Mudah Banget, Ini Cara Menggeser Titik Koordinat Untuk GO-JEK

By | 23 Februari 2019

Ketika Anda terdaftar sebagai mitra GO-JEK, tentu wajib tahu bagaimana cara menggeser titik koordinat. Lebih-lebih jika Anda kini menjalin kerjasama dengan perusahaan transportasi daring ini dalam layanan GO-FOOD. Seperti yang sudah diketahui, GO-FOOD adalah salah satu layanan unggulan start-up berstatus unicorn tersebut.

Cara Menggeser Titik Koordinat Untuk GO-JEK

Melalui GO-FOOD, saat ini Anda yang menggunakan GO-JEK tak perlu keluar rumah jika ingin memesan makanan. Agar pelayanan GO-FOOD berjalan maksimal, para mitra wajib tahu cara menggeser titik koordinat supaya makin akurat.

Alasan Mitra GO-FOOD Wajib Tahu Cara Menggeser Titik Koordinat

Pengusaha kuliner yang bergabung di GO-JEK ini menawarkan produk mereka pada aplikasi berdasarkan area terdekat dari konsumen. Untuk itulah sebagai mitra GO-FOOD, beberapa alasan berikut ini membuat Anda wajib tahu cara menggeser titik koordinat:

  1. Akurasi di Peta Online

Saat Anda mendaftar sebagai mitra GO-FOOD, pihak GO-JEK pastinya meminta alamat lengkap restoran/warung Anda. Dari alamat itu, bakal ditentukan lokasi restoran pada peta online. Namun kadang kala Anda harus berpindah lokasi restoran karena beberapa alasan. Supaya alamatnya selalu akurat dan update, Anda sebagai pengelola bisnis wajib tahu cara menggeser titik koordinat.

  1. Jadi Pertimbangan Konsumen

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, konsumen GO-JEK akan memperoleh daftar restoran di aplikasi berdasarkan yang terdekat dari lokasi mereka. Jika lokasi restoran Anda akurat, tentu jadi pertimbangan utama konsumen.

  1. Perhitungan Tarif Yang Tepat

Kaitan lainnya kenapa Anda wajib tahu cara menggeser titik koordinat adalah untuk kepentingan perhitungan tarif. Jangan sampai tarif pesan antar makanan yang dibebankan ke konsumen keliru hanya karena lokasi restoran Anda di peta online tidak akurat.

  1. Pengemudi GO-JEK Nyaman

Alasan yang membuat Anda wajib memahami cara memindahkan titik koordinat Gojek adalah supaya driver nyaman. Jangan sampai driver tersesat dan salah lokasi cuma karena posisi restoran berbeda dengan yang terdaftar di peta online.

  1. Reputasi Positif

Dengan lokasi restoran yang selalu update di peta online, bisnis kuliner Anda tentu akan memperoleh reputasi positif. Dengan reputasi restoran yang baik ini, imbasnya jelas ada pada omzet yang terus meningkat.

Seperti Inilah Cara Menggeser Titik Koordinat Peta Online

Jika berkaca pada alasan-alasan yang sudah diulas di atas, tentunya pemahaman akan memindahkan titik koordinat Gojek jadi hal penting bagi siapapun mitra GO-FOOD. Hanya saja sayangnya, tak semua mitra memahami seperti apa cara mengubah titik koordinat restoran di peta online. Padahal hal ini punya imbas yang cukup signifikan pada kelangsungan bisnis kuliner Anda.

Baca juga:

Termasuk yang tengah mencari tahu cara menggeser titik koordinat restoran di peta online? Maka langkah-langkah berikut ini bisa Anda terapkan dengan mudah. Namun dengan catatan, restoran Anda sudah harus terdata terlebih dulu pada peta online Google Maps.

  1. Memindahkan Titik Koordinat Gojek di PC/Laptop

  • Buka situs https://www.google.co.id/maps, pada browser yang dipilih entah Mozilla/Chrome
  • Ketik nama restoran Anda yang ingin dipindahkan. Misalkan saja DAPUR UNI AMEL pada kolom yang tertera di GMaps

Memindahkan titik koordinat Gojek

  • Jika restoran Anda sudah terdata pada GMaps, maka akan muncul ikon lokasi berupa pin berwarna merah. Klik pin restoran Anda dan kemudian akan muncul deskripsi pada sisi kiri layar GMaps
  • Dalam kolom deskripsi itu akan ada nama restoran, foto, alamat lengkap hingga narahubung. Untuk mengubah titik koordinat restoran, pilih tombol SARANKAN EDIT

Cara menggeser titik koordinat

  • Anda bisa mengubah titik koordinat restoran dengan menggeser pin ke tempat yang baru pada peta online. Begitu pula dengan mengubah alamat sesuai dengan lokasi terbaru. Jika sudah yakin tepat serta akurat, langsung tekan tombol KIRIM. Google akan melakukan review sebelum akhirnya lokasi restoran Anda di GMaps akan berubah beberapa saat kemudian
  1. Memindahkan Titik Koordinat Gojek di Android

  • Pilih aplikasi Google Maps dalam ponsel Android Anda. Pada kolom pencarian, tulis nama restoran yang ingin dipindahkan
  • Sentuh titik lokasi yang akan diubah dengan menekan pin berwarna merah pada GMaps. Nanti akan muncul kolom deskripsi dan pilih INFO SELENGKAPNYA > RINGKASAN. Untuk mengubah titik koordinat, tekan tombol SARANKAN EDIT > UBAH NAMA ATAU DETAIL LAINNYA
  • Pada kolom ALAMAT, tekan tombol PERBARUI LOKASI DI PETA lalu kemudian Anda tinggal menggeser titik lokasi berupa pin merah itu di tempat yang benar pada GMaps. Jika sudah benar, Anda bisa klik OK
  • Aplikasi Google Maps akan melakukan konfirmasi untuk menyimpan/mengubah alamat yang baru. Kalau sudah benar dan tepat, Anda bisa langsung pilih tombol SIMPAN. Sama seperti saat mengubah titik koordinat di PC/laptop, Google juga akan melakukan review sebelum memperbaharui lokasi restoran Anda
  1. Memindahkan Titik Koordinat Gojek Melalui GO-BIZ

Supaya posisi restoran Anda bisa update di aplikasi GO-JEK, tentu harus melaporkan perubahan. Bagi para mitra GO-FOOD resmi, proses perubahan bisa dilangsungkan dengan cepat menggunakan aplikasi GO-BIZ atau yang dulu dikenal sebagai GO-RESTO. Dan berikut ini adalah tata cara menggeser titik koordinat restoran untuk memperbaharui data GO-FOOD:

  • Login dulu ke aplikasi GO-BIZ untuk bisa menggunakan beragam fiturnya. Lalu kemudian pilih menu BANTUAN > AKUN > Bagaimana cara melihat dan mengganti posisi GPS restoran di aplikasi?
  • Dalam menu itu akan ada urutan mengubah titik koordinat restoran. Anda akan diminta menyalin koordinat longitude dan latitude restoran Anda sesuai dengan yang tertera di GMaps barulah kemudian mengirimkan perubahan lewat email
  • Proses perubahan ini tidak akan berlangsung lama bahkan bisa-bisa dalam tempo kurang dari 1×24 jam. Asalkan dengan catatan, lokasi restoran Anda yang terbaru sudah update di peta online

Cara Menggeser Titik Koordinat Untuk Kebutuhan Driver GO-JEK

Jika melihat ulasan panjang di atas, tentu pertanyaan besar muncul mengenai apakah hanya mitra GO-FOOD saja yang bisa menggeser titik koordinat? Sebetulnya para konsumen juga bisa, hanya saja jauh lebih mudah karena tinggal mengubah lokasi antar dan jemput pada peta online ketika melakukan orderan GO-RIDE.

Sementara bagi para driver GO-JEK, mengetahui cara menggeser titik koordinat dianggap sebagai salah satu bentuk kecurangan yang bisa berdampak buruk pada reputasi driver. Kenapa begitu? Karena GO-JEK menilai aksi ini sebagai bentuk kecurangan terhadap sistem server lantaran mereka dianggap ‘memalsukan’ posisi sebenarnya. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Fake GPS

Untuk bisa menggunakan Fake GPS, Anda harus logout terlebih dulu dari aplikasi GO-JEK driver. Unduh Fake GPS di Play Store secara gratis dan pasang di ponsel. Setelah terpasang, Fake GPS akan meminta izin untuk memanipulasi lokasi Anda sehingga pilih ALLOW MOCK LOCATIONS pada opsi pengembang di menu PENGATURAN.

Kembali lagi buka Fake GPS lalu pilih menu SEARCH untuk mencari lokasi terbaru seperti mall dan kemudian tekan SET LOCATION. Jika sudah selesai jangan lupa pilih tombol STOP dan barulah login lagi ke aplikasi driver GO-JEK.

  1. GPS Advance

Jika sudah dipasang, buka GPS Advance dan pilih SETTING > ADD LOCATIONS untuk menambahkan titik koordinat yang dikehendaki. Kembali lagi ke SETTING > START MOCK lalu melakukan pengaturan tambahan seperti durasi perpindahan tiap titik atau pengulangan. Akhiri klik tombol START > HOME/BACK untuk keluar dari GPS Advance.

  1. Setting Debugger

Cara menggeser titik koordinat terakhir bagi driver GO-JEK adalah dengan memanfaatkan aplikasi Setting Debugger. Setelah Setting Debugger terpasang buka aplikasi itu dan cari aplikasi driver GO-JEK lalu pilih. Scroll tampilan ke bawah dan pilih DATABASE > GojekDriverDatabase > ORDER_DETAIL > lakukan manipulasi titik penjemputan.

Anda bisa memilih sekolah, pusat perbelanjaan atau terminal yang memang berpeluang ramai orderan. Jika sudah klik tombol EDIT maka akan muncul nama dan lokasi titik koordinat. Salin titik koordinat latitute/longitude dan tempelkan pada aplikasi Fake GPS. Jika berhasil, pada peta online di server GO-JEK, titik koordinat Anda telah berhasil dimanipulasi.

Cara menggeser titik koordinat

Bagaimana? Tampak mudah bukan cara menggeser titik koordinat pada peta online? Anda sebagai mitra GO-FOOD tentu harus memahami supaya berdampak positif ke omzet. Sementara bagi mitra pengemudi, harus siap dengan segala risiko yang ada lantaran mengganti titik koordinat di peta online merupakan aksi curang yang diganjar sanksi berat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *