Berapa Gaji Pramugari Per Bulan? Ini Ulasan Lengkapnya

Tahukah Anda berapa gaji pramugari per bulan? Menjadi salah satu pekerjaan favorit, pramugari tak hanya dipilih karena dianggap pekerjaan keren semata. Salah satu alasan kuat pramugari menjadi pekerjaan favorit adalah besaran gaji yang menggiurkan.

Memiliki beban kerja yang tergolong berat, nyatanya fakta ini tak menyurutkan minat para wanita untuk menjadi pramugari. Untuk menjadi pramugari, tentu ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Selain postur tubuh dan penampilan, pendidikan juga menjadi aspek penting yang dipertimbangkan. Saat ini telah banyak sekolah pramugari yang tersebar di seluruh Indonesia, misalnya di Jogja, Jakarta maupun kota-kota lainnya. Nah, bagi Anda yang penasaran dan berminat meniti karir di dunia penerbangan dengan menjadi pramugari, berikut akan kami sajikan ulasan mengenai gaji pramugari.

Gaji Pramugari per Bulan

Gaji Pramugari per Bulan di Garuda Indonesia

Garuda Indonesia merupakan salah satu maskapai elit milik Indonesia, dengan kepemilikan saham lebih dari 60% oleh pemerintah RI. Perusahaan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk telah berdiri sejak 1949 yang terbilang paling senior dari maskapai lainnya. Bersama beberapa maskapai lainnya dari Indonesia, pada tahun 2007 maskapai ini sempat dilarang terbang di kawasan Eropa. Namun akhirnya Garuda lolos audit dan sertifikasi. Kini Garuda Indonesai telah memiliki 144 pesawat sebagai armadanya. Terdiri dari berbagai jenis pesawat Boeing, AirBus, NextGen, dan ATR.

Dilansir dari beberapa sumber, gaji pramugari per bulan di Garuda Indonesia untuk tingkat tingkat Junior Flight Attendant (Pramugari Junior) mencapai Rp15 juta per bulan. Sedangkan untuk pramugari senior, besaran gajinya dapat menyentuh angka Rp30 juta per bulan.

Besar gaji pramugari di Garuda Indonesia tersebut diberikan hampir semuanya di luar uang tunjangan dan juga uang tambahan lainnya. Angka yang cukup menggiurkan, bukan?

Gaji Pramugari per Bulan di Lion Air

Lion Air terkenal sebagai maskapai yang memiliki tarif murah meriah. Berdiri sejak 1999, maskapai yang diririkan oleh Rusdi Kirana ini telah berhasil memiliki kalangan konsumen sendiri. Namun ada juga sisi negatif, dimana Lion Air terkenal sebagai maskapai yang sering mengalami kecelakan penerbangan. Bahkan, Lion Air pernah dianggap sebagai maskapai paling membahayakan di dunia (Merdeka, 23/12/2015).

Kesan buruk lainnya adalah maskapai Lion Air sering bermasalah. Sehingga selain dianggap maskapai paling horor, Lion Air juga terkenal paling sering mengecewakan penumpang dengan delay keberangkatan. Entah itu karena masalah teknis, maupun masalah cuaca.

Namun demikian, Lion Air hingga kini terus meningkatkan pelayanan untuk menghapus stigma buruk yang membayanginya. Untuk urusan karir, gaji pramugari per bulan di Lion Air masih terbilang besar. Untuk pramugari junior, per bulan gaji pokoknya berkisar Rp2-3 juta. Sedangkan untuk pramugari senior, jumlah gaji pokoknya antara Rp5-6 juta. Terakumulasi dengan tunjangan-tunjangan lain, total gaji pramugari per bulan di Lion Air mencapai Rp15-20 juta rupiah. Masih lumayan besar, bukan?

Gaji Pramugari per Bulan di Air Asia

AirAsia adalah maskapai penerbangan berasal dari Malaysia, dengan Tony Fernandes dan Azran Osman Rani sebagai tokoh utamanya. Maskapai yang bermarkas di Bandara Internasional Kuala Lumpur ini memiliki rute jelajah Indonesia, Arab Saudi, Jepang, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Cina, dan Hongkong.

Di Indonesia, AirAsia memiliki dua unit maskapai penerbangan, yaitu AirAsia Indonesia dan AirAsia Indonesia X. Total armada AirAsia yang beroperasi di Indonesia berjumlah 28 pesawat, dengan rincian 18 pesawat untuk AirAsia Indonesia, sedangkan AirAsia Indonesia X mengoperasikan 7 pesawat. AirAsia juga termasuk maskapai yang menawarkan harga murah. Nah, berapa gaji pramugari di AirAsia?

Gaji pramugari per bulan di AirAsia pada awal masa kerja mencapai Rp3 juta per bulan sebagai gaji pokok. Gaji tersebut belum termasuk dengan tunjangan lain, misalnya uang terbang yang mencapai Rp50 ribu tiap jamnya. Jika ditotal, gaji pramugari junior setiap bulannya bisa menyetuh angka Rp8-15 juta per bulan. Tentunya, pramugari senior memiliki besaran gaji yang lebih tinggi.

Gaji Pramugari per Bulan di Citilink

Citilink adalah mantan anak perusahaan Garuda Indonesia. Maskapai yang didirikan pada tahun 2001 ini merupakan salah satu alternatif untuk Anda yang ingin terbang dengan tarif rendah namun layanan memuaskan. Maskapai ini juga jarang mengalami kecelakaan, bukti bahwa meskipun harganya murah, namun bukan murahan. Hingga saat ini Citilink telah memiliki 49 armada.

Berapakah gaji pramugari per bulan di Citilink? Untuk gaji pokok, memang di Citilink tidak terlalu besar, namun sesuai standar umum perusahaan lain. Untuk pramugari junior gaji pokoknya sekitar Rp2-3 juta, sedangkan pramugari senior gaji pokoknya sekitar Rp5 juta. Namun dengan berbagai tambahan dan tunjangan lainnya, total gaji pramugari per bulan di Citilink bisa mencapai Rp20 juta.

Gaji Pramugari per Bulan di Batik Air

Jika Garuda Indonesia punya Citilink, Lion Air pun punya anak perusahaan di bidang layanan penerbangan, yaitu Batik Air. Seperti namanya, pesawat maupun kru hingga pramugari Batik Air mengusung desain batik sebagai ciri khasnya. Jika Lion Air kebanyakan mengoperasikan pesawat Boeing maka armada Batik Air kebanyakan adalah pesawat Air Bus. Total armada yang dimiliki Batik Air mencapai 54 pesawat.

Gaji pramugari Batik Air seperti yang lainnya, berbeda antara pramugari junior dan pramugari senior. Untuk yang masih junior gaji pokoknya antara Rp2-3 juta per bulan. Jika diakumulasi dengan berbagai tunjangan lainnya, gaji pramugari junior mencapai Rp7,5 juta per bulan. Seiring lamanya bekerja dan peningkatan status sebagai pramugari senior, gaji ini akan terus meningkat.

Gaji Pramugari per Bulan di Sriwijaya Air

Maskapai selanjutnya adalah Sriwijaya Air yang tergolong maskapai senior seperti Garuda Indonesia. Menjadi maskapai yang cukup berumur, tak heran jika Sriwijaya Air mampu menggelontorkan gaji menggiurkan bagi para pramugarinya. Menurut beberapa sumber, gaji pramugari Sriwijaya Air mencapai Rp19,5 juta per bulannya.

Nah, itulah beberapa gaji pramugari per bulan di beberapa maskapai penerbangan terkenal di Indonesia. Nominal yang disebutkan bukanlah patokan pasti karena masing-masing maskapai tidak pernah merilis secara resmi berapa gaji para pegawainya. Semoga informasi di atas dapat memberi gambaran besarnya gaji pramugari per bulannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *