Cara Tepat Memesan Uber Motor

By | 25 Mei 2018

 Cara Order Uber Motor – Transportasi di era sekarang ini semakin mudah dibandingkan sebelumnya yang masih menggunakan transportasi konvensional. Dengan turut berkembangnya bisnis startup, turut berkembang pula bisnis startup dalam bidang transportasi yaitu dengan adanya ojek online. Ojek online tentu saja lebih memudahkan masyarakat ketika hendak berpergian. Salah satu ojek motor online yang terkenal di Indonesia adalah uber motor. Lalu, bagaimana cara order uber motor? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengunduh dan Mendaftarkan Diri Pada Aplikasi Uber

cara order uber motor

Daftarkan diri anda!

Apabila ingin menggunakan jasa uber motor, masyarakat harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi uber yang tersedia pada google playstore ataupun app store. Cara mengunduhnya pun sangat mudah, cukup dengan mencari uber motor pada google playstore atau app store dan mengunduhnya maka aplikasi uber akan langsung terpasang pada ponsel. Terlebih lagi, uber motor tidak memakan terlalu banyak memori ponsel sehingga tidak akan mengganggu aksesibilitas ponsel yang dimiliki.

Baca juga:

Setelah berhasil mengunduh aplikasi uber motor, maka langkah utama yang harus dilakukan adalah membuat akun uber yang bisa digunakan untuk setiap waktu. Caranya, pilihlah menu registrasi saat membuka aplikasi uber untuk pertama kalinya. Setelah itu, anggota baru uber akan diminta untuk mengisi informasi terkait nama awal dan nama akhir, email, nomor handphone sesuai dengan kode negara dan juga password untuk akun uber. Sebelum langkah terakhir, jangan lupa untuk memasukkan nomor kredit beserta bulan dan tahun kadaluarsanya, dan juga 3 digit angka terakhir nomor kartu kredit. Setelah itu, tunggu verifikasi akun dan akun akan siap untuk digunakan.

Memesan Uber Motor Menggunakan Aplikasi Uber

cara order uber motor

Gunakan app uber

Jika sudah berhasil mengunduh dan memiliki akun uber, maka calon penumpang bisa memesan ojek motor uber menggunakan aplikasi uber dengan akun yang sudah dibuatnya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk memesan uber motor melalui aplikasi uber.

  1. Pilih pilihan uber motor lalu tentukan lokasi penjemputan penumpang (pick-up location) sesuai dengan lokasi keberadaan Anda.
  2. Setelah memilih lokasi penjemputan, pilihlah tujuan keberangkatan (destination required). Tuliskan sedetail mungkin tempat yang akan dituju. Jika tidak tersedia secara otomatis pada sistem uber, maka tulislah secara manual agar memudahkan driver.
  3. Cobalah untuk mencari tahu perkiraan harga yang didapatkan atau biaya yang akan dibayarkan dengan cara memilih fare estimate. Jika ingin memperoleh harga yang lebih murah, cobalah untuk menggunakan kode promo yang berlaku pada uber motor apabila sedang tersedia promo potongan biaya ojek online.
  4. Jika sudah mengetahui biaya yang harus dibayarkan, saatnya penumpang menentukan metode pembayaran apakah melalui kartu kredit atau membayar secara tunai. Pastikan untuk memilih secara tepat sebelum memilih request uber motor karena pilihan tidak dapat diubah sesudahnya.
  5. Apabila lokasi penjemputan, lokasi tujuan serta pilihan pembayaran sudah jelas dan benar maka segera pilih request uber motor. Tunggulah beberapa saat karena akan ada driver uber yang akan segera menerima orderan Anda.
  6. Informasi mengenai driver berupa foto serta nomor plat motor yang dikendarai akan terpampang pada layar ponsel penumpang sehingga akan lebih memudahkan peumpang untuk mengenali driver yang menerima orderannya. Lalu, tunggu sampai driver menelepon Anda atau Anda bisa juga mengubungi driver uber motor pada nomor driver yang tertera pada layar ponsel.
  7. Ketika sudah berkomunikasi secara langsung dengan driver, tunggu kedatangan driver uber di lokasi penjemputan yang sudah disepakati.
  8. Saat uber driver sudah datang, pastikan jika driver memulai perjalanan saat Anda sudah menumpangi motor. Ketika tiba di tempat tujuan, pastikan pula driver sudah mematikan perjalanan.
  9. Kewajiban Anda selanjutnya adalah membayar driver sesuai dengan jumlah yang dibayarkan. Untuk uber sendiri biaya dasar per perjalanannya adalah Rp 1000,- sedangkan biaya per menitnya hanya Rp 100,-. Untuk tarif setiap kilometernya pada 12 km pertama senilai Rp 1250,-. Jika sudah lebih dari 12 km maka biayanya mencapai Rp 2000,-. Apabila penumpang melakukan pembatalan maka akan dikenakan biaya Rp 5000.

Menggunakan Fitur Hop On

cara order uber motor

Mengunakan fitur hop on!

Cara pesan uber motor melalui aplikasi juga dapat dengan cara memanfaatkan fitur hop on yang disediakan oleh uber motor. Hop On adalah fitur baru yang diluncurkan oleh uber yang ditujukan untuk memudahkan penumpang dan juga driver dalam melakukan perkalanan. Dengan fitur Hop On, perjalanan dapat dilakukan dengan mudah hanya menggunakan kode pin. Jadi, penumpang bisa memesan uber motor tanpa menggunakan aplikasi uber motor. Terlebih lagi, penumpang juga tidak perlu menunggu lama untuk proses penjemputannya. Mengapa? Karena kode pin yang digunakan oleh penumpang akan dihubungkan dengan driver terdekat.

Baca:

Lalu, bagaimana cara pesan uber motor dengan hop on? Yang perlu dilakukan pertama tentu saja mendapatkan kode pin dengan cara memperolehnya melalui aplikasi uber penumpang.  Setelah itu, kode pin dapat langsung digunakan untuk memesan driver uber motor. Terdapat beberapa lokasi yang memudahkan penumpang untuk menggunakan fitur hop on seperti area perkantoran, terminal bus, stasiun kereta dan juga mall. Fitur Hop On tentunya dikembangkan demi memudahkan para penumpang dan sangat membantu penumpang tanpa harus menunggu lama untuk mendapatkan driver.

Memesan Uber Melalui SMS

Cara order uber motor tidak hanya dapat dilakukan dengan menggunakan apikasi uber motor saja, tetapi juga bisa melalui sms. Pemesanan uber motor melalui sms berkaitan dengan fitur hop on yang merupakan fitur baru uber yang telah dijelaskan di poin sebelumnya. Selain mendapatkan kode pin melalui aplikasi, penumpang juga dapat memperoleh kode pin untuk hop on melalui sms. Caranya mudah, cukup kirimkan sms dengan format UBER<spasi>No HP lalu kirim ke 2000.

Setelah mengirimkan sms ke uber dengan format tersebut, penumpang akan memperoleh balasan dari pihak Uber berupa link yang terhubung langsung dengan 6 digit kode pin uber motor. Apabila sudah memperoleh kode pin, carilah uber driver terdekat dengan lokasi dimana Anda berada lalu tunjukkan kode pin yang dimiliki. Setelah itu, driver yang bersangkutan akan memasukkan kode pin yang sama pada aplikasi drivernya. Dengan demikian, penumpang dapat menikmati perjalanan langsung dengan driver uber yang terdekat.

Sayangnya, fitur Hop On ini belum bisa dinikmati di setiap kota di Indonesia karena baru ada di kota-kota tertentu saja seperti Surabaya contohnya. Namun masyarakat tidak perlu khawatir karena fitur Hop On pastinya akan lebih dikembangkan kedepannya sehingga dapat dikembangkan di kota-kota lainnya.

Cara order uber motor sangatlah mudah, yang terutama adalah mempunyai aplikasi uber terlebih dahulu pada ponsel dengan mengunduhnya pada google playstore atau app store. Setelah terdaftar, penumpang akan dengan mudah memesan uber motor kapanpun diinginkan. Terlebih lagi dengan adanya fitur hop on yang sangat memudahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *