SKCK Hilang Apa yang Dilakukan? 3 Langkah Cara Mengatasinya!

Mengurus SKCK merupakan salah satu aktivitas yang perlu dilakukan oleh hampir sebagian besar orang karena surat ini memang sangat dibutuhkan. Hal ini karena mengurus pembuatan SKCK harus dilakukan oleh pemohon yang bersangkutan alias tidak boleh diwakilkan. Kebijakan tersebut terkait dengan kebutuhan perekaman sidik jari yang perlu dilakukan oleh pemohon saat mengurus pembuatan SKCK.

SKCK Hilang

Mengatasi SKCK Hilang

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian sangat diperlukan untuk kelengkapan administrasi. Surat ini menerangkan bahwa pemohon memiliki kelakuan baik dan tidak pernah terlibat dalam tindak kejahatan atau pidana yang merugikan negara. Beberapa administrasi yang membutuhkan kelengkapan SKCK antara lain melamar pekerjaan, mendaftar beasiswa atau kuliah, visa, paspor dan lain-lain.

Apa yang Dilakukan Jika SKCK Hilang?

Surat Keterangan Catatan Kepolisian itu sendiri memiliki masa berlaku selama 6 bulan dan setelah itu harus diperpanjang. Namun, yang terjadi di masyarakat biasanya mereka malas melakukan perpanjangan karena alasan rumitnya birokrasi atau karena belum membutuhkan.

Padahal, mengurus perpanjangan SKCK itu sendiri prosesnya lebih mudah daripada membuat SKCK karena tidak perlu perekaman sidik jari lagi.

Segera mengurus SKCK yang sudah mati sebelum 1 tahun adalah langkah yang tepat untuk jaga-jaga jika suatu saat membutuhkan SKCK. Namun, tidak mengapa jika Anda tidak ingin rugi mengurus perpanjangan SKCK terus-menerus dan memang tidak membutuhkan dalam waktu dekat. Setidaknya, SKCK lama yang asli masih ada dan disimpan baik-baik, karena saat ingin memperpanjang harus menyertakannya.

skck hilang

Berikut ini beberapa persyaratan yang perlu dilengkapi saat hendak memperpanjang SKCK, antara lain:

  • SKCK lama yang asli, itulah sebabnya SKCK harus disimpan baik-baik dan jangan sampai hilang
  • Fotokopi KTP, Akta kelahiran dan KK sebanyak 1 lembar
  • Pas foto berwarna dengan background merah ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar, bawalah lebih banyak untuk jaga-jaga karena di setiap daerah kebijakannya berbeda-beda
  • Jika SKCK yang asli hilang, harus melampirkan fotokopi SKCK lama yang sudah dilegalisir
  • Jika fotokopi SKCK lama juga hilang, harus membuat surat rekomendasi Kelurahan atau rekomendasi Polsek untuk yang perpanjangan ke Polres

 

Mengurus Perpanjangan SKCK yang Hilang

Berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengurus perpanjangan SKCK, antara lain:

1. Siapkan Berkas dan Cek Kelengkapannya

Siapkan berkas dan persyaratan yang diperlukan seperti dia atas. Perpanjangan SKCK memang membutuhkan SKCK lama yang asli, namun jika hilang bisa menggunakan fotokopi SKCK lama yang sudah dilegalisir. Jika fotokopi SKCK lama juga hilang, Anda bisa membawa surat rekomendasi Kelurahan atau Polsek.

2. Datang ke Polres dan Serahkan Berkas ke Petugas

Datanglah ke Polres di awal waktu saat antrean masih sedikit agar Anda bisa segera mengurus perpanjangan SKCK. Saat menyerahkan berkas ke petugas, jangan lupa sampaikan bahwa SKCK lama/asli Anda hilang dan tidak ada fotokopinya. Dengan begitu, petugas lebih mudah mengurus kasus Anda.

3. SKCK pun Berhasil Diperpanjang

Anda tinggal menunggu saja selama beberapa waktu, selanjutnya Anda akan dipanggil untuk pengambilan SKCK baru. Mungkin kasus SKCK hilang bisa lebih lama daripada yang SKCK nya masih ada. Namun, Anda harus bersabar dan menunggu petugas menyelesaikan pekerjaan mereka.

 

Tips Mengurus Perpanjangan SKCK

Nah, berikut ini beberapa tips untuk Anda yang akan melakukan perpanjangan SKCK, antara lain:

  • Simpan baik-baik SKCK lama yang asli, sehingga jika akan perpanjangan Anda tidak susah mencarinya dan tidak perlu mengurus surat rekomendasi
  • Siapkan kelengkapan berkas sesuai dengan persyaratan perpanjangan SKCK, cek ulang berkas Anda untuk memastikan tidak ada yang tertinggal atau salah berkas
  • Masukkan berkas ke dalam map kertas dengan rapi dan beri pin atau klip agar berkas tidak tercecer atau jatuh
  • Datang lebih awal atau di awal waktu dan sesuaikan dengan jadwal pelayanan Polsek atau Polres setempat agar Anda tidak mengantre di belakang dan semakin lama prosesnya
  • Bawa alat tulis sendiri, jika nanti diminta menulis buku tamu, daftar nama, formulir perpanjangan dan kebutuhan lainnya Anda tidak perlu mengantre untuk pinjam alat tulis

Itulah beberapa informasi terkait perpanjangan SKCK dan apa yang harus dilakukan jika SKCK lama/asli milik Anda hilang. Anda tidak perlu khawatir karena semuanya bisa diurus asalkan berkas atau persyaratannya sudah Anda siapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *