Bagaimana Contoh Slip Gaji Karyawan Indomaret? Seperti Ini

Biasanya orang-orang yang bekerja mempunyai satu tujuan akhir, yaitu mendapatkan gaji dari perusahaan tempat mereka bekerja. Kecuali para pengusaha dan wirausahawan, mereka mungkin bekerja untuk mendapatkan keuntungan finansial bagi perusahaan atau usaha yang tengah dijalankan.

Begitu pula dengan orang-orang yang bekerja di Indomaret, sebuah retail waralaba yang sangat mudah ditemui di berbagai tempat. Mulai dari kasir, pramuniaga, kepala toko, petugas gudang, hingga orang-orang yang mengerjakan urusan-urusan administrasi perusahaan, semuanya tentu bekerja agar mendapatkan gaji setiap bulannya.

contoh slip gaji indomaret

Para karyawan Indomaret memiliki hak dan kewajiban di waktu yang bersamaan. Namun sebagaimana biasa, mereka harus menunaikan kewajiban dan tugas dengan baik terlebih dahulu sebelum menuntut hak kepada perusahaan. Kewajiban untuk bekerja sesuai dengan posisi yang diduduki serta bertanggungjawab penuh akan tugas yang telah diberikan.

Gaji setiap bulan itulah hak yang kemudian bisa didapatkan oleh para karyawan Indomaret. Dan untuk membuat distribusi gaji dari perusahaan ke karyawan jadi lebih teratur digunakanlah slip gaji indomaret sebagai dokumen yang bersifat rahasia.

Apa Itu Slip Gaji?

Slip gaji merupakan rangkuman informasi gaji yang didapatkan oleh seorang karyawan dalam satu bulan full kerja. Di dalamnya terdapat informasi detail terkait sumber gaji secara menyeluruh. Termasuk informasi terkait potongan-potongan yang dilakukan oleh perusahaan.

Contoh Slip Gaji Indomaret Terbaru 2020

Sejatinya slip gaji karyawan Indomaret bersifat rahasia karena memuat beberapa data penting seperti Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), jabatan, serta informasi jumlah gaji. Untuk itu ada beberapa data yang akan kami samarkan pada contoh slip gaji karyawan Indomaret yang nantinya akan dilampirkan.

Dahulu slip gaji karyawan Indomaret diberikan langsung dalam bentuk secarik kertas. Akan tetapi, saat ini slip gaji dikirimkan melalui email dalam format PDF. Tidak ada perbedaan signifikan antara slip gaji berbentuk kertas dan PDF.

slip gaji indomaret

Ini adalah screenshot salah satu slip gaji Indomaret dalam format PDF

Dalam slip gaji karyawan Indomaret ini terdapat 3 kolom yang memuat informasi tersendiri.

  • Kolom paling atas berisi informasi pribadi karyawan mulai dari NIK, nama, NPWP, serta retail cabang tempat si karyawan bekerja.
  • Kolom dua adalah rincian gaji yang diterima oleh karyawan berupa gaji pokok dan tunjangan-tunjangan. Gaji pokok didasarkan pada Upah Minimum Provinsi (UMP)sedangkan tunjangan didapatkan sesuai dengan jabatan si karyawan. Tunjangan antara kepala toko dengan pramuniaga biasa tentu berbeda.
  • Kolom ketiga berisi informasi potongan gaji. Pihak Indomaret akan memotong otomatis gaji karyawan untuk keperluan asuransi kesehatan dan asuransi kerja. Selain itu apabila seorang karyawan melakukan kesalahan dan harus didenda maka informasi pemotongan juga ikut dilampirkan.

Hal ini dilakukan agar para karyawan Indomaret memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap barang-barang yang ada di toko. Tak tanggung-tanggung kabarnya kalau ada kehilangan atau kerusakan barang yang disebabkan oleh kelalaian karyawan dendanya bisa mencapai 1 juta rupiah lebih.

Baca juga: Cara Melamar Kerja Part Time Indomaret 2020, Plus Tips Kerja

Mengapa Slip Gaji Ini Penting?

Jangan kira cuma duit gajinya saja yang penting bagi seorang karyawan, slip gaji pun tidak kalah penting. Baik bagi perusahaan maupun bagi karyawan. Ada beberapa hal yang membuat slip gaji ini cukup penting, di antaranya:

1. Sebagai Bukti Transparansi Perusahaan

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang transparan dalam hal keuangan. Tentu transparan di sini maksudnya di hadapan seluruh karyawan dan juga pihak ketiga-yang berkepentingan dan memiliki hak untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan.

Gaji bagi karyawan adalah salah satu pengeluaran rutin perusahaan setiap bulan. Oleh karenanya transparansi dalam hal ini sangat diperlukan. Slip gaji inilah yang digunakan sebagai alat transparansi dari perusahaan kepada karyawan yang menerima gaji tersebut.

2. Digunakan untuk pengajuan kredit

Slip gaji juga bisa berguna di luar pekerjaan seseorang. Ketika hendak mengajukan kredit, misalnya, slip gaji akan diminta untuk dijadikan salah satu berkas persyaratan. Biasanya calon pemberi kredit meminta slip gaji terakhir yang diterima oleh pengaju kredit.

Bahkan untuk pengajuan Kredit Perumahan Rakyat (KPR) slip gaji juga jadi berkas persyaratan yang sangat penting. Karena dengan slip gaji inilah nantinya pihak bank akan menganalisa apakah orang yang bersangkutan tersebut sanggup membayar kredit atau tidak.

3. Membuat Kartu Kredit

Digunakan untuk mengajukan kredit saja bisa apalagi untuk pembuatan kartu kredit di bank, slip gaji menjadi wajib untuk dilampirkan. Pihak bank juga nantinya akan menggunakan slip gaji ini untuk mempertimbangkan apakah pengajuan kartu kredit yang dilakukan bisa diterima atau ditolak. Nominal gaji yang ada di dalam slip gaji juga akan dijadikan patokan terkait limit kredit yang diperbolehkan oleh pihak bank.

4. Berkas tambahan melamar pekerjaan

Setiap orang tentu ingin meningkatkan kualitas hidupnya dari waktu ke waktu, tak terkecuali di dalam dunia kerja. Peningkatan gaji dibanding saat bekerja di tempat lama bisa jadi salah satu indikatornya. Nah slip gaji ini bisa banget kamu gunakan saat negosiasi gaji di perusahaan baru tempat kamu bekerja.

Slip gaji tersebut jadi bukti kuat bahwa kamu pernah digaji sekian rupiah di perusahaan lama. Maka sangat masuk akal bukan kalau kamu mengajukan gaji yang lebih tinggi di tempat yang baru?

Ada banyak alasan lain mengapa slip gaji menjadi penting untuk seorang karyawan. Oleh karena itu, slip gaji tersebut harus disimpan dengan baik karena pasti akan berguna suatu saat nanti. Jangan duitnya diambil tapi slip gajinya dibuang, ntar nyesel, lo!

Baca juga: Bandingkan Gaji Karyawan Alfamart vs Indomaret, Besar Mana?

Ingin Kerja di Indomaret? Baca Ini Dulu Biar Ngga Nyesal!

Nah, setelah kita mengulas tentang contoh slip gaji Indomaret yang diterima oleh karyawannya setiap bulan, tidak afdol rasanya kalau kita tidak membahas bagaimana caranya agar bisa mendapatkan slip gaji tersebut. Tentu kita tidak boleh berpuas dengan hanya melihat contohnya saja.

contoh slip gaji indomaret

Tertarik menjadi bagian dari salah retail waralaba terbesar di Indonesia ini?

Apabila kamu memiliki keinginan untuk bekerja di Indomaret ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Kali ini akan kita bahas secara umum namun tidak akan mengurangi substansi hal-hal penting tersebut.

1. Info lowongan kerja satu pintu

Yups, Indomaret tidak bekerjasama dengan website info lowongan kerja manapun apalagi sosial media tertentu. Semua informasi lowongan kerja yang sedang dibuka dapat langsung diakses melalui www.indomaret.co.id.

2. Perhatikan persyaratan serta posisi yang hendak dilamar

Bekerja di Indomaret tidak hanya menjadi pramuniaga. Ada banyak posisi yang bisa diincar dan semuanya bisa kamu lihat di website resmi milik Indomaret. Jadi sebelum melamar kamu harus memahami dulu persyaratan yang dibutuhkan.

3. Persiapkan ujian masuk

Untuk lolos menjadi karyawan Indomaret ada beberapa tahapan yang harus kamu lalui diantaranya seleksi pemberkasan, ujian tulis, tes wawancara, dan tes praktik fisik (untuk posisi pergudangan). Oleh sebab itu, silakan dipersiapkan semuanya dengan baik ya, Fisik yang prima sangat menentukan lolos tidaknya kamu.

4. Kalau lolos wajib buat rekening BCA

Nah, apabila kamu lolos tes dan diterima sebagai pegawai Indomaret hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah membuat rekening BCA. Karena pembayaran gaji akan dilakukan via transfer melalui bank ini. Tapi kamu ngga perlu takut ribet karena semuanya akan diurus langsung oleh pihak Indomaret. Kamu hanya tinggal menyerahkan uang sejumlah Rp 100.000,- untuk keperluan pembukaan rekening baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *