Bandingkan Gaji Karyawan Alfamart vs Indomaret!

By | 28 Oktober 2018

Indomaret dan Alfamart, dua minimarket ini sudah sangat dikenal semua tingkatan masyarakat. Kalau bicara minimarket, pasti langsung pikiran tertuju pada kedua nama tersebut. Selain harganya murah, pramuniaganya juga cantik-cantik. Nah, dengan ketenaran yang terus bersaing, kira-kira berapa gaji karyawan Alfamart vs Indomaret ya? Membandingkan gaji karyawan Alfamart vs Indomaret memang kadang perlu, terutama bagi Anda yang berminat melamar kerja di salah satu jaringan minimarket tersebut. Selain tempat kerjanya nyaman, suasana kerja yang menyenangkan, tentu penghasilan yang didapat pun sebanding dengan jerih payah. Nah, yuk simak berapa gaji karyawan Alfamart vs Indomaret beserta jam kerjanya.

Gaji Karyawan Alfamart vs Indomaret

Sekilas Pandang Alfamart dan Indomaret

Alfamart merupakan jaringan gerai minimarket di bawah pengelolaan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Perusahaan ini telah eksis sejak 1989 dengan mengawali bisnis di bidang perdagangan dan distribusi. Baru pada 1999 Alfaria masuk ke bisnis ritel alias eceran. Saat itu supermarket pertamanya bernama Toko Gudang Rabat Alfa, lokasinya di daerah Ancol. Selanjutnya berganti nama menjadi Alfamart. Dengan gerai yang jumlahnya lebih dari 10.000, Alfamart menjadi lahan lapangan pekerjaan bagi lebih dari 70.000 orang.

Jangan lupa baca:

Lantas bagaimana dengan Indomaret? Sama-sama berlokasi di Ancol, gerai pertama Indomaret didirikan pada tahun 1988. Berarti Indomaret lebih dahulu ada sebagai minimarket daripada Alfamart yang menyusul kemudian. Jaringan minimarket di bawah PT Indomarco Prismatama ini hingga kwartal III tahun 2017 telah memiliki 14.846 gerai, dan rencananya masih akan terus bertambah. Kalau setiap gerai anggaplah dikelola 6-8 orang, maka minimal Indomaret telah menyediakan lapangan kerja bagi 80 ribuan karyawan.

Perbandingan Gaji Karyawan Alfamart vs Indomaret

Sebagai dua raksasa ritel yang terus bersaing, pantas lah orang banyak yang bertanya berapa gaji karyawan Alfamart vs Indomaret. Mengingat keduanya tumbuh dan berkembang pada tahun yang hampir bersamaan, hingga kini pun persaingan keduanya ibarat musuh abadi. Bahkan ada sebagian mantan karyawan Alfamart yang melamar ke Indomaret akhirnya ditolak.

Soal gaji karyawan Alfamart bisa kita lihat dari tabel berikut ini, yang bersumber dari situs Job-Like.com.

Gaji Karyawan Alfamart vs Indomaret

Bisa disimpulkan dari table di atas, gaji pramuniaga Alfamart adalah antara 1,7 hingga 2,19 jutaan. Sedangkan gaji kepala toko Alfamart mencapai 4 juta. Jabatan di atas adalah yang berkaitan langsung dengan gerai Alfamart. Selain itu masih banyak posisi lainnya yang sebagian tugasnya tidak di dalam toko. Berikut daftar gajinya.

Gaji Karyawan Alfamart vs Indomaret

Daftar Gaji Karyawan Indomaret 2018

Selanjutnya beralih ke gaji karyawan Indomaret 2018 ini. Masih bersumber dari situs yang sama, berikut ini besarnya gaji karyawan Indomaret dalam tabel.

Gaji Karyawan Alfamart vs Indomaret

Dari tabel tersebut, terlihat jelas bahwa gaji pramuniaga Indomaret adalah sebesar 1,9 juta sedangkan gaji Kepala Tokonya mencapai 2,6 juta per bulan. Dapat pula kita lihat bahwa gaji supervisor Indomaret adalah sebesar 4,55 juta. Di atas adalah daftar gaji karyawan Indomaret yang mengelola sebuah toko ritel atau gerai Indomaret. Selain itu ada beberapa jabatan lain yang tidak berhubungan langsung dengan pelayanan. Berikut beberapa di antaranya.

Gaji Karyawan Alfamart vs Indomaret

Di atas merupakan tabel gaji karyawan Indomare dalam berbagai posisi, baik manager, supervisor maupun kepala toko dan pramuniaganya.

Perbandingan Gaji Karyawan Alfamart vs Indomaret

Setelah mengetahui besaran gaji masing-masing karyawan dan pegawai di Alfamart dan Indomaret, tentunya Anda bisa membandingkan mana gaji yang lebih besar. Memang data ini bukan jadi patokan utama karena dalam situs resminya sendiri, baik Alfamart maupun Indomaret tidak mencantumkan besaran gaji untuk karyawannya. Kita dapati data ini justru dari pihak lain, yang menjadi tempat promosi sekaligus unjuk gigi berbagai perusahaan besar.

Secara sekilas saja, kita bandingkan gaji karyawan Alfamart dan Indomaret yang bekerja di bagian toko. Untuk Manager Toko, ternyata lebih besar gaji Indomaret dengan selisih mencapai 2 juta. Demikian pula dengan Posisi Area Supervisor vs Supervisor Toko, di Alfamart gajinya 3,6 juta per bulan, sedangkan di Indomaret sebesar 5,25 Juta.

Rekomendasi:

Sedangkan untuk Kepala Toko, di Indomaret gajinya antara 2,6 hingga 6 juta. Namun di Alfamart Kepala Toko memperoleh gaji 4 Juta. Selanjutnya bagian Asisten Kepala Toko Alfamart dan Indomaret besar gajinya sama, yaitu 2,5 juta. Sedangkan untuk posisi Pramuniaga Alfamart gajinya agak lebih tinggi dengan nominal 1,7 hingga 2,19 juta perbulan. Sementara di Indomaret gaji pramuniaga adalah 1,9 juta.

Ulasan seputar gaji karyawan Alfamart vs Indomaret ini bukan patokan utama, bisa saja kurang ataupun lebih dari nominal resminya. Namun demikian, setidaknya Anda punya gambaran berapa hasil yang akan diperoleh dengan bekerja di salah satu gerai jaringan Alfamart ataupun Indomaret.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *