Menyewakan Mobil ke GrabCar, Cara nya?

By | 31 Juli 2018

Saat ini, sistem sharing economy tengah gencar di tengah-tengah masyarakat. Fenomena ini tak terkecuali juga telah memunculkan peluang untuk menyewakan mobil ke GrabCar. Hal ini dapat menjadi kesempatan yang bagus bagi masyarakat yang memiliki mobil yang menganggur di rumah.

Kriteria Profil yang Cocok Untuk Merentalkan Mobil ke Grab Driver

menyewakan mobil ke GrabCar

Kriteria Profil Untuk Merentalkan Mobil ke Grab Driver

Di kota-kota besar, biasanya orang yang memiliki mobil lebih dari satu akan meningkatkan efisiensi dengan hanya menggunakan satu mobil saja. Akibatnya, banyak muncul kemungkinan akan adanya mobil yang tidak digunakan dan hanya menganggur di garasi rumah.

Artikel rekomendasi!

Kemungkinan seperti ini juga dapat terjadi saat ada masyarakat yang memilih untuk hanya menggunakan mobil mereka di hari-hari tertentu saja seperti pada saat weekend saja atau weekdays saja.

Melihat fenomena ini, muncul ide untuk menjadikan mobil-mobil yang menganggur di garasi tersebut menjadi sumber penghasilan pasif. Tanpa melakukan apapun, barang yang dimiliki dapat mendatangkan pendapatan tambahan. Kesempatan tersebut dapat didapatkan jika para pemilik mobil yang menganggur itu tadi mau merentalkan mobil mereka ke pada para mitra pengemudi Grab.

Lalu, Bagaimana Cara Menyewakan Mobil ke GrabCar?

Terdapat dua acara untuk dapat menyewakan mobil yang dimiliki ke mitra pengemudi Grab. Cara yang pertama adalah dengan mempercayakan mobil yang dimiliki ke mitra resmi yang bekerja sama dengan penyedia transportasi online. Contoh perusahaan yang menjadi mitra resmi Grab adalah PT. Trans Mitra Nusantara.

Perusahaan ini menyediakan kesempatan bagi para pemilik mobil yang ingin merentalkan mobilnya untuk digunakan para pengemudi transportasi online, tak terkecuali Grab. Untuk menitipkan mobil ke tangan perusahaan semacam ini, akan ada sistem kontrak yang akan dioperasikan di perusahaan penyedia transportasi online.

Pada PT. Trans Mitra Nusantara, sistem kontrak akan berlaku dengan minimal kontrak satu tahun. Kontrak bulanan akan dipatok dengan harga 4 juta per bulan. Perusahaan ini akan menanggung segala biaya service, oli, serta suku cadang.

Akan tetapi, para pemilik mobil yang ingin merentalkan mobilnya harus memastikan bahwa mobil mereka adalah mobil yang diproduksi tahun 2013 ke atas, berisikan 7 tempat duduk, dan dengan kapasitas mesin minimal 1300 CC. Syarat yang tak kalah penting adalah adanya menjamin bahwa mobil yang akan direntalkan sudah dilindungi dengan asuransi all risk.

Direkomendasikan!

Selain mempercayakan mobil yang akan direntalkan ke perusahaan mitra resmi dari penyedia transportasi online, cara lainnya adalah dengan secara langsung menyewakan mobil yang dimiliki kepada mitra pengemudi Grab.

Hal yang Perlu diperhatikan Saat Akan Merentalkan Mobil ke Grab Driver Secara Langsung

menyewakan mobil ke GrabCar

Ada hal hal yang perlu diperhatikan

Sebelum mempercayakan mobil yang dimiliki untuk digunakan mitra pengemudi Grab tanpa adanya campur tangan pihak ketiga, perlu adanya kesepakatan mengenai tarif sewa, apakah akan menggunakan tarif flat atau tidak. Hal berikutnya adalah memastikan bahwa mobil yang akan disewakan sudah dilindungi oleh asuransi all risk.

Selain itu, pemilik mobil serta mitra pengemudi Grab harus sudah memiliki kesepakatan mengenai aturan-aturan dalam penggunaan mobil. Aturan yang di buat harus sedetail mungkin. Contohnya adalah aturan dalam pembersihan mobil serta larangan untuk menggunakan mobil tersebut ke luar kota mengingat jumlah kilometer pada mobil akan mempengaruhi harga jual mobil tersebut kelak.

Cara Menyeleksi Penyewa Mobil

Untuk mempercayakan mobil yang dimiliki pada orang lain tentunya tidak boleh sembarangan. Jangan sampai mobil tersebut jatuh pada orang yang tidak bertanggung jawab dan menyebabkan kerugian yang besar. Oleh karena itu, pemilik mobil sebaiknya harus sudah mengenal baik calon penyewa mobil dan memastikan siapa yang akan mengendarai mobil tersebut.

Informasi terkait!

Hal lain yang harus dilakukan adalah dengan meminta jaminan berupa kartu identitas penyewa mobil. Selain itu, pemilik mobil sebaiknya menginvestigasi seberapa mahir pengemudi tersebut dan apakah ia sudah terbiasa dengan jalanan yang akan dilewati.

Hal terakhir dalam menyeleksi calon penyewa mobil adalah dengan memastikan bahwa ia memiliki track record yang baik. Jangan sampai mobil tersebut jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Memang peluang untuk menyewakan mobil ke Grab mobil terbilang menguntungkan. Namun para pemilik mobil tetap harus jeli dan hati-hati dalam mempercayakan mobil yang di miliki tersebut ke tangan orang lain. Jangan sampai peluang keuntungan tersebut justru berubah menjadi kerugian yang mengecewakan. Note and disclaimer: info ini mungkin sudah tidak relevan!!

One thought on “Menyewakan Mobil ke GrabCar, Cara nya?

  1. Nissi

    Mau nanya kalau di bandung tempat buat merental kan mobil ke grab dmna ya? Nama perusahaannya apa

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *