Bagaimana Cara Pembayaran GrabFood untuk Driver?

By | 26 November 2018

GrabFood menjadi salah satu layanan antar makanan yang cukup populer di masyarakat. Layanan ini mempermudah pelanggan mendapatkan makanan yang diinginkan tanpa harus repot keluar rumah ataupun mengantri di restoran. Sebagai salah satu layanan unggulan dari Grab Indonesia, GrabFood menawarkan insentif yang menarik bagi pada driver Grab. Lalu, bagaimana cara pembayaran GrabFood untuk driver? Bagaimana pula pembayaran via non tunainya?

Pembayaran GrabFood untuk Driver

Layanan GrabFood menjadi salah satu layanan bagi Anda yang berprofesi sebagai driver GrabBike. Selain mendapatkan penghasilan dari layanan mengemudi, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari layanan jasa antar makanan atau GrabFood. Layanan ini tidak mencakup seluruh restoran yang ada di wilayah kerja, tetapi hanya pada restoran yang sudah bekerjasama dengan pihak Grab. Sehingga layanan ini cukup aman dan terpercaya.

Memahami Cara Kerja dan Pembayaran GrabFood Untuk Driver

Meskipun dulunya sering ada peristiwa orderan fiktif pada driver ojek online di Indonesia, pihak Grab Indonesia sudah menjamin tidak adanya order fiktif pada layanan GrabFood. Jika terjadi order fiktif, pihak Grab Indonesia bersedia menjamin uang kembali 100%. Sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mengambil orderan GrabFood yang masuk pada aplikasi Grab Driver.

Panduan Mengerjakan Layanan GrabFood

Dalam pembayaran layanan GrabFood, pelanggan bisa menggunakan pembayaran secara tunai ataupun non tunai. Jika pelanggan menggunakan pembayaran secara non tunai pada restoran tertentu, maka pembayaran GrabFood untuk driver yang didapatkan akan langsung masuk pada dompet tunai Anda.

Baca juga:

Untuk mendapatkan penghasilan dari layanan GrabFood, terlebih dahulu Anda harus mengerjakan layanan GrabFood dengan melalui langkah berikut ini:

1. Orderan Masuk pada Aplikasi Grab Driver

Ketika pelanggan mengambil jasa GrabFood, maka dalam aplikasi Grab Driver akan muncul notifikasi adanya layanan GrabFood. Beberapa informasi akan terlihat dalam aplikasi, yaitu:

  1. Jumlah jasa yang harus dibayar atau ongkos kirim
  2. Makanan yang dipesan beserta biayanya
  3. Alamat pelanggan
  4. Nama dan alamat restoran
  5. Jarak Anda dengan restoran yang dituju.

Jika Anda sudah mengecek informasi yang dikirim ke aplikasi, Anda bisa menerima orderan tersebut. Selanjutnya, Anda juga perlu memastikan apakah pesanan tersebut benar-benar dipesan oleh pelanggan disertai dengan konfirmasi tentang biaya yang harus dibayarkan. Selain itu, Anda harus memastikan bahwa uang Anda cukup untuk membayar terlebih dahulu makanan pesanan pelanggan.

2. Mengambil Pesanan dan Proses Pemasakan di Restoran

Setelah mengkonfirmasi, Anda bisa melakukan pemesanan makanan di restoran. Dan ketika sudah selesai dan pembayaran sudah dilakukan, Anda bisa mengaktifkan fitur Foto Struk dan mengklik ‘Saya Sudah Bayar’ pada aplikasi. Foto yang Anda upload diusahakan sejelas mungkin, sehingga pihak Grab bisa membaca dengan jelas orderan dan jumlah orderan yang sudah Anda bayar. Setelah itu, unggah foto dan klik ‘Kirim’.

3. Mengantarkan kepada Pelanggan

Untuk pesanan yang sudah selesai, Anda bisa mengantarkannya langsung pada pelanggan. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan ketika mengantarkan pesanan pada pelanggan.

  1. Sebelum mengantarkan pesanan pelanggan, terlebih dahulu klik ‘Konfirmasi’ untuk pesanan yang sudah jadi dan telah dibayar.
  2. Ketika Anda sudah sampai di alamat tujuan, klik ‘Saya Sudah Sampai’. Untuk bisa mendapatkan alamat tujuan pelanggan, Anda bisa menggunakan fitur navigasi yang tersedia pada aplikasi Grab Driver.
  3. Ketika Anda sudah menyerahkan pesanan pada pelanggan, maka klik ‘Makanan Sudah Sampai’.

Jika Terjadi Perbedaan Total Pembayaran

Terkadang terjadi perbedaan pembayaran antara jumlah biaya pada aplikasi dengan jumlah biaya yang sudah Anda bayarkan. Anda bisa mengedit perubahan harga seperti yang tertera pada struk nota. Pada aplikasi Grab Driver sudah tersedia fitur edit pembayaran. Sehingga Anda tidak perlu takut atau ragu ketika biaya yang Anda keluarkan tidak sama dengan biaya yang tertera di aplikasi.

Akan tetapi, Anda juga harus mengkonfirmasi kepada pelanggan mengenai perbedaan biaya yang harus dibayarkan oleh pelanggan. Hal ini untuk mengantisipasi adanya rating buruk yang diberikan pelanggan kepada Anda. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan jumlah uang yang dibayarkan jika pelanggan mengambil pembayaran secara tunai, sehingga Anda bisa menyiapkan uang kembalian kepada pelanggan.

Pelanggan Menggunakan Promo

Terkadang pelanggan menggunakan promo yang ada pada layanan Grab. Anda tidak perlu ragu dalam mengambil orderan bagi pelanggan yang menggunakan kode promo. Meskipun pelanggan mengambil cara pembayaran secara tunai, Anda tetap bisa mendapatkan biaya promo yang akan masuk langsung pada dompet tunai Anda.

Insentif GrabFood

Dalam layanan GrabFood, Anda juga bisa mendapatkan bonus insentif dari layanan yang sudah Anda selesaikan. Insentif yang didapatkan berbeda-beda antar kota dan anda bisa mengecek skema insentif secara langsung pada aplikasi Grab Driver, caranya sebagai berikut:

  1. Setelah masuk aplikasi Grab Driver, klik menu ‘Lainnya’ dan masuk pada menu ‘Insentif’
  2. Pada menu ‘Insentif’, Anda bisa mengecek skema insetif hari ini, skema insentif yang sudah lewat, dan skema insentif yang akan datang.

Layanan GrabFood menjadi salah satu layanan yang dapat meningkatkan penghasilan driver Grab. Melalui sistem pembayaran GrabFood untuk driver di atas akan membantu Anda untuk mendapatkan penghasilan selain dari hasil mengemudi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *