karena itu, para pelanggan hanya akan membayar sesuai argo yang tertera di aplikasi. Jadi, para pelanggan Grab tak perlu khawatir lagi mitra pengemudinya akan memaksa untuk merogoh kocek lebih dalam tanpa penjelasan yang jelas.

Seberapa Besar Tarif Yang Dipatok Untuk Perjalanan Jauh?

jarak maksimal grabcar

Tarif grabcar

Meskipun tidak terdapat batasan jarak bagi para pelanggan untuk menggunakan layanan GrabCar, namun masih jarang ada pelanggan yang memanfaatkan layanan ini untuk pergi ke luar kota dengan jarak yang lebih dari 100 km. Para pengguna GrabCar rata-rata akan menggunakan layanan ini dengan jarak yang paling jauh sekitar 100 km. Jarak perjalanan ini adalah setara dengan perjalanan dari Jogja sampai Semarang.

Perjalanan dengan jarak kurang lebih 100 km ini kira-kira akan mematok tarif perjalanan sebesar Rp 470.000. Selain Semarang, destinasi dengan jarak yang cukup jauh yang juga dituju oleh para pengguna layanan GrabCar dari Yogyakarta adalah Solo dan Magelang. Untuk menuju Solo, jarak tempuh yang harus dilalui adalah sekitar 60 km. GrabCar biasanya akan mematok harga sebesar Rp. 222.000.

Bagaimana dengan para penumpang yang memiliki destinasi Magelang? Untuk menuju Magelang, penumpang dan mitra pengemudi harus menempuh jarak perjalanan sekitar 52 km. GrabCar biasanya akan mematok tarif perjalanan sebesar Rp 159.000 kepada para pelanggan dengan destinasi tersebut. Sekali lagi, tarif perjalanan tersebut tidaklah pasti dan masih akan dipengaruhi oleh jam-jam sibuk yang penuh dengan permintaan layanan.

Rata-rata penumpang memang memilih naik GrabCar dengan jarak jauh yang terbatas. Tidak sampai lebih dari 100-an kilometer dan tidak berpindah provinsi. Tentu saja, mereka bisa menempuh perjalanan lebih nyaman dan cepat dengan fasilitas transportasi lainnya, seperti pesawat atau kereta api.

Lalu, Naik GrabCar Maksimal Berapa Orang?

jarak maksimal grabcar

Berapa maksimal penumpang grabcar?

Sebelum memesan GrabCar, alangkah baiknya jika para pelanggan Grab sudah memastikan bahwa layanan GrabCar yang akan diambil sudah tepat. Maksimum penumpang GrabCar adalah sesuai dengan jumlah kursi penumpang yang ada.

Biasanya jumlah penumpang adalah 4 sampai 6 orang. Namun, untuk memastikan bahwa GrabCar yang dipesan mampu mengakomodasi jumlah penumpang yang lebih dari 4, pelanggan dapat menggunakan layanan GrabCar Plus. Dengan layanan ini, GrabCar akan memiliki jaminan 6 tempat duduk.

Pilihan ini dapat menjadi hal yang juga tepat saat para pelanggan hendak membawa banyak tas maupun koper saat perjalanan. Apabila layanan GrabCar Plus belum tersedia di area tertentu, maka para pelanggan GrabCar dapat membuat 2 pesanan terpisah.

Jumlah maksimal penumpang ini juga berlaku untuk pemesanan GrabCar dengan jarak yang jauh seperti dibahas di atas. Jadi, penumpang tidak bisa menganggap GrabCar sebagai pengganti bis dan memesan untuk terlalu banyak penumpang untuk perjalanan cukup jauh.

Jadi, sebenarnya tidak ada patokan khusus mengenai jumlah maksimal penumpang GrabCar. Tetapi, rata-rata penumpang hanya menggunakan layanan ini sampai batas maksimal 100-an kilometer dengan menggunakan argo di aplikasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *