Penyebab Orderan Ojek Online Sepi dan Cara Mengatasinya

By | 30 Maret 2019

Pendapatan ojek online didapatkan dari banyaknya orderan yang masuk, bukan? Jika orderan sepi, maka pendapatan otomatis akan menurun. Ditambah lagi, jika membandingkannya dengan teman sesama ojol (ojek online) yang dapat menutup poin dan mendapatkan bonus.

Kenapa orderan teman-teman lancar, sedangkan orderan Anda anyep atau gagu. Bagaimana cara mengatasi orderan ojek online sepi? Tips-tips mengatasi orderan sepi selengkapnya di bawah ini.

Orderan Ojek Online Sepi

Penyebab Orderan Ojek Online yang Sepi

Tidak dapat dimungkiri jika banyaknya pendapatan yang diperoleh dari bekerja sebagai driver ojol membuat banyak orang ingin menjajalnya. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya lalu lalang ojol di jalan raya setiap harinya. Ini bisa jadi salah satu alasan sepi orderan karena banyak driver tapi pelanggannya terbatas. Namun, selain itu masih ada banyak alasan lain mengapa order ojol anyep, berikut informasinya.

1. Suka Pilih-pilih atau Cancel Orderan

Ada beberapa driver yang suka memilih orderan, bahkan mengabaikan beberapa orderan yang nyantol ke aplikasi mereka. Beberapa dari mereka tidak menerima order dari jarak terlalu  jauh, promo gratis, dan sebagainya. Di samping itu, ada driver yang cancel order secara sepihak.

Penyebab orderan sepi bisa dikarenakan para driver suka memilih atau mengabaikan orderan masuk sehingga membuat sistem membatasi orderan yang masuk selanjutnya. Hal ini dikarenakan, sistem telah membaca bahwa akun Anda belum siap menerima orderan atau bahkan sudah tidak menerima order yang masuk. Selain orderan menjadi gagu, performa Anda dapat menurun karena ini.

2. Salah Mangkal

Lokasi mangkal menjadi penentu seberapa banyak orderan dapat masuk ke akun Anda. Hindari mangkal di area yang memiliki potensi sedikit. Didalam aplikasi, Anda bisa mencari lokasi mangkal yang memiliki potensi orderan bisa gacor.

3. Keakuratan GPS Kurang

Fungsi dari GPS adalah untuk melacak posisi suatu objek menggunakan bantuan koneksi internet. Salah satu kemungkinan Anda sepi orderan adalah pengaturan GPS pada ponsel Anda lemah sehingga tidak akurat dalam melacak posisi.

4. Kurang atau Susah Sinyal

Sinyal menjadi alasan berikutnya para driver ojek online sepi orderan. Kuatnya sinyal yang Anda miliki bisa menjadi penentu cepatnya orderan masuk. Jika sinyal Anda lemah, maka besar kemungkinan orderan yang masuk disambar driver lain yang memiliki sinyal lebih kuat.

5. Lupa atau Jarang Online

Sejumlah driver ternyata memiliki kebiasaan lupa mengaaktifkan akun sebagai driver pada aplikasi. Jika akun Anda offline, tentunya tidak bisa menerima orderan masuk, bukan?

6. Dalam Mode Senyap

Ini juga menjadi penyebab yang sering terjadi pada driver dimana kondisi notif dalam mode senyap sehingga bisa terlewat. Ketika orderan yang masuk dilewatkan begitu saja, maka akan membuat orderan masuk selanjutnya menjadi sulit.

Baca juga artikel ojol ini:

Cara Mengatasi Orderan Sepi Ojek Online

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia perusahaan ojek online terpopuler adalah Gojek dan Grab, meskipun masih ada beberapa lainnya namun kurang sepopuler mereka. Di atas telah kami sampaikan beberapa penyebab orderan ojek online sepi. Berikut ini informasi lengkap tentang cara mengatasi orderan sepi Gojek, Gocar, Grab, Grabbike, dan sebagainya.

1. Jangan Abaikan Orderan Masuk

Sebaiknya setiap orderan yang masuk ke aplikasi Anda diterima. Namun, jika Anda dalam keadaan yang mengharuskan untuk meng-cancel orderan tersebut, maka jangan terlalu sering sebaiknya diminimalisir sedikit mungkin. Hal tersebut akan terekam dalam sistem sehingga dapat menjadi pemicu sepinya order yang Anda terima.

Selain itu, tidak mengabaikan tiga orderan masuk yang pertama merupakan cara mengatasi orderan sepi GoCar, Grab, atau aplikasi ojek online lainnya. Anda sebaiknya tetap menerima orderan dari para penumpang meski dengan promo atau tujuan yang terlalu jauh sampe dekat sekalipun. Ini merupakan salah satu kunci ojek online selalu gacor.

2. Mangkal di Lokasi Ramai

Dalam aplikasi telah dilengkapi fitur untuk menemukan spot ramai yang berpotensi ramai pelanggan. Jika dalam aplikasi Grab terdapat fitur heat map dimana fungsinya seperti yang telah dijelaskan tadi. Menghidupkan fitur heat map menjadi salah satu cara mengatasi orderan sepi Grab.

Sedangkan dalam Gojek, untuk melihat lokasi mana saja yang berpotensi ramai orderan adalah memeriksa peta area ramai. Peta tersebut terletak di beranda aplikasi. Jika berwarna merah berarti lokasi tersebut sangat ramai, oranye adalah lokasi ramai, dan kuning berarti cukup ramai. Dengan fitur yang ada dalam aplikasi tersebut, maka akan mempermudah Anda dalam mencari tempat mangkal yang berpotensi ramai orderan.

3. Ngebid pada Waktu Tepat

Banyaknya driver yang ada membuat Anda harus bersaing ketat dalam hal menerima orderan masuk. Anda jangan sampai lupa atau terlalu santai pada jam-jam tepat untuk ngebid. Ngebid yang tepat adalah saat pagi hari dimana orang-orang akan berangkat kerja atau sekolah. Selanjutnya, siang hari dan sore hari saat para pelajar atau pekerja akan pulang ke rumah.

4. Kualitas Koneksi Terjaga

Pastikan untuk menjaga kualitas koneksi internet selalu 4G. Jika koneksi stabil dalam jaringan 4G, maka akan lebih banyak peluang orderan masuk lebih gacor dibandingkan 3G ke bawah. Beralihlah ke provider terbaik sehingga sinyal lancar terus juga merupakan cara mengatasi sepi orderan grabbike, car atau gojek.

Disamping itu, Anda juga bisa menggunakan modem Mifi baik menggunakan Smartfren atau dengan GSM untuk mendapatkan koneksi terbaik. Pastikan juga ponsel Anda mempunyai RAM minimal 2 GB dengan dukungan 4G LTE. Selain itu, Anda harus periksa kuota internet Anda sebelum aplikasi diaktifkan untuk memastikan dapat mengambil orderan penumpang sebanyak-banyaknya.

5. Aplikasi Aktif

Sebelum Anda ngebid, aktifkan tombol untuk menerima order sehingga tidak akan melewatkan orderan yang masuk. Pasalnya, ternyata ada banyak driver yang lupa mengaktifkan tombol online mereka saat akan ngebid. Jika Anda dalam keadaan online, lokasi tepat, dan koneksi maksimal, maka orderan akan selalu nyangkut ke akun Anda sehingga makin gacor. Jika aplikasi tidak diaktifkan, bagaimana Anda bisa terima order atau ngebid?

6. Akurasi GPS Tinggi

Aturlah GPS Anda dengan akurasi tinggi. Menyetel akurasi GPS menjadi high dapat menjadi salah satu cara mengatasi orderan sepi Gojek atau Grab. Saat pengaturan GPS pada mode low dapat mengecohkan ponsel dan menjadikannya kurang optimal. Oleh karena itu, salah satu jalan keluarnya adalah mengoptimalkan keakuratan GPS dengan setelan high. Selain itu, Anda juga harus sering menghapus timeline pada Google Maps.

Dari semua tips di atas, ada satu hal yang juga sangat penting adalah bersikap sopan dan baik kepada penumpang. Semakin bagus sikap serta kinerja Anda membuat penumpang puas dan memberikan bintang 5. Jika  rating akun Anda semakin naik maka  potensi orderan masuk juga semakin lancar. Semoga penyebab dan cara mengatasi orderan ojek online sepi di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *