Cara Mudah Mengetahui Saldo Tunai Dan Kredit Grab

By | 22 November 2018

Bagi driver Grab baru, banyak sekali pertanyaan seputar saldo termasuk cara mengetahui saldo tunai Grab. Sebelum menjawab bagaimana cara mengetahui saldo kredit dan tunai, ketahui terlebih dulu perbedaan antara saldo kredit dengan saldo tunai di menu Dompet GrabPay.

Cara Mengetahui Saldo Tunai Grab

Perbedaan Saldo Kredit dan Saldo Tunai

Saldo Kredit

Saldo kredit merupakan saldo deposit yang harus dimiliki oleh driver. Jumlah minimal saldo yang harus dimiliki adalah Rp20.000, apabila saldo Anda di bawah nominal tersebut, aplikasi pada ponsel sudah tidak dapat menerima order.

Setiap kali mengambil job order, saldo kredit akan berkurang sebanyak 10% dari nominal tarif yang dikenakan kepada penumpang. Misalnya jika Anda mengambil job dengan tarif Rp25.000, maka saldo kredit akan terpotong sebesar Rp2.500.

Baca juga:

Agar dapat beroperasi kembali, Anda harus menambah saldo kredit dengan pembelian top up di Alfamart atau Alfamidi. Nominal top up tersedia minimal Rp100.000. Selain melalui top up, Anda juga bisa memperoleh saldo kredit dari Grab secara cuma-cuma dari Program Insentif. Jika performa Anda baik selama menjalankan tugas, Grab akan memberikan pembayaran insentif berupa saldo kredit dengan jumlah yang sudah ditentukan.

Saldo Tunai

Saldo tunai merupakan penghasilan yang Anda peroleh dari pembayaran lewat GrapPay, promo, atau jaminan argo. Saldo tunai akan bertambah secara otomatis setelah Anda menurunkan penumpang jika mereka membayar dengan GrabPay. Sementara untuk Promo dan Jaminan Argo akan dimasukkan ke dalam Saldo Tunai maksimal H+1 kecuali akhir pekan.

Saldo tunai dapat dicairkan ke rekening CIMB Niaga atau ditransfer ke saldo kredit. Pemindahan dana dari Saldo Tunai ke rekening CIMB Niaga dapat dilakukan dengan cepat, terutama di hari kerja.

Cara Mengetahui Saldo Tunai Grab dan Saldo Kreditnya

Untuk mengetahui besarnya saldo tunai dan saldo kredit serta melihat arus transaksi ikuti langkah berikut.

  1. Masuklah ke GrabPay,
  2. Pilih menu Dompet GrabPay. Pada Dompet Tunai dapat Anda lihat saldo yang tersisa.
  3.  Pilih Periksa Riwayat Transaksi untuk melihat penambahan (kredit) atau pengurangan (debit).

Nah, hanya begitulah sebenarnya cara melihat saldo tunai Grab maupun melihat saldo kreditnya.

Cara Transfer Dompet Tunai Grab ke Rekening BRI

Jika sebelumnya saldo tunai hanya dapat ditransfer ke rekening CIMB Niaga, kini sudah dapat dilakukan pemindahan ke beberapa bank yang lain, salah satunya BRI. Untuk memindahkan saldo ke rekening bank, ada ketentuan minimal transfer Rp20.000 dan maksimal Rp1.000.000 untuk sekali transfer.

Dalam satu hari maksimal dilakukan 5 kali transfer dan total transfer dalam satu hari maksimal Rp3.000.000. Transfer ke bank selain CIMB Niaga akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp3.500 per transaksi. Meski ada patokan minimal dan maksimal, Anda perlu mempertimbangkan biaya transaksi jika terlalu sering melakukan transfer.

Untuk mentransfer saldo tunai ke rekening BRI Ikuti langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Grab Driver,
  2. Selanjutnya pilih menu Dompet,
  3.  Pilih menu Dompet Tunai, dan selanjutnya pilih menu Transfer ke Rekening.

Periksa terlebih dulu apakah akun Anda sudah sesuai, baru kemudian masukkan nominal. Jika Anda sudah pernah mendaftarkan eCash Mandiri, rekening yang akan muncul adalah eCash. Namun jika sebelumnya tidak mendaftar, tampilan akan menuju ke rekening yang Anda maksud.

4. Untuk mengganti ke rekening BRI Anda, klik ikon eCash dan muncul pilihan rekening yang sudah terdaftar. Jika rekening Anda belum terdaftar, pilih Tambah Rekening dan masukkan nominal.

Setelah melakukan transfer, periksa saldo tunai dari menu Dompet Tunai di Grab Driver. Jika berhasil, saldo akan mengalami pengurangan atau kredit. Periksa juga rekening bank, apakah sudah bertambah atau belum. Agar semakin mudah untuk menggunakan layanan ini, aktifkan fasilitas mobile banking pada smartphone Anda. Apabila transaksi gagal karena gangguan sistem, melebihi batas maksimal, atau karena terkena sanksi dari Grab, saldo akan kembali ke Dompet Tunai.

Cara Top Up Saldo Kredit Dari Dompet Tunai Grab

Berbeda dengan saldo tunai yang dapat dipindahkan ke rekening bank, saldo kredit tidak demikian. Nominal pada saldo kredit hanya bisa digunakan untuk potongan komisi setiap melayani order dan cicilan pembayaran atribut jaket dan helm saja. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak mengisi saldo kredit terlalu banyak. Isi secukupnya untuk beroperasi selama 1-2 hari saja.

Sebaliknya, saldo tunai dapat ditransfer ke saldo kredit dengan mudah. Begini caranya.

  1. Masuk ke aplikasi Grab Driver dan buka menu Dompet GrabPay.
  2. Pilih Dompet Kredit, lalu pilih Isi Ulang dengan Rekening.
  3. Selanjutnya pilih dari Dompet Tunai ke Dompet Kredit.
  4. Masukkan jumlah saldo tunai yang ingin dipindahkan, maksimal hingga saldo tunai habis.
  5. Baru setelah itu, klik Berikutnya dan Isi Ulang Sekarang. Jika berhasil, akan muncul tulisan Sukses di layar ponsel Anda.

Sesudah itu, Anda tinggal mengecek saldo kredit. Cara mengetahui saldo kredit yaitu dengan membuka aplikasi Grab Driver dan cek riwayat transaksi seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya.

Mengisi saldo kredit atau top up memang dapat dilakukan melalui Alfamart, Alfamidi, dan Pegadaian. Tetapi mengisi lewat saldo tunai dapat menjadi alternatif jika Anda membutuhkan tambahan saldo kredit di saat jauh dari tempat yang menjual top up.

Cara Isi Ulang Saldo Kredit Grab

Seperti yang sudah disinggung di atas, mengisi saldo kredit Grab dapat dilakukan lewat berbagai cara, mulai dari Alfamart hingga aplikasi Grab itu sendiri. Lebih lengkap, silakan simak langkah-langkahnya.

1. Isi Ulang Saldo dari ATM BCA

Bagi pemegang rekening BCA, mengisi saldo kredit Grab dapat dilakukan lewat ATM dengan mudah. Ini langkahnya.

  1. Masukkan kartu ATM ke slot mesin,
  2. Ketikkan nomor PIN seperti biasa,
  3. Pilih menu Transaksi Lainnya pada layar mesin.
  4. Pilih menu Transfer, kemudian pilih Virtual Account.
  5. Masukkan kode akun virtual Grab yaitu 39081.
  6. Masukan nomor telepon Anda yang terdaftar pada aplikasi Grab, lalu pilih nominal yang diinginkan. Setelah melakukan konfirmasi dan menyelesaikan instruksi pada layar, saldo kredit Anda akan bertambah.

Tidak hanya BCA, Anda juga dapat melakukan cara ini pada bank lain yang bermitra dengan Grab seperti CIMB Niaga, BNI, BRI, Bank Permata, Bank Mandiri, serta jaringan ATM Bersama, ATM Prima, dan ALTO.

2. Isi Ulang Saldo di Minimarket

Mengisi ulang saldo kredit juga bisa dilakukan di Alfamart dan Lawson. Caranya, berikan kepada kasir, nomor aplikasi Grab Anda, kemudian pilih nominal top up yang diinginkan. Untuk transaksi ini biasanya dikenakan biaya sebesar Rp2.000. Isi ulang lewat minimarket sangat mudah bagi Anda yang lebih menyukai transaksi tunai.

3. Isi Ulang Melalui Aplikasi Grab

Menggunakan aplikasi Grab, Anda dapat menggunakan fitur GrabPay Credits. Berikut langkahnya.

  1. Pilih menu Top up Credits pada GrabPay,
  2. Pilih nominal yang Anda inginkan,
  3. Selanjutnya pilih metode pembayaran yang sesuai dalam menu pembayaran. Ikuti instruksi selanjutnya.
  4. Terakhir, cek saldo akhir di akun Anda untuk memastikan transaksi berhasil.

Demikian ulasan tentang cara mengetahui saldo tunai Grab beserta informasi terkait penggunaan saldo tunai dan saldo kredit Grab. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *