Panduan Lengkap Driver Grabfood 2019 Terlengkap

By | 4 Juli 2019

Tahukah anda bagaimana cara daftar Grabfood biker itu? Grabfood sendiri merupakan layanan antar pesan makanan yang dimiliki oleh perusahaan Grab. Layanan ini telah hadir di berbagai wilayah Indonesia seperti Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Bali, Makassar, dan lainnya. Panduan kali ini diharapkan bisa memberi titik terang dan solusi yang terkait dengan masalah driver Grabfood, mulai dari cara daftar nya, cara menjalankan orderan, bagaimana jika terjadi masalah seperti restoran tutup, harga tidak sesuai, terjadi kecelakaan (semoga tidak pernah) dan sebagainya. Semua akan kami tulis di sini dengan situs grab sebagai referensi kami.

Cara daftar grabfood biker

Cara menjadi driver Grabfood

Ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan sebelum anda membaca lebih lanjut. Pertama, cara daftar menjadi driver grabfood sangat sangat mudah, bahkan anda tidak perlu lakukan. Kenapa? Karena saat anda mendaftar Grabbike driver, anda sudah otomatis menjadi driver grabfood dan grabexpress. itulah sebenarnya, anda tidak perlu khawatir dengan cara daftar grabfood. Kedua, dibandingkan layanan lainnya, Grabfood adalah jasa Grab yang paling sering terjadi masalah. Di situlah pentingnya anda harus tahu cara mengatasi masalah tersebut. Dan yang Terakhir, anda bisa menjadi Grabfood prioritas dengan insentif yang lebih banyak. Tentu saja ada caranya.

Keuntungan Menjadi Driver Grabfood

keuntungan driver Grabfood

Setidaknya ada alasan mengapa anda harus bergabung menjadi driver grabfood yaitu :

1. Grabfood adalah layanan favorit

Saat anda menjadi driver Grabfood, anda tidak perlu tidak dapat orderan, hanya saja anda harus punya modal untuk membayar pesanan tersebut dahulu. Baru setelah itu, anda akan dibayar oleh customer.

2. Kerja yang Fleksibel

Waktu kerja yang begitu fleksibel. Anda tak perlu lagi bekerja full 12 jam sehari. Kalaupun Anda ingin bekerja selama itu tentu sangat bisa dilakukan.

Yang pasti, anda bisa memilih waktu jam bekerja sesuai dengan jadwal yg anda inginkan. Jadi, waktu bersama keluarga dan orang-orang tercinta tak akan pernah hilang.

3. Penghasilan Lumayan

Sudah barang tentu, jika anda menjadi mitra grabfood maka anda akan mendapatkan penghasilan tambahan. Tetapi, semua tergantung bagaimana anda bekerja dan mendapatkan orderan.

Semakin banyak pesanan yang didapatkan, maka semakin besar pula peluang anda bisa memperoleh pendapatan yang besar. Tak hanya itu saja, mitra juga mendapatkan bonus sebanyak-banyaknya.

4. Bebas Order Fiktif

Bukan berarti anda betul betul aman dari opik. Hanya saja, saat anda terkena order fiktif, anda bisaa mengajukan ganti pada pihak Grab. 100% uang anda akan diganti. Silahkan baca di sini

5. CS aktif

Anda bebas menyampaikan keluhan pada pihak GrabFood dengan gratis dan cepat melalui Help Centre / Pusat bantuan pada aplikasi anda. jadi kalau ada apa apa, anda sudah tahu harus tanya siapa.

Syarat Menjadi Driver Grabfood

Syarat menjadi driver Grabfood

Syarat daftar Grabfood sama persis dengan sayrat daftar grab lainnya

Sebelum daftar, anda tentu harus memenuhi persyaratan sebagai mitra terlebih dahulu. Pada dasarnya, syarat daftar grabfood dan syarat layanan grab lainnya adalah sama. Berikut ini beberapa persyaratan yang perlu anda ketahui terkait tentang pendaftaran menjadi mitra grabfood :

  • WNI berusia maksimal 55 Tahun
  • Sehat jasmani maupun rohani
  • Mempunyai sepeda motor sesuai dengan standard Grabfood
  • Bisa membaca dan menulis
  • Lebih baik bila memiliki pengalaman kerja sebagai pengantar makanan
  • Jujur, disiplin, dan bertanggung jawab
    Bersedia mengikuti semua proses seleksi dan training
  • Bersedia menyiapkan dana talangan paling sedikit Rp.150.000,-
  • Membayar uang top-up Rp. 150.000,- bagi yang menggunakan HP dari pihak GrabFood
  • Membayar uang top-up Rp. 100.000,- teruntuk yang menggunakan HP Android dengan kapasitas RAM minimal 1 GB.

Periksa lokasi di Indonesia yang tersedia untuk layanan Grabfood, periksa lokasi anda!

WilayahKota
YogyakartaBantul, Boyolali, Karanganyar, Kebumen, Klaten, Magelang, Purworejo, Sleman, Solo, Sragen, Sukoharjo, Temanggung, Wates, Wonogiri, Wonosari, Wonosobo, Yogyakarta
SurabayaBanyuwangi, Batu, Blitar, Bojonegoro, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sidoarjo, Situbondo, Surabaya, Trenggalek, Tuban, Tulungagung
SemarangBanjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Brebes, Cilacap, Demak, Grobogan, Jepara, Kendal, Kudus, Pati, Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purwokerto, Rembang, Salatiga, Semarang, Tegal
PontianakKab. Kubu Raya, Pontianak, Singkawang, Hulu sungai
PekanbaruDumai, Duri, Kampar, Pekanbaru, Siak
Pangkal PinangPangkal Pinang
PaluPalu
PalembangLubuk Linggau, Palembang
PadangBukittinggi, Padang, Padang Panjang, Padang Pariaman
MedanBinjai, Deli Serdang, Kab. Labuhan Batu – Rantau Prapat, Kab. Simalungun – Siantar, Medan
MataramMataram
ManadoBitung, Manado, Minahasa, Minahasa Utara, Tomohon, Tondano
MakassarEnrekang, Gowa, Makassar, Maros, Palopo, Pare-pare, Takalar
MaduraMadura
LampungBandar Lampung, Lampung, Metro, Pesawaran, Pringsewu
KupangKupang
KendariKendari
JambiJambi
JakartaBekasi, Bogor, Cilegon, Depok, Jakarta, Karawang, Serang, Tangerang
GorontaloGorontalo
BengkuluBengkulu
BatamBatam
BanjarmasinBanjarbaru, Banjarmasin, Barito kuala, Kota Baru, Tapin, Tanah laut
BandungBandung, Banjar, Ciamis, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Indramayu, Kuningan, Majalengka, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Sumedang, Tasikmalaya
BalikpapanBalikpapan, Bontang, Kutai Kertanegara, Samarinda, Tenggarong
BaliBadung, Bangli, Buleleng, Denpasar, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Tabanan

Dokumen Persyaratan Daftar Grabfood

Dokumen syarat Grabfood biker

Selain persyaratan yang berkaitan dengan driver itu sendiri, ada beberapa dokumen yang wajib anda siapkan sebelum daftar. Terkait dokumen ini, jika anda daftar offline atau langsung datang ke kantor grab, maka anda harus mempersiapkan dokumen asli dan fotocopy. Kalau anda daftar online grab, anda harus mempersiapkan file dalam bentuk gambar hasil foto, bukan hasil scan untuk diupload dan digunakan ketika daftar online.

a. Daftar offline grabfood

Beberapa dokumen juga harus anda persiapkan untuk melamar menjadi mitra grabfood (daftar langsung). Apa saja itu?

1. Fotokopi Kartu Keluarga

Dokumen pertama adalah foto kopi atau salinan kartu keluarga. Dengan catatan keluaran minimal tahun 2010 dan pastikan nama anda berada di dalam daftar KK tersebut ya.

2. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

SKCK atau Surat Catatan Kepalsuan merupakan dokumen yang harus anda persiapkan karena dapat menjadi bukti kuat bahwa mitra tidak pernah terlibat tindak kriminal. Jika anda sudah memilikinya, coba cek lagi apakah surat tersebut masih berlaku. Apabila sudah tak berlaku lagi, silakan diurus kembali.

3. Surat Keterangan Sehat

Menjadi seorang driver yang setiap harinya selalu mengantar makanan dari satu tempat ke tempat lainnya tentu membutuhkan fisik yang sehat dan kuat. Karena hal itulah, anda juga harus mempersiapkan surat keterangan sehat dari dokter. Namun syarat ini khusus pendaftar 50 tahun ke atas.

4. Fotokopi STNK

STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) merupakan dokumen yang bisa menjadi bukti pemilik kendaraan seseorang. Selain itu, STNK juga dapat menjadi bukti bahwa sepeda motor yang akan anda gunakan bukanlah merupakan barang curian. Pastikan juga STNK yang akan anda upload masih berlaku.

5. Fotokopi KTP

Salinan KTP atau Kartu Tanda Penduduk juga harus dimiliki dan dipersiapkan bagi pelamar mitra grabfood. Persyaratan ini juga menandakan bahwa hanya orang-orang yang berusia di atas 17 tahun yang berhak menjadi driver grabfood.

6. Fotokopi SIM

Nah, dokumen persyaratan ini juga tak kalah pentingnya untuk anda miliki. Dalam mengendarai kendaraan bermotor, tentu SIM atau Surat Izin Mengemudi menjadi dokumen yang wajib anda miliki. Pastikan SIM yang dimiliki benar-benar masih berlaku.

b. Daftar online grabfood

Untuk dokumen pendaftaran online grabfood, anda hanya perlu gambar foto. Berikut detailnya:

Berkas Daftar OnlinePenjelasan
Foto KTPsyarat daftar GrabCar
Harus jelas, bukan hasil scan dan cropt (seperti di gambar)
Foto SIMdriver grabfood
Harus jelas, bukan hasil scan dan cropt (seperti di gambar)
Foto STNKsyarat daftar GrabCar
Harus jelas, bukan hasil scan dan cropt (seperti di gambar)
Foto SKCKdriver grabfood
Harus jelas, bukan hasil scan dan cropt (seperti di gambar)
Foto Profil (latar polos/ banner grab & tanpa aksesoris)driver grabfood
Latar polos / banner grab, bukan foto gaya
Foto Asuransi Kendaraandriver grabfood
Harus jelas, bukan hasil scan dan cropt (seperti di gambar)
Foto Pegang KTP Sendiridriver grabfood
Harus jelas, bukan hasil scan dan cropt (seperti di gambar)
Foto Buku TabunganHarus jelas, bukan hasil scan dan cropt, berkas yang asli!

Cara Daftar Grabfood Biker (Driver Grabfood)

Cara daftar driver Grabfood

Cara daftar driver Grabfood

Untuk melakukan pendaftaran mitra grabfood bisa dilakukan secara langsung datang atau online. Untuk pendaftaran langsung, anda hanya perlu datang ke kantor Grab terdekat dengan membaca persyaratan dan dokumen yang dijelaskan. Pastikan anda datang pada hari kerja yah. Untuk itu, anda bisa membaca alamat kantor Grab serta jam kerja nya.

Sedangkan untuk daftar online, yang anda perlukan adalah PC dengan koneksi internet yang baik, plus gambar hasil foto dokumen anda. Berikut langkah cara daftar online Grabfood:

  1. Silahkan kunjungi www.grab.com/id/driver/
  2. Di laman tersebut, anda harus mengisi formulir sesuai dengan identitas anda. Identitas yang dimaksud yakni: Nama, Nomor handphone, wilayah, jenis pengemudi (pilih Grabbike). Grabbike dan Grabfood sama saja
  3. Klik tanda centang di bagian “Saya menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku” setelah selesai mengisi data
  4. Setelah data yang Anda isi lengkap, klik tombol ‘Daftar Sekarang’
  5. Selanjutnya, anda akan memperoleh SMS berisi link untuk melengkapi persyaratan daftar grabfood anda, maka silahkan klik link tersebut dan anda akan dialihkan ke formulir baru
  6. Lengkapi data dengan mengupload semua berkas gambar dokumen hasil foto
  7. Silahkan tunggu karena pihak Grabbike sedang melakukan verifikasi dan memproses permohonan pendaftaran mitra Grabbike dalam waktu 1 x 24 jam
  8. Jika disetujui, akan ada SMS berisi link untuk Online Training ke Grab Academy dengan berisi ID dan Password log in anda
  9. Jika tidak menerima SMS atau link, anda diharuskan datang ke kantor Grab untuk memperbaiki kesalahan
  10. Silahkan mengikuti online training hingga lulus dengan menyelesaikan topik dan menjawab quiz. Kalau gagal, masih bisa mengulang lagi hingga anda lulus
  11. Setelah lulus dan sukses menyelesaikan online training, akun Grabbike / Grabfood anda akan diaktifkan dalam waktu 24 jam dan siap untuk meluncur
  12. Selamat, anda telah berhasil menyelesaikan pendaftaran Grabfood online
  13. Setelah diterima menjadi mitra baru Grabbike/ Grabfood, sebagai pemula, anda direkomendasikan untuk memahami cara menggunakan aplikasi Grab driver.

Proses pendaftaran menjadi mitra grabfood telah berhasil dilakukan. Jika anda ingin mendapatkan penghasilan lebih banyak bisa mendaftar grabfood ekslusif.

Melihat Insentif Grabfood

Untuk melihat insentif dari layanan Grabfood, anda bisa mengikuti langkah langkah berikut:

  1. Periksa pada menu LAINNYA di pojok kanan bawah
  2. Masuk pada pilihan Insentifdriver grabfood
  3. Pilih Hari ini untuk melihat skema insentif yang sedang berjalan, Sebelumnya untuk skema insentif yang berlalu dan Mendatang untuk yang akan datang

Setel Modal Grabfood

Menyetel modal Grabfood bertujuan agar saat pesanan datang, anda bisa membeli makanan yang diorder sehinggga bisa dipastikan anda sebagai driver bisa melaksanakan pesanan. Namun, dengan menyetel modal anda secara tidak langsung memberi batas uang yang anda miliki sehingga ada kemungkinan order Grabfood yang masuk lebih sedikit. Baiknya, anda akan selalu bisa melaksanakan order.

Perlu dicatat bahwasanya jumlah nominal yang tertera tidak akan berubah hingga anda menyetel ulang dan menyesuaikan dengan modal Anda. Jadi harap tetapkan batas modal yang nyaman dan yang paling sesuai untuk Anda. Anda bisa melihat modal yang Anda atur pada tampilan utama GrabDriver Anda. Berikut cara setel modal Grabfood:

  1. Buka menu akses kilat (bisa juga dari menu pengaturan)
  2. Pilih Uang Modaldriver grabfood
  3. Silahkan pilih jumlah nominal yang sesuai dengan anda
  4. Pemberitahuan sukses akan muncul bila suksesdriver grabfood
  5. Pesanan yang masuk akan diatur sesuai modal yang anda tetapkan

Menjalankan Order Pertama Grabfood

Saat anda mengaktifkan layanan Grabfood, artinya anda siap untuk menjalankan pesanan yang masuk. Berikut cara menjalankan pesanan pertama anda di Grabfood:

  1. Silahkan terima/ accept pesanan grabfood
  2. Tekan tombol “saya sudah di restoran” saat anda sampai
  3. Konfirmasi saat makanan sudah dipesan dengan menekan tombol “pesanan sudah dilakukan”driver grabfood
  4. Siapkan struk belanja dan ambil gambar struk tersebut
  5. Pencet tombol “kirim” dan pastikan foto struk jelas
  6. Unggah foto tersebut hingga berhasildriver grabfood
  7. Ambil pesanan untuk diantar ke alamat pemesan
  8. Jika sudah selesai, silahkan konfirmasi “pesanan sudah diantar”driver grabfood
  9. Ambil pembayaran dari pembeli, tergantung tunai atau kah non-tunaidriver grabfood

Jika Restoran Tertutup/ Perbedaan Harga dengan Aplikasi

Inilah alasan mengapa Grabfood sebenarnya sedikit komplex kalau melihat dari sisi terjadinya masalah. Dibandingkan dengan layanan lainnya, Grabfood ini memang paling sulit. Tidak sedikit driver yang kewalahan dibuatnya. Salah satunya jika harga makanan di suatu restoran berbeda dengan aplikasi. Tapi percaya tidak percaya, mudah caranya untuk atasi masalah ini. Berikut langkah nya:

  1. Hubungi pemesan terlebih dahulu untuk meminta konfirmasi apakah tetap membeli makanan tersebut atau ingin batalkan saja
  2. Silahkan laporlkan hal ini kepada pihak Grab di sini

Tips Menjadi Driver Grabfood

Untuk meningkatkan performa anda sebagai driver, anda perlu melakukan beberapa tips untuk mewujudkannya. Tips tersebut tidak lah sulit. Hanya saja perlu kebiasaan. Berikut tips menjadi Driver Grabfood agar bisa diundang menjadi pasukan Grabfood eksklusif :

  1. Ramah dan sopan
  2. Pastikan dana untuk pesan Grabfood makanan cukup
  3. Kalau tak ada modal, anda bisa Grabbike pagi hingga siang, dan Grabfood siang hingga seterusnya
  4. Dana tak cukup tapi terlanjur terima pesanan, segera hubungi pemesan
  5. Konfirmasi identitas pemesan. Anda bisa menyapa mereka, konfirmasi kesesuaian identitas (selalu hubungi sebelum membeli)
  6. Perhatikan pesanan makanan saat hendak meninggalkan restoran
  7. Beri tahu pemesan jika ada keterlambatan
  8. Jangan membuka makanan, jangan terlalu banyak bertanya sehingga bisa membuat pelanggan anda merasa tidak nyaman
  9. Jika mengalami kecelakaan saat di perjalanan, segera isi form ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *