Cara Daftar Taxi Uber dengan Tepat

By | 27 Mei 2018

Cara Daftar Taxi Uber – Transportasi online nyatanya tidak hanya berlaku untuk kendaraan roda dua saja, bahkan transportasi roda empat juga sudah mulai diberlakukan secara online. Itulah mengapa para perusahaan ojek online turut mengembangkan bisnisnya dengan menyediakan mobil online sehingga akan memudahkan penumpang yang hendak berpergian ketika hujan atau ketika jumlah penumpang lebih dari satu. Uber sebagai salah satu perusahaan ojek online di Indonesia juga menyediakan taxi uber. Bagaimana cara jadi uber taxi?

Mendaftar Secara Online

cara daftar taxi uber

Daftar secara online!

Cara daftar taxi uber yang paling mudah adalah melalui aplikasi Uber sendiri. Apa saja langkah-langah yang perlu dilakukan untuk mendaftar menjadi driver taxi uber? Simak caranya berikut.

Baca:

1. Pertama-tama, pastikan terlebih dahulu jika kota tempat tinggal calon driver sudah didukung oleh layanan uber mobil. Untuk saat ini, belum semua kota di Indonesia didukung oleh layanan uberX atau uber mobil.

Di pulau Jawa terdapat beberapa kota seperti Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Tangerang, Bandung, Serang, Cirebon, Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Sidoarjo, Yogyakarta, Gresik, Batu, Malang, Jember dan Banyuwangi yang sudah didukung oleh taxi uber. Sementara di kota lainnya barulah Denpasar, Mataram, Bandar Lampung, Palembang, Padang, Deli Serdang, Medan, Pekanbaru, Jambi, Pontianak, Batam, Balikpapan, Banjarmasin, Makasar, dan Manado yang bisa mengakses taxi uber.

2. Untuk mendaftar sebagai driver taxi uber, registrasi dilakukan melalui situs resmi uber yang dapat diakses melalui komputer ataupun ponsel.

3. Setelah itu, calon driver akan menemukan halaman utama pendaftaran driver taxi uber dimana pemain akan diminta untuk mengisi data awal berupa nama lengkap, nomor ponsel yang aktif digunakan, alaman e-mail, password untuk masuk ke akun taxi uber driver, kota dimana driver akan beroperasi menggunakan taxi uber.

4. Selanjutnya, calon driver akan diminta untuk memilih layanan uber dimana ingin menjadi driver taxi uber atau uber motor. Maka, pilihlah pilihan pribadi/rental untuk mengemudikan mobil (sebagai driver taxi uber).

5.  Jika sudah memilih, jangan lupa untuk menyiapkan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Perlu diketahui bahwa setiap dokumen yang dibutuhkan haruslah dokumen asli yang masih berlaku. Dokumen yang diperlukan adalah KTP sebagai WNI asli yang berlaku seumur hidup (KTP sementara diterima dalam keadaan mendesak), SIM A atau SIM B, SKCK, dan juga STNK mobil yang akan dikendarai.

6. Fotolah keempat dokumen yang dibutuhkan tersebut. Pastikan jika foto tidak blur dan setiap huruf yang tercantum pada dokumen dapat terbaca dengan jelas. Untuk STNK, silahkan dibuka bagian plastik pelindungnya terlebih dahulu. Selesai mengambil foto, upload seluruh dokumen tersebut pada tempat yang sudah disediakan di bagian registrasi.

7. Tunggu beberapa saat hingga setiap dokumen berhasil diverifikasi oleh pihak Uber. Waktu untuk menunggu tidak akan terlalu lama, saat jam kerja biasanya hanya butuh waktu beberapa jam saja terlebih jika dokumen yang difoto jelas, lengkap dan sesuai dengan persyaratan. Saat menunggu, calon driver akan ditunjukkan sebuah video pengenalan tentang aplikasi uber driver.

8. Setelah berhasil mendaftarkan, akun calon driver akan berada dalam tahap onboarding dimana hal itu berarti masih menunggu persetujuan dari pihak uber. Calon driver juga dapat melihat kembali status dokumen yang sudah diupload pada menu kelola dokumen.

9. Apabila dokumen berhasil terverifikasi dan tidak ditemukan masalah, secara resmi profil akun driver akan menjadi aktif.

10. Sebagai langkah terakhir, unduhlah aplikasi uber driver pada google play store atau app store dan masuklah sesuai dengan email atau nomor ponsel beserta password yang sudah dibuat pada saat registrasi.

11. Akun driver uber sudah resmi aktif, jangan lupa untuk mengubah foto profil dengan foto terbaru.

Mendaftar Secara Langsung di Kantor Perwakilan Uber

Cara ikut uber taxi tidak hanya dapat dilakukan secara online. Proses pendaftaran juga dapat dilakukan secara langsung dengan cara berkunjung pada kantor perwakilan uber yang terdapat pada setiap kota yang sudah didukung oleh sistem uber dari pusat. Cara pendaftaran secara langsung tidak jauh berbeda dengan proses pendaftaran secara online, yang membedakan hanyalah cepat lambatnya proses pendaftaran.

cara daftar taxi uber

Daftar langsung ke kantornya

Untuk pendaftaran online tentu saja akan lebih mudah tetapi pendaftaran langsung pun akan lebih efisien karena calon driver akan berhadapan langsung dengan perwakilan pihak uber sehingga dokumen-dokumen yang dibawa dapat langsung dicek oleh pihak uber tersebut. Dengan demikian, calon driver tidak harus menunggu verifikasi dokumen tetapi bisa langsung membenarkannya setelah dicek secara langsung oleh perwakilan pihak uber.

Baca:

Dokumen yang dikumpulkan sama dengan persyaratan dokumen untuk pendaftaran online. Tentu saja pendaftaran secara langsung memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah proses pendaftaran dapat langsung selesai karena verifikasi langsung dilakukan oleh pihak uber bukan sistem online. Selain itu, calon driver dapat langsung bertanya oleh perwakilan pihak uber apabila menemukan kendala ketika mendaftarkan diri. Sementara itu, untuk pendaftaran secara langsung, calon driver sebaiknya meluangkan waktu dalam satu hari karena proses pendaftaran akan berlangsung cukup lama.

Permasalahan Yang Sering Muncul Saat Mendaftar

Cara daftar jadi uber taxi tidaklah sulit. Namun, ada 3 permasalahan yang seringkali terjadi ketika calon driver hendak mendaftarkan diri sebagai driver uber mobil. Pertama, dokumen ditolak oleh pihak uber. Solusinya adalah memfoto kembali dokumen yang ditolak dan pastikan fotonya jelas serta jangan lupa untuk mengecek masa berlaku dokumen.

cara daftar taxi uber

Permasalahan yang biasa muncul

Kedua, pengemudi ditolak dimana hal ini terjadi karena calon driver adalah driver yang sudah disuspend secara permanen atau mobil yang digunakan sudah terdaftar pada sistem Uber.Ketiga, calon driver tidak dapat login melalui aplikasi Uber Driver maupun melalui browser. Hal ini terjadi karena calon driver seringkali lupa dengan password yang dipilihnya sehingga sebagai solusinya adalah mengubah password menjadi yang lebih mudah diingat oleh driver sendiri.

Mobil Yang Bisa Digunakan Untuk Taxi Uber

Cara join uber taxi juga terkait dengan mobil yang digunakan oleh calon driver. Mobil yang digunakan atau yang didaftarkan harus sesuai dengan persyaratan yang berlaku dan telah disetujui oleh pihak Uber. Untuk jenis mobil, tidak ada batasan atau syarat tertentu hanya saja mobil tidak boleh hasil tahun produksi sebelum tahun 2011.

cara daftar taxi uber

Jenis mobil?

Selain itu kapasitas silinder mobil setidaknya 1000cc menyesuaikan dengan revisi peraturan pemerintah berkaitan dengan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek. Persyaratan terakhir adalah memiliki tempat duduk 5 untuk uberX dan 7 untuk UberXL.

Sekarang ini sudah semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk mencari penghasilan tambahan atau bahkan penghasilan utama sebagai driver taxi uber. Terlebih lagi, cara menjadi uber taxi pun tidaklah sulit dan keuntungan yang ditawarkan pun cukup menggiurkan. Tentu saja semakin banyak masyarakat yang memutuskan untuk mencoba pekerjaan menjanjikan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *