Pengalaman Menggunakan Aplikasi Gojek Driver Buat Pemula (Panduan)

By | 15 September 2019

Pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana menggunakan Aplikasi Gojek Driver buat driver baru. Pengalaman ini lebih cocok buat kalian yang sudah daftar menjadi driver gojek dan sudah bisa ngaspal. Dan saya anggap Anda sudah terdaftar di Kantor Operasional Gojek di tempat Anda.

Pertama kali pastikan bahwa Android hp Anda minimal RAM memiliki kapasitas 2 Giga (disarankan), walaupun sistem aplikasi Gojek ini bisa dijalankan di ram 1,5 namun lebih baik RAM 2 Giga agar kinerja aplikasi tetap stabil.

Tutorial cara memakai aplikasi gojek driver buat pertama kali:

1. Download aplikasi di Google Playstore, cari aplikasi yang bernama Gojek Driver

cara menggunakan aplikasi gojek driver

2. Setelah itu klik install supaya aplikasi terpasang di hp android Anda.

Nah setelah Aplikasi terinstal buka aplikasi Gojek, Anda akan menemui sebuah halaman login menggunakan nomor handphone. Masukkan nomor Handphone Anda pada kotak yang disediakan dan server akan mengirim pesan otomatis sms  berupa PIN (Personal Indentification Number) ke nomor hp Anda berupa 4 digit anda.

Ilustrasi Gambar seperti dibawah ini:

cara menggunakan aplikasi gojek driver buat pemulacara menggunakan aplikasi gojek driver pertama kali

Masukkan kode 4 digit tadi sebelum waktu yang tertera habis. Apabila waktu sudah terlanjur habis maka PIN (Personal Identification Number) tadi tidak bisa di masukkan / kadaluarsa. Maka klik kirim ulang kode untuk mendapakan PIN baru lagi.

3. Setelah sukses login, Anda akan diarahkan ke halaman driver seperti dibawah ini:

menggunakan aplikasi gojek driver

Tampilan default hanya berisi foto driver (sebelah kiri) dan tombol on/off sebelah kanan.

Tombol on/off yang dimaksud adalah jika on berarti driver sudah siap mengerjakan pekerjaan namun jika off sebagaimana gambar diatas berarti driver menutup aplikasi / tidak siap mengerjakan pekerjaan sehingga order tidak akan masuk ke aplikasi.

Berikut gambar aplikasi jika driver siap menerima order:

menu

Nah tampilannya seperti diatas,..

Maksud dari 100% adalah performa driver, jadi performa ini yang menentukan layak atau tidaknya driver mendapatkan bonus harian dari Gojek.

PT Gojek Indonesia menetapkan minimal performa yang harus dicapai driver yaitu 75%. Dibawah itu driver tidak akan mendapatkan bonus dari perusahaan.

Jika diklik bagian performa dan poin di sudut kanan atas maka akan menampilkan sebuah halaman seperti dibawah ini

menggunakan aplikasi gojek driver

Jadi performa dan poin ditampilkan lebih lebar.

Ada fitur Autobid dimana jika Aktif maka order akan langsung otomatis diambil jika tidak maka ada aplikasi akan memberikan waktu dalam hitungan detik kepada driver untuk mengambil orderan tersebut.

Fitur Maksimal orderan adalah batas maksimal nominal order yang akan diterima oleh driver artinya jika driver men-set harga 200 ribu maka harga order diatas 200 ribu tidak akan bisa masuk ke aplikasi.

 

Jika diklik foto driver terdapat menu-menu seperti dibawah ini:

menu

Ada 6 menu utama yang ada di aplikasi Yaitu : Pesan, Saldo, Performa, Pendapatan, Riwayat Order, Bantuan

1. Menu Pesan

Pada menu ini driver mendapatkan pesan langsung dari pusat baik berupa info kegiatan Gojek, ucapan hari besar nasional, perubahan skema bonus, informasi perbaikan system, laporan kendala bonus, pesan suspend hingga putus mitra. Segala macam pesan masuk di menu ini hingga promo-promo merchant Gojek ,cashback dan diskon-diskon yang diselenggarakan oleh PT GI (Gojek Indonesia).

pesan

2. Menu Saldo

Pada menu ini driver dapat melihat saldo digital atau yang biasa disebut Gopay yang merupakan uang virtual yang tersimpan di aplikasi. Saldo yang dimaksud ini adalah saldo yang masih berada di dompet Gopay bukan saldo yang ada direkening bank. Baru jika sudah ditarik di saldo Gopay maka  sudah menjadi saldo di rekening yang telah didaftarkan.

saldo

Jadi sedikit menjelaskan gambar di atas

Dompet artinya saldo Gopay driver yang berada di aplikasi dalam bentuk nominal rupiah namun tidak bisa dicairkan sebelum di tarik tunai.

Tarik ke Bank artinya saldo Gopay akan ditransfer dari dompet Gopay ke bank yang telah didaftarkan di kantor operasional Gojek ketika driver mendaftar.

Tarik ke Gopay artinya saldo Gopay akan ditransfer ke saldo Gopay Costumer. Yang di maksud adalah jika driver memiliki aplikasi Costumer Gojek maka saldo akan otomatis ditransfer ke aplikasi Costumer tersebut dalam bentuk Gopay, jadi saldo Gopay di aplikasi driver akan pindah ke aplikasi Costumer sebagai alat pembayaran jika driver ingin membayar / memesan layanan baik berupa Goride, Gofood atau Go Go yang lain secara non tunai.

Bayar di Alfamart Fitur ini artinya pembayaran non tunai apabila driver belanja produk-produk di Alfamart , jadi driver tidak perlu membayar secara tunai, cukup tunjukkan scan barcode kepada kasir dan kasir akan menyelesaikan pembayaran melalui aplikasi. Cukup simpel dan menghemat waktu.

3. Performa

performa

Pada menu performa ini driver dapat melihat jumlah order yang telah dikerjakan, poin yang terkumpul  setelah menyelesaikan order, target poin (skema poin) yang artinya pada poin keberapa driver akan mendapatkan bonus. Skema poin dan bonus ditentukan oleh perusahaan dan tiap tiap daerah berbeda-beda disesuaikan dengan kondisi wilayah / daerah.

Penilaian bintang, pada bagian ini adalah report / laporan rating rata-rata pengerjaan driver. Rating ini didapat dari penilaian Costumer terhadap driver secara akumulatif dibagi dengan jumlah order yang diselesaikan,semakin bagus rating maka semakin berpeluang mendapatkan order jauh lebih besar. Jadi, untuk menjaga rating para driver harus semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik sehingga Costumer memberi bintang 5 setelah pengantaran.

 

Jika diklik rating diatas akan muncul komentar-komentar Costumer yang direcord sebelumnya. Komentar bisa berupa komentar positif bisa juga komentar negatif tergantung dari kinerja dan pelayanan driver pada saat itu.

komentar

4. Pendapatan

Pada bagian ini driver bisa melihat pendapatan bersih hariannya. Tanpa hrarus menghitung secara manual. Total Pendapatan berikut rincian pendapatan berupa trip (Gopay / Cash), Bonus, dan Tip dari Costumer.

 

Dibagian bawah gambar terdapat tulisan Lihat Riwayat transaksi yang artinya daftar transaksi-transaksi yang telah diselesaikan oleh driver berupa rincian pendapatan, potongan aplikasi, topup saldo, tarik gopay dan bonus

pendapatan

Jika Riwayat Transaksi di klik maka muncul gambar di bawah ini

rincian-transaksi

 

5. Riwayat Order

Pada menu ini menampilkan daftar riwayat order yang telah dikerjakan driver. Pada menu ini driver dapat mengetahui catatan trip yang diselesaikannya

riwayat-order

Jika trip telah diselesaikan dengan baik maka status order berstatus complete tanda hijau centang. Jika tidak maka berstatus canceled atau dibatalkan baik oleh driver atau costumer dengan tanda silang merah.

6. Bantuan

Pada fitur ini driver dapat mencari informasi layanan bantuan yang diinginkan. Dan dapat mengirim email ke call center gojek untuk mendapatkan layanan dan fasilitas bantuan dari Gojek Pusat.

Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Gojek Driver

Nah itu dia ulasan singkat terkait dengan fitur aplikasi Gojek, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan semua terutama driver baru yang masih awam / belum familiar dengan aplikasi Gojek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *