Berapa Gaji Pramugari Citilink? Ini Jawabannya

Berapa Gaji Pramugari Citilink – Citilink menjadi salah satu maskapai terfavorit di Indonesia. Sejak tahun 2011, maskapai Citilink tercatat menjadi salah satu maskapai paling laris diburu banyak penumpang. Daya tarik maskapai Citilink terletak pada harga tiketnya yang bisa dibilang sangat murah. Bahkan, penerbangan Citilink lebih murah daripada penerbangan Garuda Indonesia. PT Citilink Indonesia sendiri merupakan anak perusahaan terbesar, Garuda Indonesia. Maskapai Citilink didirikan berdasarkan Akta Notaris Natakusumah No. 01 tanggal 6 Januari 2009.

Maskapai Citilink Indonesia Menjadi yang Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara

Maskapai berbiaya rendah (LCC), Citilink Indonesia mencatatkan tingkat ketepatan waktu (OTP/On Time Perfomace) paling tinggi pada tahun 2018 ini.

 

gaji pramugari citilink

Menurut organisasi independent OAG, tingkat ketepatan waktu penerbangan mampu melampaui skor ketetapan maskapai lain. Pada kisaran bulan Januari saja, penerbangannya mencapai 7.445 lebih. Tentu sangat luar biasa sekali bukan? Ketepatan waktu yang sangat besar skornya inilah yang membuat Citilink menjadi salah satu maskapai terbaik.

Citilink Akan Buka Rute Internasional dalam Waktu Dekat

Citilink dalam waktu dekat diketahui akan membuka rute penerbangan dengan jangkauan internasional. Pembukaan ini membuat maskapai Citilink mampu melayani berbagai perjalanan ke luar negeri dengan tujuan penerbangan Malaysia dan Thailand. Selain berencana membuka tujuan penerbangan lain, Citilink juga akan membuka lebih banyak rute perjalanan ke berbagai wilayah domestik. Dengan penambahan rute ini, maskapai Citilink telah menargetkan menjaring penumpang sebanyak 15,3 juta orang.

Berapa Gaji Pramugari Citilink?

Pramugari Citilink dikenal dengan warna seragam hijau muda. Gaji pokok pramugari junior bisa didapat mulai dari 2 juta per bulan hingga Rp3 juta per bulan. Sementara untuk gaji pokok pramugari senior bisa mencapai Rp5 jutaan per bulan.

Besaran gaji poko di atas belum seberapa jika ditambahkan dengan tambahan gaji lainnya. Sehingga, gaji pramugari Citilink bisa mencapai Rp20 juta setiap bulannya. Tambahan lain yang sering diberikan yaitu berupa gaji FATA. Apa itu gaji FATA? Gaji FATA merupakan salah satu komponen gaji yang diberikan kepada pramugari setiap ia bisa terbang ke beberapa lokasi tertentu.

Pemberian Bonus Tunjangan

Pramugari Citilink juga akan mendapatkan beberapa tunjangan, mulai dari tunjangan dalam bentuk uang atau tunjangan dalam bentuk sosial. Berikut beberapa bentuk tunjangan yang akan didapatkan oleh pramugari Citilink.

1. Pramugari maskapai Citilink akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya atau yang biasa disebut dengan THR. Pemberian THR diberikan setiap tahunnya.

2. Tunjangan yang kedua yaitu tunjangan kesehatan. Pemberian tunjangan kesehatan ini diberikan bagi para pramugari yang sedang dalam kondisi sakit, atau dalam kondisi yang tak baik. Pemberian tunjangan kesehatan diberikan setiap tahunnya. Besarnya tunjangan kesehatan 30 persen dari gaji pokok. Tunjangan kesehatan diberikan oleh Maskapai Citilink sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan para pramugari.

3. Tunjangan berikutnya yaitu tunjangan kerajinan. Besaran tunjangan kerajinan menyesuaikan dengan tingkat kedisiplinan para pramugari. Semakin disiplin pramugarinya, maka akan semakin besar pula gaji yang akan didapatkannya. Bonus besar akan diberikan jika selama 1 bulan tidak absen sama sekali.

Kewajiban yang Harus Dipenuhi oleh Pramugari Citilink

Maskapai Citilink dikenal ketat dalam memberikan aturan-aturan kepada para pramugarinya. Pramugari harus memiliki sikap yang baik agar para penumpang nyaman. Berikut beberapa kewajiban yang harus dipenuhi pramugari.

  • Pertama, makeup pramugari Citilink harus tebal. Ketebalan make up-nya sendiri harus mampu menutupi jerawat dan komedo yang menempel pada mukanya.
  • Kedua, jika ingin menjadi pramugari Citilink maka harus selalu tampil wangi agar terhindar dari bau tak sedap. Hal ini dimaksudkan agar penumpang nyaman ketika dilayani.
  • Ketiga, seorang pramugari dituntut untuk tenang dalam setiap kondisi. Pramugari tidak boleh panik, juga tak boleh gagap saat dimintai pertolongan oleh para penumpang.
  • Keempat, pramugari Citilink harus menjaga kesehatan dirinya dari segala macam penyakit. Bahkan kesehatan menjadi faktor utama yang dipertimbangkan untuk penerimaan calon pramugari. Oleh sebab itu, pihak maskapai memberikan tunjangan kesehatan bagi para pramugari.
  • Kelima, pramugari Citilink harus memiliki kondisi mata yang sehat, tidak boleh berkacamata, juga tidak boleh buta warna.
  • Keenam, kewajiban pramugari harus ramah terhadap penumpang. Dengan sikap ramah tersebut, para penumpang akan merasa nyaman ketika dilayani.
  • Ketujuh, pramugari Citilink harus pandai merawat tubuh, baik merawat kecantikan maupun kesehatan dengan melakukan olahraga dan perawatan rutin agar selalu tampil fresh dan fit.
  • Kedelapan, pramugari Citilink harus mampu membawa barang-barang logistik penumpang. Pembawaan barang-barang logistik ini cukup berat, maka dari itu seorang pramugari harus dalam kondisi yang sehat dan kuat.
  • Kesembilan, pramugari Citilink harus menguasai istilah-istilah dalam penerbangan yang kerap kali dilontarkan oleh para pilot. Baik istilah yang berhubungan dengan hal-hal teknis seputar landing, atau hal-hal teknis lain seputar proses take off pesawat.

Tertarik Jadi Pramugari Citilink? Bagaimana Caranya?

Nah, bagaimana cara menjadi pramugari Citilink? Berikut beberapa persyaratan untuk mendaftarkan diri menjadi pegawai Citilink.

  1. Merupakan seorang wanita, Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan kepemilikan KTP
  2. Diutamakan bisa berbahasa Inggris secara literal maupun lisan praktis dengan baik
  3. Berpenampilan menarik, ramah, muda, menyenangkan, menghormati, dan enerjik
  4. Bisa bekerja dengan teamwork yang baik
  5. Belum menikah/single
  6. Kesehatan yang prima, baik kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani
  7. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun
  8. Pendidikan minimal seorang pramugari SMA sederajat dan diutamakan lulusan D3
  9. Tinggi badan pelamar minimal 160 cm dengan berat badan ideal
  10. Tidak menggunakan kacamata dan membedakan warna-warna dasar serta warna-warna lainnya.

Untuk lebih lengkapnya, periksa secara berkala website Citilink untuk mendapatkan informasi pendaftaran dan juga update persyaratan pramugari maskapai Citilink.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa Citilink tak hanya memberikan gaji yang menggiurkan pada para pramugari. Namun, citra baik maskapai juga bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi para pramugarinya. Bagi Anda yang tertarik mendaftar menjadi pramugari Citilink, persiapkan diri Anda mulai dari sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *