Penghasilan Driver Grabbike Tembus Jutaan, Gaji PNS kalah!

By | 3 April 2018

Grabbike saat ini menjadi transportasi andalan bagi banyak masyarakat Indonesia, toh grab motor hanya ada di Indonensia, tidak dengan negara negara lain seperti Malaysia, yang hanya ada Grab Car. Faktanya, hanya segelintir orang yang tahu betul besar penghasilan alias pendapatan driver grab bike sehari hingga perbulan, yang tentunya berbeda dengan penghasilan tahun tahun sebelumnya, 2017, 2018 dan nanti 2019. Simak!

Berapa sih gajinya? Besar?

Perhari sampai perbulan, berapa?

Itulah yang akan kita bahas pada postingan kali ini…..

penghasilan grabbike

Berapa penghasilan grabbike driver

Grab bike / grab motor merupakan transportasi yang sangat modern sekarang ini, dengan memanfaatkan advanced/ kemajuan teknologi, lebih tepatnya dalam hal wilayah (GPS). Tentu saja, grabbike ini sangatlah membantu dan memudahkan banyak orang untuk bepergian, cukup dengan meng-klik dan order melalui smartphone kalian, kalian sudah bisa pergi kemana saja, selama tempat tersebut dijangkau, hehehe. Kassian kalau suruh driver manjat gunung, hehehehe

Kelebihan lainnya adalah biayanya yang jauh lebih jujur, toh tukang ojek sekarang main tembak tembak aja, sehingga kalian sebagai penumpang bisa ditipu. Nah, kalau grab ini sudah terkalkulasi dengan baik, bahwa dalam jarak sekian, biayanya sekian….Gitu deh pokoknya

Baca juga:

Terlepas dari kelebihannya, ada juga loh kekurangannya. Apa itu? Yah, kalau wilayah yang kalian tempati tidak terjangkau, atau saat smartphone kalian lowbat, tentu mau tidak mau kita harus mengandalkan ojek. Kesimpulannya, apapun itu, mau canggih bagaimana, pasti ada saja kekurangannya yah…

Langsung saja masuk ke intinya….

Berapa kah Pendapatan seorang driver Grabbike per hari, perminggu dan perbulan terbaru?

Berbicara tentang penghasilan driver Grabbike, mereka tentunya menggunakan sistem sharing profit alias bagi keuntungan. Mereka para driver memperoleh 90% dari total penghasilan, dan sisanya 10% adalah bagian penyedia layanan atau aplikasi. Selain penghasilan dari penumpang yang mereka peroleh, ternyata ada juga sistem bonus/insentif bagi mereka yakni berkisar 30%.

penghasilan grabbike

Diagram pembagian untung grabbike

Kapan mereka mendapatkan bonus?

Bonus akan diberikan apabila mereka mengendara pada waktu – waktu tertentu. Seperti setiap hari Senin hingga Kamis, mereka akan mendapatkan bonus pada jam 12 malam hingga 12 pagi. Jam 12 malam sampai jam 4 sore khusus untuk hari Jumat. Ada juga tambahan insentif bagi hasil dengan metode jauh – dekat.

penghasilan grabbike

Kapan mereka memperoleh bonus/insentif?

Pertanyaan nya, berapa sih rincian penghasilan grabbike?

Besaran persentasenya yakni sekitar 10% untuk jarak dekat dan 15% jarak jauh. Kalau dipikir pikir, sebenarnya penghasilan mereka lumayan juga yah.

Berikut update penghasilan dari seorang driver grabbike:

Bonus Harian

penghasilan grabbike

Inilah jumlah pendapatan driver grab motor

Apabila diamati, nilai bonus tersebut tidak semata-mata berupa kelipatan. Kalau hanya berlaku prinsip kelipatan dengan nilai bonus sebesar Rp 30.000 untuk 5 kali order mengendara, maka seharusnya driver hanya mendapat Rp 60.000 untuk 10 kali order mengendara. Tetapi pada kenyataannya sebagaimana bisa dilihat pada tabel di atas, driver memperoleh bonus senilai Rp 100.000 untuk 10 kali order mengendara.

Begitu pula untuk mengendara sebanyak 15 kali dalam sehari. Kalau dikalikan 3 dari nilai bonus untuk 5 kali mengendara, seharusnya driver hanya mendapat nilai bonus sebesar Rp 90.000. Begitu pula jika dikalikan 1.5 dari nilai bonus untuk 10 kali mengendara. Driver seharusnya hanya menerima bonus sebesar Rp 150.000 untuk 15 kali mengendara. Pada kenyataannya, driver mendapatkan nilai yang lebih besar yaitu Rp 200.000.

Baca juga:

Tentu saja, bonus tersebut tidak diberikan begitu saja. Ada beberapa ketentuan yang tetap harus dipenuhi oleh driver. Ketentuan tersebut adalah:

  1. Nilai penerimaan lebih dari 80%
  2. Jumlah cancel dari penumpang maksimal 10 kali
  3. Rating bintang lebih dari 4.5
  4. Driver mematuhi kode etik

Bonus Mingguan

mereka berpotensi memperoleh intensi sebesar 1,2 juta setiap minggunya. Bagaimana caranya?

Misalnya begini, kalian sebagai driver grabbike, bekerja dengan sangat rajin dan tamah dalam seminggu 6 hari. Dan akhirnya berhasil menyelesaikan order setiap hari biasanya 16 kali (pada jam bonus). Sehingga bonus yang berpotensi kalian dapatkan yakni:

penghasilan grabbike

Bonus mingguan driver grabbike, sangat menguntungkan!

Dan Bonus Bulanan

Berdasarkan kalkulasi diatas, bisa hitung bahwa penghasilan seorang driver Grabbike selama sebulan dalam kurung waktu 25 hari adalah  5.000.000. Perhitungan ini diperoleh dari mengkalikan bonus harian sebesar Rp 200.000 sebanyak 25 kali karena bekerja selama 25 hari dalam sebulan.

Itulah pentingnya menjaga keramahan serta performa, karena yang paling utama disini adalah keamanan dan kenyamanan penumpang. Saat mereka sudah tidak merasa aman dan nyaman, maka siap siap saja, bintang kalian sorrrrr……

insentif ini akan selalu terkalkulasi setiap minggunya dengan syarat:

  • Driver Grabbike jalan selama seminggu
  • Hari senin pada minggu berikutnya, kinerja driver dievaluasi
  • Hari selasa, proses top up dilakukan ke dompet kredit
  • Dan setiap jumat, bonus akan mereka terima

Enak banget yah, segituan ternyata penghasilan mereka, itu baru bonus loh, belum tarif dari penumpang. Pantasan ada yang rela pindah profesi jadi driver grabbike. Mantapp…

PERLU DIKETAHU BAHWA BONUS/ INSENTIF BISA BERUBAH DARI WAKTU KE WAKTU!!!

Bagaimana dengan grab yang berada di daerah jabodetabek? Alias Grab Putih??

Bonus Perjalanan Harian Grab Putih

penghasilan grabbike

Daftar insentif grabbike (Jabodetabek).

Bagaimana perhitungan gaji grabbike?

Untuk mengetahui penghasilan dari eorang grab bike, kita bisa melakukan skema perhitungannya. Berikut…

Gaji/Penghasilan driver grabbike perhari adalah total dari:

  1. penghasilan cash
  2. Bonus dan insentif.
penghasilan grabbike

Rumus penghasilan grabbike dalam sehari

Seperti contohnya saat driver A memperoleh 17 order dengan jumlah pendapatan cash adalah sebesar Rp. 143.000

Dikarenakan adanya sistem bagi hasil grab, maka jumlah bersih pendapatan seorang driver adalah sebesar Rp 114.400, dengan sistem bagi (80:20). Teryata berbeda yah dengan pembagian awal postingan, apakah ini karena grab putih? Alias wilayah jabodetabek?

Jadi, penghasilan cashnya 114 ribu, belum include bonusnya…

Karena driver A menyelesaikan 17 perjalanan antara hari senin dan  jumat,  maka dia akan memperoleh insentif harian sebesar Rp 68.000 yang akan ditransfer ke Dompet tunai.

Yang kedua adalah perhitungan bonus,

Dalam 15 perjalanan tersebut, A mendapat insentif Rp. 53.000 dari 13 perjalanan pada jam non sibuk, Rp 20.000 dari 3 perjalanan pada jam sibuk dan Rp. 4.000 dari 1 perjalan di jam super sibuk pagi.

Jadi jumlah bonus yang DRIVER A peroleh pada 17 order sebesar Rp 77.000.

Insentif jaminan argo ini akan ditransfer ke Dompet tunai driver setelah dipotong 20%.
20 % itu meliputi 6 % pajak dan sisanya bagi hasil untuk perusahaan.

Jadi Dari Rp 77.000 yang akan masuk sebesar Rp 61.400.

Nah, jadi sudah bisa kelihatan kan berapa penghasilan grabbike perharinya.

Pendapatan cash setelah ditpotong 20% = Rp 114.400

Bonus perjalanan harian 17 pekerjaan = Rp 68.000

Insentif jaminan argo = Rp 61.200

TOTAL PENDAPATAN GRABBIKE = Rp 243.600

Itu alah perkiraan kasar, belum lagi tips dari penumpang kalau kalian memberikan service yang sangat baik. Selain itu, uang rokok, bensin, perawatan motor belum masuk..

Perlu diketahui bahwa penghasilan di atas adalah untuk grab putih yang berada di daerah jabodetabek. Bonus dan insentif setiap daerah seperti makassar, medan, bandung, lampung tentunya berbeda.

Kapan dan mengapa driver banyak memperoleh insentif jaminan argo ? Itu karena driver banyak memperoleh perjalanan yang pendek dengan argonya dari 5000 sampai 10.000. Jika kalian memperoleh trip yang argonya melebihi jaminan argo,  maka kalian tidak akan mendapatkan insentif.

Pendapatan Grabbike Dari Order Grabfood dan GrabExpress

Menjadi driver Grabbike memang memberikan keuntungan tersendiri. Hal ini karena driver bisa menerima order selain order mengantar biasa. Salah satu fitur yang baru diluncurkan adalah Grabfood dan Grabexpress, dimana driver bisa menerima order untuk memesankan dan mengantarkan makanan, dan menjemput dan mengantarkan barang.

Lalu seperti apa skema penghasilan dari layanan tersebut untuk driver? Standar insentif yang diberikan perusahaan memang berbeda di daerah yang satu dan yang lain. Mari kita ambil contoh yang di daerah Jabodetabek, dan Yogyakarta dan Solo.

baca juga:

Khusus untuk wilayah Jabodetabek, driver yang menerima order Grabfood akan mendapatkan 3 macam insentif yang meliputi Jaminan Argo Dasar, Jaminan Argo Tambahan, dan Bonus Harian.

Jaminan Argo Dasar diberlakukan setiap hari dan setiap jam dengan skema sebagai berikut:

penghasilan grabbike

Jaminan Argo dasar dengan syarat

Untuk Jaminan Argo Tambahan, perusahaan Grab memberlakukan skema sebagai berikut:

penghasilan grabbike

Jaminan argo tambahan

Jaminan Argo Tambahan ini berlaku dengan syarat tambahan, yaitu:

  • Total order yang diterima oleh driver minimal 60%
  • Order yang dibatalkan total adalah 10%
  • Rating bintang yang didapatkan driver secara total adalah 4.3
  • Untuk jarak lebih dari 7 km, driver mendapatkan bonus tambahan sebesar Rp 2.000 per kilometernya.

Kemudian Bonus Harian yang diterapkan oleh perusahaan Grab adalah sebagai berikut:

penghasilan grabbike

Bonus harian grabbike

Sekarang, mari kita coba hitung dengan ilustrasi agar lebih jelas berapa yang driver bisa dapatkan dari menerima orderan ini.

Sebagai contoh, driver Aswin menerima dan menyelesaikan sebanyak 7 order GrabFood pada hari ini. Keterangan order tersebut adalah sebagai berikut:

penghasilan grabbike

Pendapatan dari jam sibuk dan non sibuk

Jika dihitung secara total, maka driver Aswin memperoleh sekitar Rp 132.000 dari order GrabFood. Kemudian, seupama driver Aswin juga menerima dan menjalankan order GrabBike dan GrabExpress dengan total pendapatan sebesar Rp 150.000, maka pada hari itu driver Aswin menghasilkan Rp 282.000 secara keseluruhan. Dari pendapatan tersebut, driver Aswin menerima bonus harian sebesar Rp 60.000.

Sementara itu untuk daerah Yogyakarta dan Solo, skema insentif yang diterapkan cukup berbeda. Untuk setiap order GrabFood, driver akan menerima insenstif sebesar Rp 14.000. Lalu jumlah ini masih ditambah dengan Argo Layanan. Skema yang diterapkan adalah sebagai berikut:

penghasilan grabbike

Insentif dari jarak tempuh

Skema tersebut diberlakukan dengan beberapa catatan tambahan berikut ini:

  • Driver mendapat tambahan insentif sebesar Rp 1.800 per kilometre untuk jarak tempuh di atas 7 km.
  • Driver disarankan untuk tidak melakukan pembatalan atau meminta customer untuk melakukan pembatalan tanpa alasan yang kuat.

Sekarang, mari kita coba hitung pendapatan driver dengan menggunakan ilustrasi.

Sebagai contoh, driver Doni menerima dan melaksanakan order GrabFood dengan rincian seperti di bawah ini:

penghasilan grabbike

Hanya sebagai ilustrasi

Pendapatan tersebut belum termasuk biaya kirim yang harus dibayarkan oleh pelanggan. Jadi bisa dipastikan driver Doni memperoleh penghasilan lebih dari Rp 664.000 dalam 1 minggu tersebut.

Baca juga :

Penghasilan grabbike menurun

Penghasilan dari driver grabbike bisa saja menurun, karena orderan yang masuk sifatnya tidak pasti.

Mau banyak penghasilannya?

INGAT!!! Hasil tidak akan menghianati usaha!!! Mulai lah bekerja dari pagi hari, tentu kalian berpotensi dapat lebih banyak penumpang dan orderan. Semakin pagi, semakin banyak rezeki!!

Pertanyaannya, mengapa orang memakai jasa grabbike sih?

Karena dengan menggunakan layanan grabbike, seseorang akan lebih cepat tiba di tujuan sehingga akan men-safe waktu kita.

Selain itu, kalian akan memakai helm yang lebih nyaman, dan masker yang hanya sekali pakai.

Nah, untuk kali ini, saya ingin berterima kasih kepada situs- situs yang menjadi referensi saya menulis artikel, terima kasih dan salam!!!

ARTIKEL AKAN DIUPDATE DARI WAKTU KE WAKTU, 2018, 2019 DAN SETERUSNYA…..

One thought on “Penghasilan Driver Grabbike Tembus Jutaan, Gaji PNS kalah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *