Pengalaman Cerita Unik Driver Ojek Online (GOjek Grab), Menarik!

By | 4 Oktober 2019

Profesi Ojek Online akan selalu bertaburan cerita.  Mengantar penumpang, mengantar makanan hingga mengirim barang semua tak kan habis diceritakan. Bertemu dengan berbagai orang menjadikan pekerjaan ini sangat diminati dan dinikmati bagi sebagian kalangan yang menginginkan pekerjaan yang bebas dan menghasilkan.

Suka duka dalam pekerjaan adalah wajar terjadi. Nah, bagi kalian yang pengen tahu suka dukanya para driver di jalanan. Yuk liat apa saja pengalaman yang mereka alami.

1. Salah mengangkut penumpang

Pernahkan kamu ketika mengorder mendapati driver berstatus sedang mengantar. Pasti dari kamu pernah mengalami demikian kan , nunggu lama si abang gojek eh ternyata yang naik orang lain. Nah, bisa jadi si abang gojek tidak mengkonfirmasi terlebih dahulu penumpangnya ciri-cirinya bagaimana, langsung main angkut aja, akhirnya kamu sebagai penumpang tertinggal masih di titik jemput.

salah-angkut

2. Salah titik jemput

Salah titik jemput, hampir tiap hari driver ojek online salah titik jemput walaupun sih gak serutin yang dibayangan. Hal ini biasanya karena aplikasi map bisa jadi terjadi error atau gps costumer tidak akurat. GPS yang tidak akurat menyebabkan titik koordinat menjadi tidak tepat. Akibatnya, driver salah menuju titik penjemputan.

salah-angkut

3. Salah titik antar

salah-angkut

Salah titik antar, biasanya kejadian ini banyak faktor yang terjadi. Bisa jadi costumer salah menulis alamat pengantaran pada aplikasi atau jika order dipesan oleh saudaranya, teman maupun orang lain.

4. Gak baca map

salah-angkut

Kadang driver tidak membaca map, sehingga titik tujuan atau titik jemput tidak tepat. Hanya mengandalkan telfon dari costumer. Tidak membaca map bisa menimbulkan kesalahan dalam menjalankan order. Contoh kasus yang sering terjadi adalah lokasi tujuan costumer, lokasi tujuan barang atau lokasi tujuan pengiriman makanan. Biasanya ada nama-nama dalam satu kota yang sama namun berbeda kecamatan.

Baca juga ini:

5. Costumer minta ganti tujuan tapi bayar tetap

salah-angkut

Bagi driver yang mendapat order seperti ini bisa dikatakan sedang sial. Kenapa ? mau ke tujuan A eh malah costumer minta ke tujuan lain, bayarnya tetap lagi. Ya mungkin bukan rejeki ya bang 😀

6. Pesanan Gofood / Grabfood tidak sesuai aplikasi

Pesanan tidak sesuai aplikasi biasanya terjadi akibat driver tidak membaca pesanan yang tertulis di aplikasi atau Costumer menggunakan aplikasi namun tidak sesuai dengan ketersediaan di resto. Akibatnya pesanan tidak sesuai yang diinginkan.

7. Pesanan Gofood / Grabfood tertukar antar driver

Makanan tertukar antar driver bisa saja terjadi. Hal ini terkait dengan cara pemesanan makanan. Jika posisi driver jauh biasanya driver menghubungi via telepon, nah sambil menuju restoran masakan diproses. Ketika sampai, ada juga driver lain yang memesan melalui telepon. Nah, jika sampai tertukar ketika mengambil makanan, ya mau gimana lagi harus ditukar kembali 😀 jangan sampai pas udah ketemu costumer, makanan gak sama dengan yang dipesan.

8. Terkena order fiktif

salah-angkut

Order fiktif adalah hal yang paling dibenci oleh para driver. Biasanya order fiktif adalah kerjaan iseng dari costumer yang tidak betul-betul menggunakan layanan Goride dan Gofood. Order fiktif sangat mengganggu pekerjaan ojek online karena orang yang menggunakan layanan tidak ada ditempat sehingga banyak menyita waktu, tenaga apalagi uang.

Baca artikel ini!

9. Tidak punya uang kembalian

salah-angkut

Tidak punya uang kembalian adalah hal yang lazim ketika kita memesan layanan. Ada driver yang siap dengan kembalian dan ada yang tidak siap. Kalaupun siap kadang juga tidak ada kembalian. Ya mungkin maklumin saja, bisa jadi uang kembalian yang disiapkan itu telah habis untuk kembalian sebelumnya.

10. Bonus tidak keluar

Bonus tidak keluar. Wah ini biasanya terjadi ketika sistem gojek sedang gangguan. Biasanya ketika gangguan poin tidak masuk hingga bonus tidak keluar sampai tim IT Gojek telah menyelesaikan gangguan di aplikasi.

11. Terkena komen buruk dan bintang 1 dari pelanggan

salah-angkut

Komen dan bintang adalah bentuk penilaian dari costumer terhadap pelayanan driver. Nah kalo dapat bintang 1 dan komen buruk nih sih driver bakal uring-uring sambil membaca komen diaplikasinya. Mengapa ? karena komen buruk dan bintang 1 akan membuat si driver kena suspend atau hingga putus mitra, kasian kan ngebunuh rejeki orang. Maka dari itu, jangan terlalu ambisi untuk memberi bintang 1 dengan komen buruk, berilah bintang 2/3 jika pelayanan driver tidak maksimal sehingga tidak memutus mata pencaharian orang lain. Usakan memberi bintang 5 supaya driver tetap dapat menjalanan order, berbaik hatilah

12. Kehabisan bensin

Nah, kehabisan bensin pasti semua driver mengalami. Hal ini dikarenakan bisa jadi driver kemarin kecapekan sehingga lupa kalo mengisi bensin untuk esok hari. Dan pagi harinya langsung on bid. Usahakan full tank ya buat abang gojek biar kerja seharian tanpa hambatan apalagi jika pom bensin jauh dari Anda, bisa dikomen buruk entar oleh costumer. Ya pinter – pinter aja buat abang gojek ngerayu costumer biar costumer dalam keadaan hati adem.

13. Helm terbawa costumer

salah-angkut

Habis antar penumpang , kadang gak sadar kalo helm masih terpakai di kepala Costumer. Apalagi kalo langsung dapat order , fokus pada order gak nyadar kalo helm ketinggalan. Nah, kalo udah ketinggalan, binggung sendiri ya hehehe…

14. Ban Bocor

Sudah biasa bagi pekerja jasa tumpangan ojek online mengalami ban bocor, karena tiap hari selalu mengaspal dijalanan. Nah, supaya tidak terjadi ban bocor periksa angin ban Anda sedini mungkin sebelum melakukan on bid.

15. Diusir Opang (Ojek Pangkalan)

Diusir opang mungkin sering ya, ya hal ini bisa jadi karena driver ojek online tidak mengerti atau mengetahui rambu-rambu yang disepakati bersama semisal tidak boleh mengangkut penumpang di terminal atau halte.

Nah, itu dia 15 hal yang sering dialami oleh driver ojek online yang wajib kamu ketahui, mudah-mudahan bisa menjadi pengetahuan bagi kita bahwa pekerjaan ojek online itu tidak selamanya mulus. Ada saja cerita dan pengalaman mereka tiap hari .

Semoga artikel ini menginspirasi diri kita dan menyadari bahwa setiap pekerjaan itu mulia.

Salam satu aspal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *