Tunggu! Jangan Buang teh Basi, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan

Teh menjadi salah satu minuman yang dekat dengan kita. Pasti semua orang pernah menikmati minuman dari daun teh ini. Perkembangan minuman ini juga pesat, dahulu hanya teh tradisional atau dikenal sebagai teh tubruk atau serbuk.

Sekedar potongan daun atau batang hingga sekarang sudah berbentuk teh celup. Sebagai penikmat teh pasti pernah membiarkan bekasnya. Entah karena lupa atau memang sengaja.

Sumber foto: https://tampang.com

Tahu-tahu sudah menumpuk dan tidak mungkin ingin diseduh lagi karena sudah basi. Kebanyakan penikmat teh pasti membuangnya karena sudah basi. Sudah menjadi barang yang tidak lagi berguna.

Anda penikmat teh jangan asal membuang karena alasan basi. Sebab teh basi ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan kita. Meskipun dianggap basi, tetapi khasiatnya tidak kalah baik dari alat terasi yang sering kita jumpai. Bahan teh dari daun alami dipastikan aman untuk digunakan dalam merawat kesehatan kita.

Saya juga termasuk penyuka minuman dari alam ini. Memang bukan penyuka yang utama, tetapi lebih tepatnya kedua karena pertama kopi. Dulu selepas minum teh selalu dibiarkan begitu saja dalam wadah khusus yang disiapkan ibu.

Tujuannya biar mudah untuk membuangnya. Terlebih saya menyukai teh celup, satu pemakaiannya sudah saya buang. Ketika minum sehari dua tiga kali artinya ada 3 bekas yang telah basi.

Baca juga : Pengalaman Malam Pertama Setelah Nikah, Enakkah? Ini Rasanya!

Sumber: www.idntimes.com

Awalnya merasa biasa saja membiarkan menjadi teh basi. Sudah wajar kebanyakan orang melakukan hal demikian. Berjalanya waktu semakin banyak orang yang  berkunjung dan selalu dibuatkan teh oleh ibu. Semakin banyak tamu semakin banyak pula bekas yang setiap hari dibuang.

Merasa penasaran saya mencoba mencari referensi dari berbagi sumber tentang manfaat teh basi. Awalnya sempat ragu karena barang basi memang tidak layak untuk digunakan. Terlebih sekelas teh yang secara ekonomis memang sangat ringan.

Melalui pencarian dari berbagai sumber itu pertama menemukan tentang khasiat yang bisa menghilangkan lingkar hitam pada mata. Lingkar hitam ini biasa disebabkan oleh rasa kelelahan, suka bergadang, dan terlalu fokus lama menghadap layar laptop.

Kebetulan lingkar mata saya sedikit hitam karena dikejar waktu untuk segera merevisi hasil skripsi. Sudah hamper 3 bulan mengerjakan skripsi dan itu menyita waktu baik istirahat dan waktu rebahan juga.

Tidak begitu lama setelah membaca detail referensi itu mencoba untuk mempraktikkan. Membuktikan dari referensi itu, soal efek samping tidak terlalu saya pikirkan karena teh basi ini terbuat dari bahan alami.

Terlebih dahulu saya menunggu 2 hari untuk mengumpulkan teh basi yang lumayan banyak untuk dijadikan stok. Setelah itu menyimpannya di wadah khusus agar tidak terserang banteri yang menempel karena bau yang agak basi. Adapun langkah selanjutnya dalam menggunakan teh itu sebagai berikut;

Sumber:aceh.tribunnews.com/

Baca juga : Pengalaman Kerja Di Kapal Pesiar, Enak? Ini Rasanya!

Pertama, membersihkan bekas teh dari kotoran yang menempal. Kotoran ini berupa apas teh halus yang menempel. Teh basi yang digunakan bukan tubruk atau serbuk melainkan yang celup.

Karena lebih praktis dan mengurangi cidera pada mata karena batang teh yang menempel. Cara membersihkan jangan menggunakan air, tetapi cukup pakai tisu saja. Harus hati-hati karena sifatnya yang lembek.

Kedua, waktu yang tepat. Penggunaan teh basi untuk hilangkan lingkat hitam adalah sebelum tidur. Waktu ini sangat tepat sekaligus mengistirahatkan mata kita. Selain itu, agar lebih rileks dalam proses penyembuhan lingkaran hitam.

Baca juga : Pengalaman Cara Berhenti Merokok, Ini Cara Ampuh 100% Work!

Waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama, cukup 10-15 menit saja. Biasnya dalam waktu menunggu ini saya menikmati harum teh sekaligus menikmati rasa segar. Biasanya dalam proses ini terasa agak dingin dan lembab.

Sumber: tribunews.com

Ketiga, membersihkan mata. Selesai menempelkan teh celup basi jangan segara dibilas dengan air. Biasanya saya menunggu beberapa saat agar kandungan dalam teh itu secara sempurna berfungsi. Baru dibilas dengan air bersih, cukup berapa bilasan saja.

Pengguaan teh celup untuk hilangkan lingkar  hitam pada mata saya lakukan secara rutin. Tidak saja sebelum tidur tetapi juga pagi hari menjelang atau sesudah beraktivitas. Hasilnya meskipun tidak secara singkat lingkar hitam pada mata secara perlahan menghilang. Selain itu, kelopak mata yang sdikit kaku merasakan enak kembali seperti sedia kala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *