Cara Menghitung Tingkat Penyelesaian GrabCar

By | 31 Juli 2018

Dalam bekerja, masyarakat pastinya akan mempunyai target-target yang hendak dicapai demi mendapatkan bonus-bonus yang menguntungkan. Prinsip tersebut tak terkecuali juga berlaku bagi para mitra pengemudi GrabCar. Dalam menjalankan tugasnya, para mitra pengemudi GrabCar harus mencapai tingkat penyelesaian tertentu sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan insentif. Namun, bagaimanakah cara menghitung tingkat penyelesaian GrabCar?

Dampak Positif Tingkat Penyelesaian

Cara menghitung tingkat penyelesaian GrabCar

Tingkat penyelesaian

Pada tahun 2018 ini, pihak perusahaan Grab memberlakukan penghitungan tingkat penyelesaian sebagai salah satu syarat dan ketentuan untuk mendapatkan insentif. Insentif sendiri merujuk pada sistem poin yang berguna sebagai suatu saran yang memotivasi para mitra pengemudi Grab supaya mereka semakin semangat dalam meningkatkan produktivitas kerjanya.

Tingkat penyelesaian adalah perhitungan baru dari Grab yang merupakan penggabungan dari nilai cancel serta nilai penerimaan dari masing-masing mitra pengemudi Grab. Hadirnya tingkat penyelesaian telah membawa dampak positif bagi seluruh keluarga besar pengemudi.

Informasi terkait!

Setelah adanya tingkat penyelesaian, para mitra pengemudi tidak perlu berdebat dengan penumpang mengenai pihak mana yang sebaiknya melakukan cancel sehingga tidak menurunkan insentif pengemudi.

Dengan sistem yang baru ini, semua cancel akan dihitung sama. Dengan begitu, semua pihak tidak akan saling menunggu untuk melakukan cancel. Selain itu, sebelum adanya tingkat penyelesaian, kepercayaan penumpang dapat dengan mudah turun dan berimbas pada order. Namun setelah adanya tingkat penyelesaian, kepercayaan para penumpang dapat meningkat dan order dapat semakin ramai bagi seluruh mitra pengemudi Grab.

Cara Menghitung Tingkat Penyelesaian GrabCar

Bagi para mitra pengemudi Grab yang ingin mengetahui apakah sistem tingkat penyelesaian sudah mulai digunakan, pengecekan dapat dilakukan dengan melihat table insentif. Cara penghitungan tingkat penyelesaian sangatlah mudah. Untuk menentukan tingkat penyelesaian, total perjalanan yang diselesaikan oleh mitra pengemudi Grab dibagi dengan total order yang masuk di layar aplikasi.

Untuk menghitung order yang masuk, order yang diselesaikan ditambah dengan cancel dari penumpang, mitra dan call center, kemudian ditambah lagi dengan order yang diabaikan dalam satu hari. Untuk melihat hasil penghitungan table penyelesaian setiap mitra pengemudi GrabCar, mereka dapat melakukan pengecekan pada tabel insentif yang terdapat dalam aplikasi Grab.

Rekomendasi!

Contoh penghitungan tingkat penyelesaian dapat dilihat dalam kasus berikut ini. Pada hari Rabu, Pak Rahmat telah menyelesaikan delapan perjalanan dengan jumlah perjalanan yang masuk ke aplikasi Pak Rahmat sebanyak 10 order.

Oleh karena itu, perhitungan tingkat penyelesaian Pak Rahmat adalah dengan membagi total perjalanan yang diselesaikan yaitu sejumlah delapan perjalanan dengan total order yang masuk ke aplikasi yaitu sejumlah sepuluh. Dengan demikian, tingkat penyelesaian yang didapatkan Pak Rahmat adalah sebesar 80%.

Peraturan Lain dengan Berlakunya Tingkat Penyelesaian

Cara menghitung tingkat penyelesaian GrabCar

Kebijakan lain mengenai tingkat penyelesaian

Hadirnya sistem penghitungan tingkat penyelesaian dapat membuat beberapa para pengemudi mengalami kekhawatiran akan banyaknya resiko order fiktif. Akan tetapi, pihak Grab telah memberlakukan sejumlah kebijakan yang dapat menghilangkan segala keresahan para mitra pengemudi Grab tersebut. Kebijakan yang pertama adalah tingkat penyelesaian 60% akan dapat dijangkau oleh sebagian besar mitra Grab.

Selain itu, satu hal yang selama ini telah menjadi momok bagi para mitra pengemudi Grab adalah adanya fenomena penumpang nakal yang sering mengcancel orderan tanpa alasan yang jelas. Untuk menghadapi masalah tersebut, pihak Grab kini memberlakukan kebijakan yang akan membuat para penumpang nakal tersebut mengalami kesulitan dalam melakukan booking selanjutnya. Kebijakan yang terakhir adalah hak bagi para mitra pengemudi Grab untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam pelaporan order fiktif secara langsung.

Cara Melihat Tingkat Penyelesaian Secara Mudah di Aplikasi

Dalam meningkatkan transparansi dengan para mitra, pihak Grab kini telah meluncurkan sebuah aplikasi terbaru versi 5.14.1 yang akan memungkinkan para mitra untuk melihat beberapa informasi. Informasi-informasi tersebut mencakup informasi mengenai jenis insentif yang sedang aktif, insentif yang sedang berlaku dan yang akan datang, tingkat penyelesaian yang akan diupdate secara otomatis dan dapat dicek kapan saja, serta informasi mengenai jumlah trip yang memenuhi syarat.

Setelah menginstal aplikasi versi terbaru tersebut, para mitra pengemudi tinggal memilih ‘menu’. Langkah berikutnya adalh memilih menu ‘insentif’. Lalu, memilh menu ‘dalam proses’. Hanya dengan tiga langkah praktis tersebut, para mitra pengemudi Grab sudah dapat mengetahui kartu insentif serta skema insentif yang berlaku.

Itu tadi adalah penjelasan mengenai perhitungan tingkat penyelesaian yang kini mulai diberlakukan di beberapa kota. Dengan adanya sistem tingkat penyelesaian serta transparansi dalam cara menghitung tingkat penyelesaian Grab mobil, para mitra pengemudi tentunya diharapkan akan semakin termotivasi dalam meningkatkan performanya di setiap order yang diambil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *