Cara Pesan Go Food Manual, Langkahnya Mudah!

By | 27 November 2018

Go-Food adalah salah satu layanan gojek yang melayani pemesanan makanan. Dengan fasilitas ini, Anda tidak perlu lagi repot datang dan antri saat hendak membeli makanan. Anda tinggal pilih jenis makanan yang tersedia di menu Go-Food. Namun ada kalanya menu yang diinginkan tidak ada pada daftar. Karena penjual tidak bermitra dengan gojek. Lantas adakah cara pesan Go-Food manual? Jika ada, bagaimana cara pesan Go-Food secara manual dengan gojek?

Cara Pesan Go Food Manual

Untuk penjual yang terdaftar pada layanan Go-Food, maka tokonya akan tampil pada halaman menu Go-Food. Semua yang terkait dengan toko makanan tersebut akan bisa dilihat dan diakses pelanggan mulai dari alamat, hidangan yang tersedia, dan harga tiap makanan. Sehingga pelanggan bisa langsung menentukan jenis makanan yang ingin dibeli secara online.

Baca juga:

Selain karena pihak usaha makanan yang tidak bekerjasama dengan gojek, biasanya tidak tersedianya menu yang diinginkan pelanggan, juga disebabkan oleh banyaknya jumlah menu makanan yang dimiliki pihak restoran, cafe, dan warung makan yang bermitra dengan gojek. Sehingga hal ini tidak memungkinkan pihak penjual menampilkan semua menunya dalam layanan Go-Food. Untuk hal ini Anda pun bisa memakai cara pesan Go-Food yang manual.

Cara Pesan Go-Food Manual

Pemesanan Go-Food secara manual dapat dilakukan melalui dua cara, yakni dengan memanfaatkan layanan Go-Food itu sendiri dan menggunakan layanan Go-Shop.

  1. Memesan Go-Food Manual Melalui Layanan Go-Food

Cara yang pertama ini dapat Anda terapkan ketika ingin memesan menu makanan yang tidak tampil pada halaman layanan Go-Food. Padahal pihak penjual bermitra dengan pihak gojek. Namun seperti yang telah dibahas di atas, bahwa terkadang menu makanan yang tersedia di toko tertentu tidak ditampilkan, karena jumlah menunya yang sangat banyak. Biasanya yang akan ditampilkan hanyalah menu-menu utamanya saja.

Langkah-Langkah pemesanan

  • Silahkan masuk ke layanan Go-Food dan masuk ke toko atau restoran yang Anda inginkan.
  • Pada bagian sebelah bawah foto toko atau restoran terdapat sub menu makanan yang tersedia. Selanjutnya geser ke kiri hingga menemukan tulisan “Order manually”.
  • Klik tulisan “Order manually” tersebut. Layar ponsel akan menampilkan tulisan “Input order manually”.
  • Klik tulisan “Input order manually” dan isikan dengan jenis makanan atau minuman yang Anda inginkan.
  • Pada tulisan “Item’s name”, isikan dengan jenis menu yang ingin Anda beli,
  • Pada tulisan “Price”, isikan harga dari menu yang Anda pilih untuk per satuannya. Jika tidak tahu pasti berapa harganya, maka isikan saja dengan harga perkiraan.
  • Setelah Anda selesai dengan kolom isian harga, klik tombol berwarna hijau bertuliskan “Add”.
  • Pada tulisan “Add notes” Anda bisa mengisikan keterangan tambahan lainnya yang diperlukan. Jika tidak ada, maka abaikan saja.
  • Jika Anda ingin membeli makanan atau minuman jenis lainnya lagi, maka Anda bisa langsung klik tulisan “Add more”. Selanjutnya lakukan cara pesan Go-Food manual seperti cara di atas.
  • Klik tulisan “Estimated price” yang terdapat pada bagian bawah setelah Anda telah selesai. Layar ponsel secara otomatis akan menampilkan rekap pesanan Anda.
  • Periksa kembali dengan teliti rekap pesanan tersebut sebelum benar-benar memesan. Jika Anda merasa semua telah sesuai, maka Anda bisa langsung menekan tombol “Order”.
  • Pihak gojek akan langsung memproses dengan mencarikan rider untuk menindaklanjuti pesanan Anda.
  • Jangan lupa lakukan koordinasi jika rider sudah ditemukan untuk mengkonfirmasi pesanan Anda. Selanjutnya silahkan tunggu rider mengantarkan pesanan dan lakukan pembayaran saat pesanan Anda telah sampai.
  1. Memesan Melalui Go-Shop

Melalui Go-Shop, Anda bisa memesan makanan yang tidak ada dalam daftar menu Go-Food, dan juga makanan dari toko yang tidak terdaftar sebagai rekan kerjasama gojek. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pastikan dulu penjual makanan yang Anda inginkan alamatnya terdeteksi oleh Google Maps. Hal ini agar memudahkan Anda untuk melakukan tahap pemesanan selanjutnya.
  • Masuk ke aplikasi gojek dan pilih layanan Go-Shop. Setelah itu masukkan alamat atau nama penjual makanan pada kolom “Shop from”. Pastikan Anda mengisikan alamat atau nama penjual yang Anda inginkan dengan benar, agar tidak terjadi kekeliruan. Karena ada beberapa penjual yang memiliki nama yang sama.
  • Masukkan alamat pengiriman Anda pada kolom bertuliskan “Deliver to” dengan benar. Selanjutnya klik tulisan “Next” yang terdapat pada bagaian bawah.
  • Isikan jenis menu makanan atau minuman yang Anda inginkan pada kolom bertulisakan “Item description” dengan jelas. Misalnya sate kambing 2 bungkus dan es jeruk 3 bungkus.
  • Isi kolom bertuliskan “Estimated price” dengan total harga pesanan makanan yang Anda beli. Jika tidak tahu pasti berapa jumlahnya, isikan saja dengan harga perkiraan.
  • Periksa kembali rekap pesanan dan total semua harga pesanan beserta ongkos pengiriman pada bagian bawah sebelum Anda menekan tombol “Order”.
  • Tentukan jenis pembayaran yang ingin Anda gunakan. Apakah secara tunai atau menggunakan Go-Pay.
  • Terakhir tekan tombol “Order”. Selanjutnya pihak Gojek akan memproses pesanan Anda dengan membantu mencarikan rider terdekat yang akan mengantarkan pesanan makanan Anda.

Jangan lupa untuk melakukan koordinasi dengan rider yang bertugas mengantarkan pesanan Anda. Beritahu kembali detail pesanan agar rider lebih mudah menemukan penjual dan tak salah memesan makanan Anda. Hal ini juga untuk meyakinkan rider bahwa pesanan yang diamanahkan padanya adalah bukan pesanan fiktif. Jika semua telah jelas, Anda tinggal tunggu di rumah sampai pesanan Anda sampai.

Baca juga:

Demikianlah ulasan cara pesan Go-Food manual. Semoga ulasan ini bermanfaat, sehingga Anda tidak lagi bingung saat ingin pesan makanan lewat gojek yang menunya tidak ada dalam daftar Go-Food.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *