Gaji Petik Buah di Australia, Benarkah Kisahnya Semanis Janjinya

By | 3 November 2018

Gaji petik buah di Australia, lowongan yang satu ini memang terlihat sangat menggiurkan karena kisaran gaji yang ditawarkan cukup besar. Belum lagi, lowongan kerja yang ada cukuplah besar jumlahnya. Hal ini tidak bisa dipisahkan dari kekurangan tenaga bantuan pemetik buah begitu musim panen tiba. Faktanya, petani buah di Australia, di negara bagian Victoria misalnya bahkan kekurangan sekitar 3000 pekerja musiman untuk memanen buah.

Bahkan organisasi dari petani buah di negara bagian ini mengungkapkan kekhawatirannya karena ada beberapa jenis buah yang tidak bisa bertahan lama di pohon. Bahkan ratusan ton nanas terpaksa dibiarkan membusuk berkat kurangnya tenaga kerja. Alasan inilah yang membuat para petani mencari tenaga kerja petik buah melalui program tenaga kerja musiman yang dikelola pemerintah federal. Fenomena kurangnya tenaga kerja tidak hanya terjadi di negara bagian Victoria tapi juga di Tasmania.

gaji petik buah di australia

Gaji kerja buah di Aussie

Di negara bagian ini, satu perkebunan berry telah merugi karena terpaksa membiarkan ratusan ton buah membusuk karena kurangnya tenaga pemetik. Jika dirata-rata maka pemerintah Australia membutuhkan sekitar 6000 pekerja musiman untuk memetik buah di setiap tahunnya. Keterlambatan dalam mencari tenaga kerja mengakibatkan kesalahan fatal dan membuang ratusan ton buah akibat membusuk tanpa tenaga pemetik.

Gaji petik buah di Australia dan istilah umum dalam pekerjaan

Ada dua istilah umum dasar dalam pekerjaan pemetik buah untuk tenaga dari luar negara Australia. Istilah yang pertama adalah farmer yaitu tuan tanah atau pemilik ladang yang berperan sebagai bos besar dan menentukan aturan, gaji, tempat tinggal dan sebagainya. Yang kedua adalah kontraktor yang menjadi penanggung jawab segala urusan pekerja. Masalah gaji, biasanya akan dibayarkan secara mingguan. Perhitungan gaji sendiri akan dihitung per jam. 1 jam biasanya akan diberikan gaji di kisaran 12 sampai dengan 14 dollar tergantung pada kebijakan kontraktor masing-masing.

Baca juga:

Dalam sehari, pekerja pemetik buah akan bekerja selama 10 jam. Cuti atau libur kerja biasanya akan diberikan di hari Minggu. Jam kerja dimulai pada pukul 7 pagi sampai dengan 5 sore. Jika dalam sehari kita digaji sebesar 14 dollar per jam maka akumulasi totalnya adalah 140 dollar per hari. Jika dikurskan dalam rupiah maka akan ada di kisaran Rp.  2.100.000 per harinya. Gaji ini tidak perlu lagi dikurangi dengan biaya transportasi karena biasanya sudah disediakan angkutan berupa mobil van untuk membawa pekerja ke ladang. Biasanya, tempat tinggal pekerja agak jauh sehingga akan dijemput jam 4 pagi.

Terus?

Sebagai pekerja, ada dua macam aturan kerja yaitu melalui sistem kontrak dan tidak. Ada yang bisa mengambil sistem kontrak selama 6 bulan namun juga ada yang bekerja hanya mengikuti jam. Pekerja yang bekerja dengan sistem jam akan dibayar gaji mingguan dan tidak masalah jika ingin berhenti karena tidak memiliki sistem kontrak. Menjadi pekerja tanpa sistem kontrak terkesan lebih fleksibel. Meski demikian kita tetap harus berhati-hati agar tidak menjadi salah satu korban dari kontraktor kerja petik buah di Australia tipu pegawainya.

Masalah tempat tinggal biasanya juga tidak perlu lagi menjadi hal yang harus kita khawatirkan karena biasanya sudah disediakan. Meski disediakan tapi juga bukan berarti diberikan dengan gratis melainkan dipotong oleh kontraktor setiap minggu atau dibayar per bulan. Rata-rata biaya sewa adalah 100 dollar per minggu. Besaran sewa ini tentunya sangat dipengaruhi oleh kondisi rumah yang disewa. Bahkan jika kita memiliki nasib yang baik maka majikan juga akan menyediakan makanan harian.

Gaji petik buah di Australia dan kondisi kehidupan harian

Meski disebut sebagai pekerja pemetik buah namun definisi kerjanya tidak semata-mata hanya memetik buah. Sebagai pekerja kita juga akan memetik sayuran, membersihkan ladang, membawa traktor dan lainnya. Tidak hanya itu, pekerja pemetik buah juga akan mengikuti jadwal kerja untuk membuang daun dan menanam. Untuk masalah makan, tidak akan sesulit yang kita bayangkan untuk bisa mendapatkan makanan halal bagi penganut agama Islam.

Hal ini dikarenakan ada banyak minimarket ataupun kedai yang menjual produk halal. Bahkan kontraktor biasanya akan membawa pekerja ke pasar seminggu sekali untuk berbelanja barang keperluan harian. Yang menjadi pengalaman tak terlupakan dan menyenangkan adalah bisa bertemu dan bekerja dengan orang dari berbagai bangsa.Kebanyakan dari pekerja pemetik buah berasal dari negara-negara di Asia. Selama bisa menata diri maka akan banyak mendapatkan pengalaman yang berharga.

Gajinya Bagaimana?

Besaran gaji yang sedikit berbeda akan didapat olah para pemetik anggur karena gajinya akan didasarkan pada jumlah kotak anggur yang dipetik. Masing-masing kotak anggur akan berisi sekitar 10 kg anggur. Jenis anggur sendiri juga akan sangat mempengaruhi besaran gaji. Anggur tanpa biji akan dihargai sekitar AUD 2.50 sedangkan anggur hijau atau anggur biasa hanya berharga AUD 2-2.30 per kotaknya. Biasanya, pekerja pemula akan bisa mengumpulkan sekitar 30 kotak. Pekerja yang sudah handal bahkan bisa mengumpulkan sekitar 100 kotak per hari.

Besarnya gaji ini masih bisa bertambah jika ikut melipat kotak karena akan mendapatkan sekitar AUD 30. Saat musim panen anggur selesai maka para pekerja musiman bisa beralih mencari ladang jeruk yang biasanya berbuah setelah musim anggur selesai. Mengingat jeruk dipanen dengan bakul besar  maka besaran gajinya juga lebih tinggi sekitar AUD 25. Meski demikian, biasanya memetik jeruk akan dilakukan berpasangan agar lebih cepat dan lebih ringan. Rata-rata, pekerja bisa mengumpulkan 5 bakul dalam 1 hari.

Bagi penganut agama Islam, kewajiban untuk beribadah tetap bisa dilakukan. Pekerja laki-laki biasanya akan sholat di ladang sementara yang perempuan akan pergi ke kilang untuk menunaikan sholat. Karena tawaran gaji yang besar ini maka kita harus mewaspadai lowongan kerja petik buah Australia tipu calon pekerja dengan modus memalsukan visa.Agar lebih aman, kita bisa mengajukan permohonan visa melalui agen atau mandiri.Cukup ajukan visa di Australian Visa Application Centre di Plaza Asia Jakarta atau di Australian Visa Application Centre di Bali.

Gaji petik buah di Australia dan proses pengajuan yang resmi

Untuk menghindari kerugian di kelak kemudian hari maka ada baiknya jika kita mengetahui tahapan resmi pengajuan visa agar bisa bekerja di perkebunan Australia. Cobalah untuk meneliti skilled occupation list atau biasa disebut dengan SOL terlebih dahulu. SOL ini berisi daftar pekerjaan dan keahlian yang dibutuhkan. Daftar SOL sendiri dibagi dalam dua jenis yaitu pekerjaan jangka panjang dan jangka pendek.

Jangan mudah percaya dengan agen yang menyatakan bisa memberikan visa kerja resmi untuk menjadi pemetikbuah. Hal ini dikarenakan pemerintah Australia tidak pernah memberikan visa kerja untuk pemetik buah. Agen tenaga kerja nakal biasanya akan memberikan visa turis yang berjangka waktu 3 bulan dan tidak diperuntukkan untuk menjadi tenaga kerja. Cara teraman adalah dengan menggunakan visa working holiday visa.Visa ini diperuntukkan bagi pekerja muda yang ingin berlibur sambil bekerja dalam waktu 1 tahun.

Syarat kelayakan untuk mendapatkan visa working holiday visa antara lain adalah berusia antara 18 sampai dengan 30 tahun, memiliki ijazah D3, memiliki nilai IELTS diatas 4,5, memiliki saldo pribadi sebanyak AUD 7500 dan memiliki surat rekomendasi dari departemen imigrasi Indonesia. Dengan berhati-hati maka kita tidak akan menjadi korban penipuan yang justru akan merugikan diri sendiri nantinya. Pada kenyataannya, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan selain faktor gaji petik buah di Australia.

2 thoughts on “Gaji Petik Buah di Australia, Benarkah Kisahnya Semanis Janjinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *