Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Untuk Berbagai Posisi

By | 30 September 2018

Bekerja di hotel menjadi salah satu impian bagi Anda yang ingin memiliki lingkungan kerja yang bersih dan nyaman. Untuk bisa memperoleh pekerjaan di hotel, Anda harus membuat lamaran kerja semenarik mungkin. Di bawah ada contoh surat lamaran kerja di hotel yang bisa digunakan.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

Contoh surat lamaran kerja di hotel bisa Anda tiru di sini.

Untuk mencari lowongan pekerjaan di sebuah hotel, Anda bisa mengakses beberapa sumber yang bisa digunakan acuan. Beberapa posisi yang biasa ditawarkan adalah lowongan kerja sebagai housekeeping, waiter, receptionis, ataupun bagian kitchen/dapur. Sesuaikan dengan bakat dan kemampuan maupun ijazah yang Anda miliki. Sehingga surat lamaran yang dibutuhkan pun beragam. Apakah bisa melamar dengan surat lamaran kerja di hotel tulis tangan? Anda harus cek dulu dalam iklan atau pengumuman lowongannya. Jika tidak ada larangan, maka Anda bisa menjadikan contoh ini dalam versi tulisan tangan.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Untuk Berbagai Posisi

Contoh surat lamaran kerja di hotel yang kali ini kami bagikan pada dasarnya bisa digunakan untuk semua posisi di hotel. Jadi jika Anda mencari contoh surat lamaran kerja di hotel sebagai housekeeping, waiter ataupun receptionis, tinggal menyesuaikan pada bagian posisi saja. secara format semuanya sama. Berikut adalah surat lamaran kerja untuk bagian housekeeping di hotel.

contoh surat lamaran kerja di hotel

 

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Posisi Koki

Banten, 05 Juli 2019

 

Kepada Yth,

HRD Maryana Hotel

Jl. Diponegoro No. 10 Banten

 

Dengan hormat,

Berkaitan dengan sumber informasi yang saya dapatkan di media cetak harian Banten yang terbit pada tanggal 03 Juli 2019 Edisi VI. Bahwa Maryana Hotel Banten sedang membutuhkan tenaga sebagai Koki Masak. Bersaman dengan surat ini maka saya memiliki maksud untuk mengisi kekosongan yang saat ini Bapak/Ibu tawarkan.

Berikut ini biodata singkat saya :

Nama                               : Agung Sapto

Tempat/Tgl Lahir               : Banten/16/09/1991

Usia                                  : 28 Tahun

Pendidikan                        : S-1 Tata Boga

Alamat                              : Jl. Kencana No. 163, Yogyakarta

Telp                                  : 081256984235

Sekarang ini saya dalam kondisi yang sehat baik rohani maupun jasmani. Selain itu, saya juga telah memiliki kemampuan dalam teknik memasak baik dan benar untuk menu ringan maupun berat. Di mana hal tersebut akan memudahkan saya dalam mengerjakan tanggungjawab pekerjaan saya nantinya.

Di bawah ini saya lampirkan dokumen sebagai bahan pertimbangan Bapk/Ibu:

  1. Surat SKCK
  2. Pas foto 4×6
  3. Fotocopy Transkrip Nilai
  4. CV
  5. Fotocopy Ijazah
  6. Fotocopy KTP
  7. Fotocopy Sertifikat Memasak

Demikian surat lamaran kerja sebagai koki ini saya sampaikan, besar harapan saya bisa menjadi bagian dari keluarga Maryana Hotel yang Bapak/Ibu pimpin saat ini. Atas kesempatan yang besar ini yang sudah diberikan Bapak/Ibu, maka saya haturkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

Agung Sapto

 

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Posisi Room Boy

Jakarta, 12 Juni 2019

 

Kepada Yth,

HRD Maspion Hotel Jakarta

di tempat

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan informasi yang tempo lalu saya peroleh di Harian Pos Jakarta tertanggal 10 Juni 2019 berkaitan dengan dibukanya lowongan pekerjaan di Maspion Hotel Jakarta, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                     : Rizky Septian

Tempat/Tgl Lahir     : Jakarta/22/09/1990

Pendidikan              : S-1 Pariwisata

Telp                        : 081234567890

Alamat                    : Jl. Kebangsaan No. 456, Jakarta

Dengan ini saya memiliki tujuan untuk mengajukan permohonan kerja di Maspion Hotel Jakarta yang Bapak / Ibu pimpin untuk menempati Posisi Room Boy. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu saya telah melampirkan berkas penting di bawah ini:

  1. CV
  2. Pas Foto 4X6
  3. Fotocopy KTP
  4. Fotokopy Ijazah
  5. Fotocopy SKCK
  6. Fotocopy Transkrip Nilai
  7. Surat Keterangan Dokter

Demikian surat lamaran kerja yang bisa saya sampaikan dengan kondisi yang sebenarnya, besar harapan saya bisa diikutkan dalam rangkaian proses seleksi nantinya. Atas pertimbangan serta perhatian dari Bapa/Ibu saya haturkan banyak terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

Rizky Septian

 

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Posisi Resepsionis

Kendal, 16 Juli 2019

 

Kepada Yth,

Kepala Bagian Personalia

Agung Hotel

Jalan Lukman No. 43 Kendal

 

Dengan hormat,

Terkait informasi yang saya peroleh dari teman saya tentang lowongan kerja untuk posisi resepsionis, maka saya bermaksud untuk mengajukan diri untuk menempati posisi yang kosong tersebut. Berikut ini adalah data saya :

 

Nama                               : Dwi Listiyani

Tempat/Tgl Lahir               : Kendal/20/09/1994

Alamat                              : Jl. Laksamana No. 69, Kendal

Telp                                  : 081296325841

Status                               : Belum Menikah

Pendidikan                        : S-1 Perhotelan

Saya memiliki kemampuan dalam berbahasa inggris dengan baik dan benar serta saya memiliki kemampuan lain yaitu bisa mengoperasikan komputer dengan baik. Saya berharap bisa memiliki kesempatan bisa diwawancarai oleh Bapak/Ibu, di mana saya bisa memberikan keterangan mengenai semua kemampuan diri saya secara langsung.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  1. CV
  2. Fotocopy Ijazah
  3. Fotocopy KTP
  4. Sertifikat pelatihan
  5. SKCK
  6. Foto Ukuran ukuran 4×6

Besar Harapan saya dapat diterima di Agung Hotel yang Bapak/Ibu pimpin.

 

Hormat saya,

 

Dwi Listiyani

 

Contoh surat lamaran kerja di hotel selanjutnya adalah untuk melamar posisi sebagai receptionis berdasarkan iklan.

contoh surat lamaran kerja di hotel

Jika Anda mencari contoh surat lamaran kerja di hotel tanpa iklan yang mengumumkan lowongan, maka tinggal mengubah kata-kata di awal surat. Misalnya langsung menjadi begini:

“Dengan ini saya mengajukan diri untuk posisi housekeeping.” Setelah itu sebutkan sekilas pengalaman Anda.

Hal-hal Penting Demi Kesuksean Melamar Kerja di Hotel

Pilih Posisi sesuai Kemampuan

Ketika Anda mengajukan surat lamaran kerja di hotel, Anda akan melihat berbagai macam lowongan posisi yang dibutuhkan. Anda harus memilih salah satu posisi tersebut dengan berbagai macam kualifikasi yang dibutuhkan. Sesuaikan dengan kualifikasi pendidikan yang diminta, sesuaikan dengan pendidikan terakhir Anda.

Baca Juga Contoh Surat Penting Lainnya:

Selain itu, Anda juga harus mengetahui SOP (Standar Operasional.Prosedur) dari tiap-tiap posisi yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan setiap posisi pekerjaan hotel memiliki standar yang berbeda dengan posisi yang lain. Sehingga penting bagi Anda ketika diterima nanti sudah mengerti dan memahami terlebih dahulu apa saja yang akan menjadi tugas Anda di hotel.

Cari Tahu Hotel yang Akan Anda Tuju

Sebelum Anda membuat surat lamaran kerja, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu tentang hotel yang akan dituju. Anda bisa mencari tahu segala informasi tentang hotel melalui website atau media sosial milik hotel. Anda juga bisa mendengar secara langsung testimoni orang yang bekerja di hotel tersebut. Hal ini akan memperkuat dan meyakinkan Anda ketika akan melamar pekerjaan.

Beberapa informasi akan menjadi hal yang penting ketika Anda akan melamar pekerjaan. Sehingga ketika Anda sudah mulai bekerja akan merasa lebih nyaman dalam menyelesaikan pekerjaan di hotel. Beberapa informasi yang bisa Anda cari tahu sebelumnya adalah sebagai berikut:

  • Data Hotel secara Lengkap

Anda bisa mencari tahu data hotel dari berbagai sumber terpercaya, terutama website milik hotel tersebut. Berbagai informasi mengenai alamat lengkap, no telepon, dan email menjadi akses Anda ketika akan membuat surat lamaran pekerjaan. Anda bisa membuat surat lamaran kerja seperti pada contoh surat lamaran kerja di hotel, sehingga data mengenai tempat tidak salah.

  • Level Hotel

Anda juga harus mengetahui level hotel tempat dimana hotel yang Anda tuju. Semakin tinggi bintang hotel, semakin tinggi pula kemampuan yang harus Anda kuasai. Perhatikan pula kualifikasi penerimaan karyawan di hotel tersebut, apakah Anda kuasai dan sanggup. Hal ini dikarenakan semakin tinggi bintang hotel, maka kualifikasi yang dibutuhkan akan semakin banyak.

  • Lokasi Hotel

Lokasi hotel menjadi salah satu pertimbangan bagi Anda ketika akan melamar pekerjaan di hotel. Hal ini akan menjadi bayangan Anda ketika bekerja di sana. Perhatikan pula tamu hotel, apakah tamu hotel berkunjung untul melakukan kegiatan bisnis atau hanya sekedar berlibur.

Perhatikan Penampilan dan Etika

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan penampilan dan etika ketika menjadi pekerja hotel. Meskipun belum diterima sebagai karyawannya, langkah awal untuk lulus dari recruitment adalah ketika memasukkan surat lamaran pakaian dan etika Anda menunjukkan bahwa Anda memiliki kepribadian yang rapi, ramah, dan sopan.

Memperhatikan penampilan secara detil dapat membantu meyakinkan pihak HRD ketika Anda menyerahkan surat lamaran kerja. Terlebih ketika sesi wawsncara dimulai, penampilan menjadi dasar kriteria penilaian. Selain itu, memiliki etika yang baik ketika bertatap muka ataupun berbicara menjadi hal yang harus Anda perhatikan.

Selain pertimbangan kualifikasi penerimaan karyawan, Anda juga harus memperhatikan penampilan dan etika untuk menunjang rasa kepercayaan diri. Berbagai macam contoh surat lamaran kerja di hotel bisa menjadi referensi Anda ketika akan memasukkan lamaran pekerjaan di hotel. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *