Customer Service Attendant Adalah? Mulai Tugas hingga Gaji

Customer service attendant adalah sebuah posisi atau jabatan yang memiliki kewajiban untuk memuaskan pelanggan atau melayani dalam bentuk menjawab semua pertanyaan baik itu keluhan, kritik, saran dan bahkan kebingungan dari pelanggan atau konsumen yang sedang menggunakan layanan dari usaha atau bisnis tempat anda bekerja.

Customer Service Attendant Adalah

Jelas posisi ini memiliki tanggung jawab dan komunikasi yang baik kepada pelanggan, beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap customer service attendant adalah :

  1. Memiliki tata bahasa yang sopan dalam menjawab semua pertanyaan ataupun keluhan dari pelanggan atau konsumen.
  2. Memiliki nada bahasa yang sopan dan ramah dalam menangani masalah konsumen atau pelanggan.
  3. Memiliki penampilan serta fashion yang sopan dan rapi dalam berpenampilan, layaknya seorang pekerja umumnya yang tidak menggunakan pakaian atau gaya penampilan terlalu mencolok serta tidak sopan.

Yang paling penting dalam urusan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap customer service attendant adalah tata bahasa yang sopan dan ramah, karena pelanggan menyukai orang yang bisa mengontrol emosi mereka saat terdapat sebuah kesalahan atau keluhan pada layanan tempat anda bekerja.

Komunikasi dalam pekerjaan seorang customer service attendant adalah kunci utama untuk menjalankan pekerjaan ini dengan sebaik mungkin, ketika anda tidak bisa berkomunikasi yang baik maka anda tidak akan bisa lolos dalam seleksi penerimaan pekerjaan sebagai customer service attendant.

Baca juga: Jangan Kaget, Segini Gaji Customer Service di Indonesia Terbaru 2020

Tugas Dari Seorang Customer Service Attendant

Sebuah pekerjaan tentang customer service attendant tentu memiliki tugas rutinitas yang wajib dilakukan untuk memperoleh gaji untuk pekerjaan tersebut.

Tugas Dari Seorang Customer Service Attendant

Berikut ini beberapa tugas yang wajib dikerjakan oleh seorang customer service attendant adalah :

  1. Menjawab telepon pelanggan atau konsumen yang sedang mengajukan keluhan dan komplain pada layanan yang anda tawarkan, terkadang sebuah perusahaan seperti layanan investasi atau penjualan properti yang bergerak di bidang pemasaran produk atau jasa harus memiliki sebuah customer service attendant yang bekerja menjawab telepon. Tentu pekerjaan ini tidak mudah dalam meyakinkan orang banyak untuk bekerja sama dengan perusahaan tempat anda bekerja, gaya bahasa yang menjual selalu menjadi skill atau kemampuan yang paling dicari untuk posisi customer service attendant.
  2. Pada bidang customer service attendant perusahaan keuangan seperti bank biasanya customer service attendant melayani semua keluhan dan permintaan pelanggan melalui tatap muka langsung dan telepon, untuk permasalahan seperti transfer. Setoran beberapa bank terkemuka juga menyediakan customer service attendant yang menjawab semuanya melalui telepon, dan beberapa bank lainnya menempatkan customer service attendant di cabang-cabang secara tatap muka dengan pelanggan atau konsumen.
  3. Pada bidang jual beli atau retail biasanya mereka menempatkan posisi customer service attendant untuk menjawab semua pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan media telepon atau internet, baik itu ketidak puasan pelanggan atau pujian yang diberikan terhadap layanan dan jasa yang diperjual belikan.

Pada intinya tugas customer service attendant adalah berkomunikasi dengan pelanggan atau konsumen di suatu perusahaan baik itu secara tatap muka langsung atau melalui media komunikasi lainnya seperti internet dan telepon.

Tugas utamanya customer service attendant adalah menjawab semua pertanyaan konsumen, dan menyelesaikan semua masalah produk atau layanan yang sedang diperjual-belikan.

Tentu saja jabatan ini memiliki pengaruh penting dalam sebuah kemajuan perusahaan yang bersangkutan, maka dari itu posisi ini juga memperoleh gaji yang seimbang dengan apa yang dilakukan.

Baca juga: Tugas Receptionist Hotel Cuma Modal Senyum? Baca Ulasan Berikut Ini

Banyak dari customer service attendant memperoleh gaji yang besar tergantung pada target penjualan perusahaan.  Gaji yang diperoleh customer service attendant memang berbeda disetiap lokasi dan instansi, berikut beberapa gaji customer service attendant rata-rata di beberapa daerah:

  • Jakarta :4,9 jt
  • Surabaya :4,5 jt
  • Malang :4,2 jt
  • Sidoarjo :4,6 jt
  • Probolinggo :3,3 jt
  • Kediri :3,2 jt
  • Jember :3,9 jt

Dan dari daftar gajinya, bisa dikatakan kalau gaji seorang customer attendant berkisar dari 3 – 5 jutaan

Bisakah Lulusan SD Menjadi Customer Service Attendant?

Untuk anda yang hanya lulusan sekolah dasar mungkin bertanya tanya apakah mungkin anda bisa melamar pekerjaan sebagai seorang customer service attendant, disini akan membahas pertanyaan ini dalam beberapa poin di mana anda bisa menjadi seorang customer service attendant dalam beberapa kondisi.

Pada tahun yang banyak pelamar pekerja ini, tentu sangat sulit menjelaskan apakah anda bisa atau tidak menjadi seorang customer service attendant, tentu perusahaan lebih memilih seseorang yang berpendidikan tinggi misalkan S1 atau bahkan minimalnya telah lulus D3.

Tetapi bukan hal tidak mungkin jika anda ingin menjadi seorang customer service attendant dalam beberapa kondisi seperti :

  1. Perusahaan tempat anda melamar baru berdiri atau baru membuka bisnisnya.
  2. Anda telah bekerja lama di sebuah perusahaan dan menjadi customer service attendant atas kepercayaan atasan anda.

6 Persyaratan Menjadi Costumer Service Attendant

Customer Service Attendant menjadi salah satu pekerjaan yang cukup banyak peminatnya. Dikarenakan ruang lingkup profesi ini cukup luas seperti sebagai resepsionis, deskman, salesman, customer relation officer, dan komunikator.  Namun untuk menjadi customer service attendant tidaklah mudah. Adapula beberapa persyaratan yang harus dilengkapi ketika ingin customer service attendant adalah sebagai berikut:

customer service attendant

1.  Persyaratan secara fisik

Persyaratan fisik merupakan persyaratan utama dalam sebuah pekerjaan ini. Di profesi ini dituntut untuk memiliki tinggi badan dan berat badan yang ideal. Untuk seorang pria memiliki tinggi badan minimal 165 cm dan perempuan minimal 160 cm. Tak hanya itu pelamar harus dituntut untuk jiwa yang sehat secara jasmani dan rohaninya. Berpakaian rapi dan bersih.

Baca juga: Apa Itu Receptionist? Tugas, Syarat, dan Gajinya? Ini Detailnya!

2. Persyaratan secara mental dan kepribadian

Customer Service Attendant diharuskan untuk memiliki perilaku yang baik, sebab profesi ini berhubungan dengan pelanggan. Persyaratan mental yang diajukan seperti: murah senyum, dapat mengendalikan emosi, sabar, ramah, tidak cepat putus asa, memiliki percaya diri yang tinggi, punya inisiatif, teliti, cermat, rajin, jujur, serius, hati-hati, dan bertanggung jawab

3.  Persyaratan secara sosial

Seperti yang diketahui bahwa pekerjaan ini berhubungan dengan konsumen secara langsung. Sehingga syarat sosial menjadi persyaratan yang penting. So, apa saja persyaratan sosial untuk menjadi Customer Service Attendant: memiliki jiwa sosial, mudah bergaul, berwawasan luas, bijaksana kemampuan negosiasi, mampu bekerja dalam tim.

4.  Persyaratan secara pendidikan

Dalam setiap instansi dan perusahaan memiliki kriteria tersendiri untuk mencari calon customer service attendant sehingga terdapat persyaratan pendidikan. Pada umumnya seorang customer service attendant memiliki pendidikan minimal D3 atau S1 dengan berbagai jurusan. Namun biasanya jurusan yang diutamakan adalah ilmu komunikasi, sistem informasi, sosiologi, bahasa, dan manajemen. Tak hanya itu, customer service attendant harus menguasai beberapa bahasa asing minimal bahasa inggris dan mandarin.

5.  Persyaratan secara nilai

Dalam profesi ini nilai bukanlah hal yang terlalu diutamakan, dikarenakan profesi ini lebih berfokus kepada attitude yang siap melayani pelanggan dengan baik. Pada umumnya jika anda bergelar D3 atau S1 maka IPK yang dimiliki harus diatas 3.00 sedangkan jika lulusan SMA/SMK-Sederajat nilai rata-rata minimal 8.00.

6. Persyaratan secara tambahan

Disini customer service attendant harus mengetahui dan memahami materi mengenak product knowledge tentang instansi/institusi/perusahaan tersebut. Seperti bagaimana menghadapi pelanggan dengan baik, bagaimana menghadapi pelanggan yang sering protes dan keluhan, dan sejenisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *