Panduan Cara Menggunakan Aplikasi Gojek Penumpang, Lengkap!

By | 29 November 2018

Gojek merupakan salah satu alat transportasi yang kini banyak dimanfaatkan masyarakat. Layanan transportasi online yang telah tersebar luas di banyak kota Indonesia ini telah menjadi andalan banyak kalangan. Bahkan anak-anak pun menjadikannya sebagai transportasi harian. Hal ini tidak terlepas dari mudahnya cara menggunakan aplikasi gojek. Meskipun aplikasinya kerap diperbarui, namun cara menggunakan aplikasi gojek terbaru tetap mudah dipahami.

cara menggunakan aplikasi gojek

Kenyamanan Karena Adanya Gojek

Aplikasi gojek memang sangat mudah digunakan. Terutama bagi yang telah terbiasa memanfaatkan fasilitas layanan antar jemput online ini. Kemudahan tidak hanya tentang pengoperasian aplikasi gojek saja. Tetapi juga hal lainnya terkait pelayanan pihak gojek. Salah satunya adalah bahwa penumpang tidak perlu datang ke pangkalan ojek saat ingin pergi ke suatu tempat. Tinggal pesan melalui aplikasi, tunggu 2-3 menit, dan rider akan tiba menjemput.

Kemudahan dan kenyamanan yang dirasakan masyarakat, berhasil memikat hati para pengguna layanan transportasi umum, untuk beralih menggunakan gojek sebagai angkutan pendukung aktivitas. Apalagi bagi yang butuh akses cepat dan praktis, di tengah padatnya arus lalu lintas kota saat ingin menuju ke suatu lokasi.

Baca juga:

Meskipun telah menjadi alat transportasi online paling populer saat ini, dan ditambah dengan mudahnya mengoperasikan layanan gojek, tidak selamanya menjamin setiap orang mampu dengan mudah memahami penggunaan layanan aplikasi gojek. Terutama para pengguna baru yang terkadang masih suka bingung dengan fitur-fitur layanan yang terdapat pada aplikasi gojek.

Nah bagi Anda yang masih baru atau pun masih sering bingung menggunakan aplikasi gojek, Anda bisa mempelajari langkah-langkah menggunakan aplikasi gojek yang akan dijelaskan secara terperinci pada artikel ini.

Cara Menginstal dan Mendaftar di Aplikasi Gojek

  1. Pastikan smartphone Anda bisa dipasang perangkat aplikasi gojek.
  2. Unduh aplikasi gojek melalui play store atau app store pada smartphone
  3. Setelah aplikasi gojek terpasang pada, lakukan pendaftaran pada form yang tampil saat Anda membuka aplikasi, dengan memasukkan alamat Email dan nomor ponsel yang bisa dihubungi.

cara menggunakan aplikasi gojek

  1. Gojek akan mengirimkan sebuah kode verifikasi ke nomor Anda. Masukkan kode tersebut ke aplikasi gojek.
  2. Aplikasi gojek akan menampilkan jenis layanan yang ada pada halaman utamanya. Silahkan pilih jenis layanan yang ingin digunakan.

 

Layanan Dalam Aplikasi Gojek

Gojek memiliki banyak layanan sesuai kebutuhan Anda. Namun tidak perlu bingung saat ingin menggunakan layanan selain antar jemput penumpang. Karena cara menggunakan aplikasi gojek untuk layanan lainnya juga sangat mudah. Berikut beberapa layanan yang disediakan gojek untuk memfasilitasi pelanggannya dalam berbagai kebutuhan.

cara menggunakan aplikasi gojek

  1. Go-Ride: Layanan transportasi dengan sepeda motor.
  2. Go-Car: Layanan transportasi dengan mobil.
  3. Go-Food: Layanan pesan dan antar makanan pelanggan.
  4. Go-Send: Layanan kurir antar paket.
  5. Go-Mart: Layanan belanja.
  6. Go-Box: Layanan penyewaan mobil box.
  7. Go-Massage: Layanan pijat.
  8. Go-Clean: Layanan jasa kebersihan.
  9. Go-Glam: Layanan jasa kecantikan.
  10. Go-Tix: Layanan informasi event dan pembelian tiket.
  11. Go-Busway: Layanan yang akan membantu memantau jadwal bus Trans Jakarta.

Dari semua layanan yang banyak dipakai pelanggan biasanya Go-Ride, Go-Car, Go-Food, dan Go-Send.  Dan untuk mempermudah Anda menjalankan aplikasi gojek, berikut kami bahas cara pemesanan layanan gojek.

Cara Menggunakan Aplikasi Gojek Untuk Pemesanan Antar Jemput Penumpang

  1. Masuk ke aplikasi gojek dan pilih menu layanan sesuai yang Anda butuhkan.
  2. Masukkan alamat tujuan dan penjemputan pada kolom yang ditampilkan. Untuk memeperjelas dan mempermudah rider atau driver menemukan lokasi penjemputan, Anda bisa menambahkan informasi tambahan pada kolom “Your pick up location”. cara menggunakan aplikasi gojek
  3. Setelah itu gojek akan secara otomatis menampilkan harga dan opsi pembayaran. Jika Anda telah mengisi saldo Gopay dan mencukupi untuk pembayaran, Anda bisa memilihnya. Karena biasanya harganya lebih murah. Namun jika belum atau saldo tidak cukup, maka Anda bisa membayar secara tunai. cara menggunakan aplikasi gojek
  4. Klik “order” dan gojek akan mencarikan rider atau driver terdekat untuk menjemput. Jika sudah ditemukan, di layar akan muncul foto, nama dan plat kendaraan rider atau driver yang akan menjemput Anda. cara menggunakan aplikasi gojek
  5. Jangan matikan ponsel selama menunggu. Karena biasanya rider atau driver akan menghubungi Anda untuk mengkonfirmasi penjemputan atau bertanya lokasi detail Anda. selain itu Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas “chat atau call” untuk berkomunikasi dengan rider atau driver.
  6. Setelah pesanan selesai, akan muncul menu penilaian terhadap rider atau driver. Berilah nilai sesuaai pelayanan yang Anda terima. Jika ada keluhan selama pesanan, Anda juga bisa menyampaikannya melalui tampilan ini.

Untuk layanan lainnya, cara pemesannya tak jauh berbeda. Langkah-langkahnya hampir sama. jangan lupa untuk berkomunikasi dengan rider atau driver jika ingin membatalkan pesanan. Karena khusus untuk layanan Go-Food, Anda tidak bisa membatalkan jika rider  telah membayar pesanan Anda.

Layanan Open Map

Layanan ini akan muncul saat Anda akan menuliskan alamat tujuan atau penjemputan saat memesan. Open map akan membantu Anda menemukan alamat pasti tujuan atau penjemputan jika Anda tidak tahu nama jalan alamat tersebut. Posisi Anda akan tampil lewat tulisan “Set Pick up”. Klik tulisan tersebut dan alamat penjemputan akan terisi secara otomatis. Untuk lokasi tujuan, Anda hanya perlu menggeser-geser map sampai menemukan alamat yang Anda inginkan.

Demikianlah cara menggunakan aplikasi gojek. Sangat mudah untuk dipahami dan praktis digunakan. Semoga ulasan ini membantu Anda ketika ingin memakai layanan yang tersedia di gojek. Jangan lupa juga untuk selalu memperbarui aplikasi gojek Anda, agar dapat lebih maksimal dalam memanfaatkan jasa layanan transportasi online ini dalam memenuh kebutuhan dan aktivitas Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *