Home  »  GrabGrab Driver   »   Insentif Berlian Grab Car Jabodetabek 2019 dan Cara Menghitungnya

Insentif Berlian Grab Car Jabodetabek 2019 dan Cara Menghitungnya

By | 9 Februari 2019

Insentif berlian grab car? Apa maksudnya? Isilah insentif mungkin terdengar asing di telinga masyarakat awam. Tetapi bagi seorang pekerja insentif amat dibutuhkan. Memangnya apa maksud dari insentif itu? Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V, insentif diartikan sebagai tambahan penghasilan baik berupa uang, barang, atau lainnya yang diberikan untuk meningkatkan gairah dalam bekerja.

Intensif Berlian Grab Car

Insentif Berlian Grab Car Jabodetabek 2019

Sementara itu, menurut (Gorda, 2004:141) insentif memiliki arti suatu sarana memotivasi berupa materi, yang diberikan  sebagai pendoroang dengan sengaja kepada para pekerja agar dalam diri mereka mempunyai semangat yang tinggi untuk meningkatkan produktivitas kerjanya dalam organisasi. Sedangkan menurut Manullang (2003 :147), insentif adalah sarana yang menimbulkan dorongan atau motivasi.

Berdasarkan definisi tersebut, tentu anda sudah memiliki gambaran bukan mengenai insentif yang akan kita bahas pada artikel ini? Setiap perusahaan memiliki cara sendiri-sendiri untuk menambah atau meningkatkan penghasilan karyawannya. Insentif, tidak bisa dikesampingkan begitu saja karena menyangkut kesejahteraan orang-orang yang rela bekerja siang dan malam memajukan perusahaan.

Baca juga:

Termasuk juga untuk Grab. Perusahaan yang didirikan oleh Anthony Tan dan Tan Hooi Ling juga memiliki cara tersendiri agar para drivernya bisa mendapatkan penghasilan tambahan selain dari orderan yang sudah mereka dapatkan. Salah satunya adalah dari program insentif berlian.

Apa Itu Insentif Berlian Grab Car?

Insentif Berlian merupakan sistem perhitungan insentif terbaru dari layanan grabcar. Apabila insentif yang lama dihitung berdasarkan total perjalanan yang telah diselesaikan, berbeda dengan insentif berlian dihitung berdasarkan total berlian yang berhasil dikumpulkan. Berbagai misi harus driver selesaikan jika memang ingin mendapatkan berlian tersebut.

Cara Mengakses Menu Insentif Berlian

Cara mengakses menu insentif berlian langsung saja “lainnya” kemudian tap “insentif” maka setiap bonus akan muncul di layar. Di dalam menu tersebut terdapat tiga kategori yang dapat anda lihat dan anda periksa, yaitu :

  1. Insentif hari ini: Insentif yang satu ini isinya berupa misi-misi yang tengah aktif dan berlaku pada hari tersebut (saat itu)
  2. Insentif mendatang: Untuk yang ini berisikan misi-misi yang akan diaktifkan/diberlakukan pada hari-hari berikutnya. Nah berdasarkan misi inilah, driver bisa merencanakan dan memperkirakan jadwal kerja dan menarik uangnya.
  3. Insentif Sebelumnya: insentif yang berisi misi-misi atau tugas yang telah berakhir di hari-hari sebelumnya

Lalu Bagaimanakah Perhitungannya?

Mengakses menu insentif berlian grab car jabodetabek

Gambar via grab

Bagi anda yang baru pertama kali atau belum lama ada di perusahaan grab, Mungkin akan bingung mengenai perhitungan insentif grab car dan berapa pendapatan yang akan saya dapatkan. Perlu diketahui juga, berlian berhasil ditambahkan apabila berhasil mengajak penumpang untuk top up via ovo dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Jika ada 2 penumpang yang top up saldo ovo, maka driver akan mendapatkan 10 berlian.
  • Jika ada 4 penumpang yang top up saldo ovo, maka driver akan mendapatkan 20 berlian.
  • Jika ada 6 penumpang yang top up saldo ovo, maka driver akan mendapatkan 30 berlian
  • Jika ada 8 penumpang yang top up saldo ovo, maka driver akan mendapatkan 40 berlian.

Contoh Kalkulasi Insentif Grab Car

Ahmad adalah seorang pengemudi grab car yang berhasil menyelesaikan 12 kali perjalanan dalam 1 hari. Pada jam 5 hingga 10 pagi melakukan perjalanan ke area kantoran Jakarta. Kemudian jam 11 pagi hingga jam 12 siang mengantar penumpang 2 kali. 3 perjalanan dari jam 13.00-15.45 serta 3 kali perjalanan juga dari jam 4 sore hingga 8 malam. Total, Ahmad hari ini mampu mengajak 8 orang penumpang untuk order saldo ovo. Berikut ini adalah perhitungannya :

  • 3 kali jalan x (10 berlian + 1 berlian tambahan area perkantoran)  = 3 x 11 = 33 berlian
  • 2 kali jalan x 10 berlian = 20 berlian
  • 3 kali perjalanan x 10 berlian = 30 berlian
  • 3 kali perjalanan x (10 berlian + 2 berlian untuk tambahan area perkantoran) = 3 x 12 = 36 berlian
  • Nah, karena hari ini Ahmad berhasil membuat 8 orang penumpang top up ovo maka untuk 4 penumpang akan mendapatkan = 20 berlian.

Jadi total berlian yang didapatkan adalah sebanyak 139. Dari total tersebut, Ahmad berhak untuk mendapatkan insentif grab car Rp 230.000. Itu masih dalam 1 hari, bagaimana jika sebulan? 30 x 230.000 =  6,9 juta. Wah, lumayan banyak kan? Maka dari itu, jangan pernah sia-siakan kesempatan seperti ini.

Dampak yang Positif dari Insentif Berlian Grab Car

Dengan adanya program seperti ini, tentu saja bisa membuat para mitra grab car jadi lebih bersemangat ketika bekerja. Mereka menjadi lebih giat lagi dalam mencari sesuap nasi untuk keluarga di rumah dan juga memenuhi kebutuhan yang lainnya. Tak cuma itu saja, adanya insentif berlian grab car membuat mitra dapat dengan mudah menentukan target pendapatan tiap hari atau setiap bulan nya. Sistemnya juga sangat transparan sehingga bisa lebih mudah untuk mengecek jumlah berlian yang didapatkan setiap harinya.

Namun sayangnya tidak semua anggota driver grabcar mendapatkannya, melainkan hanya daerah Jabodetabek saja. Hal itu menjadi sedikit catatan yang harus diperbaiki oleh grab. Oh ya, selain layanan grab car perusahaan ini juga menawarkan insentif untuk layanan-layanan yang lainnnya seperti go food dan go bike. Menarik bukan?

Ketentuannya hampir sama namun secara perhitungan mungkin saja sedikit berbeda. Yang jelas, jika program seperti ini berjalan terus bukan tidak mungkin semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk bergabung menjadi mitra dengan transportasi daring yang satu ini. Perlu juga ada sosialisasi-sosialisasi untuk menjaring mitra baru agar mau bergabung menjadi driver dan mendapatkan banyak keuntungan di dalamnya.

Sekadar ingin tau, berapakah insentif berlian yang  bisa anda dapatkan hari ini? Yuk berbagi pengalamannya di kolom komentar. Supaya rekan-rekan lain tau sekaligus memotivasi mereka. Akhir kata, demikian penjelasan saya mengenai insentif berlian grab car jabodetabek dan cara menghitungnya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iconic One Pro Theme | Powered by Wordpress