Berapa Gaji Pramugari Maskapai Garuda Indonesia? Segini Penghasilannya

Apakah Anda tertarik menjadi seorang pramugari? Tentu banyak wanita yang menginginkan profesi di bidang penerbangan ini. Bukan tanpa alasan, profesi pramugari banyak diminati lantaran menjanjikan gaji yang berlimpah. Hampir semua maskapai penerbangan di Indonesia memberikan gaji super tinggi kepada para pramugari. Begitu pula dengan maskapai Garuda Indonesia yang termasuk maskapai senior di Indonesia. Pertanyaannya, berapakah gaji pramugari maskapai garuda?

Peran Pramugari di Penerbangan Maskapai Garuda Indonesia

Sebelum membahas tentang gaji, Anda tentu penasaran dengan apa saja peran pramugari pada dunia penerbangan. Tentu peran ini perlu diketahui, apalagi bagi Anda yang menginginkan profesi ini atau mungkin sering melakukan perjalanan dengan transportasi udara.

gaji pramugari maskapai garuda

Pertama, peran pramugari yaitu memberikan penyambutan bagi para penumpang pesawat yang hendak melakukan perjalanan bersama maskapai. Penyambutan para penumpang biasanya dimulai dari pemberian salam penghormatan. Pada situasi ini, pramugari Garuda Indonesia biasanya akan stand by di depan pintu pesawat dengan memberikan sambutan yang ramah.

Kemudian, keberadaan pramugari adalah untuk memastikan keselamatan bagi para penumpangnya. Jika seat belt belum dipasang pada penumpang, biasanya pramugari akan membantu penumpang dalam memasangnya. Selain itu, pramugari juga menjelaskan beberapa prosedur dan kondisi yang mungkin terjadi agar penumpang tetap tenang dan aman dalam penerbangan.

Baca juga:

Peran pramugari yang lain, yaitu untukmembantu membawakan barang bawaan penumpang ke bagasi pesawat. Biasanya, pramugari akan membawakan barang bawaan penumpang jika kapasitas barang bawaanya tidak terlalu banyak. Bantuan ini juga dilakukan apabila terdapat penumpang yang kesulitan mengangkat barang bawaanya ke kabin pesawat. Peran ini menjadi alasan kuat mengapa pada sistem requirement  maskapai sering mencantumkan syarat mempunyai tinggi badan yang ideal untuk posisi pramugari. Tinggi badan ideal ini dimaksudkan agar pramugari mampu meraih bagian kabin yang cukup tinggi.

Selanjutnya, pramugari biasanya juga membantu membawakan hidangan kepada para penumpang. Kendati demikian, ada beberapa maskapai yang tak memberikan konsumsi kepada para penumpangnya. Namun, pada maskapai Garuda Indonesia, penumpang mendapatkan layanan konsumsi.

Peran pramugari berikutnya adalah memberikan salam perpisahan kepada para penumpangnya berupa ucapan terimakasih karena telah menggunakan layanan maskapai tersebut. Dituntut untuk bersikap ramah, untuk mencapai profesi pramugari, biasanya para calon pramugari harus melewati tes ekspresi senyum. Tentu saja hal ini untuk memastikan bahwa pramugari yang dipilih mampu memberikan keramahan kepada para penumpang nantinya.

Syarat Menjadi Pramugari Maskapai Garuda Indonesia?

Gaji yang menggiurkan tentu seimbang dengan berbagai tuntutan kerja yang ditawarkan. Untuk memperoleh tenaga yang berkualitas, ada berbagai syarat yang perlu dipenuhi jika ingin menjadi pramugari maskapai Garuda Indonesia. Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah minimal tinggi badan 170 cm. Tinggi badan ideal menjadi syarat wajib yang dipenuhi oleh calon pramugari agar mudah dalam melayani penumpang, misalnya dalam membantu penumpang mengangkat tas ke kabin.

Baca juga:

Selain tinggi badan yang ideal, syarat lain yang harus dipenuhi para calon pramugari yaitu penguasaan bahasa asing, terutama Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Untuk membuktikan kemampuannya, para calon pramugari akan melalui test TOEFL. Masing-masing maskapai mempunyai batas skor TOEFL yang harus dicapai para calon pramugari, biasanya dengan kisaran 400-600.

Hal unik dari proses requirement di Maskapai Garuda Indonesia yaitu adanya tes pendidikan kewarganegaraan, pengalaman Pancasila, dan tes menghafal UUD. Semakin mampu calon pramugari tersebut dalam mengerjakan tes kewarganegaraan, maka semakin besar pula peluang untuk lolos.

Berikutnya ada tes kesehatan. Para calon pramugari biasanya akan menjalani serangkaian tes medis yang bisa dibilang cukup rumit. Mulai dari tes kesehatan mata, paru-paru, jantung, tekanan darah, urin, hingga tes lambung. Kapasitas paru-paru dan daya tahan tubuh yang baik biasanya menjadi pertimbangan utama pihak maskapai.

Berapa Gaji Pramugari Maskapai Garuda Indonesia?

Menjadi maskapai yang diperhitungkan, tak heran jika Garuda Indonesia memberikan gaji yang tergolong tinggi kepada para pekerjanya. Begitu pula pada para pramugari yang telah bekerja keras melayani penumpang selama penerbangan. Gaji pramugari junior tentu tak bisa disamakan dengan pramugari senior yang sudah melewati puluhan bahkan ratusan penerbangan. Menurut beberapa sumber, gaji pramugari junior dapat mencapai angka Rp15 juta per bulannya. Sedangkan, pramugari senior dengan jam terbang tinggi dapat memperoleh gaji hingga Rp30 juta setiap bulan.

Komponen Gaji Pada Maskapai Garuda Indonesia

Tak hanya gaji pokok, ada beberapa komponen gaji pada maskapai Garuda Indonesia yang patut diketahui. Komponen gaji pertama yang akan didapatkan para pramugari Garuda Indonesia tentu saja berupa gaji pokok. Untuk besaran gaji pokok pramugari maskapai Garuda Indonesia berada pada kisaran Rp5-6 juta untuk pramugari senior. Sedangkan untuk pramugari junior, gaji pokok yang didapatkan sekitar Rp3-4 jutaan.

Komponen gaji yang kedua, yaitu berupa tunjangan terbang. Tunjangan ini diukur berdasarkan seberapa besar pesawat tersebut mengangkut penampung. Semakin besar daya kapasitas pesawatnya, maka semakin besar pula bonus terbang yang didapatkan. Selain mempertimbangkan ukuran pesawat. Bonus terbang juga mempertimbangkan daya jangkau wilayah penerbangan pesawat. Semakin jauh wilayah penerbangannya, maka semakin besar pula tunjangan yang akan diberikan.

Ketiga, maskapai Garuda Indonesia memberlakukan tunjangan kerajinan kepada para pramugari. Tunjangan kerajinan diberikan berdasarkan rajin atau tidak-nya pramugari dalam berangkat bekerja. Semakin rajin pramugari tersebut dalam bekerja, maka semakin besar pula tunjangan yang akan didapatkan. Umumnya, tunjangan kerajinan ini diberikan setiap satu bulan sekali, digabungkan dengan gaji pokok.

Tunjangan lain yang diberikan kepada para pramugari, yaitu tunjangan harian. Kadang orang lain menyebutnya sebagai uang saku harian. Besaran uang saku yang diberikan kepada para pramugari ditentukan dengan lamanya masa kerja pramugari tersebut. Semakin lama masa kerja pramugari, maka semakin besar pula uang saku yang didapatkannya.

Dari semua komponen-komponen tadi, total gaji pemugari Garuda Indonesia terbilang sangat menggiurkan. Bagi Anda yang tertarik menjadi bagian dari maskapai Garuda Indonesia, semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam mempersiapkan diri menjadi seorang pramugari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *