Panduan Cara Menggunakan Aplikasi Grab Buat Pertama Kali

By | 29 November 2018

Dewasa ini, gebrakan baru pada dunia transportasi sangat pesat berkembang. Kemajuan teknologi menjadi ajang bagi para penanam modal serta inovator untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Grab adalah perusahaan penyedia layanan transportasi online yang melibatkan para mitranya yang memiliki kendaraan motor dan mobil. Namun, adakalanya di zaman serba canggih ini masih ada orang-orang yang belum begitu tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi Grab dengan semestinya.

Cara Menggunakan Aplikasi Grab

Aplikasi digital Grab hadir untuk menjawab tantangan zaman yang turut mempermudah dunia transportasi. Keuntungannya, mudah saja memesan jasa transportasi yang bisa langsung diakses dari genggaman. Fitur-fitur Grab yang semakin berkembang dari waktu ke waktu, juga selalu mendatangkan inovasi dan ide-ide baru yang kian memanjakan penggunanya. Dalam hal ini, perusahaan Grab benar-benar menghadirkan sesuatu yang bertujuan untuk memuaskan pelanggan.

Cara Menggunakan Aplikasi Grab Buat Pertama Kali

Ada banyak fitur baru yang dimunculkan oleh pihak Grab kepada para penggunanya. Hal ini merupakan satu langkah baik yang harus diapresiasi. Pasalnya, kenyamanan yang diberikan Grab untuk pelanggan juga merupakan sesuatu yang sebelumnya mungkin penuh dengan perjuangan panjang untuk mewujudkannya. Nah, untuk lebih mengetahui tentang cara menggunakan Grab, lebih jelasnya akan disajikan step by step atau langkah-langkah dalam pemaparan berikut ini. Selain panduan di bawah, anda juga bisa membaca: Cara pesan Grab buat pemula

1. Instalasi dan Pendaftaran Akun Grab

1. Untuk mengunduh aplikasi Grab, mula-mula bukalah aplikasi Play Store yang ada di hp android Anda. Namun, aplikasi Grab juga bisa diunduh melalui browser dengan mengetikkan kata kunci “Grab”, “download aplikasi Grab”, “aplikasi Grab .apk”, dan lain sebagainya.

aplikasi grab

2. Hal yang sama juga bisa Anda lakukan di Play Store, dengan mengetikkan “Grab” sebagai kata kunci pencarian. Setelah muncul, klik download atau install aplikasi tersebut dan tunggu selama beberapa saat sampai proses download dan install berhasil.

3. Setelah aplikasi Grab telah terpasang dengan baik di hp Anda, maka langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi tersebut. Biasanya, tampilan awal saat pertama kali bagi seorang pemula yang belum pernah mendaftar Grab sebelumnya adalah pilihan untuk membuat akun.

Cara Menggunakan Grab

4. Terdapat tiga pilihan cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat akun. Diantaranya yakni melanjutkan dengan akun Facebook, Google, atau memakai nomor telepon anda sendiri. Pilihlah sesuai keinginan hati dan kebutuhan Anda.

5. Jika Anda memilih melanjutkan dengan Facebook, maka pastikan bahwa Anda memiliki akun terlebih dahulu. Lalu, langkah selanjutnya adalah memasukkan nama pengguna atau email Facebook Anda beserta password atau kata sandinya. Klik oke atau lanjutkan, sampai pada halaman yang meminta Anda untuk memasukkan nomor telepon.

Cara Menggunakan Grab

6. Masukkan nomor telepon Anda, lalu klik oke atau lanjutkan lagi sampai pada halaman beranda pada aplikasi Grab.

7. Jika Anda memilih melanjutkan dengan Google, maka Anda akan dialihkan untuk memilih akun Google yang tersimpan di hp Anda. Namun jika hanya ada satu akun, maka langsung saja klik oke atau lanjutkan sampai pada halaman beranda Grab.

8. Jika Anda memilih menggunakan nomor telepon, maka Anda akan dialihkan pada halaman yang meminta untuk memasukkan nomor telepon Anda. Masukkan nomor telepon yang ingin Anda gunakan untuk membuat akun Grab. Maka, pihak Grab akan mengirimkan SMS berupa kode konfirmasi yang selanjutnya harus Anda masukkan sebagai bentuk verifikasi, bahwa nomor tersebut benar-benar milik Anda.

Cara Menggunakan Grab

9. Pada halaman berikutnya, aplikasi Grab akan meminta Anda untuk memasukkan nama dan alamat email yang Anda miliki. Ikuti langkah demi langkah dengan seksama, lalu klik oke atau lanjutkan untuk sampai pada langkah berikutnya.

10. Jika berhasil, maka Anda akan diarahkan untuk menuju halaman beranda Grab.

2. Menggunakan Beragam Layanan Dalam Aplikasi Grab

Setelah memahami cara menggunakan Grab dari sisi instalasi, kini saatnya memahami apa saja layanan dalam aplikasi ini. Dalam hal ini, Anda sudah resmi menjadi pengguna aplikasi Grab. Maka dari itu, Anda bisa mengakses kapan saja aplikasi ini sesuai kebutuhan Anda. Fitur-fitur yang tersedia dalam kolom explore pada aplikasi Grab terbaru di antaranya adalah GrabCar, GrabBike, GrabFood, Delivery (Grabexpress),  Paket Hemat, Ticket, Hotel, Tagihan, Video dan Pulsa. Ada juga tawaran menarik dari Grab yakni promo yang membuat anda sebagai penumpang lebih hemat.

aplikasi grab

Sedikit penjelasan mengenai fitur GrabCar, GrabBike, GrabFood, Delivery, dan Pulsa.

  1. GrabCar merupakan fitur dimana Anda bisa memesan transportasi untuk menuju tempat tertentu menggunakan mobil. Tersedia pilihan mobil dengan kapasitas penumpang yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Pembayaran bisa dilakukan secara langsung kepada driver ataupun melalui pemotongan saldo GrabPay yang bisa di Top Up atau diisi lewat rekening bank.
  2. GrabBike hampir sama dengan GrabCar, namun drivernya menggunakan sepeda motor.
  3. GrabFood merupakan fitur pesan antar makanan, dimana Anda bisa memilih makanan apa dan dari toko mana yang ingin Anda nikmati. Tinggal tetapkan lokasi Anda berada, pesan makanannya, lalu driver siap mengantarnya langsung ke tangan Anda. Pembayaran dilakukan secara langsung kepada driver tersebut, atau melalui aplikasi pihak ketiga bernama OVO.
  4. Grab Express merupakan jasa antar barang yang mampu mengantarkan paket ke tempat tujuan dalam waktu satu hari. Fitur ini mirip seperti JNE, JnT, TiKi, dan lain sebagainya. Namun hanya memerlukan waktu sehari untuk penghantarannya. Karena biasanya Grab Delivery hanya berlaku untuk jarak yang lumayan dekat.
  5. Grab Pulsa merupakan fitur terbaru Grab yang bisa digunakan untuk mengisi pulsa reguler atau data internet. Anda bisa juga menggunakan bantuan OVO untuk membayar biaya tagihannya.
  6. Dan lain lain…

Nah, ternyata sampai sejauh ini pihak Grab sendiri masih berusaha berekspansi membesarkan sistemnya agar lebih banyak digunakan oleh masyarakat luas. Tak hanya itu, inovasi yang dibawanya juga selalu baru dan penuh kejutan. Maka dari itu, penting kiranya untuk mengetahui terlebih dahulu step by step cara menggunakan Grab bagi pemula. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas agar bisa menggunakan aplikasi Grab dengan baik.

Baca juga:

Silahkan pilih jenis layanan Grab yang anda inginkan….

1. Pesan layanan Grabbike/ Grabcar

Untuk grabbike dan Grabcar, tampilan pemesanannya hampir sama, begitu pula dengan cara pesannya. Anda hanya perlu:

cara pesan grabbike grabcar

  1. Menentukan titik jemput: dimana anda ingin dijemput
  2. Menetukan lokasi tujuan: kemana anda ingin pergi
  3. Jenis layanan: apakah Grabbike atau Grabcar
  4. Periksa tarif Grabbike
  5. Tentukan jenis pembayaran: OVO atau Tunai

    aplikasi grab

    Tampilan jika saldo Grabpay tidak cukup

  6. Pesan

2. Pesan Layanan Grabfood

aplikasi grab

Cara pesan Grabfood sangat mudah. Cukup tentukan lokasi, pesan makanan, periksa orderan dan klik “pesan”. Setelah itu, driver biasanya akan menelpon langsung untuk konfirmasi. Atau jika pada kasus driver tidak punya cukup uang, maka anda bisa membatalkan pesanan.

  1. Klik “Makanan” pada layar dashboard Grab
  2. Masukkan alamat andaaplikasi grab
  3. Pilih menu/ makanan yang anda inginkan. Bisa juga dengan mencari nama restoran favorit andaaplikasi grab
  4. Periksa pesanan andaaplikasi grab
  5. Pilih metode pembayaran anda, bisa tunai atau OVOaplikasi grab
  6. Pesan

3. Pesan Layanan Grabexpress (kirim barang)

Jasa kirim barang Grab juga banyak diminati. Karena kemudahannya, layanan ini bisa diandalkan untuk mengirimkan paket. Tapi saran saya, jangan mengirim paket yang bernilai besar untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Cara pesan layanan Grabexpress/ paket:

  1. Pilih “pengantaran” di layanan Grabaplikasi grab
  2. Masukkan detail pengirim dan penerima, seperti nama dan alamat lengkap dan detailaplikasi grab
  3. Konfirmasi pengirimanaplikasi grab
  4. Pesan

3. Periksa kembali detail dan Pesan

Sebelum memesan, ada baiknya jika anda memastikan dulu kalau pesanan anda sudah benar. Di samping itu, silahkan perhatikan tarif layanan Grab yang anda ingin pesan. Anda bisa membayar jasa via Grabpay/ OVO atau tunai/cash, sistem akan membantu anda untuk itu.

Selain itu, ketika memesan layanan Grab, anda bisa menambahkan catatan untuk memberitahu detail lengkap lokasi anda, atau pesanan anda, dan lain sebagainya. Saran saya, buat pesanan anda sejelas mungkin sehingga kesalahpahaman bisa dihindari.

Anda juga bisa menonton cara memakai aplikasi Grab penumpang melalui video:

Kami rasa cara memesan layanan Grab ini tidak begitu rumit dan cukup straightforward. Meski demikian, tidak ada salah nya jika anda mencari tahu panduan untuk pemesanan pertama kali agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Terima kasih dan salam…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *