Cara Pesan Gojek Online Pertama Kali Buat Pemula!

By | 14 April 2018

Cara Pesan Gojek Online Pertama KaliSiapa yang tidak mengenal Gojek? Aplikasi jasa antar jemput pertama di Indonesia ini terus berkembang pesat sejak debut awalnya. Para pengguna pun tak hanya memiliki pilihan jasa antar jemput, namun juga jasa pengantaran makanan, dokumen, fasilitas pijat, dan masih banyak lagi.  Segala kemudahan pemesanan ini dapat diakses dari ponsel pintar pengguna.

Namun, masih banyak awam yang belum tahu cara memesan gojek online, tentu saja karena baru pertama kali menggunakan aplikasi ini. Jangan risau, kami datang dengan solusi cara melakukan pemesanan pertama. Dalam sajian ini, ada 6 cara pesan gojek online, khusus buat pemula!

Caranya?

Cara Pesan Gojek Online Pertama Kali, Cocok Untuk Pemula

Berdasarkan langkah/ penduan cara memesan gojek alias pesan pertama kali, ada 6 langkah yang harus anda tempuh:

  1. Menginstal aplikasi
  2. Mengisi data pribadi
  3. Melakukan pemesanan pertama kali
  4. Menyesuaikan pemesanan
  5. Membatalkan pesanan
  6. Mengganti detail pesanan

1. Menginstall Aplikasi

cara pesan gojek

Hal paling awal yang harus dilakukan sebelum mengetahui cara pesan gojek pertama kali adalah memasang aplikasinya pada ponsel pintar masing – masing. Berikut adalah tata cara menginstall aplikasi Gojek.

  1. Pastikan ponsel memiliki sambungan internet, baik melalui paket data atau internet nirkabel.
  2. Pastikan ponsel memiliki ruang yang cukup, setidaknya 50MB.
  3. Masuk ke Google Play bagi pengguna android atau App Store untuk pengguna ponsel Apple.
  4. Cari aplikasi Gojek melalui tombol search di bagian atas halaman.
  5. Ketuk logo aplikasi Gojek dan pastikan penyedianya adalah PT Gojek Indonesia.
  6. Pilih tombol “install” bagi pengguna yang menggunakan pengaturan bahasa inggris atau “pasang” untuk pengguna dengan pengaturan bahasa Indonesia.
  7. Proses pengunduhan akan dimulai. Jika kecepatan internet si pengguna cukup stabil, proses ini tak memakan waktu lama.
  8. Aplikasi akan secara otomatis terpasang pada ponsel.
  9. Pilih “ok” jika muncul halaman pop up yang menyatakan bahwa aplikasi Gojek membutuhkan akses ponsel dan merupakan aplikasi berbayar.
  10. Keluar ke halaman depan dan masuk ke aplikasi Gojek yang sudah terpasang.

Baca juga

Perhatikan hal ini!Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan proses instalasi terganggu, yaitu:

1. Sambungan internet yang tidak stabil

Untuk kasus ini, si pengguna dapat mencoba lagi ketika sambungan internet sudah stabil atau lebih kuat. Di area tertentu, sinyal provider tidak cukup kuat untuk membantu proses pemasangan aplikasi.

2. Tidak cukup ruang

Ketika kondisi ini terjadi, ponsel akan mengeluarkan notifikasi yang menyarankan si pemilik ponsel android atau iPhone untuk mengahapus beberapa aplikasi lain yang jarang digunakan. Umumnya, setelah memberikan ruang yang diperlukan, proses pemasangan bisa berlanjut.

3. Gojek Versi Lama

Jika si pemilik ponsel sudah memiliki akun Gojek dan ingin memasangnya lafi pada ponsel yang lain, biasanya aplikasi yang terpasang adalah versi awal yang belum diperbaharui. Ketika membuka aplikasi, akan muncul pemberitahuan serta tautan untuk memperbaharuinya. Ikuti petunjuk yang disampaikan dalam tautan tersebut.

4. Jaringan Server Error

Apabila para pengguna ponsel masih kesulitan menggunakan aplikasi Gojek, segera hubungi layanan pelanggan atau media sosial milik Gojek. Bisa jadi, ada gangguan server dari pihak Gojek.

5. Versi Ponsel Tidak Mendukung

Hal lain yang mungkin mengganggu proses instalasi adalah versi ponsel yang digunakan. Beberapa sistem android tidak mendukung versi terbaru dari gojek. Untuk mengatasi masalah ini, si pengguna harus mencari aplikasi bantuan.

Baca juga:

2. Mengisi Data Pribadi

cara pesan gojek

Isi data pribadi

Para pengguna yang telah memasang aplikasi Gojek pada ponselnya dapat melanjutkan proses selanjutnya. Jika langkah ini tidak dilakukan, maka si pengguna tidak bisa mempelajari cara pesan gojek online .

  1. Pastikan ponsel terhubung ke internet, baik melalui paket data atau sambungan nirkabel.
  2. Masuk ke dalam aplikasi Gojek. Proses ini seharusnya memakan waktu kurang dari satu menit.
  3. Pilih menu “sign up” atau “daftar” pada halaman awalnya. Pilihan sign in hanya berlaku untuk pengguna yang sudah pernah mendaftar atau memiliki akun.
  4. Isi formulir pendaftaran. Untuk kolom nama, pengguna diharapkan untuk mengisi dengan nama terang. Hindari menggunakan nama karakter, karena akan digunakan untuk berkomunikasi dengan driver gojek. Si pengguna juga diharapkan mencantumkan nomor telepon aktif. Nomor untuk paket internet biasanya habis masa berlakunya dalam jangka waktu tiga bulan. Kolom “email” juga wajib diisi, supaya gojek dapat mengirimkan promosi atau data lainnya.
  5. Ingat password yang digunakan. Meskipun ada bantuan “lupa password”, si pengguna membutuhkan waktu setidaknya satu menit untuk mengganti password yang digunakan melalui email. Maka, cara paling aman adalah menghafalkan password lalu menyimpannya pada beberapa media penyimpanan.
  6. Pilih “lanjutkan”
  7. Halaman awal gojek akan tampil.

3. Melakukan Pemesanan Perdana

cara pesan gojek

Cara melakukan order/ pemesanan gojek

Kini tiba saatnya si pengguna mempelajari cara pesan gojek online. Dibandingkan dengan proses pemasangannya, pemesanan jasa antar ini jauh lebih sederhana. Si pengguna hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Pilih menu layanan yang akan digunakan. Contoh: aplikasi Go-Ride.
  2. Ketikkan alamat tujuan. Jika alamat yang dituju adalah bangunan publik seperti stasiun atau bandara, aplikasi ini akan memberikan rekomendasi. Pilih alamat yang paling tepat.
  3. Muncul perkiraan biaya, jarak tempuh serta waktu tempuh yang dibutuhkan. Aplikasi gojek biasanya mendeteksi secara langsung. Tentu saja, jika si pengguna sudah mengaktifkan fitur GPS pada ponsel. Jika belum, maka permintaan aktivasi GPS akan muncul pada layar. Ikuti petunjuk yang diberikan.
  4. Pilih “pesan Go-Ride”, jika alamat yang dituju sudah benar. Ingat, dengan memilih setuju, si pengguna dianggap sudah memahami besarnya biaya yang harus dibayarkan. Maka, pengecekan ulang sebelum memesan adalah salah satu hal wajib dalam cara pesan gojek jakarta.
  5. Muncul halaman pencarian driver gojek di sekitar area rumah. Kecepatan aplikasi untuk menghubungi drive tergantung pada lokasi si pengguna dan juga jam pemesanan. Pada jam sibuk, si pengguna diharapkan maklum jika perlu waktu agak lama untuk menemukan driver.
  6. Muncul notifikasi ketika ada driver yang menerima pesanan si pengguna. Si pengguna dapat melihat foto driver tersebut, lengkap dengan pilihan telpon serta rangkuman pesanan.
  7. Dalam beberapa menit, driver gojek akan memastikan ulang pemesanan yang telah disampaikan si pengguna. Terkadang driver juga membutuhkan bantuan untuk menemukan lokasi si pengguna.
  8. Menunggu driver gojek datang.

Baca juga: 5 Tips Cara Cepat Mendapatkan Banyak Pesanan Grabbike

4. Menyesuaikan Pemesanan

cara pesan gojek

Selesaikan order

Selain mempelajari cara pesan gojek jakarta, ada satu lagi poin yang tak boleh dilewatkan: melakukan penyesuaian pesanan. Penyesuaian ini mencakup pembatalan order dan juga penggantian detail pesanan.

5. Membatalkan Pesanan

Ketika si pengguna menggunakan jasa layanan gojek,terkadang ada alasan tertentu yang memaksa si pengguna untuk membatalkan pesanan yang sudah disampaikan. Pembatalan pesanan dapat dilakukan langsung dari aplikasi.

  1. Masuk ke dalam aplikasi gojek
  2. Pilih menu “history pemesanan”. Pada halaman ini, akan muncul data pemesanan yang sudah dipenuhi dan yang sedang dikerjakan.
  3. Pilih pesanan yang sedang dikerjakan.
  4. Pilih tombol “batal” atau “cancel” pada bagian bawah.

6. Mengganti Detail Pemesanan

Untuk para pengguna yang mempelajari cara pesan gojek pertama kali, mungkin ada beberapa detail yang terlewat ketika memasukkan pesanan. Untuk dapat menambahkan atau mengurangi detail pesanan, si pengguna dapat menghubungi driver gojek langsung.

 

Cara Pesan Go Car

Selain Go Ride, go car merupakan salah satu layanan gojek yang sering dipesan oleh banyak orang. Maka dari itu, siapa tau suatu saat anda ingin menggunakan transportasi ini tidak lagi bingung apabila sudah tau bagaimana cara pemesanannya. Selengkapnya mengenai tata cara ordernya, yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Silakan buka aplikasi gojek terlebih dahulu.
  • Pilih option go car
  • Isi lokasi penjemputan dan lokasi tujuan
  • Nantinya akan muncul jarak tempuh dan tarif yang harus Anda bayar. Silahkan pilih opsi pembayaran, apakah ingin dibayar langsung atau melalui Go-Pay.
  • Cek n ricek lagi apakah lokasi jemput, lokasi tujuan dan opsi pembayaran sudah benar
  • Jika semuanya sudah ok, tinggal klik “orde go car”
  • Selesai.

Meskipun gojek sudah cukup familiar di kalangan masyarakat menengah kebawah hingga menengah ke atas, namun tak semua pengguna ponsel pintar bisa menggunakannya dengan benar. Maka, ada beberapa kasus dimana pengguna merasa tak bisa memesan atau pesanan yang tak sengaja masuk ke dalam sistem. Untuk menghindari hal hal seperti ini, gunakan tips di atas. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *