Intip Gaji Karyawan Jasa Raharja Tahun 2020 serta Tugas Mereka, Lumayan!

Gaji Karyawan Jasa Raharja – Jika Anda pernah mengalami sebuah kecelakaan, mungkin sudah cukup akrab dengan yang namanya Jasa Raharja. Namun, ternyata tidak semua orang sudah paham tentang Jasa Raharja dan apa saja yang mereka kerjakan. Jasa Raharja adalah instansi atau perusahaan milik BUMN yang menangani asuransi kecelakaan yang terjadi di dalam negeri.

Gaji Karyawan Jasa Raharja

Gaji Karyawan Jasa Raharja

Dalam hal itu, Jasa Raharja bertugas memberikan santunan kepada para korban kecelakaan sesuai dengan jenis kecelakaan nya. Sebagai perusahaan yang dimiliki oleh BUMN, Jasa Raharja tentu harus memiliki karyawan yang kompeten. Selain itu, kesejahteraan karyawannya pasti juga diperhatikan, terutama dari segi gaji pokok bulanan yang diterima.

Gaji Karyawan Jasa Raharja Sesuai Tingkatan Kerjanya

Gaji Karyawan Jasa Raharja tahun 2020

Seperti yang Kita ketahui, perusahaan BUMN biasanya memberikan gaji yang cukup tinggi untuk para karyawannya. Selain itu, juga ada tunjangan dan penghasilan lainnya sehingga pekerjaan di perusahaan BUMN memang banyak diburu oleh para pencari kerja. Jika Anda penasaran dengan besaran gaji karyawan Jasa Raharja, berikut ini rinciannya, antara lain:

Tingkat JabatanGaji Pokok per Bulan
Kepala Unit Keuangan14 jutaan
Ajun8 jutaan
Pelaksana Administrasi6,5 jutaan
Account Staff6 jutaan
Business Analyst IT Staff6 jutaan
Junior Staff6 jutaan
Pelaksana6 jutaan
Penanggung Jawab6 jutaan
Penanggung Jawab Samsat6 jutaan
Staff6 jutaan
Staff Pelaksana6 jutaan
Admin4 jutaan
Administration Staff4 jutaan
Back Office FG4 jutaan
PHO4 jutaan
Senior Staff4 jutaan
Staff Data Center Monitoring4 jutaan
IT Staff4 jutaan
IT Support4 jutaan
Driver2,5 jutaan
Operasional2,5 jutaan

 

Perlu diingat, besaran gaji di atas hanya gaji pokoknya saja, belum termasuk pendapatan lain-lain. Selain gaji pokok, karyawan juga mendapatkan uang makan dan tunjangan yang besarnya juga berbeda tiap-tiap tingkat jabatan. Namun, nominal di atas bisa dijadikan acuan untuk mengetahui kisaran gaji pokok yang diterima karyawan Jasa Raharja setiap bulannya.

Besaran Santunan yang Diberikan Jasa Raharja

Adanya Jasa Raharja merupakan bentuk nyata dari perlindungan negara kepada masyarakat melalui dua program khusus. Berikut ini program yang dilaksanakan dan menjadi dasar dari aktivitas yang mereka kerjakan, antara lain:

  • Asuransi Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Umum, berdasarkan Undang-Undang No. 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang
  • Asuransi Tanggung Jawab Menurut Hukum Terhadap Pihak Ketiga, berdasarkan Undang-Undang No. 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Jasa Raharja memberikan santunan kepada korban kecelakaan yang terjadi di dalam negeri. Nah, berapa sih santunan yang diberikan oleh Jasa Raharja? Simak rincian di bawah ini, antara lain:

1. Nilai Santunan Kecelakaan Penumpang

Gaji Karyawan Jasa Raharja

Santunan ini diberikan kepada korban sebagai penumpang sebuah angkutan atau alat transportasi yang mengalami kecelakaan. Berikut ini rincian santunan sesuai dengan jenis transportasinya, antara lain:

Jenis SantunanAngkatan Darat & LautAngkatan Udara
Meninggal dunia50 juta50 juta
Cacat tetap (maksimal)50 juta50 juta
Perawatan (maksimal)20 juta25 juta
Penggantian biaya penguburan (tidak mempunyai ahli waris)4 juta4 juta
Manfaat tambahan penggantian biaya P3K1 juta1 juta
Manfaat tambahan penggantian biaya ambulance500 ribu500 ribu

 

2. Nilai Santunan Kecelakaan Lalu Lintas Jalan

Gaji Karyawan Jasa Raharja

Sedangkan santunan yang satu ini merupakan seseorang yang berada diluar angkutan atau alat transportasi, tetapi juga ikut menjadi korban akibat kecelakaan tersebut. Untuk kasus tersebut, berikut ini rincian santunan yang diberikan oleh Jasa Raharja, antara lain:

Jenis SantunanJumlah Santunan
Meninggal dunia50 juta
Cacat tetap (maksimal)50 juta
Perawatan (maksimal)20 juta
Penggantian biaya penguburan (tidak mempunyai ahli waris)4 juta
Manfaat tambahan penggantian biaya P3K1 juta
Manfaat tambahan penggantian biaya ambulance500 ribu

 

Untuk mengajukan santunan kepada Jasa Raharja, Anda perlu mengikuti prosedur kerja mereka. Pertama, lengkapi formulir pengajuannya terlebih dahulu, lalu pastikan juga file/dokumen dan bukti-bukti untuk klaim tersebut sah dan lengkap. Setelah itu, dokumen akan dicek oleh pihak Jasa Raharja dan diproses lebih lanjut. Santunan yang diberikan kepada ahli waris tersebut memiliki prioritas sesuai urutan di bawah ini, antara lain:

  1. Janda/duda yang sah
  2. Anak-anaknya yang sah
  3. Orang tuanya yang sah
  4. Jika tidak ada ahli waris, maka diberikan pengganti biaya penguburan bagi penyelenggara

Namun, perlu diperhatikan bahwa santunan yang diberikan oleh Jasa Raharja tersebut juga harus segera diurus karena bisa kedaluarsa. Berikut ini dua poin yang bisa membuat pengajuan santunan menjadi kedaluarsa atau gugur, antara lain:

  • Diajukan lebih dari 6 bulan setelah terjadinya kecelakaan
  • Tidak dilakukan penagihan dalam waktu yang sudah dijanjikan, misalnya dalam kurun waktu 3 bulan

Nah, itulah beberapa informasi tentang gaji Jasa Raharja dan apa saja yang mereka kerjakan untuk masyarakat. Intinya, Jasa Raharja ini merupakan sebuah instansi untuk menjamin santunan untuk kecelakaan lalu lintas jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *